asia-tenggara

Mau Pergi ke Negara Singapura? Kamu Harus Tau Fakta Ini Sebagai Negara di Asia Tenggara!

Kecil-kecil cabai rawit, mungkin itu adalah salah satu ungkapan yang tepat untuk mendeskripsikan negara Singapura dengan 4 kata. Hal ini disebabkan karena Singapura menjadi negara di wilayah Asia Tenggara yang dikenal atas kesuksesannya dalam membangun negara yang kecil menjadi pusat keuangan terbesar di urutan ketiga yang ada di dunia. Kesuksesannya ini mampu mengalahkan negara-negara di Asia Tenggara.

Selain keunggulannya menjadi pusat keuangan di dunia, negara Singapura juga menjadi destinasi bagi wisatawan asal Indonesia untuk melakukan perjalanan liburan dan menjadi salah satu destinasi bagi pelajar internasional untuk melanjutkan pendidikannya. Kali ini Meddy mau kasih tau ke Sobat semua mengenai singapura secara mendalam dan juga kasih tau alasan ke Sobat Meddy mengapa Singapura dapat menjadi salah satu destinasi untuk berwisata maupun untuk menjalani kehidupan disana. Yuk simak artikel ini untuk tau lebih lanjut mengenai informasinya!   

negara singapura

Negara Singapura di Asia Tenggara

Singapura merupakan negara yang terletak di wilayah selatan Semenanjung Malaya tepatnya berbatasan dengan Malaysia di bagian utara dan berbatasan dengan Indonesia di bagian Selatan. Negara yang dikenal dengan patung Merlionnya ini memulai pemerintahannya sejak tahun 1959. Namun Singapura yang awalnya memiliki federasi bersama Malaysia berpisah karena perbedaan ideologi, maka dari itu pada tahun 1965 Singapura mulai berdiri sebagai negara yang independen dan merdeka.

Negara ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 5,6 juta orang dan dinobatkan sebagai salah satu negara maju. Selain hal-hal yang telah disebutkan, apa saja sih fakta-fakta menarik dan informasi penting yang perlu kamu tahu sebelum tiba di Singapura? hal tersebut akan dijelaskan lebih lanjut pada bagian selanjutnya. 

Mengenal Lebih Dekat Negara Singapura

“Tak Kenal Maka Tak Sayang.”

Kalimat ini merupakan salah satu ungkapan yang biasa digunakan untuk menjelaskan bahwa kita perlu untuk mengenal suatu hal terlebih dahulu agar kita bisa lebih memahami dan mengerti hal tersebut. Oleh sebab itu pada bagian ini Meddy akan menjelaskan mengenai negara Singapura secara mendalam.

Fakta Negara Singapura sebagai Negara di Asia Tenggara

1. Dinobatkan sebagai Negara Maju

Negara Singapura menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang dikenal maju. Meskipun memiliki luas wilayah negara yang kecil, namun negara ini mampu bersaing dengan negara lain yang memiliki banyak SDM dan SDA. Adapun beberapa alasan mengapa Singapura termasuk kedalam negara maju yang diantaranya ialah sebagai berikut:

2. Alasan Singapura Menjadi Negara Maju di Asia Tenggara

  • Mengedepankan sektor industri dan perdagangan
  • Negara yang melewati jalur perdagangan di dunia sehingga memudahkan akses ekspor dan impor barang
  • Menerapkan sistem pendidikan yang berkualitas
  • Memiliki sumber daya Manusia yang kompeten dan berkualitas
  • Memiliki pendapatan per kapita yang tinggi

3. Asal Mula Nama Singapura

Asal mula negara Singapura berawal dari salah satu pangeran dari kerajaan Sriwijaya (650 M) yaitu Sang Nila Utama yang menginjakkan kakinya di wilayah tersebut. Pada saat itu pangeran Sriwijaya melihat adanya sosok makhluk yang menyerupai singa. Maka dari itu Sang Nila Utama menyebut wilayah tersebut dengan sebutan Singapura. “Simha” bermakna hewan singa, sedangkan “pura” diartikan kota. Oleh karena itu Singapura diartikan sebagai kota singa.

