fakta unik negara rusia

Fakta Unik Negara Rusia, Budaya Lokalnya Bikin Geleng Kepala!

Negara Rusia merupakan wilayah yang terletak di bentang semenanjung benua Eropa Timur hingga benua Asia Utara. Terdapat beberapa fakta unik dari negara Rusia. Dengan wilayah yang hampir menutupi ⅙ dunia ini, negara Rusia setidaknya dinobatkan untuk menempati posisi pertama dalam kategori urutan negara dengan wilayah paling luas dari wilayah yang ada di seluruh dunia (CIA World Factbook, 2012). Wilayah negara Rusia kurang lebihnya jika dihitung dalam luasan kilometer, berhasil mendapatkan luasan pada kisaran 17.096.246 km². Luasan yang diukur tersebut sudah masuk ke dalam perhitungan wilayah daratan dan wilayah lautan. Jika dibandingkan dengan negara Indonesia yang hanya memiliki luas wilayah sekitar 8.300.000 km². Maka, dapat dikatakan negara Rusia 2x lebih besar memiliki wilayah dibandingkan Indonesia. 

Apakah sobat Meddy sudah terbayang tentang bagaimana luasnya wilayah negara Rusia? Yaps, wilayah yang berhasil menduduki posisi pertama sebagai wilayah terbesar dunia ini, tentunya banyak fakta unik rusia dan fakta menarik yang bisa kita bahas nih sobat Meddy! Udah ga sabar kan sobat Meddy? Yuk, disimak beberapa fakta unik rusia dan fakta menarik tentang negara Rusia dibawah ini sobat.

FAKTA UNIK NEGARA RUSIA

Sejarah panjang telah menyelimuti negara Rusia. Jatuh bangun negara Rusia saling silih berganti, terkadang negara Rusia harus menelan pil pahit yang datangnya dari masalah perpolitikan dan perdagangan yang tidak saling menguntungkan antar kerja sama bilateral kenegaraan. Namun, terkadang juga banyak manfaat yang negara Rusia terima dari setiap pengambilan kebijakan-kebijakan yang ada di pemerintah Rusia. Baik dari segi pergantian pemerintah, segi pembangunan, segi budaya masyarakat, style & fashion, pembangunan wisata alam, serta dinamika-dinamika lain yang tentunya masih berkaitan erat dengan negara Rusia. Makin menatap masa depan, sejarah telah membawa negara Rusia menemukan jati diri dan cara hidup yang sudah diwariskan turun-temurun dari nenek moyang orang-orang Rusia. Sehingga, tertanam ciri khas dan fakta unik yang begitu melekat dan kental dengan nuansa-nuansa eksotis.

Jika sobat Meddy ditanya oleh teman, tentang bagaimana pandangan sobat Meddy terhadap negara Rusia. Apa yang langsung sobat Meddy bayangkan? Orang-orang lalu lalang dengan berpakaian serba berbulu? Beruang kutub? Marsha & the Bear? Aksen orang Rusia yang cukup menggelitik? Wisata salju? Keberanian orang-orang Rusia? Apa yang ada dipikiran sobat Meddy tentu ada benarnya. Karena, apa yang tadi sudah disebutkan adalah refleksi atau cerminan dari negara Rusia itu sendiri. 

5 Budaya Negara Rusia

Warga negara yang bertempat di daerah Rusia memiliki beberapa budaya-budaya unik loh sobat Meddy, mereka dari setiap daerah dan wilayah memiliki keunikan dan ciri khas daerahnya masing-masing. Bisa jadi, kamu belum tahu tentang 5 budaya unik negara rusia yang kali ini akan Meddy coba bahas !

Minuman beralkohol (Vodka) sudah seperti minuman air biasa

Budaya lokal yang satu ini bikin Meddy geleng-geleng kepala. Bagaimana tidak, minuman beralkohol alias vodka sudah seperti meminum air biasa. Setiap saat dan setiap waktu. Bahkan disebut-sebut bahwa semua orang Rusia minum vodka loh sobat Meddy. Vodka juga dijadikan lambang ramah tamah bagi orang Rusia kepada kolega dan teman mereka.

