Beasiswa Jepang S1 - Global Scientists and Engineers Program (GSEP)

Beasiswa Global Scientists and Engineers Program (GSEP) Jepang

Kamu memiliki rencana untuk melanjutkan studi ke Jepang? Kali ini, kami akan memberikan informasi beasiswa untuk pelajar internasional termasuk Indonesia loh! Salah satu universitas di Jepang yakni Tokyo Institute of Technology (TITECH). Beasiswa tersebut bernama Global Scientists and Engineers Program (GSEP) dan dibuka untuk kamu yang ingin melanjutkan ke jenjang S1 nih. Program ini tentu layak sekali untuk dijadikan pertimbangan. Yuk, kita bahas lebih dalam beasiswa Jepang (S1) ini di artikel berikut.

Alasan Memilih Kuliah di Jepang

Dikenal akan sistem pendidikannya yang bagus, Jepang ternyata memiliki banyak hal menarik loh. Berikut ini beberapa alasan kenapa sobat Meddy harus mempertimbangkan Jepang sebagai tempat melanjutkan pendidikan.

  • Pertama, Jepang merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik. Hal ini juga sudah diakui oleh dunia internasional sehingga sobat Meddy tidak perlu ragu lagi jika ingin kuliah di Jepang.
  • Kedua, Jepang merupakan salah satu negara di Asia yang kaya akan budaya. Sobat Meddy tidak akan bosan saat memilih kuliah di Jepang karena nantinya kalian akan berkenalan dengan banyak budaya dan memperkaya sudut padang kalian.
  • Ketiga, saat ini di Jepang sudah banyak program studi internasional yang dapat sobat Meddy pilih.
  • Keempat, seiring dengan usaha untuk menarik mahasiswa internasional ke Jepang, perusahaan-perusahaan di Jepang juga akan mempekerjakan mahasiswa internasional setelah mereka lulus kuliah. Bidang-bidang yang menyediakan banyak lowongan kerja adalah teknik, TI, investasi perbankan, dan pendidikan.
  • Kelima, Orang-orang Jepang terkenal dengan karakter positif dan budaya baik yang menjadi teladan bagi bangsa negara lain. Salah satu budaya Jepang juga terkenal yaitu budaya malu. Budaya malu yang mereka miliki sering kali membentuk mereka menjadi pribadi yang pekerja keras dan tak kenal menyerah.

Tentang Beasiswa Jepang S1: Global Scientists and Engineers Program (GSEP)

Beasiswa GSEP adalah program sarjana teknik internasional dari Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech). Program ini berada di bawah Department of Transdisciplinary Science and Engineering, yang mencakup mata kuliah sains, teknik, dan manajemen. Dalam program ini, semua mata kuliah diajarkan dalam bahasa Inggris, sehingga kamu yang memiliki sedikit atau tidak memiliki kecakapan dalam bahasa Jepang tetap bisa mengejar gelar sarjana teknik di Tokyo Tech, loh!

Tokyo Tech merupakan universitas sains dan teknik terkemuka di Jepang. Menurut Times-QS World University Ranking, Tokyo Tech berhasil meraih peringkat ke-61, peringkat ke-21 di bidang teknologi, serta peringkat ke-57 pada bidang ilmu alam di antara seluruh universitas terbaik di dunia tahun 2008. Universitas ini juga meraih peringkat 4 terbaik di negara Jepang. Tokyo Tech telah berdiri selama lebih dari 130 tahun dan memiliki 1200 fakultas serta 10.000 mahasiswa yang tersebar di kampus Ookayama, Suzukakedai, dan Tamachi. Beasiswa ini terbagi menjadi beasiswa penuh yang dibiayai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains, dan Teknologi (MEXT) dan beasiswa dengan biaya pribadi. Nah, untuk mengetahui cakupan dan persyaratan GSEP, langsung saja yuk simak informasi lebih detailnya berikut ini.

1. Cakupan Beasiswa Jepang S1 GSEP

Berikut detail dari cakupan beasiswa Jepang s1 GSEP, yang akan kamu dapatkan:

  1. Biaya pendaftaran.
  2. Uang pangkal.
  3. Biaya kuliah selama 4 tahun.
  4. Tunjangan biaya hidup.
  5. Tiket penerbangan dari dan ke negara asal.

2. Persyaratan Peserta Beasiswa Jepang S1

Selanjutnya, detail persyaratan yang harus diperhatikan oleh pelamar beasiswa:

  1. Pendaftar harus tinggal di luar Jepang.
  2. Merupakan warga negara dari negara Jepang yang memiliki hubungan diplomatik.
  3. Pendaftar lahir pada atau setelah 2 April 1997.
  4. Pelamar telah menyelesaikan (atau akan menyelesaikan) 12 tahun pendidikan reguler atau lulus dari sekolah menengah Jepang yang setara sebelum tiba di Jepang.
  5. Pendaftar yang diterima harus tiba di Jepang antara 1-7 April 2022 sebagaimana ditentukan oleh MEXT.
  6. Pelamar yang diterima harus memperoleh visa Mahasiswa (ryugaku) sebelum memasuki Jepang. Harap dicatat juga bahwa individu yang mengubah status visa mereka setelah tiba di Jepang ke kategori selain Mahasiswa tidak lagi memenuhi syarat untuk menjadi penerima beasiswa MEXT sejak tanggal perubahan kategori visa.

3. Dokumen Persyaratan Beasiswa

Dan tahap terakhir yakni persiapan dokumen, berikut ini berbagai dokumen persyaratan yang harus dipersiapkan:

  1. Formulir pendaftaran GSEP.
  2. Kuesioner.
  3. Check sheet.
  4. Salinan paspor.
  5. Fotocopy transkrip SMA.
  6. Salinan ijazah atau surat keterangan akan lulus.
  7. Fotocopy skor TOEFL, TOEIC, atau IELTS.

Baca juga: Ingin Hidup Murah di Jepang? 4 Kawasan ini Bisa Jadi Alternatif!

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian informasi mengenai beasiswa Jepang s1 dari Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech)/beasiswa Global Scientists and Engineers Program (GSEP) 2021. Gimana persiapan dokumen kamu, apakah sudah sesuai? Tenang! Kamu bisa konsultasikan mengenai persiapan dokumen pendaftaran beasiswa dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Kamu juga bisa mengikuti TOEFL/IELTS Prediction Test. Selain informasi di atas, Meddy juga menyediakan berbagai artikel menarik lainnya seputar informasi kampus dan negara. Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini, follow juga instagram Mediamaz Scholar ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top