Cara Mendapatkan Beasiswa Luar negeri Secara Gratis!

Beasiswa Kuliah Luar negeri Secara Gratis? Begini Cara Mendapatkannya

Bagi pelajar yang memiliki cita-cita melanjutkan pendidikan hingga ke luar negeri, biaya studi yang akan dihadapi tentu menjadi faktor penting yang perlu dijadikan pertimbangan. Meskipun pengeluaran dapat merogoh biaya yang bervariasi dan cukup menantang, bukan berarti kamu harus mengurungkan niat besarmu untuk meraih mimpimu. Nah, kami punya beberapa cara atau tips jitu yang bisa kamu lakukan untuk membuat peluang kamu mendapatkan beasiswa kuliah luar negeri. 

Kenapa Harus Beasiswa Kuliah Luar Negeri?

Sobat Meddy mungkin kamu bertanya, mengapa kamu harus mempelajari bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah luar negeri secara gratis? Kalau kita coba sejenak berpikir bahwa kuliah itu penting, tapi terbentur dengan biaya kuliah mungkin ada baiknya kita perjuangkan beasiswa kuliah yang ada. Beasiswa Kuliah luar negeri juga bisa menjadi salah satu kunci gerbang kesuskesan yang akan kamu tempuh.

cari jurusan yang sesuai dengan mediamaz scholar
By Pixabay

Apa Saja 4 Cara Jitu Mendapatkan Beasiswa Kuliah Luar Negeri?

Jadi, tunggu apalagi? langsung saja simak 4 cara mendapatkan beasiswa kuliah luar negeri yang harus kamu coba. Siapa tahu dengan mencoba 4 cara jitu mendapatkan beasiswa kuliah luar negeri versi Mediamaz Scholar ini kamu bisa berhasil. Berikut 4 cara jitu mendapatkan beasiswa kuliah luar negeri secara gratis.

1. Beasiswa Kuliah Harus Mempertahankan Nilai Akademik

Cara atau tips pertama yaitu mempertahankan nilai akademik kamu selama masa studi kuliah atau di bangku SMA. Mungkin terdengar susah-susah gampang ya gaiss, namun nyatanya mempertahankan nilai itu sulit loh. Kenapa mempertahankan nilai akademik itu penting buat kamu yang ingin mendapatkan beasiswa?

Hal pertama yang akan kamu persiapkan dalam dokumen yakni ijazah dan transkrip nilai. Kedua dokumen itu wajib kamu lampirkan pada saat mendaftar beasiswa luar negeri mana pun. Oleh karena itu, pasti penyalur beasiswa atau pihak universitas yang kamu tuju akan memperhatikan bagaimana nilai akademik kamu selama masa pendidikan sebelumnya.

Menjaga dan Mempertahakan nilai akademik Kalau nilai akademikmu ternyata tidak sesuai dengan standar beasiswa atau universitas yang dituju, bagaimana bisa kamu mendapatkan beasiswa tersebut, bukan? Ini ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk mempertahakan nilai akademik kamu:

  • Tetap mengasah kemampuan akademik kamu

  • Tidak selalu merasa puas dengan nilai akademik kamu yang sekarang

  • Mulai belajar untuk konsisten dalam hal akademik

  • Mencari kebiasaan baru untuk meningkatkan kemampuan akademik

Nah, mulai sekarang yuk coba perhatikan nilai akademikmu. Selama kamu belum lulus atau masih dalam pendidikan, jika kamu sudah memiliki nilai akademik yang baik harus dipertahankan. Namun, jika sebaliknya kamu harus kejar terus ya, guys!

2. Aktif dalam Berorganisasi

Cara kedua, aktif dalam berorganisasi. Di dunia perkuliahan pasti ada organisasi yang dapat kamu ikuti selama kuliah. Kenapa sih harus aktif berorganisasi? Jawabannya, supaya kamu terbiasa dalam bekerja sama tim, melatih sikap kepemimpinan, tanggung jawab dan banyak soft skills yang berguna lainnya. Berikut manfaat berorganisasi:

  • Menunjang prestasi non akademik

  • Memperkaya pengalaman

  • Membangun relasi tanpa batasan

  • Menyalurkan minat dan bakat

  • Mengasah kemampuan yang baik

Dengan kamu sudah terbiasa dengan pengalaman kamu selama berorganisasi, tentu para penyalur beasiswa akan menilai kamu adalah seseorang yang aktif, dan dapat membawa dampak positif untuk universitas yang dituju tentu untuk negara kita sendiri. Itulah, kenapa kamu perlu banget saat masih kuliah, kamu aktif dalam berorganisasi.

3. Aktif dalam Ajang Kompetisi

Selain aktif dalam berorganisasi, tentu kamu juga memanfaatkan kompetisi – kompetisi yang tersedia di kampus kamu. Nggak hanya di kampus, kamu pun bisa mengikuti kompetisi di luar dengan atau secara individu, loh. Kamu bisa mengikuti ajang kompetisi nasional maupun internasional.

Kenapa sih harus aktif mengikuti ajang kompetisi? Dengan kamu aktif dalam hal ini, tentu akan membawa dampak yang sangat positif bagi diri kamu sendiri. Oleh karena itu, kamu wajib banget loh cari ajang kompetisi. Mungkin kamu bisa mengikuti kompetisi, seperti MUN. 

Baca juga: 14 Bahasa yang digunakan sebagai bahasa Internasional

4. Memiliki Pengalaman Kerja

Nggak kalah penting dari tips atau cara sebelumnya, ternyata memiliki pengalaman kerja juga merupakan salah satu cara supaya kamu bisa mendapatkan beasiswa luar negeri, loh. Bahkan beberapa beasiswa ada yang memiliki syarat minimum jam kerja, nggak harus full time kok! Kamu juga bisa ambil magang atau  part time selagi menjalani kesibukan lain seperti kuliah. Dan ternyata begini alasan kenapa kamu sebaiknya punya pengalaman bekerja meskipun sebelum lulus pendidikan:

  • Kamu lebih siap menghadapi dunia kerja

  • Terbiasa dengan komunikasi di dunia kerja

  • Hard Skill dan Soft Skill kamu terasah

  • Relasi dunia kerja kamu jadi tidak sempit!

Poin plusnya lagi, jika kamu memiliki pengalaman kerja yang sejalan dengan latar belakang pendidikan kamu. Akan membuat penyalur beasiswa, melihat bahwa kamu sudah expert  dalam hal tersebut.

Mediamaz Scholar

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, cara supaya memberikan peluang untuk kamu agar mendapatkan beasiswa luar negeri. Kamu masih bingung untuk persiapan dokumen pendaftaran lainnya? Kamu bisa konsultasikan kebingungan kamu kepada kami. Mediamaz Scholar juga memiliki layanan lainnya seperti cek skor TOEFL/IELTS, program kelas bahasa dan masih banyak lagi. Lebih lanjut, dapat langsung menghubungi kami di sini atau follow instagram Mediamaz Scholar ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top