Tradisi jamuan teh

Bukan hanya vodka yang menjadi budaya di negara Rusia, tapi teh juga termasuk ke dalam simbol budaya negara Rusia. Teh punya cerita panjangnya sendiri bagi masyarakat Rusia. Secara tradisional, orang-orang rusia yang melakukan tradisi jamuan teh akan menuangkan teh tersebut ke piring kecil lalu meminumnya sedikit demi sedikit.

Oleh-oleh boneka matryoshka

Bagi pelancong yang berkunjung ke Rusia. Boneka matryoshka merupakan oleh-oleh yang bisa dibagikan ke teman, sahabat, pacar ataupun calon mertua ketika kembali ke Indonesia. Boneka matryoshka sendiri melambangkan Rusia yang bersarang pada boneka. Tapi, bukan beruang sungguhan ya sobat Meddy, tetapi hanya melambangkan simbol beruang itu sebagai kenang-kenangan dari negara Rusia.

Budaya tahun baruan di Rusia

Jika kamu mendatangi Rusia saat sebelum tahun baru. Maka, tahanlah sedikit lagi kepulanganmu ke Indonesia ya sobat Meddy. Karena, tentunya kamu tidak ingin melewatkan budaya orang Rusia saat tahun baruan bukan? Biasanya, orang Rusia saat tahun baru mereka berkumpul bersama-sama menyanyikan sebuah lagu yang bisa membuat kamu ikut bernyanyi. Meskipun nantinya kamu orang asing dimata orang Rusia, tapi saat tahun baru. Kamu akan dianggap sebagai teman loh sobat Meddy.

Kotak miniatur palekh

Miniatur palekh adalah souvenir yang biasanya dijual saat kamu berkunjung ke Rusia. Miniatur palekh biasanya digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil, seperti misalnya surat ataupun notes penting. Tapi, seiring berjalannya waktu. Kotak miniatur palekh ini sudah beralih fungsi sebagai kotak cincin untuk melamar kekasih. Beralih fungsinya kotak miniatur palekh ini yang membuat unik soal budaya orang-orang Rusia saat melamar kekasih.

5 Wisata Unik Rusia

Negara Rusia juga terkenal dengan banyaknya destinasi wisata loh sobat Meddy, baik wisata yang bersinggungan dengan kondisi alam, wisata budaya masyarakat, wisata lokal, wisata regional, wisata qalbu, dan wisata-wisata lainnya. Fakta unik rusia lainnya oleh Meddy disini sudah dirangkum beberapa dengan tema tempat wisata unik yang bisa kamu kunjungi ketika singgah di negara beruang tersebut ya !

Museum hermitage

Museum Hermitage merupakan museum yang menjadi sepeninggalan dari masa kekaisaran Romanov pada tahun 1764. Di dalam museum tersebut, banyak barang-barang megah dan mewah yang ditinggalkan kaisar Romanov. Peninggalan-peninggalan yang ada di museum Hermitage seperti koleksi-koleksi lukisan, barang-barang antik dan barang-barang yang dulunya adalah barang yang digunakan oleh kaisar Romanov. 

Semenanjung kamchatka

Semenanjung Kamchatka adalah semenanjung yang unik dan menarik, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal dan wisatawan asing. Jika kamu bertandang ke daerah Kamchatka, maka setidaknya kunjungi aliran-aliran sungai yang berada disekitar wilayah tersebut ya !

Sungai volga dan sungai velna

Sungai volga dan sungai velna terletak di daerah pemukiman kecil masyarakat sekitar Vol Goverkhovy, Rusia. Daerah ini dapat dikatakan unik karena bisa dijadikan tempat olahraga sekaligus menikmati pemandangan alam loh sobat Meddy. Wisata yang menjadi daya tarik dari daerah ini adalah pegunungan yang membelah sungai volga dan sungai Velna, sehingga membuat mata kita takjub dengan keindahan alamnya !

Gunung elbrus

Gunung elbrus adalah gunung yang terletak di deretan pegunungan Kaukasus, Rusia Selatan. Gunung ini setidaknya memiliki ketinggian 5.642 diatas permukaan air laut (mdpl). Tidak hanya itu, gunung ini juga termasuk ke dalam salah satu kategori gunung dengan puncak tertinggi di dunia loh sobat Meddy. Jika kamu hoby hiking, maka gunung Elbrus adalah pilihan yang tepat disaat kamu berkunjung ke negara Rusia.

