Beasiswa Korea

Sudah Siap Kuliah di Korea? Info Beasiswa Korea Tahun 2022, Ada Beasiswa Pendidikan Indonesia

Korea Selatan merupakan salah satu negara maju di Asia yang berfokus pada bidang teknologi komunikasi, perangkat elektronik dan otomotif. Selain itu, negara Korea Selatan juga memiliki keunggulan di bidang pendidikan dan pengembangan penelitian. Oleh karena itu banyak pelajar asal internasional yang tertarik untuk melanjutkan pendidikannya di negara ini. Pada tahun 2022 Korea Selatan tengah membuka kesempatan bagi para pelajar Internasional untuk melanjutkan pendidikannya di negara gingseng tersebut. Hal ini berbanding lurus dengan kesempatan untuk mendaftar program beasiswa, apalagi tersedia beasiswa pendidikan Indonesia.

Pada kesempatan kali ini Meddy ingin kasih beberapa informasi kepada Sobat mengenai beasiswa di Korea yang di dalamnya meliputi persyaratan daftar, timeline pendaftaran, dan berkas-berkas yang dibutuhkan. Bagi Sobat yang tertarik untuk masuk ke salah satu Universitas terbaik di Korea Selatan, maka Sobat perlu simak artikel ini baik-baik ya! 

Beasiswa Korea Selatan, Tersedia di Beasiswa Pendidikan Indonesia 

Korea Selatan merupakan salah satu negara di Asia yang dijuluki sebagai negara maju. Hal ini bukan tanpa sebab, melainkan karena adanya kontribusi masyarakat terhadap kemajuan negara seperti memajukan industri dan juga memajukan sistem pendidikan di negara ini. Berdasarkan kemajuan tersebut Korea Selatan berhasil mengujukkan diri terhadap negara-negara lain yang sudah berdiri lama dibandingkan negara Korea Selatan.

Beasiswa Korea Selatan

Salah satu strategi yang dilakukan negara Korea Selatan untuk terus memajukan negaranya ialah dengan meningkatkan kualitas pengajaran dan sistem pendidikan. Hal ini ditujukkan sebagai salah satu upaya untuk melahirkan sumber daya manusia yang mampu bekerja secara cemerlang di kehidupan bermasyarakat maupun dalam bidang pekerjaan. Oleh sebab itu bukan hal yang aneh apabila negara Korea Selatan menjadi salah satu destinasi pelajar asal Internasional untuk melanjutkan pendidikannya.

Pada tahun 2022 ini Korea Selatan membuka peluang bagi pelajar lokal asal Korea Selatan maupun pelajar internasional untuk melanjutkan pendidikan di negaranya. Hal ini dilakukan dengan memberikan kuota bagi pelajar lokal maupun internaisonal untuk melanjutkan pendidikan di salah satu universitas ternama di Korea Selatan yang sudah diakui oleh mancanegara. Kemudian hal yang juga dilakukan oleh negara Korea Selatan untuk mendorong para pelajar untuk melanjutkan pendidikan di negaranya ialah dengan cara memberikan beasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan maupun yang sedang melanjutkan pendidikan di Korea Selatan.

Jenis Beasiswa Korea yang Disediakan

Beasiswa yang disediakan oleh negara Korea Selatan memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis beasiswa ini dapat menjadi pilihan bagi Sobat Meddy yang akan melanjutkan pendidikannya di negara Korea Selatan sesuai dengan kebutuhan maupun kepentingan bagi Sobat sekalian. Adapun jenis-jenis beasiswa yang tersedia di Korea Selatan akan dijelaskan sebagai berikut

1. Beasiswa yang Disediakan Kampus

Jenis beasiswa yang pertama ialah beasiswa yang disediakan oleh kampus. Beasiswa jenis ini biasa ditemukan apabila Sobat Meddy sekalian sudah mantap untuk memilih kampus yang ditujukkan untuk melanjutkan pendidikan Sobat sekalian. Jenis beasiswa ini langsung diberikan dari kampus kepada mahasiswanya yang mengajukan permohonan beasiswa pada saat melakukan pendaftaran kuliah maupun pada saat program pendidikan sedang berjalan. Dibawah ini terdapat beberapa contoh dari beasiswa yang disediakan oleh kampus, hal ini sebagaimana dijelaskan sebagai berikut:

2. Beasiswa KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology)

KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology) merupakan kampus kenamaan negara Korea Selatan. Universitas ini memiliki reputasi yang cemerlang dan sudah diakui oleh negaranya maupun dalam lingkup internasional. Beasiswa yang disediakan KAIST mencakup biaya perkuliahan, biaya hidup pelajar, asuransi kesehatan, maupun beragam tunjangan tambahan untuk penelitian. Saat ini KAIST tengah membuka program beasiswa, adapun proses permohonan penerimaan beasiswa ini akan dijelaskan sebagai berikut:

