Fakta-unik-Ukraina

Fakta Unik Masyarakat Ukraina yang Jarang Diketahui

Masyarakat Ukraina terletak di sebuah negara Eropa Timur yang berbatasan dengan Rusia. Ukraina dan Rusia sekarang ini sama-sama memperebutkan Semenanjung Krimea yang dikuasai oleh Rusia pada tahun 2014, meskipun demikian Ukraina dan banyak komunitas internasional mengakuinya sebagai bagian dari Ukraina. Beserta Krimea, Ukraina memiliki wilayah seluas 603.628 km², yang membuatnya sebagai negara terluas di Eropa dan terluas ke-46 di dunia, sedangkan populasi sejumlah 44,5 juta jiwa menjadikan Ukraina sebagai negara berpenduduk terbanyak ke-32 di dunia. Wilayah modern Ukraina telah dihuni sejak tahun 32.000 SM. Artikel kali ini akan membahas tentang berbagai fakta unik masyarakat Ukraina.

A. Fakta Unik Masyarakat Ukraina dari Budaya

Ukraina adalah negara kesatuan yang berbentuk republik yang menganut sistem semi presidensial dengan trias politica: legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Pusat negara dan kota terbesarnya adalah Kiev. Ukraina memelihara militer terbesar kedua di Eropa, setelah Rusia, jika personel cadangan dan paramiliter turut dihitung. Negara ini adalah rumah bagi 45,4 juta manusia (termasuk Krimea), 77,8% di antaranya adalah bangsa Ukraina berdasar etnisitas diikuti oleh bangsa Rusia yang menjadi minoritas dominan (17,3%) juga bangsa Rumania (Moldova), Belarus, Tatar Krimea, dan bangsa Hongaria.

Adat istiadat Ukraina  dipengaruhi oleh Gereja Ortodoks. Peran gender di Ukraina  lebih cenderung tradisional dan kakek-nenek memainkan peran besar dalam membesarkan anak dibandingkan dengan Barat. Budaya Ukraina terkena dampak tetangga Barat dan Timur yang tercermin dalam arsitektur, musik dan seni. Di era Komunisme memiliki pengaruh yang sedikit kuat pada seni dan penulisan Ukraina.

Telur Paskah yang dikenal sebagai tradisi Pivans memiliki akar budaya yang panjang di Ukraina. Telur-telur ini diwarnai dengan lilin untuk membuat pola. Kemudian pewarna digunakan untuk memberi  warna yang bagus pada telur. Pewarna tidak mempengaruhi bagian telur yang sudah dilapisi lilin. Setelah semua telur diwarnai, lapisan lilin dihilangkan, hanya menyisakan pola warna-warni. Tradisi ini memiliki sejarah ribuan tahun dan sudah ada sebelum munculnya agama Kristen di Ukraina. Di kota Kolomyia di  kaki Carpathians, Museum Pysanka dibangun pada tahun 2000, dan pada tahun 2007 ditetapkan sebagai Monumen Ukraina Modern sebagai bagian dari kampanye Tujuh Keajaiban Ukraina.

B. Fakta Unik Masyarakat Ukraina dari Agama

Perlu sahabat Meddy ketahui, bahwa Ukraina memiliki populasi Yahudi dan Polandia yang besar, terutama di wilayah tepi kanan (barat Dnieper). Namun, populasi yang sebagian besar berbahasa Yiddish  terus menurun karena migrasi pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 yang disebabkan oleh Holocaust. Selama akhir 1980-an dan awal 1990-an, banyak orang Yahudi yang tinggal di Ukraina bermigrasi ke Israel. Pada pergantian abad ke-21, ratusan ribu orang Yahudi yang tersisa di Ukraina kurang dari 1% dari populasi Ukraina.

Agama yang dominan di Ukraina adalah Gereja Ortodoks Timur, yang diyakini oleh hampir separuh penduduk. Secara historis, mayoritas penganutnya adalah Gereja Ortodoks Ukraina. Sementara itu, di Ukraina barat adalah Gereja Katolik Yunani Ukraina. Agama minoritas di Ukraina adalah Protestan, Katolik, Islam (Tatar Crimea) dan Yudaisme. Kurang lebih dari dua per lima warga Ukraina tidak beragama.

Pemukiman Muslim di Ukraina

Untuk sahabat Meddy yang menganut agama Muslim dan ingin mengunjungi negara Ukraina tidak perlu khawatir. Meskipun Agama yang dominan di Ukraina adalah Gereja Ortodoks Timur, akan tetapi Muslim di Ukraina masih mempunyai sekitar empat orang dari total populasi. Kebanyakan dari mereka adalah (Tatar Krimea) dan tinggal di semenanjung Krimea. Sekitar 50.000 warga Muslim tinggal di Kyiv saja. Untuk sejarah Islam di Ukraina sangat dalam.

