Kampus Luar Negeri Gratis

Daftar Kampus di Luar Negeri Yang Gratis Untuk Orang Indonesia, Ada Beasiswa Nya Juga!

Sobat Meddy, perguruan tinggi biasanya menciptakan kerja sama dengan pihak eksternal untuk memberikan fasilitas terbaik bagi mahasiswa mereka. Ini dilakukan guna untuk membangun pamor atau kepopuleran dari sebuah institusi tersebut. Meddy punya beberapa rekomendasi universitas di Luar Negeri yang memfasilitasi pendidikan gratis, khusus nya untuk warga Indonesia, baik yang menetap di negara tersebut maupun pendatang. Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini ya![1]

Alasan Orang Tertarik Kuliah di Luar Negeri 

Kampus Luar Negeri Gratis
Source : Unsplash

Setiap orang pasti  memiliki alasan kuliah luar negeri untuk diri mereka masing-masing. Tapi apakah kamu pernah bertanya kenapa banyak orang yang bermimpi untuk melanjutkan studi ke luar negeri?[1] 

Mudah dan Fleksibel Konsultasi Beasiswa Luar Negeri, WhatsApp Di Sini

Bagi kamu yang memiliki yang sama tapi masih ragu dengan langkah yang akan kamu ambil ke depannya. Berikut Meddy rangkumkan 5 alasan kuliah luar negeri baik untukmu![1] 

Memperluas Koneksi

Networking atau jejaring, mungkin adalah hal yang paling mahal ketika kita memutuskan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Karena ketika lebih mengerucut bidang studi atau keahlian seseorang, jejaringnya akan semakin sempit juga. 

Jika kamu saat ini ingin berkarir di tempat yang lebih spesifik dan membutuhkan jejaring yang lebih banyak, hal ini bisa menjadi alasan kuliah luar negeri yang pertama. Karena kamu akan banyak bertemu dengan banyak ahli dari seluruh penjuru dunia juga.

Menambah Kualitas Diri 

Alasan kuliah luar negeri selanjutnya adalah untuk menantang kamu agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Karena sebenarnya, kuliah di negara lain bukan hanya sekedar belajar dan jalan-jalan, melainkan bagaimana dirimu menerima budaya yang berbeda, beradaptasi dengan keadaan dan bahkan bertahan menjadi kelompok minoritas di negara tersebut. Namun tentunya dengan tantang di atas, kamu akan pulang dengan versi yang berbeda dari dirimu yang dulu. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba tantangan di atas?

Nyaman Study Abroad dengan Visa Pelajar, WhatsApp Di Sini

Program Kuliah

Memulai Karier di Luar Negeri 

Beberapa alasan kuliah luar negeri yang biasa ditemui dari beberapa orang adalah untuk memulai karier di luar negeri. Hal ini bukan tanpa alasan, prospek karier, gaji dan kehidupan yang lebih baik menjadi alasan bagi beberapa orang. Terlebih bagi mereka yang sanggup membayar biaya kuliah sendiri.

Mimpimu adalah Meraih Beasiswa? Hubungi Meddy Sekarang Melalui WhatsApp untuk Mendapatkan Mentorship Terbaik!

Tapi bagi kamu yang belum bisa, ada beberapa program beasiswa sekaligus bekerja yang ada di beberapa kampus atau perusahaan. Beberapa pekerjaan untuk beasiswa ini seperti menjadi peneliti di lembaga tertentu atau menjadi guru bahasa asing di Indonesia.

Mendapatkan Pengalaman Belajar 

Hampir sama dengan penjelasan di atas, alasan kuliah luar negeri yang menjadi motivasi banyak orang untuk melakukan hal yang sama adalah untuk mendapatkan pengalaman belajar dengan praktikum dan fasilitas terbaik di bidangnya.

Dengan bidang studi yang lebih beragam dari Indonesia, bisa menjadi alasan kuliah luar negeri untuk mempelajari yang belum ada di Indonesia. 

