beasiswa-s1-dalam-negeri

Sepi Peminat! 3 Beasiswa Ini Bisa Meringankan Biaya Kuliah Kamu Di UI

Halo Sobat Meddy, siapa yang disini ingin kuliah di UI? Kampus terbaik nomor 1 di Indonesia. Untuk masuk UI pastinya tidak mudah, kamu harus mempersiapkan semua persyaratan dan biaya kuliah di sana. Maka dari itu tidak jarang bagi pelajar yang ingin masuk UI juga terbentur karena biayanya. Tidak perlu khawatir Meddy sudah menyaksikan info beasiswa kuliah 2020 dan yang termasuk beasiswa UI. Mari simak artikel ini sampai habis ya.

Kenapa Harus Masuk Universitas Indonesia dan Apply Beasiswa UI?

Kenapa harus masuk UI? Tahukah kamu kalau Universitas Indonesia atau disingkat UI merupakan perguruan tinggi negeri Indonesia. Kampus utamanya terletak di utara Depok Jawa barat dan di perbatasan dengan wilayah Jakarta Selatan, sementara kampus lainnya berada di salemba, Jakarta pusat. Faktanya, kualitas sistem pendidikan bahkan prestasi kampus UI ini pun sudah tidak diragukan lagi, masuk skala internasional loh.

Universitas Indonesia sendiri merupakan pusat ilmu budaya bangsa yang selalu berusaha untuk memberikan dampak positif bagi bangsa dan negara. Kita bisa melihat kalau alumni dari UI sendiri juga adalah orang-orang yang berprestasi penuh karya dan saat ini menduduki peran-peran penting di sektoral kehidupan khususnya Indonesia, maupun dalam skala internasional. Wah rasanya ingin sekali masuk UI untuk kuliah 2022.

masuk UI

Biaya Kuliah di UI, Tanpa Beasiswa UI

Tahukah kamu kalau kuliah di UI juga membutuhkan biaya yang cukup lumayan dan didasarkan pada uang kuliah tunggal dengan keputusan Rektor UI. Sebagai contoh untuk biaya kuliah S1 reguler UI adalah sebagai berikut:

Sains Teknologi dan Kesehatan (IPA)

  • Kelas 1 = Rp0 – Rp500.000
  • Kelas 2 = Rp500.000 – Rp1.000.000
  • Kelas 3 = Rp1.000.000 – Rp2.000 000
  • Kelas 4 = Rp2.000.000 – Rp4.000 000
  • Kelas 5 = Rp4.000.000 – Rp6.000 000
  • Kelas 6 = Rp6.000.000 – Rp7.500 000

Sosial Humaniora (IPS)

  • Kelas 1 = Rp0 – Rp500.000
  • Kelas 2 = Rp500.000 – Rp1.000.000
  • Kelas 3 = Rp1.000.000 – Rp2.000 000
  • Kelas 4 = Rp2.000.000 – Rp3.000 000
  • Kelas 5 = Rp3.000.000 – Rp4.000 000
  • Kelas 6 = Rp4.000.000 – Rp5.500 000

Baca juga: Begini Ciri-ciri Beasiswa Palsu yang Harus Kamu Waspadai

Berikut 3 Beasiswa UI yang Wajib Kamu Apply Sekarang!

Apabila teman-teman bisa masuk UI dengan beasiswa kuliah 2022 bukankah ini lebih membanggakan? Saatnya kita mempersiapkan diri untuk mempelajari bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis 2022. Beasiswa UI ini akan semakin cocok karena beasiswa ini juga adalah untuk lulusan SMA.

Beasiswa-generasi-lestari
By Google

1. Beasiswa Generasi Lestari dari BPR Lestari 2022

Dilansir dari laman BPR Lestari, beasiswa Generasi Lestari atau yang dikenal dengan nama beken beasiswa Gen-L adalah program beasiswa dari BPR lestari untuk membantu biaya kuliah bagi mahasiswa baru yang berprestasi di bidang akademik dan Non-akademik. Jadi siapapun kamu,  bisa mendaftarkan diri menjadi bagian pejuang beasiswa  Gen-L ini loh.

Nah, bersama program beasiswa Generasi Lestari ini mereka membuka kesempatan untuk kita yang yang punya impian untuk lanjut kuliah di Universitas Udayana Bali, Universitas Airlangga, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Bandung. Jadi untuk kamu coba cek persyaratan beasiswa kuliah 2022 dari BPR Lestari ini ya.

