Jurusan Farmasi

OTW Jepang! Kuliah dengan Beasiswa di Kumamoto University

Kumamoto University menjadi salah satu destinasi bagi pelajar domestik dan internasional untuk melanjutkan pendidikannya, program kegiatan yang mampu menunjang pengembangan pengetahuan bagi pelajar dan tersedianya kerja sama beasiswa yang beragam menjadikan kampus ini diminati oleh pelajar di Jurusan Farmasi. Kali ini Meddy mau kasih tau informasi lengkap mengenai program pendidikan dan beasiswa di Kumamoto University nih, simak artikel ini yuk untuk tahu informasi selengkapnya! 

Mediamaz Scholar - TOEFL, IELTS, TOEIC

Mengenal Kumamoto University, Kampus dengan Jurusan Farmasi Terbaik

Kumamoto University menjadi salah satu kampus terbaik di Jepang maupun di dunia. Seperti namanya, Kumamoto University terletak di bagian Prefektur Kumamoto dan sudah berdiri sejak 31 Mei 1949. 

Berdasarkan data pada QS Global World Rangkings dijelaskan bahwa kampus ini berada di peringkat ke 591-600 sebagai kampus dengan peringkat terbaik di dunia. Kemudian termasuk kedalam peringkat ke 184 sebagai kampus terbaik di Asia. 

Kosakata bahasa jepang
by pixabay

Fakultas di Kumamoto University, Terbaik Untuk Jurusan Farmasi

Kumamoto University menyediakan 8 fakultas dengan 11 jurusan yang dapat dipilih oleh mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya. Berbagai fakultas tersebut antara lain:

1. Program Fakultas Bahasa

Fakultas Bahasa terdiri dari 3 jurusan yang diantaranya ialah Integrated Humanities, History, Literature, Communication and Information Studies. Bahasa yang digunakan dalam ujian dapat menggunakan bahasa Inggris maupun Jepang. 

2. Program Fakultas Pendidikan

Program fakultas pendidikan terdiri dari 6 jurusan yang bisa dipilih. Mahasiswa asing diperbolehkan untuk masuk kedalam jurusan ini dengan syarat mengikuti ujian terlebih dahulu. Jurusan untuk Elementary School Teacher Curriculum, Junior High School Teacher Curriculum (Japanese, Social Science, English), Special Support Education Teacher Curriculum menyediakan pendaftaran di luar Jepang bagi mahasiswa asing. 

Jurusan School Health Teacher Curriculum dan Junior High School Teacher Curriculum (Mathematics, Natural Science, Technology, Home Economics)  memiliki informasi dan timeline yang sama dengan ketiga jurusan yang sebelumnya disebutkan. Namun hal yang membedakan pada jurusan ini ialah mata pelajaran yang diujikan diantaranya ialah bahasa Jepang, Matematika 1, dan memilih 2 dari 3 mata pelajaran yang diantaranya ialah Fisika, Kima, dan Biologi. 

Kemudian bagi jurusan Junior High School Teacher Curriculum (Music, Art, Physical & Health Education) memiliki aturan yang sama dengan jurusan yang sebelumnya disebutkan. Hal yang berbeda dari jurusan ini ialah melakukan ujian bahasa Jepang, mata pelajaran umum, dan Matematika 1. 

Baca Juga: Informasi Beasiswa Kyushu University 2022 Yang Perlu Kamu Tahu!

3. Program Fakultas Hukum

Program fakultas hukum di Kumamoto University hanya memiliki satu jurusan yaitu jurusan hukum. Sebelum mendaftar, siswa wajib mengikuti ujian. Mata pelajaran yang digunakan untuk ujian diantaranya ialah bahasa Jepang, mata pelajaran umum, Matematika 1, untuk fakultas ini ujian wajib menggunakan bahasa Jepang.

4. Program Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam yang terletak di wilayah Kurokami memiliki satu jurusan yaitu Science. Calon mahasiswa perlu mengikuti ujian terlebih dahulu. Mata pelajaran yang diujikan yaitu bahasa Jepang, Matematika 2, dan memilih 2 dari 3 pelajaran yang diantaranya ialah Fisika, Kimia, dan Biologi. 

5. Program Fakultas Kedokteran 

Fakultas Kedokteran di Kyushu University menyediakan tiga jurusan yang diantaranya Medicine dan Health Science (Radiation dan Inspection Technology), dan Health Science (Nursing).

Proses pendaftaran sama seperti fakultas Ilmu Pengetahuan Alam. Hal yang berbeda ialah Jurusan Health Science melakukan ujian dengan mata pelajaran bahasa Jepang, Matematika 1, dan pilihan 2 dari 3 mata pelajaran yang diantaranya ialah Fisika, Kimia, dan Biologi. Ujian wajib dilakukan dengan menggunakan bahasa Jepang.

Baca juga: 4 Kota di Jepang yang Bisa Jadi Alternatif Hidup di Jepang

6. Program Jurusan Farmasi

Jurusan di Fakultas ini terdiri dari Pharmacy, Pharmaceutical, dan Life ScienceTahapan pendaftaran terdiri dari screening formulir, wawancara, dan melakukan ujian. Mata pelajaran yang diujikan ialah bahasa Jepang, Matematika 2, dan memilih 2 dari 3 pelajaran yang diantaranya Fisika, Kimia, dan Biologi. Ujian dapat menggunakan bahasa Jepang maupun bahasa Inggris.

7. Program Fakultas Teknik

Fakultas Teknik di Kyushu University terdiri dari 4 jurusasn yang diantaranya ialah Civil and Environmental Engineering and Architecture, Mechanical and Mathematical Engineering, Computer Science and Electrical Engineering, Materials Science and Applied Chemistry.

