Belajar kata kiasan Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris Lewat Idiom – Idiom Ini

Dunia ini sangat kaya dengan bahasa. Ada total 236 negara di seluruh penjuru dunia. Entah itu diakui PBB atau tidak, negara tersebut berdiri di bumi ini dan memiliki kekayaan budaya serta bahasa tersendiri. Namun, kita telah memiliki bahasa internasional yang berfungsi untuk menyatukan semua perbedaan bahasa tersebut, apalagi kalau bukan bahasa Inggris. Mari kita belajar bahasa inggris melalui idiom atau kata kiasan yang akan ditulis di artikel ini.

 

Apa itu Kata Kiasan dalam Bahasa Inggris?

Meskipun berupa kalimat, namun sebutan termasuk kata benda (noun) dengan spelling dan pronounciation: id-i-om. Menurut Merriam-Webster dictionary, hal ini diartikan sebagai: an expression that cannot be understood from the meanings of its separate words but that has a separate meaning of its own. Lanjut ya guys, agar dapat perlancar kemampuan bahasa inggris kita juga

Dengan kata lain, idiom adalah expression (entah itu berupa word, clause, atau phrase) yang memiliki arti tersendiri dan kalau expression tersebut dipecah, maka artinya pun akan berubah. Biasanya idiom memiliki tema khusus. Misalnya ada Idiom tentang people, tentang number, country, dan lain sebagainya.

Tidak bisa juga diartikan kata per kata, karena bisa jadi ia tidak mendefinisikan suatu kata sebagaimana mestinya, atau para bule biasa menyebutnya Idiom has hidden meanings on its own word. Kata ini pun bisa digunakan dalam bahasa lisan maupun tulisan.

 

Jenis-Jenis Kata Kiasan

Selain perlancar bahasa Inggris dengan mengenal lebih dalam idiom tersebut, ternyata idiom memiliki berbagai macam jenis lho! Didasarkan pada struktur yang panjang dan ada pula yang pendek. Contohnya seperti idiom english : Forty winks, cold war, a dark horse, to cut one’s coat according one’s cloth. Berikut jenis-jenis idiom bahasa Inggris:

  1. Idiom dengan struktur regular atau irregular
  2. Berbentuk regular tetapi tidak memiliki arti yang jelas
  3. Secara grammar baik tapi artinya tidak beraturan
  4. Mengetahui tepatnya penggunaan idiom

 

Kata-Kata Idiom dalam Bahasa Inggris

Berikut contoh kata – kata idiom dalam bahasa Inggris yang paling banyak digunakan:

  • A Piece of Cake

Secara harfiah, artinya ‘sepotong kue’. Arti dari idiom ini adalah ‘sesuatu yang sangat mudah atau tidak membutuhkan banyak usaha’ Kenapa bisa dari kue menjadi gampang?

Dulu pada tahun 1870 kue merupakan hadiah untuk pemenang perlombaan. Akhirnya, munculah istilah ‘a piece of cake’. Sekarang, idiom ini banyak digunakan untuk menggambarkan sebuah kompetisi atau ujian. Seperti contoh kalimatnya:

How was the Math test?”, “It was a piece of cake

 

  • Judge a Book by a Cover

Kalau yang ini pasti sering banget kita denger dong ya. “Don’t judge a book by its cover”. Secara harfiah juga bisa ditebak maknanya. Kalau diartikan secara langsung, artinya ‘menilai buku dari tampilan depannya’.

Artinya adalah menilai seseorang atau sesuatu hanya dari tampak luarnya saja. Contoh kalimat:

Don’t judge a book by its cover. Even though she looks mean, she’s actually very friendly.”

 

  • Break a Leg

Kalau kamu penyuka film serial atau film yang menceritakan tentang teater sekolah, pasti pernah menjumpai idiom yang satu ini. ‘Break a leg’ pada dasarnya sama dengan ‘good luck’. Idiom ini banyak diucapkan oleh anak – anak teater sebelum tampil.

Kenapa ‘break a leg’? karena dulunya mengucapkan ‘good luck’ dipercaya membawa nasib buruk untuk aktor yang akan tampil. Contoh kalimat:

Break a leg, James! I’m sure you’ll do great on your performance!”

 

  • No Pain No Gain

Tidak ada pengorbanan, tidak ada hasil. Padanan peribahasa  dalam bahasa Indonesianya adalah “bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian”. Uniknya, idiom ini pertama kali muncul pada tahun 1982 dalam video olahraga aerobic.

Intinya, kamu harus bekerja keras untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan, contoh kalimat:

My muscles ache from all the workout I’ve been doing. But you know what they say, no pain no gain!”

 

Alasan Kenapa Harus Belajar Idiom Bahasa Inggris

Kemudian, kamu juga harus mengetahui alasan kenapa harus belajar kata kiasan bahasa Inggris. Berikut 5 alasannya:

  1. Membantu meningkatkan pemahaman bahasa Inggris yang lebih baik

Mempelajari idiom dan frasa bahasa Inggris mungkin adalah hal yang ditakuti bagi sebagian besar orang yang belajar bahasa Inggris. Meskipun sangat memungkinkan untuk menyampaikan suatu maksud tanpa menggunakan idiom, dengan mempelajari idiom kamu dapat memperoleh lebih banyak kosakata baru dan mendorong diri untuk belajar bahasa Inggris lebih keras lagi.

  1. Idiom sangat penting di kehidupan sosial

Bahasa Inggris tanpa idiom diibaratkan sayur tanpa garam, kamu bisa makan sayur itu tetapi bukan pengalaman makan yang memuaskan, yakan? Idiom cenderung bersifat informal, bahasa sosial, dan penggunaannya dapat “menghangatkan” situasi sosial, dan membantu kamu menjalin ikatan sosial dengan orang lain dengan mudah.

  1. Membuat bahasa Inggrismu terdengar seperti native speakers

Bagi kamu yang belajar atau menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua (ESL/ English as a Second Language) maka penggunaan idiom membuat alur bicara bahasa Inggrismu terdengar lebih alami dan membawanya lebih dekat ke tingkat native speaker. Native Speaker adalah seseorang yang menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa utamanya dalam kehidupan sehari-hari

  1. Idiom mampu mengkomunikasikan suatu hal secara sederhana dan menarik

Dibutuhkan dalam suatu bahasa karena idiom diciptakan untuk mengkomunikasikan suatu hal yang spesifik dan biasanya cukup tepat mendeskripsikan hal tersebut ketika tidak ada kata lain yang tepat atau tidak ada kata yang cukup menarik.

  1. Tidak hanya bahasa Inggrismu yang semakin kece, wawasanmu juga!

Diartikan sebagai cerminan akumulasi pengalaman manusia dan dibangun atas situasi yang sering terjadi, yang menunjukkan perilaku manusia, ciri – ciri sosial, kebiasaan atau tradisi tertentu di suatu negara. 

 

Layanan Mediamaz Scholar

Banyak sekali cara untuk memperlancar kemampuan bahasa Inggrismu loh, jadi nggak ada alasan lagi untuk kamu melatih bahasa Inggris kamu termasuk kata kiasan dalam bahasa inggris, karena bahasa internasional ini sangat berguna untuk masa depan atau dalam dunia kerja.

Jika kamu membutuhkan konsultasi perihal persiapan dokumen untuk mendaftar beasiswa luar negeri, tenang! Kamu bisa konsultasi dengan tim expert study abroad Mediamaz Scholar.Informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top