Informasi Beasiswa Jepang untuk Pelajar Indonesia - Mediamaz Scholar

Informasi Beasiswa Jepang Selain Beasisw MEXT untuk Pelajar Indonesia

Beasiswa merupakan salah cara untuk bisa kuliah di luar negeri. Di antara semua negara yang membuka program beasiswa, Jepang adalah salah satu negara yang paling banyak diminati oleh pelajar atau mahasiswa Indonesia. Beasiswa Jepang, apalagi Beasiswa MEXT memang kerap menjadi salah satu topik yang sering diperbincangkan dan ditunggu oleh mereka yang memiliki cita – cita untuk melanjutkan studi ke Negeri Sakura. Untuk informasi beasiswa Jepang selengkapnya, yuk baca di artikel ini.

Beasiswa Jepang, Ada Beasiswa MEXT

Seperti yang kita ketahui, jika setiap tahunnya Pemerintah Jepang rutin membuka program beasiswa bernama Monbukagakusho atau MEXT yang ditujukan untuk lulusan SMA dan SMK mahasiswa internasional terutama Indonesia. Adapun program yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia memiliki tiga program beasiswa ke Jepang yaitu Program Senshu (Specialized Training College), Program Kosen (College of Technology), dan Program Gakubu (Undergraduate).

4 Daftar Beasiswa Jepang Selain Beasiswa MEXT

Selain beasiswa dari Pemerintah Jepang, ada beberapa Perusahaan Jepang yang juga membuka program beasiswa. Yayasan pemberi beasiswa atau biasa disebut dengan scholarship foundation terbentuk atas gabungan beberapa perusahaan untuk memberi beasiswa sebagai salah satu bentuk dukungan dalam bidang pendidikan. Beberapa beasiswa yang ditawarkan seperti:

  • Beasiswa ADB – JSP (Asian Development Bank – Japan Scholarship Program),

  • Beasiswa Mitsui-Bussan,

  • Beasiswa Ajinomoto,

  • Beasiswa Hitachi,

  • Beasiswa Panasonic.

Beasiswa DIKTI untuk Pergi Pendidikan Ke Jepang!

Dan yang terakhir, adalah beasiswa DIKTI. Beasiswa ini lebih dikenal sebagai beasiswa untuk pendidik atau dosen di kalangan perguruan tinggi. Tidak banyak yang mengetahui jika beasiswa DIKTI juga bisa diajukan oleh pelamar biasa (bukan dosen/pendidik), hanya saja memang setelah pulang dari menuntut ilmu di luar negeri, ada kewajiban untuk mengajar di universitas dalam jangka waktu tertentu.

Kamu membutuhkan bantuan untuk memandu dalam mendaftar beasiswa Jepang? Mediamaz Scholar menyediakan berbagai layanan jasa untuk membantumu meraih cita-cita kuliah di Jepang. Kami memiliki layanan konsultasi beasiswa hingga persiapan dokumen yang dapat kamu manfaatkan pada saat melakukan pendaftaran beasiswa dan informasi beasiswa Jepang secara lengkap. 

Kami memiliki tim tutor yang sudah berpengalaman kuliah di luar negeri, sehingga tidak perlu khawatir mengenai informasi yang akan diperoleh. Jadwal untuk konsultasi pun dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dan jam masing-masing atau terbilang fleksibel. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi laman resmi Mediamaz Scholar.

beasiswa-jepang
By Pixabay

Cakupan Rata-Rata Dari Beasiswa Jepang

Untuk cakupan beasiswa yang akan diperoleh pun akan berbeda dari masing-masing program beasiswa yang ditawarkan. Untuk peserta yang lolos seluruh seleksi, biaya kuliahnya akan ditanggung termasuk biaya persiapan sekolah. Tidak hanya itu, mereka juga akan mendapatkan tunjangan hidup sekitar ¥117.000 per bulan atau setara dengan Rp 15,6 juta.

Untuk cakupan beasiswa Mitsui – Bussan kamu akan mendapatkan gratis biaya pendaftaran beasiswa dan biaya kursus bahasa Jepang, serta tunjangan biaya hidup senilai ¥145,000  (± Rp 19,6 juta) setiap bulan.Untuk tiket pesawat, akomodasi hingga asuransi kesehatan dan pembiayaan buku materi saat kursus dan selama masa kuliah di universitas pun akan ditanggung secara penuh.

Seluruh program beasiswa Jepang rata-rata akan memberikan kamu pembekalan secara penuh, loh! Jadi kamu nggak perlu khawatir jika tidak lulus salah satu beasiswa tersebut, karena faktanya banyak sekali beasiswa lain yang bisa kamu coba, sobat.

Baca Juga: Informasi Daftar Beasiswa Eropa

Tahap Seleksi Beasiswa MEXT, Wajib Kamu Catat!

Dalam informasi beasiswa Jepang, bada beberapa program beasiswa yang tersedia memang memiliki tahapan masing-masing. Berikut, kami akan infokan tahapan yang harus dilalui oleh peserta beasiswa MEXT:

1. Tahap Primary Screening

Untuk tahap primary screening, peserta juga harus melalui sejumlah tahapan seperti:

  • Seleksi dokumen 

Peserta diharuskan untuk melampirkan sejumlah dokumen terkait beasiswa ke Jepang. Pengumuman hasil seleksi dokumen akan diumumkan di situs Kedutaan Besar Jepang dengan menampilkan “Nomor Ujian” yang didapatkan peserta saat pendaftaran.

