Britania Raya

Ragam Fakta Unik Tentang Kehidupan Masyarakat di Negara Inggris, Britania Raya

Kerajaan Inggris adalah kerajaan gabungan yang melibatkan dua kerajaan besar. Pertama adalah kerajaan Britania Raya dan kedua adalah kerajaan Irlandia Utara, umumnya gabungan dari dua kerajaan besar ini dikenal dengan nama United Kingdom (UK) atau Britania Raya.  Banyak fakta unik negara Inggris yang masih belum terkuak. Kata United Kingdom (penyatuan kerajaan) adalah bukti nyata bahwa negara Inggris memiliki kerajaan yang menaunginya. 

Mengenal Kerajaan Britania Raya sebagai Sejarah di Eropa Barat

Selain itu, Kerajaan Britania Raya adalah negara berdaulat yang bertempat di Eropa barat, lepas pantai barat laut daratan Eropa.  Kerajaan inggris ini meliputi pulau Britania Raya pada bagian timur laut pulau Irlandia, dan banyak pulau kecil di Kepulauan Britania yang menjadi kekuasaannya. Irlandia Utara dibagi pada perbatasan darat dengan Republik Irlandia. Sedangkan, Britania Raya dikelilingi oleh Samudra Atlantik, dengan Laut Utara di timur, Selat Inggris di selatan, dan Laut Celtic di barat daya yang menjadikan kerajaan ini sebagai pemegang garis pantai terpanjang ke-12 di dunia. Laut Irlandia memisahkan Inggris Raya dan Irlandia. Luas total Britania Raya dari ukuran laut dan darat adalah 94 ribu mil (243.000 km2), dengan perkiraan populasi penduduk sebesar 67 juta.

Bentuk Britania Raya adalah Kerajaan

Britania Raya adalah kerajaan dengan bentuk negara kesatuan demokrasi parlementer dan monarki konstitusional. Ratu Elizabeth II, telah memerintah sejak tahun 1952. Ibukota dan kota terbesar yang ada di kerajaan Britania Raya adalah kota London. Kota glamour dengan pusat keuangan dan populasi wilayah metropolitan dengan total 14 juta wilayah penduduk. Britania Raya terdiri dari empat negara: Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Selain Inggris, negara-negara yang tergabung didalamnya memiliki pemerintahan mereka masing-masing dengan kekuasaan yang berbeda-beda. Sehingga, nama United Kingdom adalah penyatuan dari 4 negara besar.

Memaknai Sejarah Pembentukan UK dari Britania Raya

Sedikit mengenai sejarah pembentukan kerajaan United Kingdom. Pembentukan tersebut ditengarai oleh perjanjian penyatuan antara Kerajaan Inggris (termasuk Wales yang disetujui pada tahun 1542) dan Kerajaan Skotlandia pada tahun 1707 yang kemudian membentuk Kerajaan Inggris Raya. Penyatuannya pada tahun 1801 dengan Kerajaan Irlandia sebagai inisiator dalam menciptakan Kerajaan Inggris Raya. Selanjutnya, sebagian besar wilayah Irlandia memisahkan diri dari Inggris pada tahun 1922, meninggalkan Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara yang sekarang. Penggabungan tersebut bertahan hingga sampai saat ini.

Di artikel ini, Meddy mau menyampaikan beberapa fakta unik dan fakta menarik terkait negara inggris dan fakta-fakta masyarakatnya. Bisa jadi, kamu belum mengetahui nih apa-apa saja fakta unik dan fakta menarik yang dimaksud. Yuk Simak lebih lanjut artikel di bawah ini!

Baca juga : Fakta unik negara Russia

1. Fakta unik negara Inggris dari segi bahasa 

Bahasa Inggris adalah bahasa polyglot loh sobat Meddy. Makanya apa ya? maknanya, bahasa Inggris diambil dari berbagai sumber dan kosakata bahasa yang sudah ditambahkan dari seluruh dunia. Bahasa Inggris tidak semata-mata dapat diidentikan dengan negara Inggris, karena bahasa Inggris juga menjadi bahasa utama dari negara Wales, Skotlandia, dan Irlandia. 

Seiring berjalannya waktu, bahasa inggris digunakan dan diadopsi oleh negara Persemakmuran kerajaan Inggris, dan negara Amerika Serikat, bahkan di seluruh dunia loh. Saat ini, pengguna bahasa Inggris yang ada di dunia hampir mencapai 1,5 Miliar orang. Hal tersebut menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dengan peringkat nomor 1 di dunia sebagai bahasa umum dan bahasa global. 

Tapi tahukah kamu? Penerapan bahasa inggris sebagai bahasa utama dari kerajaan Inggris terjadi di zaman kerajaan Anglo-Saxon loh, kerajaan yang menginvasi dan menjajah Inggris pada abad ke-5 dan ke-6. Bahasa mereka menyediakan kata-kata yang paling umum digunakan dalam kosakata bahasa Inggris modern yang masih bertahan sampai saat ini.

2. Fakta unik negara Inggris dari segi keagamaan 

Meskipun gereja-gereja yang dibangun dan didirikan di negara Inggris termasuk sebagai gereja resmi dengan ratu sebagai pemegang kekuasaan tertinggi gereja. Negara Inggris adalah negara yang sangat sekuler loh sobat Meddy. Gereja Inggris memiliki sekitar 13.000 paroki dan jumlah klerus yang serupa, tetapi Gereja itu hanya bisa merayakan kurang dari sepertiga pernikahan dan hanya membaptis satu dari empat bayi. 

