amerika-serikat

Jadi Pertimbangan! Begini Kelebihan Sistem Pendidikan Di Amerika Serikat

Halo Sobat Meddy, apa kabar? Kali ini Meddy akan mengajak kamu untuk menelisik lebih jauh  mengenai sistem pendidikan yang ada di negara Amerika. Mulai dari bagaimana keunggulannya, apa perbedaanya bahkan kita akan bahas sampai kualitas pendidikan di negara tersebut. Yuk, simak informasi lengkap dibawah ini.

1. Mengenal Sedikit Profil Negara Amerika Sebagai Negara Populasi Terbesarsistem-pendidikan-amerika

Sobat Meddy, siapa yang tidak tahu Negara Amerika? Negara dengan julukan negeri Paman Sam. Julukan Paman Sam sebenarnya diterima Amerika Serikat pada tanggal 7 September 1813. Julukan ini berhubungan dengan seorang penyuplai daging di Amerika Serikat, tepatnya di New York bernama Samuel Wilson. Amerika Serikat, disingkat dengan AS adalah sebuah negara dengan bentuk negara republik konstitusional federal yang terdiri dari lima puluh negara bagian dan sebuah distrik federal. Biro Sensus Amerika Serikat memperkirakan bahwa penduduk negara itu sekarang berjumlah 315.585.000 jiwa, termasuk 11,2 juta warga negara asing yang diperkirakan menetap secara ilegal. Populasi AS membengkak hampir empat kali lipat di sepanjang abad ke-20, dari sekitar 76 juta jiwa pada tahun 1900. Jumlah ini menjadikan AS sebagai negara dengan jumlah populasi terbanyak di dunia setelah RRC dan India. Dan AS adalah satu-satunya negara industri yang peningkatan besar-besaran populasinya dapat diproyeksikan.

2. Lalu, Bagaimana Penerapan Sistem Pendidikan Di Negara Amerika?

Berikut penerapan sistem pendidikan di Amerika yang dapat menjadi perbandingan di Indonesia.

  1. Secara umum, Amerika memberlakukan wajib belajar dimulai 5 sampai 6 tahun. Baru setelah itu, mereka diharuskan untuk menempuh jenjang pendidikan menengah di kelas 12 pada rentang usia 18 tahun.
  2. Amerika Serikat ini umumnya menyediakan sebanyak 14.000 sekolah bagi setiap siswa yang ingin menempuh pendidikan di tempat yang diimpikan. Bahkan terhitung bahwa setiap tahunnya, pemerintah negara AS sering kali mengalokasikan dana pendidikan dengan kisaran sebesar $500 triliun untuk dipakai dalam kebutuhan sekolah dasar dan menengah. Nah, bagaimana? Apakah jumlah ini sama dengan subsidi pendidikan yang diberikan pemerintah Indonesia?
  3. Sistem Pembelajaran yang cenderung mengutamakan concern bidang studi, Sobat Meddy, berbeda dengan Indonesia, di Amerika sistem dibuat untuk lebih memfokuskan bidang studi yang spesifik dan lebih terarah bagi peserta didik, misalnya seni, sains, teknologi, teknik sampai dengan aspek keilmuan yang lainnya.
  4. Diskusi yang massive sebagai metode belajar, salah satu penerapan yang menunjang keberhasilan sistem pendidikan di Amerika adalah dengan cara mendukung dan memasifkan gerakan para siswa untuk lebih giat membaca sehingga tidak datang ke kelas dengan apa adanya mereka juga dituntut untuk bisa berdiskusi, memecahkan berbagai masalah bersama-sama dengan bantuan dari guru.

Selain penjelasan diatas, Meddy juga ingin menjelaskan berbagai keunggulan serta fakta menarik mengenai sistem pendidikan di negara Amerika Serikat.

Bagaimana Keunggulan Sistem Pendidikan Di Amerika?

Lalu, Bagaimana Penerapan Sistem Pendidikan Di Amerika?

Sobat Meddy, tentu setiap sistem pendidikan mempunyai nilai kelemahan dan keunggulannya masing-masing, seperti di Amerika yang mempunyai nilai keunggulan diantaranya:

  1. Sistem belajar dengan fasilitas yang modern dan canggih. Di negara Paman Sam ini sudah mengutamakan dan memperluas sistem belajar yang menggunakan pemanfaatan teknologi yang modern dan canggih, seperti aplikasi Blackboard, model yang berguna untuk berbagi note pelajaran, homework, pengumuman dan berbagai fasilitas penting lainnya yang disediakan untuk  siswa.

  2. Menjadi kualitas pendidikan yang diakui dunia. Kualitas pendidikan Amerika adalah salah satu terbaik di dunia, hal ini dibuktikan dengan beberapa universitas yang ada di Amerika mendominasi dalam riset mengenai 500 Universitas terbaik yang ada di dunia. Dan juga dalam sumber lain dikatakan lebih dari 4,500 lembaga yang terakreditasi membuat sistem pendidikan di Amerika Serikat lebih unggul.

Fakta Menarik Pendidikan Di Negeri Paman Sam 

  1. Masa Orientasi yang lebih efektif. Sobat Meddy, kalau di Indonesia Masa Orientasi diwarnai dengan banyak hal yang kurang penting dan mendidik bagi siswa, lain halnya dengan Amerika yang mengedepankan relevansi masa orientasi tersebut dengan cara yang lebih positif, seperti diajak untuk berkeliling mengenal sekolah dan memahami bagaimana cara pengajarannya saat memasuki sekolah nantinya, mendapatkan seminar, kajian sekolah juga bisa memainkan aneka permainan game seru untuk nantinya bisa dijadikan sebagai pengalaman masa orientasi sekolah yang tidak pernah terlupakan
  2. Terdapat kelas khusus bernama “Supplemental Instruction”, yaitu kegiatan tutor yang di setiap kelas, yang bertujuan untuk me-review kembali pelajaran sebelum exam week dan ini juga membantu junior students untuk lebih mudah belajar. Uniknya, kegiatan tutor ini terdapat seorang leader yaitu seorang senior student yang dipilih oleh dosennya.

Nah, itu tadi informasi yang dapat Meddy berikan dalam artikel ini. Semoga setelah menyimak dan membaca informasi sistem pendidikan di Amerika tersebut, sobat Meddy dapat termotivasi untuk melanjutkan mimpi Sobat Meddy berkuliah di Amerika seperti yang kamu impikan. Untuk info lebih lanjut, Sobat Meddy bisa klik tautan Kampus yang jadi tujuan kamu ya.

Baca juga: Mau Kerja di Dunia Musik? Ini Dia 5 Universitas dengan Jurusan Musik Terbaik di Amerika Serikat

3

Apa Yang Bisa Meddy Bantu?

Bagi Sobat Meddy yang tertarik untuk bisa lebih mengembangkan kemampuan diri, penguasaan bahasa atau konsultasi khusus tentang pendidikan lanjutan yang bisa menunjang keberhasilan Sobat Meddy. Tentu saja Meddy senantiasa bisa membantu kamu di layanan Mediamaz Scholar. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website resmi Mediamaz Scholar yaa. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top