Persyaratan Beasiswa

Persyaratan bagi pemohon beasiswa KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology ialah sebagai berikut:

  1. Pelajar Internasional (bukan berasal dari negara Korea Selatan)
  2. Sudah atau akan lulus dari SMA sebelum tanggal 31 Agustus 2022, dan siap menjalani perkuliahan pada musim gugur tahun 2022
  3. Memiliki hasil nilai kemampuan berbahasa inggris sebagai berikut*
TOEFL iBT > 83
TOEFL PBT > 63
TOEFL CBT > 220
IELTS > 6,5
TOIEC > 720
TEPS > 326

*Pelajar yang sebelumnya bersekolah dengan menggunakan pengantar bahasa Inggris tidak  perlu menyertakan hasil tes ini.

  1. Memilih program pendidikan fakultas Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Kehidupan dan Bioteknologi, Teknik, dan Bisnis.
  2. Orang tua pelamar tidak memiliki kewarganegaraan Korea Selatan
Timeline Pendaftaran
  • Peninjauan Pendaftaran dan Beasiswa : 17 Januari 2022 – 2 Maret 2022
  • Pemberitahuan Informasi Beasiswa : 4 Maret 2022
  • Dimulainya Semester Musim Gugur : 29 Agustus 2022 
beasiswa pendidikan indonesia
By Pixabay

3. Beasiswa Yonsei University

Yonsei University merupakan salah satu kampus kenamaan di Korea Selatan yang sudah berdiri sejak tahun 1885. Kampus ini beradadi pusat ibukota negara Korea Selatan yaitu Seoul. Yonsei University menjadi salah satu kampus pertama di Korea Selatan yang menerapkan sistem pembelajaran seperti negara di bagian barat. 

Kampus ini berfokus pada pembelajaran di bidang ilmu pengetahuan alam, keteknikan dan sains seperti ilmu kedokteran, biokimia, kesehatan manusia, teknik, ilmu material, kimia dan ilmu saraf. Meskipun berfokus di bidang sains, namun kampus ini juga menyediakan jurusan yang berhubungan dengan humaniora dan ilmu sosial. Yonsei University menjadi salah satu kampus yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswanya dan diminati oleh pendaftar yang ingin melanjutkan pendidikannya di kampus ini. Kampus ini menyediakan beasiswa pendanaan penuh secara otomatis kepada pelajar internasional yang diterima di kampus Yonsei Adapun beberapa informasi terkait Yonsei Universiti akan dijelaskan di bagian bawah ini: 

Persyaratan
  1. Penerima beasiswa perlu mempertahankan IPK-nya (nilai akademik) 3,5 atau lebih tinggi lagi
  2. Jurusan yang ditawarkan terdiri dari 16 Jurusan yang terbagi ke dalam tiga fakultas yang diantaranya ialah Underwood Field, Humaniora, Seni dan Ilmu Sosial, dan Bidang Sains Keteknikan.

4. Beasiswa Swasta

Beasiswa swasta merupakan jenis beasiswa yang disediakan oleh suatu lembaga seperti perusahaan, yayasan, maupun agensi untuk memberikan kesempatan terhadap pelajar untuk melanjutkan pendidikannya. Biasanya beasiswa swasta tidak memiliki keterkaitan dengan lembaga pemerintah yang juga menyediakan beasiswa. Meskipun begitu, beasiswa swasta biasanya memiliki kerja sama dengan berbagai macam kampus sehingga pendaftaran beasiswa swasta harus menyesuaikan dengan kampus apa yang akan dipilih. Berikut ini ialah salah satu contoh dari beasiswa swasta yang disediakan di negara Korea Selatan yaitu sebagai berikut:

5. Beasiswa Seoul Youth Leadership Forum

Beasiswa Seoul Youth Leadership Forum (SYLF) merupakan beasiswa yang dikhususkan bagi  program pertukaran pelajar pemuda antara Korea Selatan dengan negara lainnya. Persyaratan untuk program beasiswa ini ialah sebagai berikut: 

Persyaratan
  1. Peserta merupakan WNI (Warga Negara Indonesia)
  2. Berusia 16 – 30 tahun
  3. Sehat jasmani maupun rohani
  4. Tidak wajin bisa berbahasa Inggris ataupun Korea
  5. Tidak membatasi status pendidikan pemuda

6. Beasiswa Pemerintah

Beasiswa pemerintah merupakan salah satu jenis beasiswa yang ramai diminati oleh pelajar lokal maupun internasional yang ingin melanjutkan pendidikan dengan tambahan bantuan pendanaan. Jenis beasiswa ini dapat ditujukkan bagi kampus asal negara pendaftar maupun ditujukkan bagi kampus dari negara lain yang memiliki hubungan bilateral dan kesepakatan tertentu di bidang pendidikan. Adapun dibawah ini beasiswa pemerintah yang disediakan oleh negara Korea Selatan dan Indonesia sebagai berikut.

