eropa dan beasiswa pendidikan

Peluang Banget! Informasi Beasiswa Uni Eropa Jenjang S1, S2 dan S3

Benua Eropa tetap menjadi top benua untuk tujuan mahasiswa Indonesia melanjutkan studi. Beasiswa yang diberikan untuk studi di Eropa pun terbilang cukup banyak, sehingga banyak sekali peluang untuk bisa studi di Eropa. Eropa merupakan negara yang sangat ramah pelajar, oleh karena itu tidak hanya Indonesia banyak pelajar dari negara lain yang ingin studi di Uni Eropa.

Kenali 5 Beasiswa Uni Eropa, Peluang Untuk Lanjut Kuliah

Berikut ini, kami akan memberikan daftar informasi beasiswa Uni Eropa untuk semua jenjang S1, S2 hingga S3. Untuk kamu salah satu yang bercita – cita kuliah di Eropa, yuk baca  selengkapnya.

1. Beasiswa Orange Tulip Scholarship (OTS) – Belanda

Informasi beasiswa Eropa yang pertama, Orange Tulip Scholarship (OTS). Beasiswa ini merupakan beasiswa yang diberikan untuk warga negara Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Belanda baik di jenjang S1, S2, maupun Foundation. Program beasiswa OTS ini merupakan beasiswa jenis parsial yang mana tidak didanai secara penuh proses studi kamu selama di Belanda. Hal yang perlu diingat juga, tidak semua universitas di Belanda terdaftar dalam program OTS ini. Jadi, jika institusi pendidikan Belanda maupun program studi yang kamu tuju tidak terdaftar dalam skema, kamu tidak bisa mendaftar beasiswa ini. Adapun kriteria pendaftar beasiswa OTS antara lain adalah:

  • WNI

Pastikan kewarganegaraan kamu adalah Warga Negara Indonesia, artinya kamu adalah mahasiswa Internasional. 

  • Tidak Berurusan dengan Negara Belanda

Tidak sedang menempuh studi pendidikan di Belanda atau bekerja di Belanda.

  • Berkuliah di Belanda

Saat ini sedang menjalani proses pendaftaran atau sudah diterima di universitas di Belanda yang tergabung dalam program OTS.

  • Mengikuti Persyaratan

Memenuhi persyaratan khusus yang dibutuhkan oleh skema Orange Tulip Scholarship yang didaftarkan.

Selanjutnya, untuk cakupan beasiswa yang akan didapat yakni bentuk pengurangan dari biaya studi (parsial) sekitar 30% hingga potongan biaya keseluruhan (full) sebesar 100%. Selain biaya studi, ada juga yang menyediakan hingga biaya visa dan biaya asuransi. Nominal dari cakupan beasiswa ini berbeda – beda tergantung universitas atau sponsor yang menawarkan.

Baca juga: Fakta dan Manfaat Kuliah di Eropa

2. Lund University Global Scholarship – Swedia

Program Lund University Global Scholarship merupakan salah satu beasiswa internasional yang ditujukan untuk pelajar berprestasi yang berasal dari luar Uni – Eropa atau Kawasan Ekonomi Eropa (EU/EEA) untuk melanjutkan studi baik jenjang S1 maupun S2 di Lund University, Swedia. 

Beasiswa di Lund University disediakan berupa biaya kuliah yang nilainya berjenjang, mulai dari 25%, 50%, 75% hingga 100% dari total biaya kuliah. Bagi penerima beasiswa ini, mereka harus menyediakan biaya hidup secara pribadi karena ini merupakan beasiswa parsial yang tidak mencangkup kebutuhan tersebut.

Meskipun secara parsial, beasiswa S1 atau S2 di Lund University tersebut akan sangat membantu untuk menekan biaya studi di Swedia, terutama bagi kamu yang mungkin memiliki biaya yang sesuai budget untuk kuliah di Eropa. Untuk persyaratan bagi pelamar yang akan mendaftar sebagai berikut:

  • Bukan warga Uni Eropa dan Membayar Biaya Kuliah

Pertama pastikan kalau kamu adalah Pelamar yang merupakan warga negara di luar Uni Eropa/ Kawasan Ekonomi Eropa (UE/EEA) serta dikenakan membayar biaya kuliah.

  • Terdaftar Resmi

Pelamar sudah mendaftar ke program reguler jenjang sarjana atau master untuk minimum satu semester studi (30 ECTS).

  • Mahasiswa Lund University

Mahasiswa yang diprioritaskan untuk mendapatkan beasiswa ini adalah mereka yang menempatkan program studi di Lund University sebagai pilihan utama mereka saat mendaftar di universityadmissions.se. 

beasiswa uni eropa
By Pixabay

3. Beasiswa Uni Eropa, Chevening – Inggris

Program beasiswa Chevening merupakan program yang diselenggarakan oleh pemerintah Inggris dengan menawarkan kesempatan bagi calon pemimpin muda untuk melanjutkan studi ke Inggris. Beasiswa ini diberikan kepada pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi S2 selama satu tahun di jurusan apapun dan di universitas manapun di Inggris. 

Program Chevening terdiri dari dua tipe yaitu, Chevening Scholarships dan Chevening Fellowships ini menyediakan kurang lebih 700 beasiswa setiap tahunnya. Perbedaan antara Chevening Scholarship dan Chevening Fellowship terletak pada target penerima beasiswanya. Chevening Scholarship ditujukan untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S2. Sedangkan Chevening Fellowship ditujukan untuk profesional di bidang tertentu untuk memperdalam pengetahuan dan skill mereka melalui kursus singkat dan proyek penelitian yang didanai sepenuhnya. 

