belajar-bahasa-inggris-percakapan

Inilah 10 Kota Pelajar Terbaik di Dunia 2023 Versi QS, Mana Favoritmu?

Hai sobat Meddy, gimana kabar kalian? semoga baik-baik saja ya. Kuliah di luar negeri memang membutuhkan banyak pertimbangan. Tidak hanya negara, namun sobat Meddy juga harus menentukan di kota mana kamu mau kuliah. Untuk menjawab permasalahan tersebut, kali ini Meddy ingin merekomendasikan 10 kota pelajar terbaik di dunia 2023 menurut QS. Quacquarelli Symonds (QS) telah merilis daftar Kota Pelajar Terbaik untuk tahun 2023. Peringkat QS sendiri dianggap sebagai salah satu peringkat pendidikan yang paling banyak dibaca. Tahun 2014 QS mulai merilis Peringkat Kota Pelajar tahunan. Setiap tahunnya mereka membuat daftar lebih dari 100 kota yang menawarkan pengalaman terbaik bagi para siswa berdasarkan beberapa faktor yang antara lain:

  • Peringkat universitas berdasarkan kualitas dan jumlah institusi di kota tersebut.
  • Campuran siswa berdasarkan jumlah siswa di kota, terutama siswa internasional.
  • Keinginan berdasarkan betapa menariknya sebuah kota, berdasarkan hal-hal seperti keamanan dan peluang yang tersedia.
  • Aktivitas pemberi kerja berdasarkan apakah pemberi kerja lulusan terbaik cenderung merekrut siswa dari kota tersebut.
  • Keterjangkauan berdasarkan biaya kuliah dan biaya hidup
  • Pandangan siswa berdasarkan pengalaman siswa lain yang tinggal di kota itu yang kemudian dikumpulkan melalui survei tahunan.

Baca juga: Wajib Tahu! Berikut 7 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Syarat TOEFL

10 Kota Pelajar Terbaik di Dunia

Berikut ini merupakan 10 kota pelajar terbaik di dunia 2023 versi QS:

1. London, Inggris

London muncul sebagai kota teratas bagi siswa yang ingin belajar di luar negeri. Dengan nilai keseluruhan 100, ibu kota Inggris ini telah berada di posisi teratas sejak tahun 2018. Kota London memiliki beberapa universitas berkelas dunia, maka tak heran ibu kota negara Inggris tersebut berhasil menempati peringkat pertama secara berturut-turut sebagai kota pelajar terbaik di dunia versi QS. Meskipun London bukanlah kota dengan biaya hidup murah, namun terdapat banyak kegiatan budaya gratis untuk para mahasiswa seperti mengunjungi museum (Natural History Museum, British Museum dan Victoria and Albert Museum menawarkan tiket masuk gratis untuk masyarakat umum). London juga menawarkan komunitas mahasiswa internasional yang luas, arsitektur dan landmark ikonik, serta kehidupan malam yang ramai.

Beberapa universitas terbaik dunia yang berada di London yaitu:

  • London School of Hygiene & Tropical Medicine
  • The London School of Economics and Political Science
  • Imperial College London

2. Munich, Jerman

Di urutan selanjutnya terdapat ibu kota Jerman. Munich menjadi kota pelajar terbaik kedua di dunia bagi para siswa berkat keterjangkauan dan tingkat pekerjaannya. Jerman tidak mengenakan biaya kuliah untuk mahasiswa sarjana, terlepas dari kebangsaannya, negara ini dapat menawarkan beberapa nilai plus bagi para siswa internasional. Kota ini memiliki lingkungan multikultural yang dinamis dan menampung lebih dari 17.000 siswa internasional setiap tahun. Munich juga telah menjadi pusat bisnis serta memiliki kantor pusat untuk perusahaan seperti BMW dan Allianz, yang memberikan peluang kerja bagi lulusan dari semua sektor.