4. Memiliki Penilaian Tinggi dalam Bidang Sosial

Selain dikenal sebagai salah satu negara maju, negara ini memiliki penilaian yang tinggi dalam bidang sosial. Dimana dalam hal ini terkandung beberapa aspek seperti pada baiknya kualitas pendidikan, kesehatan, keamanan masyarakat, dan kualitas hidup penduduknya.

5. Negara Terkecil di Asia Tenggara

Singapura memiliki luas wilayah 718,1 km2, dimana negara ini memiliki wilayah yang kecil dibandingkan negara lainnya yang berada di Asia Tenggara. Negara yang terdiri dari satu pulau utama dan 67 kepulauan yang berukuran kecil diketahui memiliki luas wilayah 15.000 kali lebih kecil dibandingkan dengan negara Singapura.

6. Menyeimbangkan Kehidupan Perkotaan dan Lahan Hijau

Meskipun negara Singapura memiliki wilayah negara yang kecil dan didominasi oleh wilayah perkotaan, namun pemerintahan setempat berupaya untuk menyeimbangkannya dengan membangun taman kota di berbagai wilayah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi polusi udara dan meminimalisir cuaca panas. Salah satu taman kota yang biasanya dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun turis ialah Singapore Botanic Garden dan Gardens by the Bay.

asia tenggara
By Pixabay

7. Larangan Mengonsumsi Permen Karet

Larangan ini bukan karena sebab, pasalnya pada waktu dimana penduduk di Singapura meresmikan MRT (Mass Rapid Transportation). Beberapa masyarakat di Singapura pada saat itu mengonsumsi permen karet dan membuangnya di dalam transportasi tersebut. Hal ini menimbulkan kerugian dan juga pengrusakan pada fasilitas transportasi. 

Oleh sebab itu perdana menteri kedua di Singapura yaitu Gok Chong Tong melarang warganya untuk mengkonsumsi permen karet di Singapura. Sekarang ini larangan mengonsumsi permen karet mulai dilonggarkan, dimana permen karet yang diperuntukkan bagi manfaat kesehatan mulut diperbolehkan untuk dikonsumsi di Singapura.

8. Memiliki Jumlah Pelajar Internasional Tertinggi di Asia Tenggara

Negara Singapura dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan yang baik di Asia. Selain itu, negara ini juga memiliki fasilitas yang mendukung pelajar untuk meningkatkan kualitas dan kemampuannya. Maka dari itu, negara ini menjadi salah satu pilihan bagi pelajar internasional untuk melanjutkan pendidikannya.

9. Mayoritas Penduduk Tinggal di Apartemen

Menurut survei yang dilakukan sembilan dari sepuluh penduduk yang menetap di Singapura tinggal di bangunan sewaan. Apartemen merupakan salah satu properti yang umumnya difungsikan bagi wilayah perkotaan maupun wilayah yang termasuk ke dalam bagian negara maju. Maka dari itu, tidak heran bahwa mayoritas penduduk di Singapura tinggal di Apartemen. 

Faktor lain mengapa penduduknya tinggal di Apartemen ialah karena luas wilayah nya sebesar 718,1 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 5 juta. Maka hampir mustahil apabila mayoritas penduduknya tinggal di properti rumah pribadi. Oleh sebab itu apartemen menjadi pilihan terbaik bagi penduduk di Singapura.

Baca juga: Ingin Liburan? Ini 9 Rekomendasi Tempat Wisata Di China Yang Paling Banyak Orang Kunjungi

Ciri Khas Singapura

Meskipun memiliki luas wilayah negara yang tidak terlalu besar dibandingkan dengan negara-negara lain, namun Singapura memiliki ciri khasnya tersendiri. Bagian dibawah ini akan menjelaskan salah satu ciri khas dari negara ini yaitu macam-macam karakteristik penduduk di Singapura.