Informasi Beasiswa, Bisa Kamu Pakai Untuk Daftar Jurusan Farmasi Kumamoto University

Informasi mengenai beasiswa swasta yang bisa kamu coba untuk daftar Kumamoto University jurusan farmasi sebagai berikut:

1. Japan Student Service Organization (JASSO) 

JASSO merupakan salah satu lembaga independen penyedia beasiswa di Jepang yang menyediakan bantuan keuangan perihal kegiatan pendidikan. Lembaga ini menyediakan beasiswa bagi mahasiswa asal Jepang maupun Internasional. JASSO mulai berdiri sejak tahun 2004 hingga sekarang ini.

Informasi dan Persyaratan Beasiswa Japan Student Service Organization (JASSO)

  1. Pendaftaran langsung ke lembaga terkait.
  2. Pendaftaran bisa dilakukan di luar Jepang.
  3. Perlu visa pelajar.
  4. Kualifikasi pendaftar beasiswa bagi mahasiswa full-time dengan biaya pribadi maupun mahasiswa pascasarjana yang melakukan riset.
  5. Biaya yang dicairkan berjumlah ¥  48,000 per bulan.
  6. Masa berlaku beasiswa selama 6 bulan atau 1 tahun.
  7. Kapasitas penerimaan beasiswa direncanakan 1500 orang.

2. Sato Scholarship

Sato Yo International Scholarship Foundation merupakan yayasan yang berdiri sejak tahun 1996. Yayasan ini memberikan beasiswa dalam bidang pendidikan bagi pelajar internasional yang ingin melanjutkan kuliah di Jepang

Informasi dan Persyaratan Beasiswa

  1. Dikhusukan bagi warga negara Indonesia, Singapore, Malaysia, Filipin, Brunei Darussalam, Thailand, Vietnam, Laos, Kamboja, Myanmar, India, Sri Lanka, Maladewa, Pakistan, Nepal, Bhutan, Bangladesh, dan Timor Leste.
  2. Perlu visa pelajar.
  3. Wajib mengikuti acara bulanan petemuan pertukaran budaya.
  4. Biaya yang ditangguhkan bagi mahasiswa serjana sebanyak 150,000, sedangkan bagi mahasiswa pascasarjana sebanyak 180,000.
  5. Masa beasiswa 2 tahun.
  6. Rencana kapasitas penerima beasiswa sebanyak 15 orang.
Jurusan Farmasi
By Pixabay

3. Otsuka Toshimi Foundation Scholarship    

Otsuka Toshimi Foundation menawarkan beasiswa untuk berkuliah di Jepang, khususnya di Kyushu University. Yayasan ini sudah berdiri sejak tahun 2007, namun baru di registrasi sebagai yayasan publik berbadan hukum pada tahun 2012.

Yayasan ini bertujuan untuk mengembangkan potensi dan skill individual dengan cara memberikan beasiswa mahasiswa internasional yang melanjutkan pendidikannya di Jepang.

Informasi dan Persyaratan Beasiswa

  1. Pelajar merupakan warga negara yang tinggal di wilayah Asia.
  2. Batas umur 38 kebawah.
  3. Wajib menggunakan visa pelajar.
  4. Biaya yang ditangguhkan bagi mahasiswa sarjana ialah  ¥ 120,000, sedangkan mahasiswa pascasarjana ialah  ¥ 180,000.
  5. Mahasiswa perlu mengambil jurusan yang berkaitan dengan kesehatan manusia seperti Farmasi, Kedokteran Gigi, Kedokteran, Biologi, Teknik, Ilmu Nutrisi, dan Pendidikan Fisika, serta Administrasi Bisnis.
  6. Masa beasiswa 1 tahun.
  7. Kapasitas penerimaan beasiswa direncanakan 90 orang.

4. College Women’s Association of Japan

CWAJ atau yang biasa disebut College Women’s Association of Japan merupakan yayasan yang dikhususkan bagi perempuan untuk melanjutkan pendidikannya. Yayasan yang sudah berdiri sejak tahun 1949 memiliki program beasiswa ialah perempuan Jepang yang akan melanjutkan pendidikanya di luar negeri. Kemudian beasiswa bagi perempuan dari luar negeri yang ingin belajar di Jepang 

Informasi dan Persyaratan Beasiswa

  1. Diperuntukkan bagi pelajar perempuan.
  2. Dikhususkan bagi mahasiwa program doktoral.
  3. Pendaftaran dilakukan langsung ke Yayasan.
  4. Alamat saat mendaftar harus di Jepang.
  5. Wajib menggunakan visa pelajar.
  6. Jumlah beasiswa yang ditanggung ialah ¥ 2,000,000.
  7. Kapasitas penerima beasiswa sebanyak 2 orang.

Baca juga: Pendaftar Kuliah di Jepang Melonjak, Pemerintah Siapkan 4 Beasiswa 2023 Ini!

Mediamaz Scholar - Penerjeman Dokumen Tersumpah

Layanan Konsultasi Beasiswa Mediamaz Scholar

Buat sobat Meddy yang mau lanjut kuliah di luar negeri menggunakan beasiswa, lebih baik persiapkan dari sekarang. Supaya persiapan kamu semakin mantap, sobat Meddy bisa banget daftar program kelas persiapan luar negeri, kelas TOEFL, IELTS, dan TOEIC di Mediamaz Scholar. Jadi tunggu apa lagi, yuk segera daftar sekarang juga! Info lengkapnya bisa sobat Meddy lihat di Instagram @Mediamaz Scholar. Jangan lupa kunjungi website resmi beasiswa ya. Kamu juga bisa menghubungi Meddy lewat Whatsapp. Good luck!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top