Fakultas di beasiswa brightsparks

Brightsparks Scholarship 2022 untuk Kuliah di Singapura

Sebagai salah satu negara favorit tempat melanjutkan pendidikan, Singapura memberikan banyak kelebihan yang akan sahabat Meddy rasakan ketika memilih kuliah dan fakultas di negara yang satu ini. Perkiraan jumlah mahasiswa asing di Singapura kurang lebih 50.000 (terutama dari Malaysia, Indonesia, Thailand, Vietnam, Cina, India dan Korea Selatan). Kali ini Meddy mau membahas mengenai beasiswa Bright Sparks dari Singapura. Yuk disimak!

Fakultas di Singapura

Singapura adalah sebuah negara yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaysia. Pendidikan telah berperan penting dalam kemajuan di negara ini. Tidak heran jika universitas di Singapura berhasil menjadi salah satu universitas terbaik di dunia. Berikut ini beberapa alasan kenapa sahabat Meddy wajib mempertimbangkan Singapura sebagai negara tempat melanjutkan pendidikan.

  1. Singapura lebih murah dibanding Australia/UK/USA.
  2. Meskipun bahasa nasional Singapura adalah Bahasa Melayu, 4 bahasa resminya adalah Melayu, Mandarin, Tamil dan Inggris, para siswa tidak akan mengalami kesulitan berkomunikasi karena bahasa Inggris adalah bahasa utama bisnis dan administrasi.
  3. Singapura merupakan negara terhijau di Asia. Selain itu, tingkat kejahatan di negara ini termasuk  rendah, masyarakatnya bisa jalan-jalan dengan aman bahkan saat larut malam.
  4. Singapura merupakan negara multikultural. Masyarakat multikultural Singapura terdiri dari empat kelompok etnis utama: Cina, Melayu, India dan kelompok minoritas yang lebih kecil.  Berbagai agama adalah cerminan langsung dari keragaman ras yang tinggal di sini. Agama-agama utama Singapura adalah Buddhisme, Islam, Hindu, dan Kristen.
  5. Peringkat oleh World Bank pada tahun 2016 sebagai negara termudah untuk melakukan bisnis, Singapura terus menarik investor dan perusahaan berkat sifatnya yang “ramah bisnis”. Tidak mengherankan bahwa sebagian besar raksasa perusahaan multinasional di dunia juga hadir di Singapura. 
  6. Adanya Tuition Grant Scheme (TGS). TGS diperkenalkan oleh pemerintah Singapura untuk semua siswa internasional (non-Singapura) sebagai cara untuk membuat biaya kuliah terjangkau. Jika Anda seorang siswa internasional yang mengejar program sarjana / diploma penuh waktu, pemerintah akan mensubsidi biaya kursus Anda, jika Anda menandatangani perjanjian di mana Anda berkomitmen untuk bekerja di Singapura setidaknya selama 3 tahun setelah lulus.

Baca Juga: Pelajar Wajib Tahu! Berikut Daftar Beasiswa Luar Negeri di Bulan November

Universitas dan Fakultas Yang Tersedia

Semua siswa internasional yang ingin mengambil program studi sarjana di institut Singapura mana pun berhak untuk mengajukan beasiswa ini. Salah satu universitas yang bisa daftar dengan menggunakan Brightsparks Scholarship yaitu National University of Singapore atau yang biasa disingkat NUS. NUS merupakan salah satu universitas terbaik di Asia. Sistem modular di NUS terbilang unik karena menggabungkan nilai-nilai pendidikan tinggi di AS dan Inggris. 

Fakultas-Fakultas di National University of Singapore

Berikut ini daftar fakultas yang ada di NUS:

  • Faculty of Arts & Social Sciences
  • NUS Business School
  • School of Computing
  • Faculty of Dentistry
  • School of Design & Environment
  • Fakultas teknik
  • Fakultas hukum
  • Yong Loo Lin School of Medicine
  • Yong Siew Toh Conservatory of Music
  • Faculty of Science
  • School of Continuing and Lifelong Education
  • DUKE-NUS Medical School
  • School of Integrative Science & Engineering
  • Saw Swee Hock School of Public Health
  • Lee Kuan Yew School of Public Policy
  • Yale-NUS

Beasiswa dan Cakupan Fakultas nya

Bright Spark oleh CareerBuilder adalah beasiswa nomor 1 dan portal pendidikan tinggi di Singapura. BrightSparks menyelenggarakan acara beasiswa, menerbitkan majalah BrightSparks, serta Laporan Survei Beasiswa dan Pendidikan BrightSparks tahunan. Bright Sparks Singapore telah bermitra dengan GIC untuk menawarkan kesempatan beasiswa ini kepada siswa. GIC sendiri adalah investor jangka panjang global yang bekerja untuk mengamankan masa depan keuangan Singapura lintas generasi. GIC adalah salah satu investor global terbesar di instrumen Pasar Publik.

Baca Juga: Pejuang Beasiswa Jangan Lewatkan, 3 Beasiswa untuk Kuliah di Malaysia!

Kriteria beasiswa 

Berikut ini beberapa kriteria yang harus sahabat Meddy penuhi jika ingin mendapatkan beasiswa Bright Sparks.

  • Negara yang memenuhi syarat: Semua siswa warga negara asing dapat mendaftar.
  • Mata Pelajaran yang memenuhi syarat: Siswa dapat mengajukan permohonan untuk program gelar dalam disiplin apapun tidak termasuk kedokteran gigi dan kedokteran di lembaga pilihan Singapura.
  • Kriteria kelayakan: Agar memenuhi syarat, pelamar harus memenuhi semua kriteria yang diberikan, antara lain pelamar harus pelamar internasional serta pelamar harus memiliki hasil akademik yang baik dari pendidikan mereka sebelumnya.

Deadline

Aplikasi Brightsparks Scholarship untuk tahun 2022 saat ini sedang berlangsung.

Cara Mendaftar

Berikut ini cara mendaftar beasiswa Bright Sparks

  • Cara mendaftar: Siswa dapat mengajukan permohonan masuk di universitas atau institut yang diinginkan melalui portal aplikasi individualnya. Kemudian, untuk mengajukan beasiswa ini, mahasiswa dapat login ke portal BrightSparks.
  • Dokumen Pendukung: Siswa diminta untuk menunjukkan dokumen-dokumen berikut selain dokumen yang diperlukan oleh sekolah masing-masing, antara lain sertifikat, prestasi maupun penghargaan, serta referensi.
  • Persyaratan penerimaan: Siswa harus memenuhi persyaratan akademik serta masuk dan khusus kursus dari universitas tempat mereka ingin mendaftar.
  • Persyaratan Bahasa: Siswa harus memenuhi persyaratan bahasa Inggris dari lembaga masing-masing. TOEFL, IELTS, dll adalah tes yang diterima secara umum.

Sumber: Beasiswa Bright Sparks

Jadi, Apa Yang Bisa Meddy Bantu?

Bagi sahabat meddy yang tertarik untuk mengikuti beasiswa mengenai kuliah di Singapura, tetapi masih bingung dan membutuhkan bantuan khusus untuk persiapan beasiswa LPDP 2022 tersebut? Sahabat Meddy tidak perlu khawatir, karena Meddy senantiasa membantu kamu untuk memberikan layanan terbaik seperti  mempersiapkan dokumen penting, penguasaan bahasa atau membutuhkan bentuk konsultasi lainnya, yang semuanya bisa sahabat Meddy dapatkan di mediamaz scholar. Tunggu apalagi? Yuk, cek website resmi kami di sini. Semoga sukseskuliah singapura, Terima kasih ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top