Bagi peserta yang lulus seleksi dokumen akan dihubungi oleh pihak penyelenggara untuk mengikuti seleksi ujian tertulis.

  • Ujian tulis

Tahap selanjutnya setelah lulus seleksi dokumen yaitu mengikuti ujian tulis yang dibagi sesuai dengan bidang studi yang dipilih, yaitu:

    • Bidang studi Materials Engineering: Matematika, Kimia, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang
    • Mechanical Engineering, Electrical and Electronic Engineering, Information, Communication and Network Engineering, Architecture,  Civil Engineering, Maritime Engineering: Matematika, Fisika, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang
    • Bidang lainya:  Matematika, Kimia/Fisika, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang
  • Ujian wawancara

Bagi para peserta yang lulus seleksi tulis akan dipanggil untuk mengikuti tahap selanjutnya yaitu ujian wawancara yang akan dilaksanakan di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta.

2. Tahap Secondary Screening

Setelah melewati serangkaian di tahap primary screening, para peserta akan masuk ke tahap selanjutnya, yakni:

  • Peserta yang lulus akan direkomendasikan ke MEXT oleh Kedutaan Besar Jepang. Berkas peserta akan bersaing dengan berkas peserta dari negara lain pada tahapan ini
  • Peserta yang lulus seleksi akhir di MEXT akan menjadi penerima beasiswa.

Baca Juga: Beasiswa Global Korea Scholarship (GKS) 2021

beasiswa MEXT
By Pixabay

Jadwal Beasiswa ke Jepang

Berikut jadwal informasi beasiswa ke Jepang 2021:

  1. Masa Pendaftaran : 19 April 2021 – 7 Mei 2021
  2. Pengumuman Hasil Seleksi Dokumen : 8 Juni 2021
  3. Ujian Tulis : Akhir Juni 2021*
  4. Pengumuman Hasil Ujian Tulis : Pertengahan Juli 2021*
  5. Ujian Wawancara : Awal Agustus 2021*
  6. Pengumuman Hasil Ujian Wawancara : Pertengahan Agustus 2021*
  7. Pengumuman Final dari MEXT : Januari 2022
  8. Berangkat ke Jepang : Awal April 2022.

*) jadwal ujian bisa berubah. Apabila kondisi penyebaran COVID-19 di Indonesia semakin buruk, ada kemungkinan proses penyeleksian dibatalkan.

Cara Mendaftar Beasiswa ke Jepang

Bagi peserta yang ingin mendapatkan beasiswa ke Jepang, berikut tahapan-tahapan yang harus kamu lakukan, seperti:

  1. Melakukan registrasi secara online di laman resmi Beasiswa ini ya.
  2. Peserta akan mendapatkan email konfirmasi setelah selesai melakukan registrasi.
  3. Cetak email dan simpan ‘nomor ujian’ yang diterima oleh peserta
  4. Lengkapi dokumen yang diperlukan, berupa:
    • Print out email konfirmasi registrasi online (asli)
    • Application form 2022 (asli)
    • Applicant’s photograph ukuran 3,5 x 4,5 cm atau 3 x 4 cm (asli)
    • Copy of Academic transcripts for all school years of last school attended (asli)
    • Copy of Graduation certificate of last school attended (asli)
    • Recommendation letter from either principal or teacher of last school attended (asli)
    • Copy of Certificate of language proficiency (fotocopy) bagi yang memiliki saja
    • Lembar Copy of JLPT/EJU/ J-Test/Nat-Test Score Result (fotocopy) bagi yang memiliki saja
    • Essay and Certificate of Achievement (fotocopy) bagi yang memiliki saja.
  5. Seluruh dokumen yang telah lengkap dimasukkan ke dalam 1 amplop besar (ukuran bebas) dengan menulis kode program beasiswa yang dipilih, apakah ‘Senshu 2022’, ‘KOSEN 2022’ atau ‘Gabuku 2022’ beserta nomor ujian pada kanan atas amplop.
  6. Kirim berkas ke Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan), Kedutaan Besar Jepang Jl. M.H. Thamrin No. 24, Jakarta 10350.
  7. Kedutaan Besar Jepang tidak menerima berkas yang dikirim melalui jasa pengiriman ojek online
  8. Berkas tetap dapat diterima di luar jam kerja Kedutaan Besar Jepang (termasuk Sabtu dan Minggu).
  9. Kedutaan besar tidak menerima pertanyaan terkait konfirmasi penerimaan berkas. Gunakan resi pengiriman untuk melakukan pelacakan.
  10. Hanya pelamar dengan dokumen lengkap dan diterima tidak melewati batas waktu yang akan diproses. Dokumen yang telah dikirim ke Kedutaan Besar Jepang tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

Layanan Mediamaz Scholar

Jepang memang menjadi salah satu negara di Asia yang banyak diminati pelajar dalam menuntut ilmu. Namun, tak perlu berkecil hati jika kamu tidak lulus seleksi beasiswa ke Jepang. Jadi, untuk kamu yang butuh bantuan informasi beasiswa kamu bisa hubungi kami disini atau follow Instagram Mediamaz Scholar ya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top