epos

Beasiswa Hunter Merapat, EPOS Siap Bantu Kamu Kuliah Gratis di Jerman

Negara Jerman menjadi salah satu target pelajar dari berbagai belahan dunia, termasuk salah satunya adalah indonesia untuk bisa mengenyam pendidikan di sana. Tidak mengherankan jika Jerman menjadi salah satu lokasi yang tepat untuk menjadi wadah pengembangan diri melalui studi akademis. Apalagi, saat ini negara Jerman tengah membuka beasiswa s2 dan beasiswa s3, khususnya beasiswa EPOS bagi para pelajar yang ada di Indonesia.

Mengulik Beasiswa S2/S3 di Jerman, DAAD – EPOS

Menurut berbagai sumber, sistem pendidikan yang diterapkan di negara Jerman di sebut-sebut sebagai sistem dengan pendidikan terbaik tertinggi yang disandingkan dengan negara-negara maju lainnya seperti amerika, finlandia, dan singapura (Purwadi, 2021). Nama harum dari salah satu tokoh perjuangan yang ada di Republik Indonesia, yakni Pak Habibie. Sempat belajar dan menimba ilmu penerbangan dan teknik penerbangan di negara Jerman. Berkat jasa-jasa beliau, saat ini Indonesia dan di seluruh dunia bahkan sangat terbantu dalam memecahkan permasalahan dibidang penerbangan. 

Karya beliau yang sangat digunakan era dewasa ini pada bidang penerbangan adalah rumus crack, hingga-hingga beliau mendapat julukan sebagai Mr. Cracker nya Indonesia. Rumus crack adalah rumus yang diciptakan oleh pak Habibie saat masih berkuliah penerbangan di Jerman. Dengan adanya kontribusi dan karya dari pak Habibie dengan rumus Crack nya yang diciptakan di negara Jerman itu, saat ini penerbangan di seluruh dunia dapat melakukan efisiensi keuangan untuk menekan adanya aliran dana yang digunakan untuk memperbaiki kerusakan atau crash pada pesawat terbang.

EPOS
By Pixabay

Beasiswa Kuliah S2 dan S3 di Jerman Apa Saja Selain EPOS?

Beasiswa akan memudahkan kalian untuk bisa belajar dan menuntaskan pendidikan di Negara Jerman. Biasanya, beasiswa akan diperuntukkan bagi mereka yang mempunyai pengalaman dan profil background pendidikan yang baik. Mulai dari pengalaman penelitian, kepenulisan, pembuatan buku, esai dan jurnal, hingga beberapa syarat lainnya yang harus kamu penuhi. Tentunya, sobat Meddy juga sudah menyiapkan bukan? Keperluan-keperluan yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa? Ibarat kata sedia payung sebelum hujan. Jika benar-benar sobat Meddy mempunyai keinginan yang kuat untuk berkuliah di Jerman menggunakan Beasiswa S2 dan Beasiswa S3, dari sekarang mulai dipersiapkan ya Sobat Meddy. Bagi sobat Meddy yang saat ini mencari beasiswa S2 dan S3 untuk bisa berkuliah di Jerman tahun 2022, ada loh beasiswa yang sampai sekarang masih dibuka pendaftarannya. Salah satu beasiswa tersebut adalah DAAD (Deutscher Akademischer Austauschdienst). 

Baca juga: Beasiswa Jerman S2/S3 Tahun 2022 di Heinrich Böll Foundation

Apa itu Beasiswa DAAD Jerman ?

Beasiswa DAAD (Deutscher Akademischer Austauschdienst) adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Jerman setiap tahunnya untuk menyaring promotor-promotor muda untuk bisa berkuliah secara gratis. Pemerintah Jerman bekerja sama dengan lembaga institusi atau lembaga independen dari negara Jerman untuk menyiapkan Beasiswa S1, S2 ataupun S3 untuk pelajar-pelajar yang ada di Indonesia secara khusus loh.

Sayangnya, untuk beasiswa S1 Jerman DAAD sudah ditutup tahun 2021 kemarin. Sehingga, untuk saat ini Meddy hanya bisa memberikan informasi seputar beasiswa S2 dan S3 di Jerman. Namun sebelumnya, kamu harus mengetahui lebih lanjut apa saja bentuk-bentuk dari beasiswa DAAD Jerman. Agar nantinya kamu tidak kebingungan program apa yang bisa didaftar dari beasiswa DAAD Jerman ini.

EPOS dan 3 Bentuk Beasiswa DAAD Jerman

Terdapat beberapa bentuk dari beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah jerman ini. Secara sederhana, terdapat 4 bentuk program yang bisa kamu daftarkan. Apa saja ya? Berikut daftar programnya;

  • EPOS

Development-Related Postgraduate Courses (EPOS) : Beasiswa ini ditujukkan untuk kamu yang sudah menjadi sarjana muda dan memiliki keinginan untuk melanjutkan studi mu di jerman pada jenjang program Master dan PhD (Doctor). Beasiswa ini akan mencakup seluruh biaya pendidikan mu loh alias fully funded. Namun, sebagian prodi pendidikan akan hanya dibiayai secara parsial. 

