institusi pendidikan

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Secara Gratis yang Diselenggarakan Oleh Institusi Pendidikan

Melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi setelah kamu menyelesaikan masa SMA/ Sederajat, tentu menjadi impian para pelajar. Apalagi kamu bisa berkuliah tanpa mengeluarkan biaya apapun secara gratis apalagi yang diselenggarkan oleh Institusi pendidikan. Selain mendapatkan ilmu, dengan kamu melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi juga akan memberikan banyak pengalaman dan status pendidikan yang lebih tinggi. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan mendapatkan beasiswa kuliah. Namun, faktanya mendapatkan beasiswa kuliah bukanlah sesuatu hal yang mudah diraih, sobat Meddy. Kamu pun juga harus lebih rajin mencari – cari beasiswa agar bisa kuliah secara gratis. Nah, kali ini Meddy akan memberikan 5 cara mendapatkan beasiswa kuliah.

Ketahui Ini Penyedia Beasiswa Selain Institusi Pendidikan

Beasiswa dapat diberikan atau ditawarkan dari berbagai jenis lembaga atau instansi terkait dan hal tersebut yang harus kamu ketahui sebelum mendaftar beasiswa, sobat Meddy. Berikut penyedia beasiswa yang bisa kamu pilih:

  • Lembaga Pemerintahan

Terdapat beberapa lembaga pemerintah yang menyediakan beasiswa untuk berbagai keperluan terkait studi. Di Indonesia sendiri, pemerintah memiliki berbagai program beasiswa, baik untuk pelajar yang berprestasi maupun pelajar yang memiliki keterbatasan ekonomi. Salah satu program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Indonesia, yakni LPDP (Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan) program ini  berada di bawah naungan Kementerian Keuangan. Program ini memberikan kesempatan beasiswa untuk pelajar Indonesia.

  • Institusi Pendidikan

Selain dari lembaga pemerintah, program beasiswa juga dapat kamu peroleh dari instansi pendidikan yang bersangkutan secara langsung. Ada beberapa universitas yang mungkin memiliki program pendanaan atau beasiswa sendiri yang berlaku secara internal. Dengan maksud, program beasiswa diberikan untuk pelajar yang ingin menempuh studi di institusi tersebut. Coba kamju cari tahu apa saja ya beasiswa Institusi Pendidikan selain dari Dikti dan Kemendikbud. 

  • Pihak swasta

Ada banyak pihak swasta non pendidikan yang juga menyediakan program beasiswa di Indonesia. Tidak jarang beasiswa yang disediakan oleh pihak swasta ini dibuka untuk umum dengan serangkaian proses seleksi untuk calon penerimanya. Salah satu program beasiswa dari pihak swasta yang cukup terkenal adalah Djarum dengan program Djarum Beasiswa Plus. Pihak swasta penyedia beasiswa ini jumlahnya sangat banyak dan programnya pun bervariatif loh!

institusi pendidikan

5 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Setelah mengetahui para penyalur atau penyedia program beasiswa, kini Meddy akan memberikan 5 cara mendapatkan beasiswa kuliah secara gratis:

1. Perbanyak riset mengenai beasiswa 

Cara mendapatkan beasiswa kuliah yang pertama adalah rajin atau perbanyak riset mengenai informasi beasiswa. Jika kita bisa menganalogikan, mencari beasiswa sama seperti sedang bermain bola. Kamu harus menjemput bola tersebut agar dapat mencetak gol. Jadi jangan hanya menunggu, tapi kamu harus aktif mencari informasi yang diinginkan.

Di era saat ini, teknologi sudah semakin canggih. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut dengan mencari sebanyak – banyaknya informasi beasiswa yang sedang dibuka, loh!

2. Pahami jenis beasiswa dan persyaratannya

Setelah kamu meriset mengenai program beasiswa yang sedang dibuka, selanjutnya kamu pahami jenis beasiswa tujuan kamu. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, beasiswa memiliki berbagai jenis ada yang dari pemerintah, perusahaan maupun instansi. Kemudian, baca dengan teliti dan seksama mengenai persyaratan atau kriteria yang dibutuhkan. Persyaratan atau kriteria tersebut seperti maksimal usia hingga dokumen yang dibutuhkan

3. Hubungi penyelenggara beasiswa

Kemudian setelah menggali informasi beasiswa secara mandiri, kamu dapat langsung menghubungi pihak penyelenggara beasiswa untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Selain memperoleh informasi yang lebih terpercaya, ada keuntungan lain lagi yang dapat diperoleh dengan menghubungi penyelenggara beasiswa secara langsung. 

4. Persiapkan dokumen pendaftaran

Setelah tiga poin di atas sudah kamu penuhi, saatnya kamu persiapkan dokumen pendaftaran yang dibutuhkan oleh program beasiswa yang kamu pilih. Salah satu hal yang biasanya dibutuhkan dalam pendaftaran beasiswa adalah resume dan karya tulis dalam bentuk esai. Kedua hal ini biasanya masuk sebagai syarat administratif, di mana jika kamu tidak memenuhinya maka kamu akan secara otomatis akan didiskualifikasi. 