Beberapa universitas terbaik di kota Munich:

  • Technical University of Munich
  • Ludwig-Maximilians-Universität München

3. Seoul, Korea Selatan

Di urutan ketiga datang dari Asia. Seoul berhasil berada di urutan  ketiga di antara kota-kota pelajar terbaik di dunia lainnya. Dengan tidak kurang dari 21 universitas di wilayah tersebut, ibu kota Korea Selatan ini memiliki berbagai lembaga dan program yang mengesankan untuk dipilih siswa internasional. Terlepas dari populasi yang besar, keselamatan publik di Seoul adalah salah satu faktor khas yang menarik bagi para siswa internasional. Kota ini akan memberikan pengalaman kota yang tidak pernah membosankan seperti pasar malam, suasana malam di kafe maupun para gamer yang bermain di ‘PC bang’. 

Seoul memiliki berbagai universitas yang masuk dalam jajaran terbaik dunia, diantaranya:

  • Seoul National University
  • Korea University
  • Yonsei University
  • Hanyang University

4. Zurich, Swiss

Zurich merupakan rumah bagi ETH Zurich yang merupakan universitas dengan peringkat tertinggi di benua Eropa dan salah satu dari universitas terbaik dari luar AS dan Inggris. Meskipun biaya hidup di Zurich lebih mahal, namun banyak universitas di Swiss yang menawarkan beasiswa yang besar bagi siswa internasional. Selain pendidikan kelas dunia, ibu kota Swiss ini juga menyediakan kota yang bersih dan aman serta berada dekat dengan beberapa lokasi paling menakjubkan di Eropa, terutama pegunungan Alpen.

Universitas terbaik yang berada di salah satu kota terbesar di Swiss ini yakni:

  • ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology
  • University of Zurich

5. Melbourne, Australia

Komunitas mahasiswa Melbourne yang beragam menjadikannya salah satu tujuan paling populer bagi para mahasiswa. Istilah “komunitas siswa yang beragam” tidak berlebihan karena kota Melbourne merupakan rumah bagi lebih dari 90.000 siswa internasional. Sebagai ibukota negara Australia, Melbourne merupakan kota yang penuh dengan atraksi yang akan membuat kehidupan masyarakat menjadi sangat menarik. Mulai dari pantai yang indah hingga kehidupan malam di kota dan cuaca yang cerah. Selain budaya yang beragam, Melbourne menawarkan lingkungan yang aman dengan transportasi yang efisien, makanan yang baik, dan pemandangan yang menakjubkan.

Beberapa universitas terbaik dunia yang berlokasi di kota ini, antara lain:

  • Monash University
  • RMIT University

Baca juga: Daftar 10 Mata Kuliah Teraneh Di Dunia, Ada Kanibalisme Juga?

6. Berlin, Jerman

Ibukota Jerman sekali lagi berhasil berada di 10 besar kota pelajar terbaik dunia dan berada di urutan keenam. Salah satu alasan kenapa Berlin menarik bagi siswa internasional adalah banyaknya program yang diajarkan dalam bahasa Inggris, terutama di tingkat pascasarjana. Tiga universitas Berlin terbaik di Berlin (Freie Universität Berlin, Humboldt-Universität zu Berlin, dan Technische Universität Berlin) menawarkan program sarjana bebas biaya kuliah bagi para siswa lokal dan internasional. Tidak adanya biaya pendidikan membuat kehidupan di Jerman menjadi lebih terjangkau daripada di negara-negara tetangganya. Kota Berlin memiliki budaya yang menarik dan market ekonomi yang ramai, hal ini menjadikannya sebagai destinasi yang sempurna untuk para penggemar sejarah, seni, dan juga investor. 

Beberapa universitas terbaik dunia yang berada di Berlin yaitu:

  • Freie Universität Berlin
  • Humboldt-Universität zu Berlin
  • Technische Universität Berlin

7. Tokyo, Jepang

Bagi sobat Meddy yang tertarik dengan gaya hidup sibuk kota besar, Tokyo bisa jadi kota pilihan kamu. Menjadi kota terpadat di dunia dengan lebih dari 37 juta penduduk dan memiliki 12 universitas berperingkat internasional, Tokyo menjadi salah satu kota yang menarik bagi pelajar internasional. Tokyo menawarkan penduduk setempat standar hidup yang luar biasa seperti jalan-jalan yang bersih, keselamatan publik, dan transportasi yang efektif. Namun, sobat Meddy perlu tahu bahwa Tokyo bukan kota yang murah untuk ditinggali. Kota ini merupakan salah satu negara ke-tiga terdepan dalam bidang finansial setelah New York dan London. Selain itu, Tokyo juga merupakan kota yang memiliki kualitas kehidupan yang baik, toleransi, transparansi dan bebas polusi.

