Deretan Beasiswa ini Tersedia di Kyushu University, Ada Apa Saja?

Jepang saat ini sudah dikenal oleh masyarakat internasional, salah satu alasannya karena menjadi salah satu negara favorit bagi pelajar untuk melanjutkan pendidikannya. Bagian Selatan Jepang tepatnya di Pulau Kyushu menjadi salah satu pusat wilayah pendidikan  di Jepang. Hampir setiap Prefektur di Pulau Kyushu berdiri kampus yang bagus dan termasuk kedalam universitas terbaik, Kyushu University. 

Mengenal Kyushu University, Universitas Terbaik Di Dunia

Salah satunya ialah Kyushu University yang menempati urutan ke-137 sebagai salah satu kampus terbaik di dunia, dan saat ini sedang membuka program beasiswa yang diperuntukkan bagi pelajar lokal maupun pelajar internasional. Kali ini Meddy mau kasih tau ke Sobat semuanya terkait informasi beasiswa ini, jadi simak fakta menarik ini.

  • Kampus Tertua di Jepang dan Terbaik Dunia

Kyushu University menjadi salah satu kampus tertua di Jepang karena sudah berdiri lebih dari 100 tahun. Kemudian kampus ini juga sudah diakui kualitas dari berbagai macam aspek seperti pengajaran, mahasiswa, maupun fasilitas yang ada di dalamnya.

  • Terfasilitas Penelitian Terlengkap

Fasilitas di kampus ini terdiri dari ruang penelitian yang memadai dan berstandar dunia untuk melakukan berbagai macam penelitian. Kemudian fasilitas yang dimiliki oleh Kyushu University diantaranya ialah rumah sakit kampus, museum, perpustakaan, dan klinik.

  • Sebagai Center Of Excellence

Kyushu University berdedikasi untuk mencapai visinya dengan melakukan cara yang salah satunya ialah melakukan reformasi pendidikan di kampusnya. Tujuan dari reformasi ini disebut sebagai Center Of Excellence (COE) yang didalamnya terdiri dari mengembangkan dan menemukan ilmu dan pengetahuan baru lewat prestasi akademik. Kemudian tujuan lainnya ialah menjalin hubungan baik antara negara-negara Asia yang memiliki ikatan sejarah dan geografis dengan Kyushu. 

  • Sistematis dan Kontributif

Berdasarkan tujuan tersebut, adapun rencana aksi yang ditekankan pada reformasi ini meliputi 4 bidang yang diantaranya ialah bidang pendidikan, bidang penelitian, melakukan kontribusi dalam lingkup sosial, serta melakukan kerjasama internasional. 

Kyushu University
By Pixabay

Program Pendidikan Kyushu University

Salah satu wujud dari  reformasi 4 bidang  kerjasama internasional. Kerjasama di Kyushu University meliputi pembukaan program pendidikan bagi pelajar internasional dalam hal pertukaran pelajar, beasiswa, maupun program lainnya. Program pendidikan yang saat ini sedang dibuka diantaranya adalah sebagai berikut:

1. International Undergraduate Program: Engineering

Kyushu University membuka program bagi mahasiswa asing tingkat sarjana (undergraduate) yang berminat untuk masuk fakultas teknik. Kegiatan pembelajaran  dari program ini dapat dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris maupun dengan bahasa Jepang. Pada tahun 2021 program ini menerima peserta lulus ujian sebanyak 27 orang, sedangkan jumlah peserta ujian berkisar sebanyak 163 orang, informasi kapasitas penerimaan pada tahun ini belum dipastikan.

Fakultas ini menawarkan berbagai jurusan yang dapat dipilih oleh pelajar yang diantaranya ialah International Undergraduate Program in Electrical Engineering and Computer Science, International Undergraduate Program in Applied Chemistry, International Undergraduate Program in Mechanical Engineering, International Undergraduate Program in Aeronautics and Astronautics, International Undergraduate Program in Architecture. 

