Beasiswa S2 Luar Negeri dari 5 Negara Populer

Beasiswa S2 Luar Negeri dari 5 Negara Populer

Menempuh pendidikan S2 di luar negeri merupakan impian banyak pelajar di Indonesia. Terlebih jika melalui jalur beasiswa, tentu akan menjadi kebanggaan untuk diri sendiri dan keluarga. Berbagai persyaratan beasiswa dan cara mendapatkan beasiswa S2 luar negeri adalah salah satu topik yang paling banyak dicari dan diincar oleh pelajar Indonesia. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memudahkan kamu mengajukan beasiswa S2 luar negeri, yakni informasi mengenai jurusan yang kamu inginkan apakah tersedia di universitas yang dicantumkan oleh penyedia beasiswa atau tidak. Dengan begitu, kamu hanya perlu memeriksa website universitas tujuan kamu, guys. 

Sebagian besar orang menganggap bahwa program beasiswa S2 luar negeri tidak tersedia bagi tujuan kuliah pelajar internasional. Hal tersebut adalah sesuai yang salah. Faktanya, institusi pendidikan terbaik dunia dan instansi – instansi pemerintah mengelola dana yang besar dengan menawarkan berbagai program beasiswa S2. Berikut ini, negara – negara yang sering menawarkan program beasiswa S2 luar negeri untuk pelajar internasional.

 

Negara Inggris

Inggris merupakan salah satu negara yang banyak dijadikan tujuan studi. Negara ini terkenal dengan ramah pelajar dan memiliki sistem pendidikan yang tentu sangat berkualitas, itu kenapa Inggris banyak diminati pelajar internasional termasuk Indonesia. Terdapat banyak program yang disediakan di Inggris, negara yang dirancang untuk membekali pelajar dengan keterampilan yang dapat membantu mereka membuat perbedaan di negara asalnya masing-masing setelah menyelesaikan masa studinya. 

Berbagai beasiswa S2 tersedia dari universitas Inggris untuk pelajar dengan prestasi akademik yang tinggi. Inggris adalah salah satu pilihan studi terbaik dengan institusi – institusi yang menawarkan tingkat edukasi berkualitas dan terdaftar dalam QAA (Quality Assurance Agency for Higher Education). 

Selain belajar, kesempatan emas untuk jalan – jalan keliling Eropa pun terbuka lebar, sehingga pastinya akan menjadi pengalaman menarik yang tidak terlupakan. Berikut salah satu beasiswa S2 luar negeri yang ditawarkan untuk kamu yang ingin studi di Inggris, yakni Beasiswa Chevening. Beasiswa ini ditawarkan Pemerintah Inggris bagi pelamar Indonesia yang berminat melanjutkan studi S2 di universitas – universitas Inggris. Cakupan beasiswa ini pun terbilang sangat menarik karena bersifat Fully Funded.

 

Untuk mendaftar beasiswa tentu membutuhkan sertifikat bahasa / TOEFL atau IELTS sebagai salah satu dokumen wajib yang harus dilampirkan. Setiap skor yang harus dicapai pun berbeda – beda sesuai kebutuhan masing-masing universitas dan penyelenggara beasiswa. 

Mediamaz Scholar menyediakan layanan preparation and trial test TOEFL/IELTS untuk kamu yang sedang mempersiapkan untuk mengikuti tes TOEFL/IELTS. Hasil dari trial test pun akan kamu peroleh secara langsung, sehingga kamu dapat mengukur kemampuan kamu sebelum mengikuti tes resminya. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa menghubungi tim marketing kami di sini

 

Amerika Serikat

Sebagai salah satu negara tujuan favorit pelajar internasional, Universitas dan Institusi Pendidikan di Amerika Serikat menawarkan berbagai beasiswa kuliah ke Amerika berdasarkan prestasi (Merit-based). Adapun, kriteria utamanya adalah prestasi akademik yang didukung oleh faktor – faktor lain seperti aktivitas ekstrakurikuler dan pengalaman berorganisasi.

Salah satu beasiswa S2 luar negeri yang ditawarkan untuk mahasiswa Indonesia yang ingin studi di Amerika Serikat adalah Beasiswa Fulbright. Program beasiswa ini sudah sangat terkenal di kalangan pemburu beasiswa dan dibuka setiap tahunnya. Beasiswa ini disediakan oleh Pemerintah Amerika Serikat untuk kamu yang ingin melanjutkan studi S2 di universitas – universitas AS. Dengan minimal skor IELTS 6,5, surat rekomendasi, dan dokumen dalam bahasa Inggris lainnya, beasiswa ini terbuka untuk semua jurusan kecuali jurusan kedokteran yang berkaitan dengan patient care atau clinical patient contact.

