Beasiswa S2 & S3, University of Melbourne Australia 2021

Beasiswa S2 & S3, University of Melbourne Australia

Kuliah di luar negeri mungkin merupakan mimpi banyak orang apalagi tanpa biaya alias gratis. Kali ini, ada informasi beasiswa dari salah satu universitas ternama di Australia loh yakni University of Melbourne. Beasiswa kuliah luar negeri ini diberikan untuk beberapa negara dunia termasuk Indonesia, dan program ini fully funded, menarik bukan? Yuk, baca informasi selengkapnya mengenai beasiswa S2 & S3 dari University of Melbourne di artikel ini. 

Mengenal University of Melbourne dan Program Beasiswa S2 & S3

Mungkin sebagaian dari kita banyak sekali yang mengingkan beasiswa s2 atau beasiswa s3 untuk bisa kuliah di luar negeri. Berbicara soal Meblourne city pasti kita tidak bisa lepas dari bayangan sebuah kota induk di Australia yang besar dan penuh gemerlapnya hiruk pikuk kota. Setelah ditelusuri, ternyata Melbourne juga merupakan tempat pusat budaya internasional dan ibu kota budaya Australia.

Universitas Melbourne ini terletak di Melbourne, Victoria, Australia. Universitas ini diclaim sebagai Universitas tertua kedua di Australia setelah The University of Sydney dan tertua di Victoria. Kampus ini didirikan pada tahun 1853, yang Kampus utamanya terletak di Parkville, sebelah utara dari pusat kota Melbourne. Berdasarkan hasil riset, University of Melbourne memegang peringkat atas di dalam peringkat universitas Australia dan dunia, yang didukung dengan kepamoran yang tinggi terhadap ilmu-ilmu sosial, ilmu budaya dan biomedis. Nah, untuk kamu yang mau tahu lebih lanjut, bisa klik website resmi kampus ini ya.

Baca juga: 3 Universitas Terbaik di Australia

University of Melbourne adalah universitas riset publik di Australia yang didirikan pada tahun 1853. Setiap tahunnya, dibuka peluang beasiswa dengan nama “Melbourne International Research Scholarships (MIRS) untuk pelajari dari Australia dan Internasional untuk mengejar studi gelar S2 (Master by Research atau S3 (Doctorate by Research). 

Beasiswa MIRS disediakan full, dan durasi dari beasiswa ini pun tergantung dari lamanya waktu studi yang dibutuhkan. Bagi pelamar yang mengambil gelar master by research maksimal selama 2 tahun, sedangkan bagi pelamar yang mengambil gelar doctorate by research maksimal dapat mengambil selama tiga tahun. Jika diperlukan, untuk beasiswa doktor, durasi beasiswa dapat ditambah hingga enam bulan berikutnya setelah batas waktu yang ditentukan. 

Baca juga: 5 Beasiswa Luar Negeri Tanpa TOEFL 

Cakupan Beasiswa MIRS

Jika kamu adalah pelamar yang terpilih mendapatkan beasiswa ini, sudah seharusnya kamu sangat bersykur karena ada beberapa cakupan yang akan kamu dapatkan, seperti:

1. Biaya Full Untuk Belajar

Siapa yang tidak mau kalau terdapat biaya penuh hingga dua tahun untuk pelajar yang mengambil gelar magister atau empat tahun untuk pelajar yang mengambil gelar doktor. 

2. Tunjangan Hidup di Luar Negeri

Lebih menarik, tunjangan hidup sebesar $31.200 per tahun hingga dua tahun untuk pelajar yang mengambil gelar Master by Research atau hingga 3,5 tahun untuk pelajar yang mengambil gelar doktor. Tunjangan hidup dapat di indeks setiap tahun dan termasuk cuti sakit, bersalin, dan mengasuh anak yang dibayar terbatas.

3. Tersedia Dana Relokasi

Biaya relokasi sebesar $2000 untuk pelajar yang pindah dari Negara Bagian atau Wilayah selain Victoria atau $3000 untuk pelajar yang pindah dari luar Australia. 

4. Tambaha Biaya Kesehatan

Overseas Student Health Cover (OSHC) untuk pelajar internasional yang memerlukan visa pelajar untuk belajar di Australia

melbourne univeristy
By Pixabay

Persyaratan Mendaftar Beasiswa S2 

Kemudian, perhatikan untuk persyaratan pelamar sebelum mendaftar ya guys. Berikut persyaratan untuk mendaftar:

1. Pelajar Internasional

Merupakan pelajar internasional maupun pelajar domestik. Artinya kamu memang terdaftar sebagai warna negara asing di luar Australia yang juga dinyatakan legal secara hukum. Dalam hal ini, yuk persiapkan dokumen catatan status kewarganegaraan kamu. 

2. Sudah Masuk di Program Master University Melbourne

Telah mendaftar dan memenuhi persyaratan masuk untuk gelar penelitian pascasarjana di University of Melbourne, atau saat ini telah terdaftar dalam gelar penelitian pascasarjana di University of Melbourne. Hampir rata-rata syarat mendaftar Beasiswa s2 ini atau Beasiswa luar negeri ini menjadi syarat utama yang harus kamu penuhi sebelumnya. 

3. Penguasaan Bahasa Inggris yang Mumpuni

Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik secara tertulis maupun lisan. Hal ini bisa kamu buktikan melalui Score TOEFL pada sertifikat TOEFL dan IELTS kamu. Meddy sudah sering sekali membahas bagaimana cara belajar TOEFL dan IELTS yang bisa kamu praktikan, coba cek bacaan di bawah ini ya.

 Baca Juga: Tips Belajar IELTS Secara Mandiri

Ini Cara Mendaftar Beasiswa S2 dan S3 di MIRS

Berikut adalah alur atau cara mendaftar untuk program beasiswa University of Melbourne (MIRS):

  • Terdaftar di Penelitian Pascasarjana

Jika kamu seorang mahasiswa baru dan telah mendaftar pada program studi penelitian pascasarjana sebelum tanggal penutupan pendaftaran, kamu akan secara otomatis dipertimbangkan untuk Beasiswa Penelitian Pascasarjana.

  • Serahkan Formulir Online Sebelum Deadline

Jika kamu telah menerima tawaran kursus penelitian pascasarjana dan menunda dimulainya perkuliahan maka kamu akan dipertimbangkan kembali untuk beasiswa. Kamu harus menyerahkan formulir pendaftaran online sebelum 31 Oktober untuk dipertimbangkan kembali pada beasiswa di tahun berikutnya.

  • Perhatikan Status Kemahasiswaan Kamu

Jika kamu saat ini terdaftar dalam program penelitian pascasarjana dan sedang mencari beasiswa, kamu harus menyerahkan formulir pendaftaran online sebelum 31 Oktober untuk dipertimbangkan untuk beasiswa di tahun berikutnya.

Untuk deadline pendaftaran sampai 31 Oktober 2021 ya gaiss.. Jangan sampai kelewatan program beasiswa ini.

Mediamaz Scholar

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, informasi mengenai beasiswa dari University of Melbourne Australia. Kamu masih bingung perihal persiapan dokumen atau lainnya untuk mendaftar? Tenang! Kamu bisa konsultasikan dengan kami disini. Meddy juga memiliki layanan lain loh, seperti pengecekkan skor TOEFL/IELTS, layanan kelas bahasa dan informasi lengkap seputar beasiswa luar negeri yang sedang dibuka. Yuk, follow instagram Mediamaz Scholar. Terima kasih!  

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top