Informasi mengenai biaya perkuliahan untuk program ini ialah sebagai berikut:

Biaya Masuk ¥ 282,000
Biaya Kuliah Per Tahun ¥ 535,800
Timeline Program: Engineering
Pembukaan Pendaftaran Januari, 2022
Tenggat Waktu Pendaftaran Januari, 2022
Waktu Ujian Februari, 2022 – Maret, 2022
Informasi Kelulusan Maret 2022
Tenggat Waktu Prosedur Penerimaan April 2022

Ujian yang akan diselenggarakan oleh Kyushu University diantaranya ialah ujian mengenai matematika, ujian mengenai ilmu pengetahuan alam, kegiatan screening pada formulir, dan kegiatan interview. Bahasa yang akan digunakan pada saat ujian ialah menggunakan bahasa Inggris. 

Baca juga: Info Beasiswa Jepang Terkini

2. International Undergraduate Program: Bioresource and Bioenvironmental

Kyushu University juga membuka program bagi mahasiswa asing tingkat sarjana (undergraduate) yang berminat untuk masuk dalam ilmu disiplin Bioresource and Bioenvironment.Fakultas ini memberikan sarana bagi mahasiswa asing yang memilih untuk mengambil gelar sarjana dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Kemudian untuk mengikuti program ini, Sobat Meddy perlu mengikuti seleksi khusus yang diselenggarakan oleh kampus.

Kapasitas penerimaan dari program ini belum dipastikan, namun berdasarkan data pada tahun 2021 diketahui jumlah peserta lolos ujian berkisar 16 orang, sedangkan jumlah peserta ujian dari program ini sebanyak 38 orang. Adapun perkiraan jumlah biaya yang perlu dibayar untuk program ini ialah sebagai berikut:

Biaya Masuk ¥ 282,000 
Biaya Kuliah per Tahun ¥ 535,800

Klasifikasi pendaftaran pada program sarjana internasional pada disiplin ilmu ini ialah ujian masuk untuk pelajar Internasional yang dibiayai oleh swasta, dan memulai penerimaan mahasiswa pada bulan Oktober 2022. Penggunaan bahasa pada saat ujian menggunakan bahasa Inggris.

 Timeline Program: Bioresource and Bioenvironmental
Pembukaan Pendaftaran Januari, 2022
Tenggat Waktu  Pendaftaran Januari, 2022
Waktu Ujian Februari, 2022 – Maret, 2022
Informasi Kelulusan Maret, 2022
Tenggat Waktu Prosedur Penerimaan April, 2022

Kedua Informasi mengenai program pendidikan untuk pelajar Internasional selanjutnya dapat diakses disini.

Informasi Beasiswa Kyushu University

Kyushu University menjadi salah satu kampus yang menawarkan beasiswa di Jepang. Beasiswa ini terbagi kedalam berbagai jenis dan bentuknya, maka dari itu informasi ini akan dijelaskan lebih lanjut sebagai berikut:

1. Scholarship Kyuden Mirai Foundation

Kyuden Mirai Foundation pada tahun 2022 membuka pendaftaran beasiswa yang dapat diakses melalui sekolah, namun untuk rekomendasi yang ditawarkan melalui sekolah akan dibatasi. Pelajar yang ingin mengikuti program beasiswa ini perlu mendaftar menggunakan alamat asal Jepang.

Informasi dan Persyaratan Beasiswa Scholarship Kyuden Mirai Foundation
  1. Lembaga pemberi beasiswa ini menawarkan pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di sekolah kejuruan maupun di kampus dengan program fakultas yang akan dipilih. 
  2. Penempatan sekolah yang ditawarkan oleh beasiswa ini terdiri dari Kyushu University, Kyushu Institute of Technology, Kyushu Electric College, Fukuoka University, dan Seinan Gakuin University .
  3. Beasiswa ini memerlukan Visa.
  4. Jumlah uang yang akan dicairkan lewat beasiswa ini berkisar ¥ 220,000 per tahun.
  5. Masa beasiswa bagi mahasiswa S1 ialah 4 tahun, lalu masa beasiswa bagi pelajar yang akan masuk fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi ialah 6 tahun, dan 2 tahun bagi pelajar yang akan masuk sekolah pelatihan.
  6. Rencananya tahun ini, kapasitas penerima beasiswa sebanyak 4 orang.
  7. Waktu pendaftaran dimulai pada awal bulan Maret hingga akhir bulan April.

2. Yoshida Scholarship Foundation

Yoshida Scholarship Foundation yang berdiri sejak tahun 1967 merupakan yayasan yang melakukan pengembangan terhadap sumber daya manusia dalam lingkup global. Pada tahun 2022 Yoshida Scholarship Foundation membuka beasiswa yang dapat dilakukan dengan melakukan pendaftaran melalui sekolah. Informasi dan persyaratan mengenai beasiswa ini akan dijelaskan pada bagian selanjutnya. 