Mengembangkan Kualitas Intelektual 

Ketika kamu belajar di negara lain dengan kualitas pendidikan yang lebih baik dan membiasakan diri dengan cara berpikir yang ada di sana, tanpa kamu sadari pengetahuan dan skill mu akan berkembang dari sebelumnya. 

Terlebih dengan tugas-tugas sekolah dengan beban yang berbeda dari yang didapatkan di Indonesia dan hal lain yang akan kamu hadapi di luar kelas.

Beberapa Kampus di Luar Negeri yang Membuka program Beasiswa Gratis Untuk Orang Indonesia 

Universitas dengan sistem pendidikan yang berkualitas umumnya bekerja sama dengan banyak mitra luar negeri untuk memberikan kesempatan terbaik bagi para mahasiswanya. Nah, Meddy kali ini memiliki beberapa daftar di Luar Negeri yang banyak menyelenggarakan program beasiswa gratis untuk mahasiswa yang berasal dari Indonesia. Berikut adalah lima universitas yang akan kita bahas kali ini.[1]

1. Stanford University 

Siapa yang tidak pernah mendengar nama Stanford University? Atau kamu pernah mendengarkan sebagai kampus pilihan Maudy Ayunda. Stanford University merupakan salah satu universitas terbaik di dunia ini diresmikan pada tahun 1885. 

Salah satu beasiswa yang bisa kamu coba jika ingin kuliah S2 atau S3 di Universitas Stanford adalah Beasiswa Knight Hennessy. Apabila menjadi tertarik dengan beasiswa ini, maka kamu akan perlu mempersiapkan beberapa persyaratan sebagai berikut: 

  • resume 
  • Transkip dan Hasil Tes IELTS 
  • dua surat rekomendasi 
  • short essay 

2. University of Groningen 

Bagi Sobat Meddy yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Belanda, Universitas Groningen wajib masuk ke dalam daftar pertimbangan tujuan studi.  Sebab, kampus ini memiliki reputasi yang baik di kancah internasional. 

Universitas Groningen terkenal sebagai perguruan tinggi riset terkemuka di Eropa. Selain itu, masih ada sejumlah keunggulan lain yang dimiliki kampus tertua di Belanda ini. 

Buat kamu yang mau dibantu Meddy urus penerjemah dokumen tersumpah, bisa langsung hubungi WhatsApp

Lulusan Universitas Groningen juga sangat dipandang dalam dunia kerja. Hal ini terbukti melalui pemeringkatan yang dirilis The Global University Employability Ranking pada 2017, di mana alumni Universitas Groningen menempati peringkat keenam lantaran dinilai kompeten saat memasuki industri digital.

Apabila menjadi tertarik dengan beasiswa S2 ini, maka kamu akan perlu mempersiapkan beberapa persyaratan sebagai berikut: 

  • LoA
  • Sertifikat Bahasa Inggris 
  • Transkip Nilai 

3. Chulalongkorn University 

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di kawasan Asia Tenggara, Thailand bisa jadi pilihan menarik loh! Kualitas pendidikan di Negeri Gajah Putih ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Thailand tercatat sebagai negara ketiga dengan sistem pendidikan terbaik di ASEAN. Salah satu universitas bergengsi yang ada di Thailand adalah Chulalongkorn University. Universitas ini merupakan perguruan tinggi tertua di Thailand. 

Kini Chulalongkorn Universty telah berkembang hingga menjadi universitas nomor 1 di Thailand serta berada pada urutan ke-36 dalam QS Asian University Ranking 2022 dan urutan ke-224 dalam QS World University Ranking 2023. Universitas ini juga tercatat menempati peringkat pertama di Asia untuk Times Higher Education Impact Rankings 2021 dan peringkat ketiga di Thailand untuk UI GreenMetric World University Ranking 2019.

beasiswa yang bisa kamu coba jika ingin kuliah S2 atau S3 di Universitas Chulangkorn adalah Beasiswa CU Asean & Non Asean Scholarship Program