5. Persiapkan diri sebelum mendaftar

Cara mendapatkan beasiswa kuliah yang terakhir adalah persiapan diri. Kalau kamu sudah siap dengan informasi dan dokumen yang dibutuhkan, namun kamu masih belum yakin dengan diri kamu sendiri, itu merupakan salah satu hal yang salah loh!

Kesalahan dalam Mendaftar Beasiswa Kuliah

Seringnya, para peserta gagal dalam mendapatkan beasiswa yang dituju karena belum mengetahui kesalahan – kesalahan yang tidak boleh dilakukan. Berikut kesalahan yang bisa membuat kamu gagal dalam mendapatkan beasiswa kuliah:

1. Pasif saat mencari informasi beasiswa

Poin pertama ini sangat berhubungan dengan poin sebelumnya, yang mana banyak sekali pelamar yang kurang gigih dalam mencari informasi beasiswa yang diinginkan sehingga terkadang memperoleh informasi yang tidak utuh atau kurang terpercaya

2. Asal menginput aplikasi

Dalam arti, saat ingin mendaftar beasiswa kamu tidak menimbang potensi diri dan kriteria yang diminta. Menginput banyak aplikasi beasiswa memang baik, namun jangan sampai mengabaikan setiap kriteria.

3. Tidak melengkapi persyaratan administrasi

Hal ini merupakan kesalahan paling fatal saat mendaftar beasiswa. Karena dengan kamu tidak memenuhi dokumen atau kriteria persyaratan yang diminta, kamu akan secara otomatis akan didiskualifikasi sejak awal proses seleksi

4. Resume atau Essai yang kurang menarik

Mungkin pada poin ini terbilang sepele, namun bisa menentukan berhak atau tidaknya kamu mendapatkan beasiswa loh. Saat ini banyak sekali cara menulis resume atau esai yang tersebar di internet, sehingga dapat kamu manfaatkan dengan baik

5. Tidak ada persiapan wawancara

Kurangnya latihan wawancara, bisa membuat kamu gagal mendapatkan beasiswa loh sobat Meddy. Jadi, selain dokumen kamu juga harus sering berlatih wawancara ya!

Baca Juga: Beasiswa S2 Dalam Negeri yang Wajib Dicoba!

Tips Mendapatkan Beasiswa yang Diselenggarakan Oleh Institusi Pendidikan

Menghadiri pameran pendidikan atau dikenal juga dengan “university expo” harus menjadi agenda wajib bila kini kamu sedang mencari peluang beasiswa program S1,S2,S3 bahkan untuk sekedar pertukaran pelajar ke luar negeri. Menurut laman resmi QS Top Universities, ada sejumlah alasan mengapa menghadiri pameran pendidikan bisa membuka banyak peluang mendapatkan beasiswa ke luar negeri, ketimbang bila kini kamu hanya mencari informasi lewat internet. Berikut Tips saat kamu menghadiri pameran pendidikan untuk meningkatkan peluang mendapatkan beasiswa luar negeri.

  • Bertemu perwakilan universitas

  • Persiapan ujian

  • Aplikasi sesuai kriteria

  • Syarat penerimaan jelas

  • Mendapatkan koneksi

  • Tidak hanya satu beasiswa

  • Akses beasiswa eksklusif

Baca Juga: Informasi Beasiswa Luar Negeri S1 2021 – 2022

Dokumen yang Harus Dipersiapkan Secara Matang

Dari semua hal yang harus diperhatikan, hal lain yang harus dipersiapkan secara matang adalah dokumen. Dokumen merupakan berkas – berkas untuk kamu kirimkan ketika ingin mendaftar beasiswa. Dokumen – dokumen di atas salah satunya sering kali dilupakan, oleh karena itu kamu harus benar – benar mempersiapkannya dengan matang ya guys! Adapun dokumen yang harus kamu lengkapi dan dipersiapkan secara matang adalah:

  • Ijazah dan transkrip,

  • Esai atau motivation letter,

  • Curriculum Vitae,

  • Tes TOEFL/IELTS,

  • Surat rekomendasi,

  • Paspor,

  • Terjemahan dokumen,

  • Proposal riset,

  • Scan dokumen,

  • Pas foto.

Layanan Mediamaz Scholar

Untuk mendaftar beasiswa tentu membutuhkan sertifikat bahasa / TOEFL atau IELTS sebagai salah satu dokumen wajib yang harus dilampirkan. Setiap skor yang harus dicapai pun berbeda – beda sesuai kebutuhan masing-masing universitas dan penyelenggara beasiswa. Mediamaz Scholar menyediakan layanan preparation and trial test TOEFL/IELTS untuk kamu yang sedang mempersiapkan untuk mengikuti tes TOEFL/IELTS. Hasil dari trial test pun akan kamu peroleh secara langsung, sehingga kamu dapat mengukur kemampuan kamu sebelum mengikuti tes resminya. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa menghubungi tim marketing kami di sini atau folllow Instagram Mediamaz Scholar. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top