Informasi dan Persyaratan Beasiswa Yoshida Scholarship Foundation
  1. Alamat yang dapat digunakan pada saat melakukan pendaftaran dapat dilakukan di luar wilayah Jepang.
  2. Dikhususkan bagi pendaftar mahasiswa S2, dan mahasiswa S3.
  3. Warga negara yang dapat mengikuti program beasiswa ini diantaranya ialah wilayah ASEAN, Asia, Asia Barat, Asia Tengah, Afrika, Bangladesh, Bhutan, India,  Mongolia, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka.
  4. Perlu membuat Visa pelajar.
  5. Penempatan universitas yang disediakan diantaranya ialah Kyushu University, The University of Tokyo, Tokyo Institute of Technology, Keio University, Waseda University, Kyoto University, Doshisha University, Kwansei Gakuin University, Nagoya University, dan Osaka University.
  6.  Batas umur pelamar mahasiswa S2 ialah 30 tahun, sedangkan batas umur pelamar mahasiswa S3 ialah 35 tahun.
  7. Masa beasiswa bagi mahasiswa S2 ialah 2 tahun, sedangkan masa beasiswa bagi mahasiswa S3 ialah 3 tahun.
  8. Melaksanakan ujian terlebih dahulu sebelum datang ke Jepang.
  9. Memilih jurusan yang berkaitan dengan Ilmu Alam atau Teknik.
  10. Jumlah beasiswa yang ditawarkan berjumlah ¥ 200,000 per bulan. Maksimal tunjangan yang digunakan ialah ¥ 2,500,000 yang sudah dihitung dengan biaya perjalanan. Tunjangan bagi pasangan sebesar ¥ 20,000 per bulan.
  11. Jumlah penerima beasiswa belum diketahui, sedangkan jumlah penerima beasiswa tahun lalu sebanyak 3 orang.

3. Kyoritsu International Foundation

Kyoritsu International Foundation (一般財団法人 共立国際交流奨学財団) merupakan lembaga penyedia bantuan program beasiswa yang diberikan kepada pelajar Internasional yang akan melanjutkan studinya di Jepang. Lembaga ini bertujuan untuk melakukan berkontribusi dalam bidang pendidikan dan menjalin hubungan lebih dekat antara Jepang dengan negara lain. Lembaga ini sudah berdiri sejak tahun 1995. 

Informasi dan Persyaratan Beasiswa Scholarship Kyoritsu International Foundation
  1. Kyoritsu International Foundation sekarang ini sedang membuka beasiswa yang dikhususkan bagi siswa kejuruan, mahasiswa S1, mahasiswa S2, dan mahasiswa S3. 
  2. Beasiswa ini dikhususkan bagi negara yang berada di wilayah Asia. 
  3. Beasiswa ini memerlukan Visa Pelajar.
  4. Pendaftaran untuk beasiswa ini melalui sekolah yang menyediakan kegiatan program ini.
  5. Jumlah penerima beasiswa pada tahun ini direncanakan berjumlah 15 orang, dengan masa beasiswa selama 2 tahun.
  6. Beasiswa yang dicairkan oleh lembaga ini berjumlah ¥ 100,000 per bulan. Pendaftaran beasiswa ini dimulai pada awal bulan November hingga akhir bulan Januari.

Bagaimana Meddy Bisa Membantu Kamut?

Apabila sobat Meddy membutuhkan layanan seperti konsultasi beasiswa, membantu mempersiapkan kelengkapan dokumen untuk kegiatan beasiswa di luar negeri. Mediamaz Scholar adalah solusi yang tepat untuk membantu sobat semuanya. Mediamaz Scholar hadir dan senang untuk membantu sobat Meddy dalam mengikuti proses persiapan menuju masa depan yang cerah dan menambah pengalaman baru. Dengan hadirnya penerjemah tersumpah yang sudah berpengalaman dalam menerjemahkan dokumen ke lebih dari 24 bahasa asing, sobat Meddy tak perlu pusing mempersiapkan kelengkapan dokumen. Cek layanan kami disini atau kepoin Instagram Mediamaz Scholar ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top