Apabila menjadi tertarik dengan beasiswa ini, maka kamu akan perlu mempersiapkan beberapa persyaratan sebagai berikut: 

  • CV / Resume 
  • Ijazah / Transkip nilai 
  • Sertifikat Kemampuan bahasa (TOEFL / IELTS) 
  • Fotocopy Pasport 
  • Rencana studi / minat akademik 
  • Dua surat rekomendasi 
  • surat nominasi 

4. National University of Singapore 

National University fo Singapore (NTU) adalah salah satu universitas tertua yang ada di Singapur, universitas ini berorientasi dengan riset sebagai sekolah medis mulai tahun 1905. Kemudian berubah posisi dan mengalami transisi dan berubah menjadi Natioanl University of Singapore pada tahun 1962. 

Saat ini, NUS berhasil menjadi perguruan tinggi terbaik di Singapura dan Asia berdasarkan daftar yang dirilis oleh QS pada tahun 2023. Tidak hanya itu – masih berdasarkan daftar yang dirilis oleh QS 2023, NUS juga berhasil menduduki peringkat 11 dalam deretan perguruan tinggi terbaik di dunia 

Apabila menjadi tertarik dengan beasiswa schience Undergraduate Scholarship untuk jenjang S1 ini, maka kamu akan perlu mempersiapkan beberapa persyaratan sebagai berikut: 

  • Warga kawasan Asia 
  • Memiliki potensi dan kualitas kepemimpian yang kuat 
  • memiliki kegiatan ekstrakulikuler 
  • Memiliki prestasi selama SMA

5. Hokkaido University 

Meraih gelar sebagai universitas terbaik ke-8 di Jepang dan 145 dunia, Hokkaido menjadi sasaran banyak mahasiswa internasional. didirikan pada tahun 1876, Universitas Hokkaido adalah salah satu universitas tertua, terbesar dan paling bergengsi di Jepang. dengan jumlah fakultas terbesar dari universitas nasional jepang, kampus ini mencakup hampir semua bidang humaniora dan ilmu sosial. 

Apabila menjadi tertarik dengan beasiswa Hokkaido University President Fellowship untun jenjang S2 dan S3, maka kamu akan perlu mempersiapkan beberapa persyaratan sebagai berikut:

  • Consent letter 
  • Transkip nilai 
  • surat rekomendasi 
  • pengumuman pencalonan resmi dari rektor universitas asal 

Program beasiswa dari kelima kampus di atas adalah gambaran singkat seputar program yang diselenggarakan oleh universitas – universitas yang ada di luar negeri. Jadi, jika kalian tertarik dengan program yang ditawarkan, sobat Meddy kalian bisa langsung mempersiapkan berkas dokumen yang perlu disiapkan ya![1]

Pastikan Perjalananmu Aman dan Lancar dengan Visa Pelajar, WhatsApp Di Sini

Layanan Beasiswa

Baca Juga : Beberapa Ide Kegiatan yang Bermanfaat Untuk Isi Waktu Luang Kamu Selama Gap Year

Itulah informasi mengenai Daftar Kampus Luar Negeri yang Gratis dan khusus untuk orang Indonesia. Kamu jangan sampai ketinggalan informasi ini ya. Tenang saja kalau kamu masih bingung untuk urus persiapan semua dokumennya, kamu bisa hubungi konsultan Meddy untuk gabung Program Kelas Persiapan Luar Negeri yang Tersebar di 20 Negara, konsultasi beasiswa, Kelas TOEFL IBT & ITPIELTS, dan TOEIC di Mediamaz Scholar. Nggak hanya itu, ada juga pelayanan terbaik lainnya dengan jaminan harga termurah se-Indonesia seperti Jasa Penerjemah TersumpahJasa TranslatorJasa Proofreading, dan Jasa SKCK. Yuk, langsung hubungi kami by WhatsApp atau DM Ke Instagram @Mediamazscholar. Thanks ya Sob!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top