Akulturasi budaya jepang dan indonesia

Internasionalisasikan Bahasa Indonesia, Begini Program KBRI Di Jepang!

Halo Sobat Meddy, di Artikel kali ini kita akan membahas yang ada kaitannya tentang negara Jepang, ya Jepang! Siapa yang tidak tahu negeri Sakura ini? Sobat Meddy sudah tidak asing dengan negara ini. Artikel ini akan menyajikan informasi yang berkaitan dengan Kekayaan bangsa Indonesia yang dibawa ke Jepang sebagai bentuk program akulturasi budaya di Tokyo. Yuk, simak Informasinya!

Mengenal Bahasa Indonesia Dan Jepang Sebagai Perpaduan Akulturasi Budaya

Sobat Meddy, Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional dan resmi di seluruh Indonesia. Definisi dari bahasa adalah alat komunikasi bagi sesama manusia yang berada dalam suatu bangsa. Termasuk Indonesia yang memiliki komunikasi resmi yang diajarkan di sekolah dan digunakan untuk disiarkan di media elektronik. Sebagai informasi saja bahwa negara kita ini dipredikati sebagai negara dengan tingkat multilingual teratas di dunia. Karena mayoritas orang Indonesia mampu bertutur dalam bahasa daerah atau bahasa suku mereka sendiri. 

Fakta Menarik Mengenai Akulturasi Bahasa

Akulturasi jepang dan indonesia
Pict Originally by pixabay.com

Bahasa Indonesia memiliki fakta unik yaitu penuturan bahasa yang besar seantero negeri beserta dengan diaspora yang tinggal di luar negeri. Tahukah kamu, bahasa Indonesia masuk sebagai salah satu bahasa yang paling banyak digunakan atau dituturkan di seluruh dunia. Mengapa demikian? Hal ini karena selain dalam skala nasional bahasa Indonesia juga diakui sebagai salah satu bahasa resmi di negara lain. Contohnya  seperti Timor Leste.

Tutur dalam bahasa Indonesia juga secara resmi diajarkan dan digunakan di sekolah, kampus maupun institusi di seluruh dunia. Terutama di Australia, Belanda, Jepang, Korea Selatan, Timor Leste, Amerika Serikat, Inggris, dan lain sebagainya. Itulah alasan dasar mengapa saat ini ada program yang membumikan bahasa Indonesia di Negeri Sakura tersebut.

Sementara itu, Jepang atau yang akrab kita kenal dengan Nippon adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Tiongkok, Korea Selatan, dan Rusia. Di mata dunia, Jepang merupakan negara maju yang diinginkan banyak warga dunia. Terlebih dengan animasi kartun yang mendunia juga, tak jarang banyak anak-anak Indonesia yang mulai belajar kebudayaan dan bahasa Jepang.

Namun, kali ini mindset kita yang harus berubah dengan cara membawa kekayaan bangsa Indonesia ke kancah dunia, seperti yang sudah dilakukan KBRI Tokyo saat ini. apabila program ini dijalankan secara konsekuen akan membuat akulturasi yang epic di lingkup negara Asia maupun Internasional.

Baca juga: Budaya Jepang & Amerika ini Ternyata Sangat Berbeda!

Membuanakan Akulturasi Bahasa, Imbangi Penerapan Berbagai Program Di Jepang

Sobat Meddy, untuk meningkatkan mobilitas pengalaman studi internasional yang sejalan dengan semangat Kampus Merdeka, saat ini pemerintah melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia atau disingkat KBRI di Tokyo, Jepang, terus melakukan gerakan untuk mendorong kolaborasi atau kerja sama di bidang pendidikan antara negara Jepang dan Indonesia.

kulturasi jepang dan indoensia
Pict originally by pixabay.com

Membuanakan bahasa Indonesia adalah bentuk implementasi dari upaya-upaya menginternasionalisasikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional di negeri Sakura terus dilakukan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo. Tentu program ini juga dibarengi dengan berbagai program bersama dengan Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) cabang Jepang. APPIBA Jepang telah menyelenggarakan program antara lain dengan penerbitan buku Seri Wacana Pengayaan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Membuat forum percakapan daring, dan lomba pidato serta bentuk lomba lainnya.

Tidak hanya itu, Kerja sama dan komunikasi intensif juga dilakukan dengan Lembaga Pendidikan di Jepang yang memiliki jurusan atau menawarkan pelajaran Bahasa Indonesia. Sejauh ini, KBRI Tokyo terus membangun komunikasi dengan lembaga pendidikan yang mengajarkan Bahasa Indonesia dengan intensif.

Begini Program KBRI Di Tokyo Yang Membuanakan Bahasa Indonesia

Dilansir dari laman resmi kemendikbud, bahwa telah dilakukan pertemuan daring antara SMA Kanto Internasional Jepang jurusan Bahasa Indonesia dengan siswa SMAN 1 Magetan Indonesia yang difasilitasi oleh KBRI di Tokyo. Dalam pelaksanaannya, siswa Jepang berdialog, bercerita dan berkenalan dalam Bahasa Indonesia dengan siswa Indonesia. Ini juga merupakan medium bagi siswa SMA Jepang untuk bertukar budaya karena program kunjungan ke Indonesia masih dibatasi dikarenakan adanya pandemi. Dijelaskan, bahwa satu-satunya SMA di Jepang yang memiliki jurusan Bahasa Indonesia adalah SMA Kanto.

Baca Juga: Budaya Jepang yang Harus Diketahui Mahasiswa Internasional

Program KBRI: Akulturasi Siswa SMA Jepang dengan Indonesia

kbri-jepang
pict originally by pixabay.com

Selain dilakukan antara siswa SMA Jepang dan Indonesia, dihari yang sama (Rabu, 16/2) program ini juga diterapkan pada Siswa SMA Kanto (Jepang) dan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, Institut Teknologi Bandung. FITB ITB akan menjadi pionir perguruan tinggi negeri pertama yang mengundang langsung siswa SILN dalam salah satu skema khusus perekrutan calon mahasiswa.

Tentu, program yang dilaksanakan ini berdampak dan memiliki prospek yang baik, dan kedepannya perlu dilakukan upaya yang lebih konkret ke sekolah atau universitas yang memiliki jurusan atau prodi Bahasa Indonesia atau pun yang memiliki mata pelajaran atau mata kuliah Bahasa Indonesia. Sehingga, Eksistensi sekolah-sekolah ini patut diperhatikan dan diapresiasi. 

Nah, itulah informasi yang dapat Meddy berikan dalam artikel ini. Semoga setelah menyimak dan membaca informasi tentang program KBRI di Tokyo Jepang, Sobat Meddy dapat termotivasi dan bersemangat untuk melanjutkan mimpi kamu berkuliah di Jepang, ya! Untuk info lebih lanjut, Sobat Meddy bisa kunjungi laman resmi kampus yang kamu tuju. 

fakta korea selatan

Apa Yang Bisa Meddy Bantu?

Bagi kamu yang tertarik untuk bisa lebih mengembangkan kemampuan diri, penguasaan bahasa atau konsultasi khusus tentang pendidikan lanjutan yang bisa menunjang keberhasilan Sobat Meddy, tentu Meddy senantiasa bisa membantu kamu di layanan Mediamaz Scholar. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website resmi Mediamaz Scholar ya. Terima kasih! 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top