Beasiswa Qatar

Qatar Government Scholarship untuk Kamu yang Mau Belajar ke Qatar

Banyaknya jenis beasiswa yang ada saat ini dapat memberi peluang bagi mereka yang ingin kuliah di luar negeri. Salah satu negara tujuan pelajar asing dalam melanjutkan pendidikannya yaitu Qatar. Berdasarkan Kementerian Pendidikan dan Pengajaran Tinggi Qatar, terdapat kurang lebih 2000 pelajar dan mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di Qatar. Kali ini Meddy akan membahas beasiswa Qatar yaitu Qatar Government Scholarship.

Qatar

Sebelum langsung terjun ke memilih jurusan kuliah di Qatar, ada baiknya sahabat Meddy memiliki alasan yang kuat untuk memilih Qatar sebagai tempat belajar. Berikut ini beberapa alasan kenapa sahabat Meddy harus mempertimbangkan Qatar sebagai tempat melanjutkan pendidikan.

  1. Meskipun Bahasa Arab merupakan Bahasa resmi di Qatar, namun sahabat Meddy tidak perlu khawatir karena pemerintah Qatar menyediakan banyak program maupun kursus menggunakan Bahasa Inggris.
  2. Qatar juga merupakan salah satu dari 10 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Hal ini dapat dilihat dari pemerintah Qatar yang tidak main-main dalam mengeluarkan uang di bidang pendidikan.
  3. Qatar Airways telah meluncurkan program spesial bagi para mahasiswa di seluruh dunia dan diberi nama Student Club. Program ini didukung oleh Qatar Airways Privilege Club. Program ini memberikan banyak keuntungan bagi para anggotanya.
  4. Tingkat pengangguran di Qatar pada tahun 2020 sebanyak 3,45%. Hal ini dikarenakan para mahasiswa yang telah dinyatakan lulus oleh pihak universitas akan langsung mendapatkan tawaran pekerjaan dari berbagai perusahaan.
  5. Biaya hidup di Qatar lebih menguntungkan dibanding negara Arab lainnya. Pemerintah Qatar memberikan subsidi kepada warganya sehingga mahasiswa yang datang tidak menghabiskan uang terlalu banyak.

Universitas

Qatar University berdiri pada tahun 1977 dan terus berusaha menjadi lembaga pendidikan yang terbaik terutama di Qatar. QU berkomitmen untuk menyediakan pendidikan berkualitas tinggi di bidang prioritas nasional. QU menyelenggarakan sepuluh perguruan tinggi, antara lain College of Arts and Sciences (CAS), College of Business and Economics (CBE), College of Education (CED), College of Engineering (CENG), College of Health Sciences (CHS), College of Law (LAWC), College of Medicine (CMED), College of Pharmacy (CPH), College of Sharia and Islamic Studies (CSIS) dan College of Dental Medicine (CDM). QU juga menawarkan berbagai program akademik terluas dengan 48 Sarjana, 32 Master, sembilan Ph.D. 

Untuk memastikan siswa mencapai potensi penuh mereka, para siswa diberikan banyak peluang dan tantangan. Selain itu, semua siswa diberikan banyak sumber daya untuk membantu para siswa. Layanan ini meliputi:

  1. Letak universitas yang strategis dan memberikan banyak kenyamanan hidup.
  2. Perpustakaan canggih dan memiliki banyak langganan jurnal akademik.
  3. Perangkat lunak dan alat komunikasi mutakhir untuk kemudahan akses ke materi kursus dan instruktur para siswa.
  4. Tersedia tempat bagi para mahasiswa untuk bertemu, bersosialisasi, dan bertukar pikiran.
  5. Student Learning Support Center (SLSC), untuk bantuan kursus dan lokakarya ekstrakurikuler guna meningkatkan keterampilan
  6. Pusat Konseling Siswa (SCC) merupakan sumber daya bagi siswa yang ingin secara pribadi mendiskusikan hal-hal pribadi yang penting, termasuk keluarga berencana, manajemen pribadi, menyesuaikan diri dengan kehidupan universitas, dan hal lainnya.
  7. Penawaran kafetaria dan pilihan bersantap yang mengesankan, melayani banyak selera dan persyaratan kesehatan individu.
  8. Acara, perjalanan, dan kegiatan yang disponsori universitas, untuk meningkatkan kehidupan siswa dan juga mendorong interaksi sosial yang bermakna satu sama lain.

Beasiswa

Qatar Government Scholarship adalah beasiswa yang didanai penuh dan diberikan kepada siswa internasional dan siswa nasional. Beasiswa ini tersedia di berbagai program. Qatar Government Scholarship mencangkup biaya kuliah penuh, biaya buku teks siswa, penawaran akomodasi universitas, dan tiket tahunan.

Syarat

Syarat dalam menerima beasiswa Qatar yang satu ini antara lain:

  • Semua siswa dan warga negara Qatar dapat berpartisipasi.
  • Semua pelamar harus sudah mendapatkan gelar dari lembaga pendidikan terakreditasi.
  • Program sarjana harus memiliki ijazah SMA.
  • Program Master harus memiliki gelar Sarjana dengan IPK minimal 2,8
  • Pelamar program PhD. harus sudah memiliki gelar Master dengan IPK minimal 3,00

Metode Pendaftaran

Berikut ini metode pendaftaran yang harus sahabat Meddy lakukan.

  • Para siswa mengisi formulir secara online dan melampirkan semua berkas yang diperlukan.
  • Semua pelamar, kecuali warga negara GCC, wajib visa pelajar untuk belajar di Qatar. 
  • Setelah diumumkan, para siswa diberi kesempatan untuk menunda penerimaan mereka selama maksimal dua semester. 

Timeline

  • 28 Agustus 2022: Aplikasi penerimaan online lulusan terbuka dan aplikasi visa pelajar untuk pelamar baru dan internasional
  • 29 September 2022: Tutup aplikasi penerimaan online lulusan dan aplikasi visa pelajar dan kirimkan semua dokumen yang diperlukan untuk pelamar internasional. Siswa internasional yang tidak mengajukan VISA (tidak termasuk warga negara GCC) tidak akan dipertimbangkan.
  • 25 November 2022: Departemen Penerimaan mengumumkan keputusan penerimaan untuk semua pelamar,
  • 26 Desember 2022: Kelas dimulai, Mulai aplikasi untuk Permintaan Penundaan 
  • 1 Januari 2023: Hari Pertama Kelas –Musim Semi 2023
  • 3 Januari 2023: Hari terakhir pendaftaran penundaan.
  • 5 Januari 2023: Hari terakhir periode add /drop untuk semua siswa

Jadi, apa yang bisa Meddy bantu?

Bagi sahabat meddy yang tertarik untuk mengikuti beasiswa diatas, tetapi masih bingung dan membutuhkan bantuan khusus untuk persiapan beasiswa tersebut? Sahabat Meddy tidak perlu khawatir, karena Meddy senantiasa membantu kamu untuk memberikan layanan terbaik seperti  mempersiapkan dokumen penting, penguasaan bahasa atau membutuhkan bentuk konsultasi lainnya, yang semuanya bisa sahabat Meddy dapatkan di mediamaz scholar. Tunggu apalagi? Yuk, cek website resmi kami disini. Semoga sukses, Terima kasih ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top