Informasi Beasiswa Luar Negeri

Informasi Beasiswa Luar Negeri

Kuliah di luar negeri merupakan salah satu impian sebagian orang atau pelajar Indonesia. Dilihat dari segi sistem pendidikan hingga keuntungan lainnya yang tentu akan bermanfaat untuk masa depan. Namun, mendaftar dan mendapatkan beasiswa juga bukan sesuatu hal yang mudah loh. Daftar beasiswa, ada beberapa hal ini yang harus disiapkan. Setiap tahun, pasti sering kita temui di media sosial atau website tentang penawaran beasiswa untuk masuk ke universitas di suatu negara. Tapi, sebenarnya kalian sudah tahu belum sih apa beasiswa itu sendiri? Kalau belum, yuk intip informasi beasiswa luar negeri itu seperti apa, jenis dan apa saja yang perlu disiapkan sebelum kamu apply beasiswa.

Informasi Beasiswa Luar Negeri dan Manfaatnya

Hal ini yang harus disiapkan sebelum kamu mendaftar beasiswa. Kita mulai dari pengertian beasiswa itu sendiri ya. Beasiswa merupakan salah satu jenis bantuan dana yang diberikan kepada seseorang yang ingin melanjutkan pendidikan, baik itu yang masih menjalani pendidikan di sekolah ataupun kuliah. Biasanya, beasiswa itu sendiri diberikan atas dasar yang berbeda – beda loh. Nggak cuman dilihat dari prestasi akademis tapi prestasi Non – akademis pun juga bisa menjadi pertimbangan.

Dengan kamu daftar beasiswa, kamu tentu akan mendapat berbagai manfaat dari adanya program beasiswa ini, secara garis besar dapat membantu para penerima beasiswa tersebut untuk bisa terus melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi meskipun memiliki tingkat perekonomian yang kurang memenuhi dan tentu dapat membantu meringankan beban orang tua yang membiayainya, sehingga dapat membuat siswa atau mahasiswa untuk lebih ingin meningkatkan intensitas belajar.

Do you want to apply for an overseas scholarship? You can use the scholarship consulting service from Mediamaz Scholar. With a variety of questions to apply for a scholarship from preparing documents to applying to university, of course it will take your time. Please contact Mediamaz Scholar’s marketing team for more detailed information regarding scholarship consultations.

Our team of scholarship consultants are people who already have experience studying abroad. So, you don’t have to worry about the information you will get. The Mediamaz Scholar counselor will assist in guiding the preparation of the required documents, obtaining a Letter of Acceptance, and making a CV and Motivation Letter in accordance with the applicable regulations in each country or scholarship distributor.

Jenis – Jenis Beasiswa 

Ada beberapa negara yang sangat terkenal di kalangan mahasiswa Indonesia untuk mencari beasiswa. Negara tersebut di antaranya Inggris, Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Turki. 

Universitas dari masing-masing negara ini sering kali menawarkan berbagai beasiswa untuk mahasiswa internasional terutama Indonesia. Selain universitas, dari pemerintah pun tidak jarang juga menyediakan program beasiswa dengan cakupan beasiswa yang cukup menggiurkan untuk dicoba. 

Untuk jenis – jenis beasiswa yang tersedia, sebagai berikut:

  1. Beasiswa berdasarkan bentuk pembiayaan

Beasiswa ini seperti: Beasiswa penghargaan, beasiswa bantuan. beasiswa penelitian, beasiswa non-akademik, beasiswa ikatan dinas

         2. Beasiswa berdasarkan cakupan pembiayaan

Beasiswa ini seperti: beasiswa penuh (Full Scholarship), beasiswa sebagian (Partial Scholarship)

         3. Beasiswa berdasarkan sumber pembiayaan atau pihak penyedia

Jenis beasiswa ini, seperti: beasiswa dari pihak swasta, beasiswa dari pemerintah, beasiswa perguruan tinggi, dan beasiswa dari komunitas, organisasi atau yayasan

Informasi beasiswa luar negeri

Dokumen yang Harus Disiapkan

Sebelum kamu mengajukan beasiswa untuk ke jenjang pendidikan kamu selanjutnya, ada beberapa dokumen yang mesti kamu siapkan, loh! Dan harus menjadi perhatian kamu banget, supaya tidak gagal pada tahap awal atau tahap administrasi. Daftar beasiswa, hal ini yang harus disiapkan seperti dokumen – dokumen:

