Tes Minat Bakat di Aku Pintar

Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Aku Pintar Sediakan Tes Minat Bakat Gratis

Tes minat bakat merupakan salah satu cara untuk membantu kamu memilih jurusan kuliah. Memilih jurusan kuliah bukanlah hal yang mudah dan tidak boleh asal-asalan. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan, mulai dari minat, bakat, tuntutan keluarga maupun orang disekitar, sampai pekerjaan impian. Berdasarkan data dari Indonesia Career Center Network (ICCN) pada 2017, sebanyak 87% pelajar di Indonesia sering merasa salah ambil jurusan. Hal ini mengakibatkan para siswa mengalami drop out dan pindah jurusan. Kesalahan dalam memilih jurusan juga akan mengakibatkan tidak maksimalnya profesi yang digeluti. Tidak hanya kemampuan dan keterampilan yang kurang berkembang, seseorang yang salah jurusan dapat berakibat pada prestasi yang rendah.

Salah jurusan disebabkan oleh beberapa alasan. Pertama, dibanding mencari tahu mengenai dirinya sendiri, banyak orang memilih jurusan berdasarkan ikut-ikutan teman. Kedua, terlalu banyak menerima saran menyebabkan banyak siswa merasa bingung dan akhirnya memilih jurusan dengan terburu-buru. Ketiga, adanya penawaran beasiswa membuat banyak orang tertarik tanpa mempertimbangkan apakah jurusan tersebut cocok dengannya atau tidak. Terakhir, tuntutan dari orang tua membuat banyak siswa memilih jurusan kuliah yang tidak disukainya.

Coba Tes Minat Bakat Agar Tidak Salah Jurusan

Untuk menjawab ketakutan mengenai salah jurusan, munculah tes minat dan bakat. Kalian pasti sudah sering mendengar tentang tes yang satu ini. Tes minat dan bakat merupakan tes yang dipakai untuk mengetahui kemampuan kognitif, minat, dan juga kepribadian seseorang. Hal yang dinilai dalam tes ini yaitu kepribadian, ketertarikan pada belajar dan karir, bakat dan keterampilan, serta nilai-nilai kehidupan. Tes yang satu ini berisi rangkaian tes dengan berbagai penilaian.

Ketika melakukan tes minat dan bakat, kamu akan diberikan serangkaian pertanyaan yang wajib dijawab. Tenang saja, tidak ada jawaban benar ataupun salah dalam tes minat bakat. Tujuan dari banyaknya pertanyaan disini yaitu untuk menemukan jati diri kamu. Meski banyak direkomendasikan, tes minat dan bakat tidak seratus persen akurat. Ada saatnya human error terjadi. Karena itu tes minat bakat hanya dapat digunakan sebagai rekomendasi dalam mempertimbangkan jurusan kuliah. 

Tes Minat Bakat di Era Industri 4.0

Industri 4.0 pertama kali digunakan oleh pemerintah Jerman untuk memajukan bidang industri ke tingkat selanjutnya dengan bantuan teknologi. Menurut majalah Forbes, revolusi industri 4.0 bisa diartikan sebagai adanya campur tangan sebuah sistem cerdas dan otomasi dalam industri. Biasanya hal ini digerakkan oleh teknologi machine learning dan AI. Di Indonesia sendiri perkembangan industri 4.0 sudah berhasil masuk ke berbagai sektor, salah satunya sektor pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari munculnya berbagai aplikasi pendidikan. Saat ini tes minat bakat sudah bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja loh. Kamu juga bisa melakukan tes yang satu ini secara gratis.

Sebagai salah satu korban yang mengalami kebingungan saat memilih jurusan kuliah, Lutvianto Pebri Handoko kemudian mendirikan sebuah aplikasi pendidikan untuk menjawab permasalahan tersebut. Salah satu tujuan didirikannya aplikasi ini yaitu untuk membantu generasi Z dan Milenial supaya lebih terencana dan siap dalam mengambil langkah ke depan. Aplikasi ini juga berhasil menjadi satu-satunya aplikasi di Indonesia yang dapat menggabungkan tes minat bakat dengan belajar, sehingga pelajar menjadi lebih terarah. 

Aplikasi Anti Galau untuk Memilih Jurusan Kuliah

Berbeda dibandingkan aplikasi lainnya, aplikasi ini tidak hanya sekedar menyediakan materi pembelajaran untuk SMP-SMA saja tetapi juga menyediakan tes kepribadian, tes gaya belajar, informasi beasiswa, hingga tes multiple-intelligences. Tidak hanya itu, aplikasi yang satu ini juga dilengkapi fitur bimbingan konselor dengan psikolog terpercaya. Platform pendidikan yang satu ini juga memiliki informasi beasiswa dari berbagai lembaga guna membantu pelajar mempersiapkan pendidikan tingkat lanjut yang lebih matang. Saat ini aplikasi pendidikan yang satu ini telah bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), berbagai komunitas, fintech (pendanaan pendidikan), sekolah, serta universitas.

Berbagai layanan menarik tersedia di sini, untuk membantumu, antara lain:

  1. Fitur yang berisi macam materi, soal, kuis, dan try out mulai dari kelas X sampai XII baik IPA dan IPS.
  2. Fitur yang akan memudahkan kamu dalam memilih universitas.
  3. Program Live Kepoin Profesi dan Jurusan yang menghadirkan narasumber dari profesi tertentu untuk berbagi prospek pekerjaan.

Menikmati Tes Minat Bakat Gratis Dimana Saja dan Kapan Saja

Berkat kecanggihan teknologi, tes minat dan bakat saat ini sudah bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja secara gratis. Sebagai salah satu aplikasi pendidikan yang paling sering dipakai para siswa, tentu saja tersedia berbagai manfaat yang akan kamu dapatkan di aplikasi ini. Berbagai manfaat yang akan kamu dapatkan dari aplikasi pendidikan yang satu ini yaitu:

  1. Bisa mengikuti tes secara gratis. Tes ini nantinya dapat digunakan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan siswa dalam memilih salah satu penjurusan.
  2. Belajar menjadi semakin mudah dan menyenangkan.
  3. Lebih mudah dalam memilih universitas karena tersedia fitur yang berisi daftar sekitar 2.000 perguruan tinggi berikut jurusan serta mata kuliah yang ada di Indonesia.

Baca juga: Ini Daftar Universitas Paling Bergengsi Di Dunia, Ada Kampus Favorit Kamu?

Ketakutan para siswa akan salah jurusan saat ini sudah bisa teratasi dengan tes minat bakat, seperti yang tersedia di aplikasi. Dengan menemukan jurusan kuliah yang tepat, kamu dapat menghindari salah jurusan serta mempermudah kamu dalam menentukan dalam menentukan arah masa depan hingga karir impian. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top