Daftar Beasiswa Amerika Serikat untuk Pelajar Indonesia!

Info Beasiswa Amerika Serikat untuk Pelajar Indonesia!

Ingin kuliah ke Amerika Serikat seperti Cinta Laura, tapi takut dengan angka kurs Dollar? Eitts, nggak perlu, Sobat Pintar. Kan, ada beasiswa? Nggak perlu lagi kamu bingung perihal biaya kuliah dalam dolar? Yuk, lihat daftar info beasiswa Amerika Serikat yang bersifat fully-funded dan partially-funded, siapa tahu kamu eligible untuk salah satunya.

Sudah Pernah Dengar Info Beasiswa Amerika Untuk Kita? Coba Cek di Bawah ya!

Sobat Meddy, seperti yang sudah kita tahu sebelumnya kalau info beasiswa Amerika adalah hal yang paling banyak diburu oleh mahasiswa Internasional. Terlebih Amerika adalah negara yang maju dan menjadi center beberapa hal besar di dunia, termasuk pendidikan. Maka dari itu, banyaknya universitas yang ada di Amerika juga diimbangi dengan banyaknya beasiswa Amerika.

Mengulik Info Beasiswa Amerika Sebagai Persiapan Kuliah Di Luar Negeri

Bagi kamu yang ingin kuliah di luar negeri, ada baiknya mengenal 4 Beasiswa ini sebagai persiapan kalau kamu ingin mengenyam pendidikan di Amerika. Bagaimanapun mendapatkan beasiswa di Amerika adalah kebangaan dan ini akan sangat membantu kamu untuk meringankan biaya kuliah disana. Sebagaimana kita tahu, hidup di Amerika juga terbilang tarafnya cukup tinggi, jadi simak info beasiswa ini ya.

1. Fully Funded Scholarship – Knight Hennessy Scholars at Stanford University

Kesempatan menarik bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Amerika Serikat. Knight-Hennessy Scholars merupakan salah satu program beasiswa full program S2 – S3 di AS yang bisa mewujudkan impian kamu. Beasiswa ini ditujukan bagi warga negara mana saja yang ingin menempuh studi di salah satu kampus ternama AS, Stanford University. 

Beasiswa yang diberikan di antaranya mencakup biaya kuliah serta biaya lain yang berkaitan. Berikut cakupan beasiswa yang perlu kamu ketahui:

  • Uang saku untuk biaya hidup

  • Dana akademik  (buku dan perlengkapan)

  • Tempat Tinggal

  • Transportasi Lokasl

  • Pengeluaran yang wajar

  • Transportasi PP Tahunan Stanford

Beasiswa Amerika Knight-Hennessy Scholars dapat memberikan dana tambahan untuk mendukung pengayaan akademik, seperti perjalanan seniman, dan lain – lain.

Selain itu, penerima beasiswa memungkinkan memperoleh pendanaan tambahan untuk situasi khusus jika Anda terlibat dalam proyek penelitian opsional selama musim panas. Program beasiswa Knight-Hennessy dapat menyediakan dana musim panas, melalui aplikasi terpisah.

2. Beasiswa Partially Funded – American University Emerging Global Leader

Beasiswa ini diberikan oleh American University, jadi tentunya salah satu syarat yang diberikan adalah kamu nggak boleh berstatus sebagai mahasiswa di universitas lain – baik di Amerika Serikat maupun di Indonesia. Jika sejak kelas IX sampai kelas XII prestasi akademik kamu  termasuk 10% teratas, maka kamu memiliki sebagian dari eligibilitas beasiswa ini.

Cakupan Beasiswa American University Emerging Global Leader

Beasiswa American University mencakup biaya kuliah saja, tidak termasuk asuransi kesehatan, buku-buku kuliah, tiket pesawat, dan biaya-biaya lain yang bisa mencapai $4,000 per tahun. 

Baca juga: Fellowship-Banting Postdoctoral Kanada 2021

3. Info Beasiswa Fully Funded – LPDP

LPDP membuka program Beasiswa Reguler untuk masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3). Program bisa digunakan untuk menempuh pendidikan di universitas dalam dan luar negeri sesuai dengan ketentuan dari LPDP. LPDP berkomitmen untuk mempersiapkan pemimpin dan profesional masa depan serta mendorong inovasi demi terwujudnya Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan.

LPDP menyelenggarakan program beasiswa magister/doktor untuk putra-putri terbaik Indonesia dan mendukung program beasiswa lainnya dari Kementerian/Lembaga terkait. Cakupan Beasiswa LPDP, benar-benar fully funded:

A. Biaya Pendidikan

  • Biaya Pendaftaran
  • Biaya SPP/Tuition Fee
  • Tunjangan Buku
  • Biaya Penelitian Tesis/Disertasi
  • Biaya Seminar Internasional
  • Biaya Publikasi Jurnal Internasional

B. Biaya Pendukung

  • Transportasi
  • Aplikasi Visa/Residence Permit
  • Asuransi Kesehatan
  • Biaya Hidup Bulanan
  • Biaya Kedatangan
  • Biaya keadaaan darurat (jika diperlukan)
  • Tunjangan keluarga (khusus Doktor)

Pembiayaan yang juga disebut Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Reguler ini diberikan kepada peserta program magister satu gelar (single degree) dengan durasi studi maksimal 24 bulan. Dana BPI Reguler diberikan pula pada peserta program doktor single degree, dengan durasi studi paling lama 48 bulan.

Baca juga: 5 Beasiswa S2 & S3 Bisa Datar Tanpa Batas Usia

4. Beasiswa Partially Funded – AAUW International fellowships in USA for Woman

AAUW Scholarship memiliki 7 program dan ditujukan untuk wanita yang bukan berkewarganegaraan Amerika. Beasiswa khusus perempuan ini dibuka oleh American Association of University Women (AAUW). Yang merupakan sebuah organisasi non – profit aktif menyuarakan kesetaraan dan pendidikan perempuan sejak 1881.

Organisasi ini memberikan kesempatan bagi wanita internasional untuk mengenyam pendidikan pascasarjana dan postdoctoral di kampus – kampus Amerika Serikat. Demi kehidupan pelajar yang lebih baik, Kamu bisa menyiapkan diri sedini mungkin untuk kesempatan selanjutnya.

Mediamaz Scholar

Layanan Mediamaz Scholar

Jika kamu tertarik mendaftar salah satu dari daftar beasiswa Amerika Serikat di atas, jangan lupa untuk persiapkan segala dokumen pendaftarannya ya, guys. Jika kamu masih bingung mengenai persiapan pendaftaran kuliah di luar negeri, kamu bisa konsultasikan dengan tim expert beasiswa dari Mediamaz Scholar. Kami juga memiliki layanan lainnya, seperti kelas bahasa asing dan prediction score TOEFL/IELTS! Yuk, langsung hubungi kami di sini dan follow Instagram Mediamaz Scholar ya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top