  1. Ijazah dan Transkrip Nilai
  2. Essay atau Motivation Letter
  3. CV (Curriculum Vitae)
  4. Surat Rekomendasi
  5. Hasil Tes TOEFL / IELTS (Sesuai dengan kebutuhan universitas masing-masing)

 

BACA JUGA: Beasiswa Knight Hennessy Scholars 2021 (Jenjang S2 dan S3)

Keunggulan Mendapatkan Beasiswa untuk Kuliah di Luar Negeri

Setelah kamu daftar beasiswa, mempersiapkan segala dokumen yang dibutuhkan, dan memperoleh beasiswa tersebut tentu kamu akan memiliki keuntungan tersendiri dengan terpilihnya kita sebagai penerima beasiswa. Apa saja sih, keunggulan setelah kita mendapat beasiswa? Keep scrolling.

  1. Menjadi sebuah prestasi yang menonjol

Dengan kamu daftar beasiswa sesuai dengan prestasi yang kamu raih, dan kamu berhasil mendapatkan beasiswa tersebut, bisa diartikan jika kamu memiliki keunggulan dalam bidang yang kamu tekuni di antara teman – teman lainnya. Pemberi beasiswa tentu memiliki nilai tersendiri sehingga mereka tidak segan untuk memberikan beasiswa itu ke kamu. Ketika kamu menerima beasiswa, dapat menjadi nilai plus ketika nanti kamu akan melamar pekerjaan di masa yang akan datang sehingga kamu memiliki perbedaan di antara pelamar lainnya.

        2. Mendapat dukungan keuangan

Dalam program beasiswa yang ditawarkan biasanya terdapat dua jenis beasiswa, yaitu beasiswa full (Full Scholarship) dan beasiswa setengah (Partial Scholarship). Apa bedanya dari kedua beasiswa ini? Bedanya beasiswa partial hanya mendanai beberapa kebutuhan akademik, seperti biaya pendidikan dan biaya perjalanan, sementara biaya hidup jika kamu mendapat beasiswa di luar negeri tidak termasuk dalam pendanaan. Sedangkan, beasiswa full mendanai semua kebutuhan akademik mulai dari biaya pendidikan, biaya hidup hingga biaya asuransi.

        3. Mendapat jaringan yang luas

Keunggulan lain yang akan kamu dapat ketika memperoleh beasiswa adalah memiliki peluang untuk mendapatkan jaringan yang luas. Mereka para penerima beasiswa lain tentu berasal dari latar belakang yang berbeda, bahkan warga negara jika kamu mendapat beasiswa untuk keluar negeri. Hal tersebut tentu membuat jaringan pertemanan kamu menjadi semakin luas. Dengan luasnya jaringan pertemanan, akan memicu kamu untuk memiliki pemikiran yang lebih terbuka.

 

BACA JUGA: Informasi Beasiswa Jepang 2021

Layanan Mediamaz Scholar

Mediamaz Scholar merupakan platform dibidang pendidikan, di bawah naungan PT Mediamaz Solusindo Nusantara. Mediamaz Scholar berdiri sejak tahun 2017, dengan berbagai layanan yang dimiliki, seperti informasi beasiswa luar negeri, konsultasi beasiswa, kelas bahasa, tes akademik, penerjemah tersumpah, persiapan pengajuan visa pelajar, dokumen pendaftaran hingga legalisasi dokumen.

Layanan konsultasi beasiswa kami dibantu oleh tim konselor yang memiliki pengalaman kuliah di luar negeri, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai informasi yang sudah diberikan. Anda pun dapat memilih jadwal konsultasi, sesuai dengan waktu yang Anda miliki. 

Kemudian, untuk layanan kelas bahasa. Kami membuka layanan kelas bahasa dengan dua metode, yakni Paid (Berbayar) dan Unpaid (Tidak Berbayar). Kami membuka kelas bahasa setiap bulannya dan dapat Anda ikuti tanpa batas kelas, tentu akan memberikan banyak keuntungan untuk Anda yang ingin mengasah dan memperdalam bahasa internasional. Untuk informasi mengenai kelas bahasa dapat Anda temukan di website resmi kami dan media sosial untuk segala update, kelas bahasa apa yang sedang dan akan dibuka.

Untuk layanan lainnya, Anda dapat langsung akses di laman resmi kami sehingga mempermudah Anda dalam meraih cita-cita Anda untuk dapat kuliah di luar negeri. Oleh karena itu, Anda dapat langsung menghubungi kami untuk informasi selengkapnya. Jadikan Mediamaz Scholar sebagai sahabat dan partner dalam proses Anda kuliah di luar negeri.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top