Beasiswa Juni- BIM

Jangan Ketinggalan! 5 Rekomendasi Beasiswa Deadline Juni 2022 dari Berbagai Negara

Melanjutkan pendidikan hingga ke tingkat universitas merupakan impian banyak orang. Kali ini Meddy ingin membahas mengenai beasiswa dalam dan luar negeri untuk bulan Juni 2022. Termasuk beasiswa BIM. Apa itu? Buat sahabat Meddy yang mau tahu lebih lanjut, yuk disimak

BIM

Sebelum kita bahas mengenai 5 beasiswa yang memiliki deadline juni, Meddy mau kasih info soal BIM. BIM atau Beasiswa Indonesia Maju adalah sebuah beasiswa yang khusus kan bagi anak bangsa. Beasiswa ini merupakan program KEMENDIKBUDRISTEK bagi kamu-kamu yang memiliki minat potensi di bidang sains, riset, teknologi. Nah untuk informasi BIM lebih lanjut, Simak 5 beasiswa deadline juni ini!

5 Beasiswa Deadline Juni 2022, Ada BIM Juga!

Berikut ini daftar 5 beasiswa bulan Juni dari berbagai negara yang bisa sahabat Meddy pertimbangkan.

1. MAECI Scholarship (S2/S3)

Deadline: 9 Juni 2022

MAECI scholarship merupakan beasiswa yang ditawarkan oleh Kementerian Luar Negeri Italia untuk pelajar-pelajar asing yang ingin melanjutkan studi ke Italia. Tujuan dari beasiswa MAECI yaitu untuk mengangkat hubungan kerja sama internasional dalam bidang budaya, ilmiah, teknologi, mempromosikan bahasa dan budaya Italia, serta membantu sistem perekonomian di Italia. MAECI scholarship memprioritaskan program studi seperti Seni & Desain, Ekonomi, Hukum, Ilmu & Profesi Terapan, Ilmu Komputer & IT, Ilmu Sosial, Jurnalisme & Media, Kedokteran & Kesehatan, Pelatihan & Pendidikan, Pertanian dan Kehutanan, Rekayasa & Teknologi, Sains & Matematika, Sastra, dan Teknik. Beasiswa yang satu ini menawarkan kesempatan studi, pelatihan, dan juga riset di berbagai institusi pendidikan di Italia. 

Persyaratan:

  • Aplikasi hanya bisa diajukan oleh mahasiswa asing yang tidak menetap di Italia dan oleh warga negara Italia yang tinggal di luar negeri (IRE) serta memenuhi syarat akademik yang diperlukan untuk mendaftar ke universitas/institut Italia
  • Pelamar jenjang magister, perguruan tinggi program Seni, Musik, dan Dance (AFAM), atau kursus bahasa dan kebudayaan Italia, usia tidak boleh lebih dari 28 tahun hingga deadline pendaftaran, kecuali perpanjangan (beasiswa).
  • Pelamar program PhD usia tidak boleh lebih dari 30 tahun hingga batas deadline, kecuali perpanjangan
  • Pelamar proyek riset di bawah asuhan akademik tidak boleh lebih dari 40 tahun hingga batas deadline
  • Pelamar harus menyertakan sertifikat kemahiran dalam bahasa Italia. Syarat level minimum adalah B2 dalam Kerangka Acuan Umum Eropa untuk Bahasa (CEFR)
  • Bukti keterampilan bahasa Italia tidak diperlukan untuk perkuliahan yang menggunakan bahasa Inggris.

Dokumen:

  • Surat rekomendasi
  • Paspor
  • Application Form
  • Academic Transcript
  • Letter of Acceptance
  • Ijazah

Untuk penjelasan lebih lanjut, sahabat Meddy dapat mengeceknya di website Study in Italy

2. ASEAN & NON-ASEAN Scholarship – Chulalongkorn University

Deadline: 10 Juni 2022

Beasiswa selanjutnya yang memiliki deadline Juni 2022 yaitu ASEAN and NON-ASEAN Scholarship. Beasiswa ini bertujuan untuk lebih mengembangkan kerjasama akademik antara Thailand dan negara-negara asing. Universitas telah mendirikan “Program Beasiswa Pascasarjana” untuk negara-negara ASEAN atau Non-ASEAN” dengan cara memberikan bantuan keuangan kepada siswa internasional yang ingin melanjutkan studi pascasarjana mereka di Universitas Chulalongkorn. Universitas Chulalongkorn merupakan universitas terbaik di Thailand. Tahun 2021, Menurut QS World University Rankings, Chulalongkorn University menduduki posisi ke-208 dalam peringkat universitas internasional.

Baca Juga: Wajib Tahu! Berikut 7 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Syarat TOEFL

Persyaratan:

  1. Pelamar harus mahasiswa internasional dari negara-negara ASEAN atau Non-ASEAN.
  2. Pelamar harus telah menyelesaikan gelar Sarjana di bidang yang terkait dengan bidang yang mereka terapkan. Sertifikat gelar dan transkrip akademik resmi harus diajukan dengan aplikasi pelamar. 
  3. Pelamar harus telah memperoleh nilai rata-rata tidak lebih rendah dari 2,75 untuk studi sarjana dan tidak lebih rendah dari 3,25 untuk studi pascasarjana mereka.
  4. Pelamar tidak boleh berusia di atas 40 tahun 
  5. Pelamar harus memiliki perintah bahasa Inggris yang baik. Skor TOEFL minimal 500 atau 173 Skor berbasis komputer atau IELTS 5.0 diperlukan.
  6. Pelamar harus dalam keadaan sehat.

