Beasiswa-di-Turki

Informasi Beasiswa di Turki, Peluang untuk Pelajar Indonesia!

Turki adalah negara tujuan wisata yang terkenal, dikunjungi hampir 40 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2015 berdasarkan Investasi Turki, di negara ini menjadi tujuan wisata ke-6 terpopuler di dunia. Ibu kota Turki yaitu Ankara. Bahasa Nasional di Turki yaitu Bahasa Turki. Selain jumlah wisatawan yang berkunjung, jumlah pelajar internasional yang belajar di Turki juga berlipat ganda sejak tahun 2006, menandakan bertambah pentingnya Turki di kancah pendidikan tinggi. Pada tahun akademik 2015-2016, terdapat sekitar 48.000 pelajar asing di Turki. Motivasi untuk belajar atau mendapatkan beasiswa di Turki dapat berupa kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas. Beasiswa yang juga menanggung kebutuhan bulanan, tempat tinggal dan biaya pendidikan, biaya asuransi dan biaya perjalanan. Pemerintah Turki ingin memperluas popularitas negara ini di pasar pendidikan Internasional, menargetkan 100.000 pelajar pada tahun 2018. Yuk simak artikel ini, mengenai beasiswa di Turki dan apa saja Perguruan tinggi/Universitas yang menyalurkan beasiswa untuk melanjutkan studi di sana.

Rekomendasi Beasiswa di Negara Turki

Berikut ini beberapa beasiswa S1 dan S2 di Turki yang bisa jadi pertimbangan sobat Meddy.

1. Beasiswa Bilkent University

Bilkent University diakui dan mendapat peringkat di seluruh dunia sebagai lembaga pendidikan tinggi terkemuka di Turki. Kampus ini merupakan kampus swasta pertama, nirlaba di Turki – didirikan pada 20 Oktober 1984, oleh Profesor İhsan Doğramacı, MD, dengan tujuan mendasar untuk menciptakan pusat keunggulan dalam pendidikan tinggi dan penelitian. Didirikan pada tahun 1984 sebagai lembaga pendidikan tinggi swasta pertama di Turki, nirlaba. Dengan para sarjana terkenal di dunia di antara fakultasnya dan fasilitas top-notch di seluruh kampusnya, Bilkent menarik banyak lulusan sekolah menengah paling cerdas Turki. Universitas ini memiliki hampir 13.000 mahasiswa yang mengejar gelar di 34 program sarjana dan 58 program pascasarjana.

Deskripsi Beasiswa:

Beasiswa Universitas Bilkent untuk Siswa Internasional, Turki 2022-2023 terbuka untuk siswa Internasional. Beasiswa ini memungkinkan program tingkat Sarjana, Pascasarjana di bidang semua Program Studi yang ditawarkan oleh Universitas diajarkan di Universitas Bilkent.

Sobat Meddy perlu tau nih, Bilkent University menawarkan beasiswa untuk mahasiswa Internasional sarjana dan pascasarjana untuk belajar di Turki. Beasiswa Bilkent University untuk siswa Internasional, Turki 2022-2023 tersedia untuk mengikuti program tingkat Sarjana, Pascasarjana di Universitas Bilkent.

Kriteria Kelayakan:

Bagi Sobat Meddy yang tertarik untuk mengikuti program beasiswa Bilkent University, ada kewajiban kriteria kelayakannya loh. Berikut Kriteria kelayakan beasiswa Bilkent University:

  1. Peserta calon beasiswa harus siswa internasional
  2. Siswa diterima di program sarjana atau pascasarjana
  3. Peserta penerima beasiswa mendaftar penuh di program Honours
  4. Peserta Beasiswa harus memiliki sertifikat Sekolah Menengah atau setar
  5. Siswa dengan beasiswa akomodasi harus mempertahankan IPK tahunan minimum 2.50/4.00
  6. Peserta calon beasiswa harus memberikan bukti memenuhi persyaratan kemahiran bahasa Inggris minimum Bilkent University

Prosedur Pendaftaran:

Untuk prosedur pendaftarannya, Bilkent University menggunakan Prosedur aplikasi. Sebagai bagian dari proses aplikasi, calon penerima beasiswa yang memenuhi syarat harus mengikuti program yang telah kamu lamar agar dapat dipertimbangkan. Setelah menerima tawaran untuk mempelajari program apa pun yang berlaku di Universitas, peserta juga dapat mengirim aplikasi kamu melalui formulir aplikasi online.

2. Beasiswa Negara Turki: Turkiye Diyanet Vakfi (TDV)

Beasiswa TDV atau sering disebut beasiswa Turkiye Diyanet Foundation, menawarkan Beasiswa S1 di Turki tanpa TOEFL. Program International Theology Undergraduate Scholarship ditawarkan bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat untuk Sobat Meddy yang ingin melanjutkan kuliah S1 di Turki. Tujuan pemberian beasiswa ini adalah untuk menyediakan kesempatan bagi masyarakat Muslim secara global untuk melanjutkan studi di Turki.