  • Beasiswa yang Bersinggungan dengan Pengelolaan Air

Sustainable Water Management: Study Scholarship and Research Grants for Foreigner:  Beasiswa ini dikhususkan bagi mereka yang mempunyai lisensi belajar atau dengan kata lain lulusan dari sarjana yang bersinggungan dengan pengelolaan air berkelanjutan untuk program studi pascasarjana (master dan doctoral). Pelajar Indonesia boleh mendaftarkan dirinya pada program beasiswa ini

  • PPGG

Helmut-Schmidt-Programme: Master’s Scholarship for Public Policy and Good Governance (PPGG) : Beasiswa ini ditujukkan untuk kamu yang memiliki keinginan kuat untuk melanjutkan studi mu pada aspek kebijakan pemerintah yang dilandaskan oleh tata kelola yang baik (Good Governance). Tidak hanya indonesia, beasiswa ini juga akan ditunjukkan bagi negara-negara lainnya seperti Afrika, Asia, Asia Selatan, dan negara-negara yang ada di timur tengah

  • Beasiswa Doktoral

Doctoral Degree dan Post Doc Scholarship Programs: Manfaat dari beasiswa ini hanya sebagai penunjang kamu untuk berkuliah pada program-program studi pascasarjana, bukan mencakup biaya pendidikan. Hanya mencakup bantuan finansial untuk program doctoral dan post-doctoral

layanan visa pelakar

Syarat Pendaftaran Dari Tiap Program DAAD Jerman

Dari tiap 4 program beasiswa yang ditawarkan, masing-masing punya syarat dan ketentuan yang berlaku masing-masing loh sobat Meddy. Jadi, jangan salah cari program ya ketika mendaftar beasiswa s2 dan beasiswa s3 di Jerman melalui program beasiswa DAAD Jerman ini sobat Meddy.

1. Syarat pendaftaran beasiswa Development-Related Postgraduate Courses (EPOS)

  1. Pengalaman kerja minimal 2 tahun
  2. IPK Minimal 3.00
  3. Memegang gelar sarjana di bidang terkait dari program-program studi yang ditawarkan (lihat disini : daftar lengkap fakultas dan prodi beasiswa DAAD program EPOS)
  4. Menyelesaikan gelar akademik dengan nilai di atas rata-rata serta memiliki pengalaman kerja profesional setidaknya dua tahun pada bidang terkait.
  5. Untuk perkuliahan yang menggunakan bahasa Jerman: mengikuti DSH 2 atau TestDaF 4 dengan level minimum B1.
  6. Gelar akademik yang sudah diraih normalnya tidak lebih dari enam tahun.
  7. Untuk perkuliahan yang menggunakan bahasa Inggris: skor IELTS (Band 6) atau TOEFL PBT 550, CBT 213, dan IBT 80
Timeline pendaftaran beasiswa Development-Related Postgraduate Courses (EPOS)

2. Syarat pendaftaran beasiswa Sustainable Water Management: Study Scholarship and Research Grants for Foreigner

  1. Beasiswa dikhususkan pada bidang tertentu. Yakni studi pengelolaan air dengan bidang Air dan Energi, Air dan Kesehatan, Air dan Gizi, Air dan Lingkungan serta Air di Wilayah Perkotaan
  2. Pengalaman kerja minimal 2 tahun
  3. Gelar akademis terakhir diperoleh tidak lebih dari 6 tahun
  4. IPK minimal 2.75
  5. TOEFL IBT minimal 80 atau IELTS minimal 6.0 yang masih berlaku
  6. Untuk perkuliahan yang menggunakan bahasa Jerman: mengikuti DSH 2 atau TestDaF 4 dengan level minimum B1
Timeline Pendaftaran beasiswa Sustainable Water Management: Study Scholarship and Research Grants for Foreigner
  • 30 September 2022 

3. Syarat pendaftaran beasiswa Helmut-Schmidt-Programme: Master’s Scholarship for Public Policy and Good Governance (PPGG)

  1. Ada prestasi akademik yang menonjol
  2. Mampu berbahasa inggris dan berbahasa jerman, setidaknya sudah mengikut berbagai sertifikasi kebahasaan.
  3. Keterlibatan politik dan sosial
  4. Memiliki motivasi tinggi yang dibuktikan dengan mendeskripsikan ketertarikan terhadap program studi yang akan ditempuh dan kontribusi yang akan diberikan pada negara asal
  5. Gelar sarjana tidak lebih dari 6 tahun saat melamar beasiswa
  6. Tidak tinggal di Jerman selama lebih dari 15 bulan saat melamar beasiswa
Timeline pendaftaran beasiswa  Helmut-Schmidt-Programme: Master’s Scholarship for Public Policy and Good Governance (PPGG)
  • Berakhir pada tanggal 30 Juli 2022
jerman
By Pixabay