Dokumen:

  • Formulir aplikasi lengkap dengan foto
  • CV
  • Transkrip akademik yang dikeluarkan oleh lembaga akademik terakhir yang dihadiri pelamar
  • Surat keterangan kelulusan, jika tersedia
  • Fotokopi paspor
  • Dua surat rekomendasi dari Kepala, Direktur atau Dekan lembaga
  • Surat keterangan medis yang mengkonfirmasi pemeriksaan fisik di rumah sakit di rumah sakit di rumah pemohon negara asal

Untuk penjelasan lebih lanjut, sahabat Meddy dapat mengeceknya di sini.

3. Art Major Asian plus Scholarship

Deadline: 10 Juni 2022

Beasiswa Art Major Asian Plus (AMA+) merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh Korean National University of Arts (K-Arts). Beasiswa ini ditujukan bagi sahabat Meddy yang memiliki bakat di bidang seni dan tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Korean National University of Arts. Korean National University of Arts sendiri merupakan kampus seni paling top di Korea. Beasiswa AMA+ menanggung tiket pulang-pergi ke Korea, uang saku 800 ribu won per bulan, gratis 4 bulan pelatihan bahasa Korea, asuransi kesehatan, serta tanggungan penuh biaya kuliah semester.

Persyaratan:

  • Sudah lulus SMA
  • Sudah memiliki sertifikat TOPIK level 6
  • atau bersedia mengikuti training bahasa selama dua tahun

Dokumen:

  • Personal Statement
  • Study Plan
  • 3 Surat rekomendasi
  • Transkrip nilai
  • Fotokopi skor TOPIK dan TOEFL/IELTS

Untuk penjelasan lebih lanjut, sahabat Meddy dapat mengeceknya di website Korea National University of Arts.

Baca Juga : Tempuh Pendidikan di Korea Melalui GKS 2022

4. University of Birmingham Global Masters Scholarships

Deadline: 30 Juni 2022

University of Birmingham menawarkan 40 beasiswa senilai £ 10.000 kepada para siswa dari negara-negara yang memenuhi syarat untuk mengejar program Master yang diajarkan satu tahun di Universitas pada 2022/23. University of Birmingham merupakan institusi pendidikan terkemuka yang terletak di Britania Raya dan telah mendapat peringkat ke-25 dalam Times University Guide 2022.

Persyaratan:

  1. Telah menerima tawaran masuk untuk gelar Master yang diajarkan di Kampus Inggris Universitas Birmingham untuk belajar di tahun akademik 2022/23.
  2. Digolongkan sebagai ‘berdomisili’ di salah satu negara yang memenuhi syarat mendapatkan beasiswa. List negara dapat dilihat disini.
  3. Digolongkan oleh Universitas sebagai pembayar biaya luar negeri 
  4. Mulai studi mereka di Universitas pada bulan September / Oktober 2022 
  5. Telah membayar setoran Penerimaan £2.000 standar pada tanggal 30 Juni 2022.
  6. Berprestasi dalam hal akademis dan mampu memberikan bukti dalam pernyataan aplikasi beasiswa. Kandidat juga harus memiliki atau diharapkan untuk mencapai keseluruhan kelas (setidaknya 70% dalam sistem Inggris) dalam gelar sarjana atau setara.

Dokumen:

  • Referensi
  • Transkrip, jika tersedia
  • Sertifikasi bahasa Inggris, jika berlaku.
  • Melengkapi formulir aplikasi Beasiswa Master Birmingham

Untuk penjelasan lebih lanjut, sahabat Meddy dapat mengeceknya di sini.

5. Beasiswa Indonesia Maju, BIM

Deadline: 30 Juni 2022

Beasiswa Indonesia Maju merupakan beasiswa diberikan oleh Kemenbudristek untuk melanjutkan S1 bagi para lulusan SMA/SMK/sederajat yang berprestasi di bidang sains, riset, teknologi, dan inovasi. Pilihan kampus yang tersedia bisa di dalam maupun di luar negeri.

Persyaratan :

  1. Warga negara Indonesia (dibuktikan dengan salinan identitas diri dan KK)
  2. Siswa kelas 12 Pendidikan Menengah (SMA/SMK/MA/sederajat) (dibuktikan dengan salinan transkrip nilai rapor kelas 10 semester 1 hingga semester terbaru di kelas 12)
  3. Tercatat sebagai pemenang atau finalis pada lomba/kompetisi/festival tingkat internasional dan nasional dalam bidang sains, riset, teknologi, dan inovasi yang diselenggarakan pada dua tahun terakhir oleh Pusat Prestasi Nasional (dibuktikan dengan sertifikat/piagam pemenang/Surat Keputusan)
  4. Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online pada laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/beasiswa-indonesia-maju/
  5. Menyusun tiga esai aplikasi yang terdiri dari total 600-900 kata dalam Bahasa Inggris

Baca Juga: Persiapkan Dirimu! Ini Dia Daftar Beasiswa yang Buka Pendaftaran Bulan Oktober

Dokumen :

  • Transkrip nilai
  • Identitas diri
  • Sertifikat atau piagam lomba
  • Sertifikat bahasa asing (opsional)
  • Esai Kontribusi
  • Surat pernyataan kesanggupan mengikuti program Beasiswa Indonesia Maju bermaterai Rp 10.000 dan persetujuan orang tua bermaterai yang sudah ditandatangani. 

Untuk penjelasan lebih lanjut, sahabat Meddy dapat mengeceknya disini. 

Apakah Sahabat Meddy Butuh Bantuan?

Setelah membaca artikel mengenai 5 rekomendasi beasiswa bulan Juni 2022 apakah sahabat Meddy menjadi semakin tertarik untuk melanjutkan studi dengan menggunakan beasiswa? Nah, jika sahabat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sahabat Meddy dapatkan di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top