Daftar Universitas di Negara Turki Penerima Beasiswa oleh TDV:

  1. Ankara University Faculty of Theology
  2. Social Sciences University of Ankara Faculty of Religious Studies
  3. Marmara University Faculty of Theology
  4. Istanbul University Faculty of Theology

Cakupan Beasiswa S1 Negara Turki oleh TDV:

  1. Gratis biaya perkuliahan hingga lulus termasuk kursus bahasa Turki (TÖMER) dan kursus bahasa Arab
  2. Tunjangan setiap bulan
  3. Tiket pesawat PP Indonesia-Turki setiap tahun (kelebihan beasiswa TDV dibandingkan beasiswa YTB)
  4. Tempat tinggal berupa asrama
  5. Asuransi kesehatan
  6. Gratis Ijin/Biaya tinggal 
  7. Gratis camp musim panas dan musim dingin (berisi tambahan kursus bahasa Turki, bahasa Arab, dan Al Quran termasuk kegiatan sosial, pelatihan kepemimpinan, trip, dan sebagainya).
  8. Gratis kegiatan ekstrakurikuler (Bahasa Turki, Matematika, Bahasa Arab, Tafsir, Fikih, Hadith, Bahasa Inggris, dll)
  9. Berbagai fasilitas dan kegiatan lainnya, seperti: fasilitas olahraga indoor-outdoor, studi ekskursi pada situs bersejarah dan berbagai kota lainnya, piknik dan berbagai aktivitas sosial, konferensi, simposium, penelitian akademik, dll.

Persiapan Dokumen:

  1. Salinan resmi ijazah SMA/SMK/Sederajat yang telah dilegalisasi. Apabila belum lulus, bisa menggunakan Surat Keterangan Lulus dari pihak sekolah
  2. Salinan resmi transkrip nilai yang menunjukkan bahwa pelamar telah menyelesaikan sekolah dengan nilai yang baik. Apabila belum lulus, bisa menyertakan transkrip nilai sampai semester 5
  3. Salinan Kartu Identitas. Pilih salah satu: KTP atau Paspor atau Kartu Keluarga
  4. Surat Keterangan Sehat dari Dokter/Puskesmas/Rumah Sakit yang menerangkan bahwa siswa tidak memiliki masalah kesehatan yang dapat mengganggu selama studi di Turki
  5. Pas foto ukuran 4,5cm x 6cm sebanyak 6 lembar
  6. Visa pendidikan, bisa mengurus setelah dinyatakan diterima pada Beasiswa TDV
  7. Sertifikat prestasi akademik / kemampuan jurusan / kemampuan bahasa seperti TOEFL, IELTS (tidak wajib)
  8. Surat motivasi (Letter of Intent)
  9. Surat rekomendasi dari kepala sekolah atau guru pembimbing
  10. Surat Penyetaraan dalam bahasa Turki. Surat Penyetaraan ini bisa didapatkan dari Kedutaan Besar Turki di Jakarta atau apabila tidak bisa, siswa dapat membuatnya di Kementerian Pendidikan di Turki setelah sampai di Turki.

Cara Mendaftar Beasiswa S1 Negara Turki oleh TDV:

  1. Untuk mendaftar Beasiswa S1 Turki oleh TDV, peserta dapat mendaftarkan diri secara online dengan klik disini.
  2. Apabila belum memiliki akun, klik tulisan Sign Up. Untuk bagian pilihan Nationality (kewarganegaraan), jika tidak ada tulisan Indonesia, pilih Endonezya (negara Indonesia dalam bahasa Turki)
  3. Masukkan data-data yang diminta, kemudian masukkan email serta password yang akan digunakan. Untuk Secret Question dan Hint Answer bebas diisi pertanyaan yang hanya diketahui pelamar
  4. Pastikan email, password, Secret Question, dan Hint Answer yang sudah diisi dicatat supaya tidak terlupa
  5. Selanjutnya cek email untuk mengaktifkan akun. Kemudian kembali pada website disini masukkan email dan password untuk login
  6. Lengkapi seluruh formulir dengan data-data yang diminta
  7. Pihak panitia akan memberitahukan via email bagi peserta yang lolos ke tahapan selanjutnya (bagi yang tidak mendapatkan email pemberitahuan artinya tidak lolos ke tahapan selanjutnya)
  8. Tahapan selanjutnya berupa seleksi wawancara yang akan diadakan di Kedubes Turki di Jakarta
  9. Topik wawancara Beasiswa S1 Turki TDV meliputi kemampuan membaca Al Quran, pengetahuan dasar Islam, pengetahuan umum, tingkah laku sehari-hari, ekspresi diri, keinginan dan kesadaran mengenai pendidikan tinggi, partisipasi dalam kegiatan sosial dan akademik, serta keterampilan bahasa dan visual

Tunggu apalagi Sobat Meddy, yuk segera persiapkan dokumen kamu untuk mendapatkan beasiswa di Turki. Sobat Meddy juga bisa mengajukan pertanyaan mengenai beasiswa di Turki yang bisa diajukan pada link ini

Baca juga: Ini Dia 5 Komunitas Mahasiswa Indonesia di Turki, Paling Rekomendasi!

Mediamaz Scholar

Bagaimana, Meddy Bisa Bantu Kamu?

Apabila Sobat Meddy membutuhkan bantuan, Meddy selalu tersedia untuk membantu memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami dan akan memberikan layanan konsultasi beasiswa bagi mereka yang masih bingung. Tentu saja, layanan ini ada di Mediamaz Scholar. Sobat Meddy juga dapat menggunakan layanan lain, seperti mengikuti kursus bahasa untuk mendukung partisipasinya dalam kegiatan beasiswa di luar negeri. Untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top