Persyaratan Beasiswa Generasi Lestari

  1. Siswa/i berdomisili di Pulau Jawa & Bali
  2. Memiliki prestasi dibidang akademik ataupun non akademik
  3. Memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan di 6 Universitas pilihan BPR Lestari
  4. Tidak sedang menerima beasiswa status ikatan dinas dari lembaga/instansi
  5. Bersedia berperan aktif dan berpartisipasi pada kegiatan yang diselenggarakan oleh BPR Lestari.
  6. Mengisi formulir pendaftaraan Online atau dapat mengunjungi website generasilestari.bprlestari.com

Cakupan Beasiswa Gen-L

  • Biaya Uang Kuliah Tunggal
  • Pendanaan Wisuda
  • Kesempatan mengikuti seminar dan pelatihan dari BPR Lestari
  • Mendapatkan Biaya Hidup

Tahap Seleksi Beasiswa Gen-L

  1. Registrasi Online
  2. Test tryout
  3. Seleksi berkas Administrasi
  4. Tahap Interview
  5. Pengukuhan Generasi Lestari
beasiswa-kalla
By Google

2. Khusus, Beasiswa Kalla sebagai Beasiswa UI

Selanjutnya adalah program beasiswa Kalla atau program yang dinisiasikan oleh yayasan kalla. Dimana program ini memberikan cakupan untuk mahasiswa asal Pulau Sulawesi, baik kamu yang dari Sulawesi Selatan, Sulawesi barat, Sulawesi tenggara dan Sulawesi tengah. Adapun cakupan Beasiswa Kalla ini adalah pemberian bantuan dana kuliah dan peningkatan leadership untuk mahasiswa.

Lalu, Bagaimana Cara Mendaftar Beasiswa Kalla

Paling tidak, untuk kamu yang menjadi putra-putri daerah pulau Sulawesi, kamu harus berprestasi secara akademik maupun Non akademik. Artinya untuk prestasi Non akademik kamu harus bisa berprestasi di bidang seni dan olahraga atau memiliki hafalan Alquran, kamu juga aktif di organisasi kepemudaan dan pelajar. Beasiswa ini juga tersedia untuk para penyandang disabiltas loh. Dan Beasiswa kuliah 2022 ini dialokasikan kurang lebih kepada 270 orang penerima beasiswa

Deadline Beasiswa Kalla

28 Juni sampai dengan 19 September 2022.

Syarat Pendaftaran Beasiswa Kalla

  1. Mahasiswa Tk I  dari 20 PTN Terbaik di Indonesia versi Kemendikbudristek 2022
  2. Mahasiswa Tk I dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di wilayah Sulawesi
  3. Berprestasi Akademik, Nilai Rapor minimal 7.50
  4. Berprestasi Non Akademik
  5. Tidak sedang mendapat beasiswa lain darimanapun
  6. Berasal dari keluarga tidak mampu (dhuafa).

Untuk info beasiswa dan link beasiswa klik di sini.

SEA-Scholarhsip-Indonesia
By Google

3. SEA Scholarhsip Indonesia

SEA Scholarship Indonesia merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh perusahaan SEA, perusahaan digital besar yang terdiri dari 3 perusahaan yang tidak asing kita dengar, diantaranya adalah Shoppee, Garena dan Sea Money . Tidak main-main ini banyak sekali yang mengatakan bahwa beasiswa kuliah 2002 ini merupakan beasiswa bergengsi yang banyak sekali di apply oleh mahasiswa baru mahasiswa tingkat 2 atau mahasiswa tingkat 3.

Cakupan Beasiswa SEA Indonesia

Cakupan Beasiswa ini pun tidak main-main loh. Awardee SEA Scholarship Indonesia ini mendapat selama 4 tahun, artinya ini beasiswa fully funded.  Tidak hanya itu, kalau kamu lolos Beasiswa S1 Dalam Negeri ini kamu juga akan mendapatkan berbagai fasilitas menarik lainnya. Menarik ya, coba lihat rinciannya:

  1. Full tuition fee and monthly stipend 
  2. Berkesempatan magang di unit bisnis Sea Garena, Shopee, dan SeaMoney.
  3. Mentoring & Monitoring Program untuk meningkatkan kemajuan keahlian para sarjana kami.
  4. Kesempatan untuk bekerja di berbagai posisi strategis unit bisnis SEA.

Persyaratan SEA Scholarhsip Indonesia

  1. Seorang Warga Indonesia
  2. Terdaftar sebagai mahasiswa tahun pertama, kedua, atau ketiga di universitas mitra Sea (Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Bina Nusantara, Institut Pertanian Bogor, dan Institut Teknologi Del).
  3. Tidak memiliki komitmen pekerjaan dan/atau beasiswa kepada organisasi lain.
  4. Berkomitmen untuk mempertahankan IPK kumulatif 3.5/4.0 (atau lebih tinggi) selama program Beasiswa.
  5. Terdaftar di semua jurusan kecuali Fakultas Kedokteran (termasuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Ilmu Keperawatan

britania berduka

Selain Beasiswa UI, Apa yang Bisa Meddy Bantu?

Bagi Sobat Meddy yang masih bingung dimana lagi harus mencari tahu info beasiswa dalam negeri dan luar negeri, Meddy selalu senantiasa bisa bantu kamu. Atau kamu sedang butuh layanan konsultasi beasiswa tentang info kampus, fakta menarik negara di dunia atau bahkan kamu sedang butuh informasi tentang info beasiswa? Tentunya, bisa banget Meddy membantu untuk menghapus kegalauan kamu. Jadi, langsung saja kunjungi laman resmi kami atau follow Instagram Mediamaz Scholar ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top