Baca juga: Sebelum Tinggal di Korea Selatan, Cek Fakta Menarik Korea Selatan!

7. Beasiswa KGSP (Korean Government Scholarship Program)

Jenis Beasiswa ini adalah beasiswa yang disediakan oleh pemerintah negara Korea Selatan. Sebelumnya juga sudah kita bahas bahwa KGSP (Korean Government Scholarship Program) ini merupakan jenis beasiswa penuh yang khusus diesiakan bagi pelajar internasional. 

Adapun beasiswa ini meyediakan beragam bentuk beasiswa yang dapat diterima oleh pelajar internasional seperti beasiswa dalam program sarjana D2, program sarjana S1, program sarjana S2, maupun program sarjana S3. Kemudian beasiswa ini mencakup berbagai macam penanggungan dana seperti biaya kuliah, biaya tiket transportasi esawat, tunjangan bulanan, tunjangan penelitian, pembiayaan kursus bahasa Korea, maupun biaya untuk asuransi kesehatan. 

Persyaratan Beasiswa

Persyaratan beasiswa yang disediakan oleh KGSP kepada pelajar internasional ialah sebagai berikut:

  1. Memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik
  2. Biaya perkuliahan ditanggung kampus hingga USD 10,000 per tahun
  3. Umur pendaftar S1 tidak lebih dari 25 tahun, dan beasiswa pascasarjana tidak lebih dari 40 tahun
  4. Wajib mengikuti kursus bahasa Korea Selatan selama 1 tahun di kampus yang dipilih
  5. Bukan warga negara korea dan tidak memiliki kewarga negaraan ganda
  6. Belum pernah melanjutkan pendidikan di Korea Selatan
  7. Hanya bisa mendaftarkan diri sebanyak 1 kali jika sudah menerima surat rekomendasi dari kedutaan Korea Selatan
Timeline Pendaftaran
  • Tenggat Waktu Pendaftaran : 28 Februari 2022
  • Seleksi Tahap Satu : Bulan Maret
  • Seleksi Tahap Kedua : Bulan April
  • Seleksti Tahap Ketiga : Bulan Mei
  • Pengumuman Pendaftar yang Lulus : Bulan Juni

8. Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) –  LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

LPDP merupakan nama program beasiswa yang disediakan oleh pemerintahan Indonesia kepada pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikannya di luar negeri. Penyedia beasiswa ini ialah Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI).  Adapun beasiswa ini menggunakan biaya DPPN (Dana Pengembangan Pendidikan Nasional) untuk mengatur keuangan pelajar yang mengikuti program ini. 

Persyaratan

Persyaratan untuk mendaftarkan diri dalam program beasiswa pendidikan Indonesia, ialah sebagai berikut:

  1. Program pendidikan yang disediakan oleh beasiswa ini dikhususkan bagi program pendidikan pascasarjana magister (S2), maupun pascasarjana doktoral (S3). 
  2. Program beasiswa ini bekerja sama dengan universitas kenamaan di Korea Selatan seperti Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Seoul National University, Yonsei University, Pohang University of Science and Technology, Sungkyunkwan University, Korea University, Ewha Womans University, dan Kyung Hee University.
  3. Minimal IPK 3,00 bagi mahasiswa S1, dan 3,25 bagi mahasiswa S2
Timeline Pendaftaran
  • Tahap Petama : Februari – Maret 2022
  • Tahap Kedua : Juli – Agustus 2022

Bagaimana Meddy Bisa Membantu Sobat?

Apabila sobat Meddy membutuhkan layanan seperti konsultasi beasiswa, membantu mempersiapkan kelengkapan dokumen untuk kegiatan beasiswa di luar negeri. Mediamaz Scholar adalah solusi yang tepat untuk membantu sobat semuanya. Mediamaz Scholar hadir dan senang untuk membantu sobat Meddy dalam mengikuti proses persiapan menuju masa depan yang cerah dan menambah pengalaman baru. Dengan hadirnya penerjemah tersumpah yang sudah berpengalaman dalam menerjemahkan dokumen ke lebih dari 24 bahasa asing, sobat Meddy tak perlu pusing mempersiapkan kelengkapan dokumen. Cek layanan kami disini, dan follow Instagram Mediamaz Scholar ya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top