persiapan-bahasa-inggris

Lakukan Persiapan Bahasa Inggris Kamu Sebagai Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri!

Kamu mungkin termasuk salah satu dari sekian banyak orang yang memiliki cita – cita untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Dengan memiliki pendidikan berkualitas, universitas berkelas dunia, dan berbagai faktor lain yang dapat menjadi pendorong untuk bisa kuliah di luar negeri. Tentu, untuk mencapai itu semua, banyak hal yang perlu kamu persiapkan. Salah satu hal tersebut adalah persiapan bahasa Inggris. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mencari beasiswa. Ada banyak sekali tips atau cara mendapatkan beasiswa luar negeri yang bisa kamu terapkan.

Jangan Ragu, Persiapan Bahasa Inggris Kamu Sangat Penting!

Di era sekarang banyak sekali program beasiswa yang ditawarkan dari setiap negara dan instansi dan dengan berbagai pilihan jenis beasiswa. Meskipun sudah banyak tersedia program beasiswa, kamu juga harus memiliki effort lebih untuk bisa mendapatkan atau lolos beasiswa tersebut. Kali ini, Meddy akan memberikan cara mendapatkan beasiswa luar negeri nih!

Persiapan Bahasa Inggris untuk Mendaftar Scholarship

Pada saat mendaftar beasiswa, secara garis besar ada tiga hal lainnya yang harus kamu persiapkan sematang mungkin selain meloakukan persiapan bahasa Inggris. Apa saja ya?

  • Persiapan Nilai

Persiapan ini merupakan salah satu persyaratan mendaftar beasiswa yang mana dinamakan persyaratan akademik. Kamu harus memenuhi standar nilai (atau IPK kalau kamu sudah kuliah) tertentu sebelum mendaftar beasiswa.

  • Persiapan Administrasi

Persiapan kedua yaitu mempersiapkan dokumen penting untuk pendaftaran beasiswa, yang mana persiapan ini tentu membutuhkan waktu yang nggak sebentar, loh. 

Sangat disarankan untuk kamu meluangkan waktu beberapa minggu atau bulan sebelum mendaftar untuk mempersiapkan dokumen – dokumen yang dibutuhkan agar kamu tidak kelabakan nantinya.

  • Persiapan Mental

Dan yang terakhir, persiapan mental. Nggak cuman syarat – syarat nilai dan administratif saja. Mental pun kamu juga nggak kalah penting untuk dipersiapkan sebaik mungkin. Hal kecil yang nggak banyak orang yang tahu tentang beasiswa adalah terkadang pesiapannya nggak cuman bikin lelah fisik, tapi juga lelah mental. Itulah informasi singkat mengenai mitos saat mendaftar beasiswa sampai tips persiapan sebelum mendaftar beasiswa.

persiapan-bahasa-inggris

5 Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri, Selain Persiapan Bahasa Inggris

Melanjutkan pendidikan ke luar negeri memang terlihat lebih menjanjikan dalam dunia kerja kedepannya. Dan dengan adanya segala kendala seperti perihal finansial, saat ini sudah banyak penyalur beasiswa untuk membantumu meraih cita – cita. Nah berikut 5 teknik meraih beasiswa luar negeri:

1. Persiapan Bahasa Inggris

Salah satu kunci sukses untuk bisa kuliah di luar negeri tentu saja adalah penguasaan bahasa Inggris yang baik. Umumnya, ukuran kemampuan bahasa Inggris yang digunakan adalah IELTS (International English Language Testing System) atau TOEFL iBT (Test of English as Foreign Language, Internet Based Test).

Sejak awal SMA kamu sudah mulai bisa mempersiapkan diri dengan mengikuti rangkaian tes persiapan tes IELTS atau TOEFL sehingga jika masih diperlukan, kamu dapat mengikuti pelatihan tambahan untuk mendapat nilai yang semaksimal mungkin.

2. Aktif Berorganisasi

Manfaatkan masa mudamu dengan kegiatan positif seperti aktif di organisasi sekolah ataupun universitas. Selain akan memberikan pengalaman berharga, berorganisasi juga akan menambah jumlah teman loh.

3. Siapkan CV yang Menarik

Hal terpenting lainnya adalah menyiapkan CV yang menarik dari segi tampilan dan juga konsisten atau isinya. Universitas tentu akan tertarik dengan pelajar yang mempunyai banyak prestasi dan pengalaman yang tertulis di CV-nya dibandingkan dengan pelajar yang CV-nya minim dengan prestasi dan pengalaman.

