kuliah gratis di Prancis 'Eiffel Excellence Scholarship' Jenjang S2 dan S3

Beasiswa Prancis ‘Eiffel Excellence Scholarship’ Jenjang S2 dan S3

Dari banyaknya negara di Eropa, Prancis menjadi salah satu negara yang menerima banyak mahasiswa dari berbagai negara. Bahkan, negara ini memiliki jumlah mahasiswa internasional terbanyak keempat di dunia. Kuliah di Prancis memberikan pengalaman tersendiri, mengingat ada banyaknya universitas terbaik di Prancis yang bisa dipilih. Banyaknya mahasiswa internasional di negara ini akan membuat kamu mempelajari banyak kebudayaan dan bahasa dari berbagai negara. Selain itu, kamu juga bisa membangun relasi yang baik dengan banyak orang dari negara lain. Meski, warga Prancis terkesan dingin dan angkuh, namun mereka tetap ramah dengan para pendatang, terutama para pelajar internasional. Berikut akan kami bahas mengenai program kuliah gratis di Prancis ‘Eiffel Excellence Scholarship’ jenjang S2 dan S3.

Mengapa Memilih Kuliah Gratis di Prancis?

Dengan kuliah di Prancis, kamu bisa mempelajari bahasa aslinya. Banyak orang beranggapan bahwa mempelajari bahasa akan lebih optimal jika dilakukan langsung di negaranya. Nah, dengan kuliah di Prancis, kamu memiliki kesempatan untuk mempelajari bahasa dengan baik, bahkan langsung dari warga lokal.

Meski materi perkuliahan disampaikan dalam bahasa Inggris, namun mempelajari bahasa Prancis akan memberikan banyak keuntungan, misalnya saja kamu lebih mudah dalam berkomunikasi sehari-hari. Ini juga bisa menjadi bekal untuk kamu meniti karier nantinya.

Alasan lain mengapa kamu perlu kuliah di Prancis adalah banyaknya pilihan institusi pendidikan. Prancis menjadi rumah bagi lebih dari 3.000 institusi pendidikan tinggi dengan kualitas yang memadai. Karena hal ini, kamu memiliki pilihan sekolah, program dan jurusan yang hampir tidak terbatas sekaligus menawarkan kuliah gratis bagi kamu yang ingin merasakan kuliah di luar negeri.

Sekilas Tentang Program Kuliah Gratis di Prancis 

Eiffel Excellence Scholarship adalah program kuliah gratis yang diadakan oleh pemerintah Prancis melalui kementerian luar negeri mendirikan The Eiffel Program yang bertujuan untuk mempersiapkan para pemimpin-pemimpin masa depan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya di universitas – universitas terbaik Prancis.

Beasiswa ini ditujukan untuk program master berdurasi 12 bulan (M2 level) dan 24 bulan (M1 level). Sementara, untuk beasiswa untuk program S3 diberikan maksimum 12 bulan. Lebih tepatnya beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa PhD tingkat lanjut yang ingin melakukan co – tutelle disertasi di Prancis.

Program Studi Beasiswa Eiffel 2021

Untuk program studi yang tersedia untuk beasiswa Eiffel ini, sebagai berikut:

  • Master’s degree program
  • Engineering program
  • Joint-doctoral program

Cakupan Beasiswa

Pada dasarnya, beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Perancis ini termasuk beasiswa fully-funded. Berikut merupakan sejumlah hal yang ditanggung oleh beasiswa:

  1. Biaya kuliah untuk public universities atau kampus negeri
  2. Biaya hidup 1,181 Euro untuk S2, 1,400 – 1700 EURO untuk S3
  3. Tiket PP Indonesia – Prancis
  4. Tunjangan transportasi lokal dan kereta
  5. Asuransi kesehatan dan kegiatan kebudayaan.

Baca Juga: Sistem Pendidikan S2 Luar Negeri, Beda dengan Indonesia Loh!

Persyaratan Bagi Pelamar

Kemudian, kami informasikan mengenai persyaratan yang harus diperhatikan bagi pelamar beasiswa:
  1. Kandidat bukan warganegara Perancis atau berkewarganegaraan ganda dengan Perancis
  2. Usia calon tidak lebih 25 tahun untuk kuliah master selama pendaftaran 2020 (lahir setelah Maret 1995), untuk jenjang PhD usia calon tidak lebih dari 30 tahun selama pendaftaran 2020 (lahir setelah Maret 1990)
  3. Hanya aplikasi yang diajukan oleh lembaga pendidikan Perancis yang diterima
  4. Beasiswa ditujukan bagi mahasiswa yang ingin mendaftar di perkuliahan master, termasuk sekolah teknik, dan untuk mahasiswa PhD
  5. Tidak memenuhi syarat bagi kandidat yang telah menerima beasiswa Pemerintah Perancis di bawah program lain
  6. Institusi dapat mengajukan calon yang sebelumnya memperoleh beasiswa Eiffel pada tingkat master untuk beasiswa di jenjang PhD
  7. Aplikasi tidak akan diterima untuk calon yang telah mengajukan sebelumnya tapi ditolak, bahkan jika permohonan diajukan oleh institusi yang berbeda atau dalam bidang studi lain. Siswa yang telah diberikan beasiswa Eiffel pada tingkat master tidak memenuhi syarat untuk mendaftar ulang di jenjang master.
  8. Memenuhi syarat kemampuan bahasa untuk bahasa pengantar perkuliahan yang diambil

Keuntungan dari Program Kuliah Gratis

Beasiswa juga sangat penting untuk membantu keuangan kita ataupun wali, membantu supaya kamu bisa tetap mencari ilmu, mencari pengalaman, memahami ilmu pada bidang yang diinginkan. Konotasi beasiswa dikhususkan untuk bagi yang tidak mampu ini tidak sepenuhnya benar. Apalagi bagi kalian yang ingin mengenyam pendidikan di luar negeri. Saat kamu berhasil mati-matian untuk mencari tahu tentang informasi beasiswa, dan saat kamu berhasil pasti kamu merasa lebih semangat lagi untuk bertemu dengan orang-orang baru. Lalu, biaya kuliah mu juga jauh lebih hemat dengan mengikuti program beasiswa S1, S2 maupun S3. Bayangkan kamu harus merogoh kocek puluhan hingga ratusan juta agar dapat berkuliah di luar negeri tanpa bantuan dana. Namun, dengan adanya program ini, kamu tentunya akan terbantu. Apalagi beasiswa Swiss ini menawarkan fasilitas yang berkualitas, sehingga kamu dapat berkuliah dengan lancar. Setiap tahun akan ada program ini sesuai dengan ketentuan yang diberikan.

Layanan Medimaz Scholarship

Demikian, mengenai kuliah dan program beasiswa Prancis “Eiffel Excellence Scholarship” yang tersedia untuk mahasiswa internasional. Masih bingung perihal persiapan dokumen pendaftarannya? Yuk konsultasikan dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Dengan harga yang pas di kantong, kamu nggak perlu khawatir lagi. Lebih lanjut, hubungi tim marketing kami di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top