Negara Inggris memiliki toleransi beragama yang hampir sempurna, serta tidak ada lagi prasangka terhadap umat-umat beragama lainnya. Saat ini, populasi terbesar yang ada di negara Inggris adalah mereka yang beragama Kristen. Selain umat Kristiani, ada juga komunitas agama besar lainnya yang hidup rukun dan berdampingan di negara Inggris. Yakni Muslim, Yahudi, Sikh, dan Hindu.

Britania Raya
By Pixabay

3. Fakta unik negara Inggris dari segi wilayah 

Meskipun Inggris adalah negara dengan tingkat homogenitas yang tinggi dan terikat bersama oleh hukum, administrasi, dan sistem transportasi yang komprehensif.  Perbedaan regional yang khas telah muncul dari geografi dan sejarah negara tersebut. Wajar saja bagi kelompok populasi yang berbeda untuk membangun diri mereka dan mandiri di wilayah yang dapat dikenali. Di utara, misalnya. Timur dan barat dipisahkan oleh wilayah Pennines, dan muara sungai Humber, Thames, dan Severn yang membentuk kemandiriannya sendiri dengan semangat bermasyarakat.

Delapan wilayah geografis tradisional di Barat Selatan, Tenggara, West Midlands, East Midlands, East Anglia, North West, Yorkshire, dan Timur Laut seringkali disebut sebagai wilayah standar negara Inggris. Jadi, pemahaman orang-orang dari luar Inggris, akan sangat mudah mengenali negara Inggris dari ke-8 wilayah region tersebut. Jika kamu bingung bagaimana kenampakan dari negara Inggris, kamu bisa langsung searching tentang ke-8 wilayah region tersebut ya sobat Meddy.

4. Fakta dari segi perekonomian

Perekonomian di negara Inggris sebagian besar dulunya digerakkan oleh mereka-mereka yang memiliki profesi sebagai petani loh sobat Meddy hingga pada akhir abad ke-18. Nah ada peristiwa apa ya di abad ke-18 itu? Yaps, peristiwa revolusi industri. Revolusi industri menyebabkan perubahan dan perkembangan yang luar biasa pada ekonomi dan masyarakat di negara Inggris 

Dengan revolusi industri, mereka secara bertahap menjadi kawasan urban dan kawasan industri selama abad ke-18 dan ke-19. Industri berat yang dijalani orang-orang Inggris pada waktu itu adalah industri besi dan baja, tekstil, dan pembuatan kapal. Industri ini berkembang biak di kabupaten timur laut karena kedekatannya dengan batu bara dan bijih besi. Selain itu, di tenggara negara Inggris. Wilayah ini juga menjadi kawasan urban dan wilayah industri. Industri yang mereka jalani adalah industri otomotif, kimia, listrik, dan manufaktur peralatan mesin sebagai industri terkemuka. Peningkatan populasi dan pertumbuhan perkotaan selama abad ke-20 ini menyebabkan penurunan yang signifikan dalam luas wilayah pertanian di Inggris, tetapi wilayah geografis lainnya seperti Cornwall, Devon, Kent, Lincolnshire, Somerset, dan Yorkshire Utara masih tetap besar untuk wilayah lahan pertaniannya.

Baca juga: Info Beasiswa Universitas York Tahun 2022, Masih di Buka

5. Fakta unik kehidupan sehari-hari masyarakat

Secara historis, kehidupan dan kebiasaan sehari-hari masyarakat Inggris sangat berbeda di daerah perkotaan dan pedesaan loh. Memang, sudah banyak orang yang telah mengeksplorasi adanya perbedaan antara kota dan desa, antara pertanian dan pabrik. Saat ini, meskipun orang Inggris termasuk di antaranya adalah orang-orang yang paling kosmopolitan dan sering bepergian ke berbagai belahan dunia, ikatan dengan alam pedesaan masih tetap kuat. Buktinya, banyak orang-orang Inggris yang menjadi bagian perkotaan kosmopolitan masih memiliki taman kecil di rumahnya.

Selain itu, banyak juga kalender hari libur yang ada di negara Inggris. Biasanya, setiap kali ada waktu berlibur, orang-orang sana menyempatkan waktu dan tenaganya untuk bisa beristirahat dengan tenang. Percepatan kota yang ada di negara Inggris, membuat masyarakat setempat juga harus bekerja lebih giat dan lebih keras. Sehingga, waktu yang pas untuk beristirahat adalah saat ada tanggal merah. 

Apa Yang Bisa Meddy Bantu?

Meddy akan selalu senantiasa membantu sobat semuanya untuk mempersiapkan kelengkapan dokumen dengan bantuan penerjemah tersumpah dan memberikan layanan konsultasi beasiswa untuk Sobat yang masih bingung. Tentunya layanan ini hadir di Mediamaz Scholar. Kemudian Sobat Meddy juga bisa menggunakan layanan lainnya seperti mengikuti kursus bahasa, sebagai penunjang untuk mengikuti kegiatan beasiswa di luar negeri. Untuk informasi lebih lengkap silahkan cek website kami, dan follow Instagram Mediamaz Scholar ya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top