4. Latih Menulis Personal Statement

Personal statement adalah pernyataan tertulis tentang alasan mengapa kamu berhak mendapatkan sebuah beasiswa. Dalam personal statement berupa karangan sepanjang 1.000 kata, kamu harus dapat memberikan informasi yaitu kontribusi yang bisa kamu berikan kepada institusi penyandang beasiswa atau universitas tersebut serta dampak positif yang kamu berikan untuk negaramu.

5. Persiapkan Surat Rekomendasi

Syarat lain dari pihak universitas dalam memberikan beasiswa adalah surat rekomendasi dari guru di SMA maupun dosen saat kuliah. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mulai menjaga hubungan baik dengan para guru atau dosen sehingga mereka akan dengan senang hati memberikan rekomendasi terbaik.

Tips Meningkatkan Peluang Lolos Beasiswa

Menghadiri pameran pendidikan atau dikenal juga dengan “University Expo” harus menjadi agenda wajib bila kini kamu sedang mencari peluang beasiswa program S1,S2,S3 bahkan untuk sekedar pertukaran pelajar ke luar negeri.

Menurut laman resmi QS Top Universities, ada sejumlah alasan mengapa menghadiri pameran pendidikan bisa membuka banyak peluang mendapatkan beasiswa ke luar negeri, ketimbang bila kini kamu hanya mencari informasi lewat internet. 

Berikut tips saat kamu menghadiri pameran pendidikan untuk meningkatkan peluang mendapatkan beasiswa luar negeri.

  • Bertemu perwakilan universitas

  • Persiapan ujian

  • Aplikasi sesuai kriteria

  • Syarat penerimaan jelas

  • Mendapatkan koneksi

  • Tidak hanya satu beasiswa

  • Akses beasiswa eksklusif

BACA JUGA: Informasi Beasiswa Kuliah di Luar Negeri 2021 – 2022

Do’s & Don’ts Pada Saat Apply Beasiswa

Berikut ini adalah Do’s & Don’ts pada saat kamu apply beasiswa:

Do’s:

  1. Mencari sumber – sumber beasiswa terpercaya
  2. Terus Melamar
  3. Membaca Persyaratan secara keseluruhan
  4. Mempersiapkan dokumen – dokumen untuk mendaftar
  5. Tulislah esai atau motivation letter yang terbaik

Don’ts:

  1. Mengabaikan penghargaan kecil
  2. Berpikir bahwa golongan tertentu yang bisa mendapatkan beasiswa
  3. Menggunakan berkas dokumen yang sama untuk setiap beasiswa
  4. Menunda pendaftaran beasiswa
  5. Menunggu sampai tenggat waktu

BACA JUGA: Beasiswa Jepang 2021 dari INPEX Corporation

Dokumen yang Harus Dipersiapkan Secara Matang

Dari semua hal yang harus diperhatikan, hal lain yang harus dipersiapkan secara matang adalah dokumen. Dokumen merupakan berkas – berkas untuk kamu kirimkan ketika ingin mendaftar beasiswa. Adapun dokumen yang harus kamu lengkapi dan dipersiapkan secara matang adalah

  • Ijazah dan Transkrip,

  • Esai atau Motivation Letter,

  • Curriculum Vitae,

  • Sertifikat Tes TOEFL dan IELTS

  • Surat Rekomendasi,

  • Paspor,

  • Terjemahan Dokumen,

  • Proposal Riset,

  • Scan Dokumen Dan Pas Foto.

Dokumen – dokumen di atas salah satunya sering kali dilupakan, oleh karena itu kamu harus benar – benar mempersiapkannya dengan matang ya guys!

Layanan Mediamaz Scholar

Anda ingin mendaftar beasiswa luar negeri? Anda dapat menggunakan layanan jasa konsultasi beasiswa dari Mediamaz Scholar. Dengan berbagai kebingungan untuk mendaftar beasiswa dari mempersiapkan dokumen hingga mendaftar universitas, tentu akan mengulur waktu yang Anda miliki. Silahkan menghubungi tim marketing Mediamaz Scholar untuk informasi lebih lengkap mengenai konsultasi beasiswa. 

Tim konsultan beasiswa kami merupakan orang-orang yang sudah memiliki pengalaman berkuliah di luar negeri. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir mengenai informasi yang akan Anda dapatkan. Konselor Mediamaz Scholar akan membantu dalam memandu untuk persiapan dokumen yang dibutuhkan, mendapatkan Letter of Acceptance, hingga pembuatan CV Beasiswa dan Motivation Letter sesuai dengan ketentuan yang berlaku tiap negara atau penyalur beasiswa. Follow juga Instagram Mediamaz Scholar ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top