Menurut sejarah resmi, pemukiman muslim pertama di kota Kiev sudah eksis sejak abad ke-18. Di dua abad terakhir komunitas muslim di tanah Ukraina terus membengkak dan diperkirakan saat ini ada sekitar dua juta Muslim di Ukraina. Hingga tahun 1917 perkembangan Islam di Ukraina cukup stabil, namun seiring dengan berkuasanya rezim Uni Soviet (1922-1991) di Ukraina, terjadi kesulitan yang luar biasa bagi penyelenggaraan peribadatan publik, meskipun begitu muslim Ukraina tetap menjalankan ibadah dan mempertahankan agama yang diwariskan secara turun temurun dari para pendahulu mereka, serta menjaga segala warisan keIslamannya. 

Perubahan dramatis terjadi di awal tahun 1990an dalam komunitas muslim Ukraina. Terkait dengan permulaan transformasi demokrasi di Uni Soviet, diikuti dengan perubahan fundamental dalam hal kaitannya dengan pengakuan negara terhadap hak-hak publik. Umat Islam dapat dengan terbuka membicarakan dan menjalankan ajaran Islam dengan bebas. Ketika Ukraina memperoleh kemerdekaannya kesempatan untuk membentuk lembaga komunitas pusat muslim pun terbuka lebar untuk dapat merancang sebuah koordinasi proses proses kebangkitan kembali kehidupan beragama Islam di negeri itu.

Tanggal 9 September 1992 Dewan Urusan Agama di bawah Kabinet kementerian kabinet Ukraina telah menerima pendaftaran Badan Urusan Agama Islam Ukraina (DUMA) yang menyatukan seluruh komunitas muslim di Ukraina. Pemimpin (DUMA) yang mengorganisir di antara komunitas muslim Ukraina dan luar negeri, di bawah pimpinan Tamin Achmed Mohammed Mutach.

C. Fakta Unik Ukraina dari Tempat Wisata

Bagi sahabat Meddy yang penasaran mengenai tempat wisata apa saja sih, yang wajib dikunjungi pada saat ke Ukraina?. Yuk simak artikel berikut tentang wisata yang ada di Ukraina.

1. Tunnel of Love

Terowongan Cinta atau Tunnel of Love  juga  sangat populer dan terkenal. Terowongan terkubur di daun tanaman merambat, dan ada lorong panjang misterius yang terbenam dalam kehijauan seperti dalam dongeng. Banyak wisatawan yang ingin belajar tentang terowongan cinta ini. Tumbuh dengan tanaman hijau subur sejauh 3 km ke dasar, dinding dan atap. Di bawah ini juga rel kereta api yang masih beroperasi dan masih bisa digunakan. Terowongan Cinta unik dan indah, menjadikannya tempat yang bagus untuk mengambil foto.

2. Hedgehog Monument 

Destinasi wisata yang unik dan menarik di Ukraina  juga dikenal dengan Hedgehog Monumen (Monumen Landak). Menarik untuk dikunjungi karena  tempat ini memiliki patung landak yang lucu dan  tidak menakutkan. Anak-anak akan menyukainya dan mereka akan senang berfoto dengan patung landak yang lucu.

Monumen landak ini sangat sederhana namun memiliki nuansa alam, dan patung landak ini terbuat dari kayu bukan perunggu, sehingga sangat alami dan tidak terkesan berlebihan. Area di sekitar monumen juga menarik untuk dijadikan tempat liburan keluarga. Wah, terlihat sangat cocok nih untuk sahabat Meddy dan  keluarga ketika sedang berliburan ke Ukraina.

3. Kyiv 

Tempat-tempat yang harus dikunjungi selama sahabat Meddy tinggal di Kyiv antara lain:

  1. Kyiv Pechersk Lavra dan Saint Sophia’s Cathedral
  2. Kuga Khreshchatyk dan Maidan Nezalezhnosti
  3. Golden Gate

Baca juga: Menjadi Mahasiswa Ukraina, Pengeluaran Jauh lebih Rendah?

Mediamaz Scholar

Bagaimana, apakah Meddy sudah bisa membantu?

Itulah berbagai fakta unik mengenai Ukraina. Untuk sahabat-sahabat Meddy apabila membutuhkan bantuan, Meddy selalu tersedia untuk membantu dan memastikan semua dokumen yang akan disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah Meddy dan akan memberikan layanan konsultasi beasiswa bagi mereka yang masih bingung. Tentu saja, layanan ini ada di Mediamaz Scholar. Sahabat Meddy juga dapat menggunakan layanan lain, seperti mengikuti kursus bahasa untuk mendukung partisipasinya dalam kegiatan beasiswa di luar negeri. Untuk informasi lebih lanjut, follow juga instagram Mediamaz Scholar ya!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top