4. Syarat pendaftaran beasiswa Doctoral Degree dan Post Doc Scholarship Programs

  1. IPK minimal 3.0
  2. Gelar magister terakhir tidak lebih dari 6 tahun saat mengajukan beasiswa
  3. LoA dari Universitas di Jerman
  4. Surat rekomendasi dari profesor atau supervisor kandidat 
  5. Bukti adanya kontak (email) dari profesor atau supervisor terkait surat rekomendasi
  6. Proposal penelitian yang telah disetujui dan di review oleh profesor atau supervisor kandidat
  7. Memiliki jadwal penelitian atau rancangan penelitian yang sudah disetujui oleh profesor atau supervisor kandidat
  8. TOEFL IBT minimal 80 atau IELTS minimal 6.0 yang masih berlaku
  9. Bisa berbahasa Jerman jika diperlukan nantinya
Timeline beasiswa Doctoral Degree dan Post Doc Scholarship Programs
  • Menunggu informasi kelanjutan dari pembukaan beasiswa untuk tahun 2022

Kelengkapan berkas dan dokumen DAAD Jerman tahun 2022

  1. Mengisi berkas DAAD (dapat diunduh disini : berkas formulir pendaftaran DAAD)
  2. CV yang telah ditandatangani dan dibuat di Europass (formulir CV Europass)
  3. Surat motivasi yang ditandatangani (dilatarbelakangi oleh pekerjaan yang saat ini dikerjakan dan pilihan program studi terkait, maksimal 2 halaman lembar)
  4. Surat rekomendasi dari universitas (harus memiliki kepala surat, ditandatangani dan dicap resmi)
  5. Surat rekomendasi dari tempat kerja/atasan (harus memiliki kepala surat, ditandatangani dan dicap resmi)
  6. Surat keterangan telah bekerja selama maksimal 2 tahun bekerja dari instansi terkait pekerjaan
  7. Sertifikasi dari lembaga yang kredibel untuk IELTS atau TOEFL (perkuliahan bahasa Inggris) dan Sertifikasi dari lembaga yang kredibel untuk DSH atau TestDaF (perkuliahan berbahasa Jerman)
  8. Fotocopy ijazah terakhir yang telah dilegalisir (diterjemahkan kedalam bahasa inggris dan bahasa jerman) 
  9. Fotocopy transkrip nilai, dan skala penilaian (diterjemahkan kedalam bahasa inggris dan bahasa jerman) 

Tata Cara Pendaftaran Beasiswa S2 dan S3 DAAD Jerman 2022

  1. Pergi ke laman website resmi dari tiap program beasiswa DAAD
    -Laman website Development-Related Postgraduate Courses (EPOS) • DAAD
    – Laman website Helmut-Schmidt-Programme (Master’s Scholarships for Public Policy and Good Governance – PPGG) • DAAD (Sudah tutup dan segera dibuka kembali)
    -Laman website Doctoral dan Post-Doctoral Programme
    -Laman website Sustainable Water Management: Study Scholarship and Research Grants for Foreigner (Segera dibuka)
  2. Kirim aplikasi lamaran beasiswa pada halaman website yang tersedia
  3. Seleksi dari panitia beasiswa DAAD untuk tahun 2022 bagi setiap kandidat pelamar
  4. Kandidat yang diusulkan akan dihubungi oleh DAAD untuk mengunggah aplikasi lengkap mereka ke Portal DAAD.
  5. Proses seleksi akan diselesaikan, dan kandidat yang disarankan akan diinformasikan lebih lanjut.

konsultasi beasiswa ke luar negeri

Bagaimana Meddy Bisa Membantu Sobat?

Apabila sobat Meddy membutuhkan layanan seperti konsultasi beasiswa, membantu mempersiapkan kelengkapan dokumen untuk kegiatan beasiswa di luar negeri. Mediamaz Scholar adalah solusi yang tepat untuk membantu sobat semuanya.

Mediamaz Scholar hadir dan senang untuk membantu sobat Meddy dalam mengikuti proses persiapan menuju masa depan yang cerah dan menambah pengalaman baru. Dengan hadirnya penerjemah tersumpah yang sudah berpengalaman dalam menerjemahkan dokumen ke lebih dari 24 bahasa asing, sobat Meddy tak perlu pusing mempersiapkan kelengkapan dokumen. Cek layanan kami disini dan Follow Instagram Mediamaz Scholar ya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top