Masjid lala tulip

Masjid lala tulip memiliki kubah masjid yang sama seperti dengan bunga tulip sedang bermekaran. Masjid lala tulip juga termasuk ke dalam salah satu masjid terbesar yang ada di Rusia loh sobat Meddy. Kamu yang muslim jangan khawatir ya saat mengunjungi negara Rusia. Karena tentunya, banyak sekali fasilitas-fasilitas yang sudah disediakan oleh pemerintah Rusia baik dari agama apapun itu kamu berasal.

5 Pakaian Unik Tradisional Negara Rusia

Bukan hanya soal wisata dan gaya hidup orang-orang Rusia. Tapi, fakta unik rusia lainnya datang dari pakaian tradisional negara Rusia yang tidak kalah menarik loh. Sama halnya dengan negara Indonesia yang memiliki pakaian tradisional. Negara Rusia juga punya pakaian-pakaian tradisional yang tidak kalah unik dari Indonesia.

Sarafan

Sarafan adalah pakaian tradisional dari negara Rusia. Sarafan sudah dikenal sejak abad ke-12 dan abad ke-13. Sarafan sendiri adalah pakaian linen berlengan panjang berwarna putih yang menutupi pakaian dari kepala hingga kaki. Jika dulu sarafan digunakan oleh kebanyakan dari kalangan pria dan wanita. Namun, untuk saat ini. Sarafan hanya dipakai oleh wanita saja sejak abad ke-18.

Gaun tradisional untuk wanita Rusia

Motif yang bercorak pada gaun tradisional pakaian ini adalah semangat budaya yang disampaikan dari coretan-coretan tangan pengrajin untuk memberitahukan kepada generasi muda yang ada di Rusia tentang kekayaan warisan budaya yang ada di negara Rusia. Adapun gaun ini terdiri dari tiga potong seperti blus satin putih dengan sweater warna merah dan emas dengan jaket tanpa lengan bergaris serta ornamen dengan bordiran emas.

Ponyva (poneva)

Poneva adalah rok wanita yang memiliki motif bercak kota-kotak yang dilapisi oleh 1 lembar kalin. Penggunaannya seperti sarung yang sering digunakan oleh kaum laki-laki ketika hendak melaksanakan ibadah. Poneva dililitkan ke pinggul yang kemudian kain lembaran tersebut menjulang ke bawah sehingga menutup hingga bawah kaki.

Takchita

Takchita adalah pakaian tradisional wanita daerah Moskow dengan bentuk menyerupai dress. Sebenarnya pakaian ini adalah kombinasi dari pakaian tradisional yang dibuat semodern mungkin. Sehingga, memiliki nilai jual yang tinggi di kalangan wanita Rusia. Pakaian Takchita biasanya sehari-hari digunakan untuk acara-acara megah dan mewah yang diselenggarakan saat pesta.

Kaftan

Pakaian tidak melulu hanya soal membicarakan wanita. Melainkan, laki-laki juga memiliki pakaian tradisional unik. Pakaian unik tersebut adalah kaftan. Kaftan adalah pakaian tradisional yang ada di Rusia khusus digunakan oleh laki-laki. Kaftan berbentuk jubah atau seperti tunik. Bahan dasar kaftan adalah wol, sutra ataupun katun. Biasanya digunakan saat-saat memasuki forum formal maupun resmi.

layanan beasiswa

Apa Yang Bisa Meddy Bantu?

Meddy akan selalu senantiasa membantu sobat semuanya untuk mempersiapkan kelengkapan dokumen dengan bantuan penerjemah tersumpah dan memberikan layanan konsultasi beasiswa untuk Sobat yang masih bingung. Tentunya layanan ini hadir di Mediamaz Scholar.

Kemudian Sobat Meddy juga bisa menggunakan layanan lainnya seperti mengikuti kursus bahasa, sebagai penunjang untuk mengikuti kegiatan beasiswa di luar negeri. Untuk informasi lebih lengkap silahkan cek website kami.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top