Karakteristik Penduduk Singapura

Berada di wilayah Asia Tenggara, Singapura hadir dan menjadi salah satu negara yang memiliki berbagai macam suku bangsa berbeda. Hal ini sama seperti dari pemaknaan bendera Singapura dimana negara ini menerima berbagai macam suku bangsa bukan karena suku atau ras tertentu. Adapun beberapa karakteristik dari penduduk Singapura versi Meddy, terdiri dari 3 macam yang diantaranya ialah Budaya, Suku Bangsa, dan Bahasa. Penjelasan mengenai karakteristik penduduk dijelaskan sebagai berikut.

Budaya dan Kebiasaan Singapura di Asia Tenggara

Negara Singapura memiliki beberapa budaya dan kebiasaan yang biasanya dilakukan oleh penduduknya. Adapun budaya dan kebiasaan yang dilakukan oleh penduduk di Singapura ialah sebagai berikut:

  1. Tidak meludah di sembarangan tempat
  2. Menggunakan tisu atau barang lainnya untuk menandai bahwa tempat duduk yang digunakan telah diisi oleh seseorang
  3. Membawa uang receh yang digunakan untuk membayar fasilitas toilet
  4. Tidak berbicara secara keras dan lantang di area publik, khususnya di transportasi umum
  5. Melakukan antri secara tertib
  6. Selalu melakukan izin terlebih dahulu dengan penyewa properti ketika ingin mengundang tamu yang ingin berkunjung dan ketika akan meninggalkan properti

Kelompok Etnis

Singapura merupakan salah satu negara yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi di dunia. Maka dari itu kelompok etnis di negara ini memiliki keberagaman, menurut hasil survei Statistics Singapore kelompok etnis yang berada di Singapura didominasi oleh 3 kelompok yang diantaranya ialah kelompok etnis Tionghoa yang diperkirakan sebanyak 74,3 persen, kelompok etnis Melayu sebanyak 13,3 persen, dan kelompok etnis India sebanyak 9,1 persen. Adapun kelompok etnis lainnya yang diperkirakan sebanyak 3,3 persen.

Bahasa Singapura

Singapura yang memiliki penduduk dengan suku bangsa berbeda-beda juga memiliki berbagai macam bahasa yang biasa digunakan oleh penduduknya. Contohnya saja seperti bahasa Inggris, bahasa Hokkien, bahasa Melayu, bahasa Tamil, dan bahasa Kanton. 

Namun karena sebelumnya negara Singapura sempat dijajah oleh negara Inggris maka mayoritas penduduk di Singapura menggunakan bahasa campuran Inggris dan bahasa lain yang sebelumnya telah disebutkan. Bahasa ini dikenal sebagai Singlish, dimana bahasa ini memiliki intonasi dan penerapan bahasa yang informal. Meskipun begitu bahasa Singlish menjadi bahasa yang biasanya digunakan sehari-hari oleh penduduk di Singapura  

Bagaimana nih setelah lihat artikel mengenai negara Singapura yang memiliki ciri khas dan karakteristiknya tersendiri. Apakah Sobat Meddy merasa tertarik tinggal disana untuk bekerja dan melanjutkan pendidikan, atau hanya sekedar berlibur untuk menghilangkan penat setelah menyelesaikan kesibukan Sobat? Yuk diskusikan pemikiran dan tanggapanmu di kolom komentar!

Bagaimana Meddy Bisa Membantu Sobat?

Agar dapat terus terkoneksi dengan informasi terupdate mengenai informasi beasiswa, konsultasi beasiswa, maupun proses persiapan kelengkapan dokumen beasiswa, Sobat bisa mempercayakan Mediamaz Scholar untuk membantu mempersiapkan keperluanmu. Selain itu Mediamaz Scholar juga senantiasa membantu Sobat Meddy untuk mengurus Visa Pelajar dan kursus bahasa untuk menunjang keahlianmu saat berpergian ke luar negeri. Untuk informasi lebih lanjut sobat Meddy bisa cari informasinya di sini, dan follow Instagram Mediamaz Scholar ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top