Pendaftaran untuk program beasiswa ini dibuka rutin setiap awal tahun, jadi jangan sampai ketinggalan informasinya ya!

 

Beasiswa S2 Luar Negeri dari 5 Negara Populer

BACA JUGA: Informasi Beasiswa S2 dalam Negeri

Australia

Pemerintah Australia memiliki perhatian besar dalam hal pendidikan, oleh karena itu cara terbaik adalah dengan menyediakan program beasiswa bagi pelajar internasional. Selain itu, pemerintah Australia juga menginvestasikan sekitar $200 juta dolar per tahunnya dalam berbagai program pendidikan di universitas ataupun lembaga tersier lainnya di sepenjuru negeri.

Australia merupakan peringkat ketiga di dunia untuk akses pendidikan berkualitas tinggi. Dengan 8 universitas yang masuk dalam TOP 100 QS World University Ranking 2020 yang di antaranya University of Sydney, University of Melbourne, Australian National University (ANU) menawarkan program beasiswa untuk kamu yang ingin belajar di sana.

Salah satu beasiswa S2 luar negeri yang terkenal dan banyak ditunggu oleh pelajar internasional termasuk Indonesia, yakni Beasiswa Australia Awards. Beasiswa satu ini disediakan oleh Pemerintah Australia bagi kandidat di sejumlah negara. Cakupan dari program ini fully-funded dan menyediakan banyak pilihan program studi prioritas untuk studi di universitas – universitas terbaik Australia. Untuk pendaftaran beasiswa ini, biasa dibuka mulai dari bulan Februari.

BACA JUGA: Beasiswa Korea GIST (Jenjang S2 dan S3) 2021

Kanada

Negara satu ini berada satu benua dengan Amerika yang juga tidak kalah dengan negara tetangganya loh! Kanada sudah terkenal sebagai negara dengan penduduk yang paling ramah dan baik. Negara ini menempati peringkat ke-19 sebagai negara dengan indeks mutu hidup tertinggi dan peringkat ke-20 negara teraman di dunia. Kanada merupakan salah satu negara yang tentunya cocok untuk kamu yang masih suka parno karena baru pertama kali merantau loh.

Berbagai program beasiswa dan penghargaan khusus tersedia bagi pelajar internasional termasuk Indonesia yang memiliki prestasi gemilang di institusi pendidikan Kanada. Secara umum program beasiswa di Kanada bersifat parsial (tidak menanggung keseluruhan biaya) dan aplikasinya harus dikirimkan langsung ke masing-masing universitas yang diinginkan.

 

Jerman

Negara Jerman merupakan ketiga di dunia dan pertama di Eropa yang banyak menjadi pilihan untuk belajar di luar negeri. Hal tersebut karena Jerman memiliki sistem pendidikan yang sangat unggul dan termasuk kelas dunia dengan harga terjangkau. Selain itu,  suasana perkotaan di kota – kota seperti Berlin, Munich, atau Frankfurt atau kota dongeng Marburg dan Freiburg.

Mahasiswa internasional, terlepas dari kewarganegaraan UE dapat belajar di tingkat sarjana atau pascasarjana di Jerman secara gratis. Dari pantai di sepanjang pesisir Baltiknya hingga pegunungan Bavaria, Jerman tampaknya menjadi rumah bagi hampir setiap lanskap Eropa yang dibayangkan untuk semua musim. Selain itu, Jerman memiliki salah satu tradisi besar dalam bentuk Oktoberfest, seru bukan?

Negara ini menyediakan berbagai macam program beasiswa untuk mahasiswa internasional termasuk Indonesia. Salah satu beasiswa tersebut adalah beasiswa DAAD Epos. Beasiswa S2 luar negeri ini ditawarkan oleh Kementerian Federal Kerja sama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) Jerman. Setiap tahun rutin dibuka dan menyasar kandidat-kandidat di berbagai belahan dunia, salah satunya Indonesia.

Beasiswa yang ditawarkan berupa biaya kuliah penuh, uang saku sebesar 8.050 Euro per bulan untuk program magister, asuransi kesehatan dan kecelakaan, kursus bahasa Jerman, dll. Beasiswa dapat dimanfaatkan untuk studi S2 di universitas-universitas yang ada di Jerman. Pendaftaran tersedia Mei hingga Desember. Sesuai deadline masing-masing universitas.

Demikian, informasi mengenai beasiswa S2 luar negeri dari 5 negara dengan ramah pelajar yang tentu bisa kamu coba! Untuk update mengenai beasiswa lainnya, bisa kamu cek di halaman resmi kami.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top