Sumber daya alam

9 Fakta Menarik Negara Chile, Jarang Dilirik Orang

Halo Sobat Meddy, apakah kamu tahu apa saja fakta menarik negara Chile? Sumber daya alamnya? Atau mungkin salah satu fakta menarik negara chile yang sudah kita ketahui adalah presidennya yang masih muda dan merupakan mantan aktivis dari sayap kiri Chile. Tapi selain itu masih ada lagi, apa saja? Mari simak informasinya disini.

Sumber Daya Alam

Setiap negara pasti memiliki sumber daya alam yang dapat mereka banggakan. Tahukah kamu, sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam pun setidaknya memiliki dua macam, Ada yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah adalah sumber daya yang terus ada selama penggunaannya tidak dieksploitasi berlebihan.

Sedangkan untuk sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui adalah sumber daya yang jumlahnya terbatas karena penggunaannya lebih cepat daripada proses pembentukkannya. Contohnya seperti minyak bumi, batu bara, emas, dan lain lain. Nah, kali ini Meddy ingin bahas mengenai fakta menarik di negara Chile mulai dari sumber daya alamnya sampai fakta lainnya.

Sering Diberitakan Sebagai Negara 3 Benua, Ini lah Fakta Menarik Chile

Sobat meddy, Chile ini merupakan negara yang terletak di antara 3 benua yang berbeda, jadi ketika Sobat Meddy mencari negara ini di Google Maps maka kita akan menemukan negara ini di perbatasan antara 3 Benua yang berbeda, yaitu benua Amerika, Oceania, dan Antartika. Ini juga yang membuat kalau Chile mengklaim bahwa negara ‘the land of poets and wine’ ini juga memegang hak-hak eksklusif, klaim dalam berbagai macam derajat dan kedaulatan atas wilayah maritim, yang disebut Laut Chili. Bagaimana menurut pandangan kamu? Dan ini fakta menariknya.

1. Luas yang Sama Dengan Kalimantan

Tahukah kamu, kalau Chile menduduki peringkat ke 38 untuk luas wilayah negaranya di mata dunia, luas wilayah Chile kurang lebih sama dengan Pulau Kalimantan kurang lebih 756.102 km2.

2. Danau Tertinggi di Dunia

Mungkin kamu banyak mengetahui bahwa ada banyak danau di sekitar wilayahmu saat ini. Tapi bagaimana dengan danau tertinggi? Danau tertinggi di dunia ternyata ada di Chile. Yang biasanya kalau penduduk asli keturunan Chile sering menyebutnya Kawah danau Ojos del Salado namanya, danau Ini terletak di perbatasan Chile dan Argentina. Tertarik mengunjungi Danau Chungara ini?

3. Pemasok Anggur dan Salmon

Sumber daya alam

Dalam hal ekonomi, perkebunan anggur chile memang tidak diragukan lagi ada 100 kilang anggur, Chile sekarang menjadi eksportir anggur terbesar kelima di dunia. disamping itu diklaim juga sebagai negara pengekspor salmon terbesar di dunia. Belum lagi, roda ekonomi di chile memiliki support dari tambang tembaga terbesar di dunia. Lebih dari sepertiga produksi tembaga dunia berasal dari Chili. Mantap!

Baca Juga: Seputar Budaya Kanada: dari Self Reward hingga Thanksgiving!

4. Mengakui Kedaulatan dan Kemerdekaan Palestina

Meskipun berada di tiga benua, tapi Chile berani mengambil sikap dan keputusan untuk secara resmi mengakui Chili akui Kemerdekaan Palestina, sebagai negara independen mengikuti jejak sejumlah negara di Amerika Latin. Kemudian, di Desember 2010, Brazil, Argentina, dan Bolivia mengakui Palestina sebagai sebuah negara merdeka. Namun, Amerika Serikat dan Israel mengkritik keputusan tersebut dan hingga kini menolak mengakui Palestina sebagai negara merdeka.

5. Vinal De Mar, Kota Popular di Chile

vinal-de-mar

kalau Indonesia terkenal dengan pulau bali, di chile objek wisata paling populernya adalah Vina del Mar. Vinal de mar adalah sebuah kota di Chili dengan pemandangan pantai dan hotel-hotel mewah. Kota ini letaknya di bagian barat, tepatnya di Region Valparaíso. Kalau disini, bagi kamu yang biasa meminum ‘wine’ ini merupakan tempat yang cocok.

6. Terdapat 5 Situs Warisan Budaya di Chile

Warisan budaya merupakan situs atau tempat peninggalan sejarah yang bernilai budaya yang sangat asli menggambarkan negara tersebut. Ternyata di chili ada 5 Situs diantaranya adalah Churches of Chiloé, Historic Quarter of the Seaport City of Valparaíso, Humberstone and Santa Laura Saltpeter Works, Rapa Nui National Park, dan Sewell Mining Town.

Baca Juga: Fakta Unik Negara Rusia, Budaya Lokalnya Bikin Geleng Kepala!

7. Ternyata di Negara Ini Ada Mumi

Sebelumnya mungkin kita menyangka kalau mumi tertua ada di Mesir, secara Mesir memang terkenal dengan persoalan mumi. Tapi Mumi tertua di dunia, mumi Chinchorro, terdapat di Chile. Menurut UNESCO,  Mumi Chinchorro ini sudah berusia 7.000 tahun, lalu masuk ke dalam Daftar Warisan Dunia setelah memuji ‘pentingnya global’. dari sisa-sisa yang diawetkan, diketahui juga bahwa lebih dari 2.000 tahun lebih tua dari mumi Mesir mereka yang lebih terkenal.

8. Dijuluki Sebagai The Land Of Poets

Seperti yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya, Disebut sebagai land of poets karena Chile memiliki dua pemenang Hadiah Nobel. Keduanya adalah Pablo Neruda dan Gabriela Mistral yang memenangkan Hadiah Nobel untuk Sastra pada tahun 1971 dan 1945.

9. UFO Bukan Lagi Kontroversi, Tapi Jadi Penelitian!

ufo

Fakta menarik tentang Ufo, Chili adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang pemerintahannya mendukung organisasi penelitian UFO. Bahkan, di gadang-gadang 2017  yang lalu sempat ada piringan UFO melintasi langit Chile dan diakui oleh angkatan lautan negara tersebut.

Nah, itu informasi yang dapat Meddy berikan dalam artikel ini. Semoga setelah menyimak dan membaca informasi tentang fakta menarik di negeri land of poets and wine atau chile, Sobat Meddy dapat termotivasi untuk melanjutkan mimpi kamu di Chili ya. Untuk info lebih lanjut, Sobat Meddy bisa kunjungi laman resmi kampus yang kamu tuju. 

Mediamaz Scholar

Jadi, Apa Yang Bisa Meddy Bantu?

Bagi Sobat Meddy yang tertarik untuk bisa lebih mengembangkan kemampuan diri, penguasaan bahasa atau konsultasi khusus tentang pendidikan lanjutan yang bisa menunjang keberhasilan Sobat Meddy, tentu Meddy senantiasa bisa membantu kamu di layanan Mediamaz Scholar. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website resmi Mediamaz Scholar yaa. Terima kasih! 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top