Beberapa universitas terbaik yang berada di kota ini yakni:

  • The University of Tokyo
  • Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech)
  • Keio University
  • Waseda University

8. Paris, Perancis

Di urutan ke-8, ada ibukota negara Perancis yaitu Paris. Paris berhasil menjadi salah satu kota terbaik karena universitas di Paris memiliki kualitas internasional. Walaupun dikenal sebagai kota dengan kehidupan yang cukup mahal, universitas di Paris termasuk murah dan menjadi destinasi kuliah yang cukup terjangkau dibandingkan negara populer lainnya. Universitas di negara ini telah berhasil melahirkan filosofi, ahli teori, ilmuwan, politisi, pemimpin bisnis dan ahli matematika mulai dari 100 tahun lalu. Dan yang lebih menariknya lagi, lulusan Paris menjadi incaran perusahaan dari berbagai belahan dunia, lho!

Berikut beberapa perguruan tinggi terbaik dunia yang berada di Paris:

  • Université PSL (Paris Sciences & Lettres)
  • Université Paris-Saclay

9. Sydney, Australia

Seperti Melbourne, kota terbesar di Australia ini juga menawarkan komunitas mahasiswa yang besar dan beragam. Menurut para siswa, Sydney adalah kota yang berasal dari kombinasi standar hidup yang tinggi, pendidikan kelas dunia, serta tingkat kelayakan kerja yang tinggi. Di Sydney, sobat Meddy dapat melihat banyak pelajar asing yang mencoba untuk menutupi biaya hidup mereka dengan bekerja paruh waktu. Sydney memang memiliki biaya hidup yang relatif tinggi, namun kota ini memiliki banyak kantor pusat yang menjadikan hal tersebut sepadan. Perusahaan seperti Google, Apple, dan Microsoft memiliki kantor pusat di Sydney, hal ini tentu saja memberikan siswa peluang profesional yang sangat baik setelah lulus. 

Berikut beberapa perguruan tinggi terbaik dunia yang berada di Sydney, antara lain:

  • University of Sydney.
  • University of New South Wales.

10. Edinburgh, Inggris

Edinburgh mendapat nilai yang bagus untuk kesejahteraan, gaya hidup, perawatan kesehatan, dan menjadi kota terhijau di Inggris serta memiliki kualitas udara yang baik. Ketika ujian dan tugas sudah dekat, sobat Meddy dapat pergi ke tempat-tempat santai untuk bersantai dan terhubung dengan alam. Terdapat beberapa distrik berbeda di Edinburgh, bagi yang tertarik dengan kehidupan perkotaan yang ramai dapat menemukannya di pusat kota yaitu Fountain Bridge atau Haymarket. Mereka yang mencari pemandangan desa kuno dapat menetap di Old Town dan New Town. Alasan lain kenapa Edinburgh terpilih sebagai salah satu kota terbaik untuk ditinggali adalah karena tingkat kejahatan yang rendah. Meskipun penting bagi sobat Meddy untuk tetap memperhatikan lingkungan kemanapun kamu pergi. Universitas terbaik di kota ini yaitu university of Edinburgh.

Baca juga: Catat! Berikut 7 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Pengalaman Kerja

Itulah 10 kota ramah pelajar di dunia tahun 2023 berdasarkan QS Ranking yang bisa sobat Meddy pertimbangkan untuk melanjutkan kuliah. Semua kota tersebut tidak diragukan lagi akan memberi sobat Meddy pengalaman yang tidak terlupakan. Mengetahui apa yang sobat Meddy cari merupakan hal yang sangat penting dalam menemukan kota yang akan sempurna untuk sobat Meddy. 

Apakah Sobat Meddy Butuh Bantuan?

Setelah membaca artikel mengenai berbagai kota ramah pelajar di dunia tahun 2023, apakah sobat Meddy menjadi semakin tertarik untuk melanjutkan studi dengan menggunakan beasiswa? Selain informasi di atas, Meddy juga menyediakan berbagai artikel menarik lainnya seputar informasi kampus dan negara. Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top