penelitian di jerman

Terbang Ke Jerman Gratis? Pakai Aja Beasiswa S3 Jerman/DAAD EPOS BIGS-DR 2021

Apakah sobat Meddy tertarik kuliah di luar negeri menggunakan beasiswa tapi masih bingung mau pilih negara yang mana? Jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi ke Eropa tetapi masih bingung negara mana yang ingin kamu tuju, Jerman dapat menjadi salah satu negara yang patut kamu pertimbangkan. Jerman sendiri merupakan sebuah negara dimana lebih dari 99% penduduk Jerman usia 15 tahun ke atas diperkirakan bisa membaca dan menulis. Kebanyakan universitas di Jerman lebih memilih fokus pada pengajaran daripada penelitian. Penelitian sendiri biasa dilakukan oleh institut independen yang bekerja pada bidang akademik. Dengan kualitas pendidikan yang tidak perlu diragukan lagi serta diakui oleh dunia internasional, terdapat beasiswa untuk mahasiswa internasional yang tentu sangat menguntungkan untuk kamu. Yuk cari tahu mengenai kuliah di Jerman dan Beasiswa S3 Jerman DAAD EPOS Scholarship 2021.

Mengapa Memilih Jerman sebagai Destinasi Kuliah?

Sebelum langsung membahas tentang beasiswa DAAD, ada baiknya sobat Meddy mengetahui lebih dulu apa saja kelebihan yang akan sobat Meddy dapatkan jika memilih kuliah di Jerman. Saat ini banyak calon mahasiswa asal Indonesia memilih benua Eropa sebagai tujuannya, seperti Inggris, Perancis, dan Jerman. Dari ketiga negara tersebut, sebagian besar calon mahasiswa Indonesia memilih Jerman sebagai tujuan favoritnya. Berikut ini beberapa alasan kenapa sobat Meddy harus mempertimbangkan untuk kuliah di Jerman.

1. Memiliki kualitas pendidikan yang diakui dunia

Berdasarkan data, saat ini terdapat lebih dari 390 universitas negeri yang diakui oleh dunia dan tersebar di lebih dari 170 tempat di Jerman. Kualitas pendidikan di Jerman tidak perlu dipertanyakan lagi karena sebagaimana kita ketahui Jerman merupakan rumah dari penemu, penyair, dan pemikir ternama di dunia.

2. Biaya hidup yang relatif murah

Di semua universitas di Jerman, setiap mahasiswa diharuskan membayar iuran semester sebesar 200 Euro (2 juta Rupiah) per semester. Melalui iuran tersebut kamu akan mendapatkan kartu Semester Ticket yang bisa kamu gunakan untuk naik transportasi umum secara gratis. Hal ini tentu memudahkan mobilitas sehari-hari selama studi. 

3. Mendapatkan kesempatan bekerja setelah lulus kuliah

Universitas-universitas di Jerman menjalin hubungan yang erat dengan perusahaan-perusahaan sehingga mahasiswanya sangat terbantu sekali mencari lowongan untuk magang kerja selama kuliah, atau untuk bekerja setelah lulus kuliah. Pemerintah Jerman memberikan kesempatan kepada para mahasiswa internasional yang sudah lulus kuliah untuk bekerja di Jerman selama 1,5 tahun. 

Sekilas Tentang Beasiswa S3 DAAD EPOS Scholarship

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa internasional yang ingin mengambil program S3 atau PhD di bidang kebijakan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik. Bonn International Graduate School for Development Research ini diperuntukkan untuk kamu yang berminat untuk memperoleh gelar PhD di University of Bonn-Zentrum für Entwicklungsforschung (ZEF) dengan periode belajar selama 42 bulan. Program studi ini juga diajarkan sepenuhnya dalam bahasa Inggris.

Bidang-bidang yang akan dipelajari adalah berikut:

  1. Innovation, Knowledge, and Science Policy.
  2. Markets and Public Services.
  3. Mobility, Migration, and Urbanization.
  4. Governance, Conflicts, and Natural Resources.
  5. Health, Nutrition, and Ecosystems.
  6. Land, Water, Food, and Energy.

Cakupan Beasiswa DAAD

Dengan kamu mendaftar beasiswa ini dan kamu mendapatkannya, tentu kamu akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Berikut cakupan beasiswa DAAD EPOS BIGS-DR:

  1. Tunjangan bulanan.
  2. Biaya asuransi kesehatan di Jerman.
  3. Tunjangan perjalanan.
  4. Biaya Kursus bahasa Jerman selama 2 bulan.

Dokumen yang Dibutuhkan untuk Mendaftar Beasiswa DAAD

Berikut dokumen yang harus kamu persiapkan sebelum mendaftar beasiswa DAAD 2021. Jangan sampai kamu gagal atau tidak lolos hanya karena kamu lupa salah satu dokumen persyaratan tersebut.

  1. Memiliki Ijazah Master dengan IPK lebih dari 3.0.
  2. Mencantumkan Graduate Research Statement atau Research Proposal.
  3. Sertifikat kemahiran bahasa Inggris IELTS minimal 6.0 dan TOEFL IBT minimal 80.

Deadline dan Cara Mendaftar DAAD

Beasiswa DAAD EPOS MIDE ini ditutup pada tanggal 31 Agustus 2021. Mengenai pendaftaran, sobat Meddy dapat melakukannya secara online di laman resmi universitas dan dokumen persyaratan disusun secara urut berdasarkan instruksi dalam satu file PDF. Keterangan pendaftaran bisa sobat Meddy cek selengkapnya laman berikut.

Baca juga: 3 Universitas Jerman Terpopuler dan Jurusan Unggulannya

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, mengenai kuliah di Jerman dan beasiswa S3 yang tersedia untuk mahasiswa internasional. Bagi kamu yang membutuhkan jasa untuk menerjemahkan dokumen, kamu bisa menggunakan layanan Mediamaz Translation Service. Dengan harga yang pas di kantong, kamu nggak perlu khawatir lagi. Lebih lanjut, hubungi tim marketing kami di sini. Semoga setelah membaca artikel diatas sobat Meddy menjadi semakin termotivasi untuk kuliah di luar negeri menggunakan beasiswa ya. 

Selain informasi di atas, Meddy juga menyediakan berbagai artikel menarik lainnya seputar informasi kampus dan negara. Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini, follow juga instagram Mediamaz Scholar ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top