Informasi Beasiswa Eropa Jenjang S1, S2 dan S3

Beasiswa Chevening diselenggarakan pertama kali pada tahun 1983, beasiswa ini didanai oleh Foreign and Commonwealth Office (FCO) akan mendanai proses studimu selama di Inggris secara penuh. Cakupan untuk beasiswa Chevening meliputi:

  • Biaya kuliah di universitas Inggris (termasuk program MBA)

  • Tunjangan hidup bulanan

  • Biaya perjalanan PP ke Inggris

  • Tunjangan kedatangan

  • Tunjangan saat pulang

  • Biaya tesis

  • Biaya bahan studi

  • VISA

  • Dana perjalanan untuk menghadiri acara Chevening di Inggris

Untuk pendaftaran beasiswa Chevening ini biasanya dibuka antara bulan Agustus – November setiap tahunnya.

eropa dan beasiswa pendidikan
By Pixabay

4. Beasiswa Uni Eropa, DAAD (EPOS) – Jerman

Informasi beasiswa Eropa satu ini, Beasiswa DAAD (EPOS) terdiri dari beberapa pilihan yang dapat Anda ikuti. Selain beasiswa S2 PPGG, program satu ini juga tersedia tiap tahun dan terbuka bagi kandidat Indonesia. Beasiswa ini bernama Scholarship for Development – Related Postgraduate Courses (EPOS). Beasiswa ditujukan bagi para profesional di negara berkembang yang memiliki pengalaman kerja setidaknya dua tahun, bisa dari pemerintahan, BUMN, atau perusahaan swasta.

Program Beasiswa EPOS terbuka untuk jenjang S2 (master’s degree) dengan durasi 12 – 24 bulan dan jenjang S3 dengan durasi 36 bulan di universitas maupun institusi Jerman. Beasiswa yang diberikan menanggung hampir semua kebutuhan studi penerimanya. Dapat dikatakan beasiswa DAAD EPOS ini merupakan beasiswa penuh. Beasiswa DAAD didanai Kementerian Federal Kerja sama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) Jerman.

Bagi pelamar yang terpilih akan mendapatkan beasiswa sebesar 861 Euro per bulan untuk program master. Dan 1.200 Euro per-bulan untuk program PhD. Beasiswa juga mencakup asuransi kesehatan dan kecelakaan, serta kursus bahasa Jerman selama 6 bulan untuk perkuliahan dalam bahasa Jerman. Selain itu disediakan juga tunjangan perjalanan, kecuali biaya tersebut ditanggung sendiri negara asal atau pendanaan dari sumber lain. Selain itu, untuk studi yang menggunakan bahasa Jerman, juga akan disediakan beasiswa kursus bahasa Jerman selama 6 bulan.

Baca Juga: Beasiswa ke Luar Negeri (Jenjang S1, S2, dan S3)

5. École polytechnique fédérale de Lausanne (EPFL) – Swiss

Beasiswa EPFL merupakan beasiswa S2 yang diberikan kepada mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi di salah satu universitas riset yang ada di Lausanne ini. EPFL menawarkan beasiswa melalui Excellence Fellowships kepada mahasiswa yang berprestasi dalam segi akademik dalam jumlah slot yang terbatas. 

Pilihan program S2 yang ditawarkan oleh beasiswa ini antara lain adalah arsitektur, teknik kimia, teknik sipil, sistem komunikasi, ilmu komputer, dan masih banyak lagi. Pendanaan oleh beasiswa ini memang tidak penuh, beberapa kebutuhan studi lain seperti biaya hidup, akomodasi, dan lain-lain masih harus didanai sendiri. 

Beasiswa yang ditawarkan oleh EPFL sendiri berkisar di angka CHF 16.000 untuk satu tahun akademik. Pengajuan beasiswa EPFL juga harus dilakukan bersamaan dengan pendaftaran program master di EPFL. Pada saat pengisian formulir online, pendaftar bisa mencentang kotak yang mana ingin mempertimbangkan untuk beasiswa Excellence Fellowships. 

Demikian informasi beasiswa Eropa semua jenjang yang dibuka untuk mahasiswa Indonesia. Kami juga memiliki informasi beasiswa lainnya di halaman resmi kami. Untuk memenuhi persyaratan dokumen beasiswa luar negeri, tentu membutuhkan sertifikat hasil TOEFL/IELTS. Mediamaz Scholar memiliki layanan Preparation Class untuk TOEFL/IELTS Test yang dapat kamu manfaatkan sebelum mengikuti test TOEFL/IELTS secara formal. Hasil tes nya pun bisa kamu ketahui secara langsung tanpa harus menunggu lama, loh! Sehingga kamu dapat mengetahui kemampuan kamu dan dapat mempersiapkan lebih matang lagi nih untuk mengikuti tes formalnya. Persiapkan segala dokumen dan diri kamu sebaik mungkin, untuk bisa studi di luar negeri bersama Mediamaz Scholar.

Layanan Mediamaz Scholar

Mediamaz Scholar juga menyediakan berbagai layanan lainnya seperti kelas bahasa Asing, konsultasi beasiswa hingga persiapan dokumen pendaftaran beasiswa. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung menghubungi kami di sini, atau follow Instagram Mediamaz Scholar ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top