Program studi animasi

Inilah Jurusan Animasi dan Rekomendasi Universitas Terbaik di Dunia

Kita sudah sering melihat animasi-animasi yang menemani masa kecil kita di televisi. Baik generasi terdahulu hingga generasi sekarang, Animasi adalah sekumpulan objek karya tangan yang disusun sedemikian rupa untuk menciptakan sebuah ilusi gerakan. Industri animasi semakin berkembang dengan maraknya film dan tayangan animasi yang super apik. Biasanya, animasi tersebut diangkat berdasarkan buku komik yang memiliki angka penjualan tinggi, atau menggambarkan kehidupan kita sehari-hari. Semakin banyak jenis-jenis animasi, maka peluang profesi animator kian terbuka lebar. Karena itu, apakah kamu tertarik menjadi mahasiswa program studi Animasi? Sebelum kalian memutuskan untuk terjun pada program studi Animasi, Yuk, kita kenali dulu seputar kuliah jurusan Animasi di Indonesia.

Apa itu Jurusan Animasi ?

Jurusan Animasi adalah kegiatan perkuliahan yang mempelajari tentang konsep gambar bergerak dari produksi film atau TV. Konsep animasi melibatkan banyak gaya, proses, dan teknik yang berbeda. 

Kemudian, jurusan ini dibagi menjadi dua keahlian kompetensi, yaitu animasi film dan animasi game (Interactive Animation). Di jurusan ini, kamu akan mempelajari teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Untuk kalian yang bingung, jurusan animasi belajar apa, mahasiswa animasi akan mempelajari materi-materi jurusan animasi yang seru, seperti:

  • Videografi
  • Animasi 3D
  • Digital processing
  • Visual effect
  • Motion graphic
  • Animasi Digital

Jadi, buat kamu yang tertarik dengan bidang animasi pasti tahu kalau penggunaan Visual effect itu merupakan elemen yang sangat penting. Visual effect akan membuat gambar animasi terlihat jauh lebih menarik. Oleh karena itu, semakin banyak animator Indonesia bermunculan dan bisa kamu jadi inspirasi. Misalnya, animator terkenal dari Indonesia, Rini Sugianto yang terlibat dalam pengerjaan The Adventures of Tintin dan post production animation untuk The Avengers

Alasan Kenapa Kamu Memilih Program Studi Ini

 

Tidak hanya sekadar keren, jurusan animasi ini terbilang sedang ramai diperbincangkan. Kebutuhan elemen animasi sedang meningkat di industri kreatif. Jurusan animasi ini pun juga terbilang ‘seru’ khususnya untuk calon mahasiswa yang memiliki hobi menggambar, mengedit, dan membuat visual game. Sistem pembelajaran bagi jurusan ini pun pasti mengutamakan praktik, jadi kamu tidak hanya mengetahui mengenai teori basic saja. Kamu akan mendapatkan banyak pengalaman seputar dunia animasi. Disamping itu, kamu bisa menyalurkan hobi dan kreativitasmu. Adapun pertimbangan lain, mengapa kamu memilih kuliah jurusan Animasi?

  1. Bercita-cita menjadi seorang Animator
  2. Memiliki minat untuk belajar mengenai Motion Graphic
  3. Memiliki misi untuk meningkatkan film kartun berkualitas
  4. Ingin menjadi bagian memajukan industri animasi di indonesia.

Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Animasi Terbaik di Dunia

Setelah kalian mengetahui fun fact dari jurusan ini, kita akan merekomendasikan kamu universitas dengan jurusan Animasi terbaik di dunia.

Berikut adalah rekomendasi universitas dengan jurusan Animasi terbaik dunia:

  1. Vancouver Film School (VFS), Kanada

Pertama, Sekolah film vancouver (VFS) Merupakan sekolah seni hiburan swasta yang berlokasi di Vancouver, British Columbia, Kanada. Program gelar yang ditawarkan meliputi berbagai program studi seperti jurusan perfilman, Animasi 3D dan Efek Visual, Esensi Akting, Akting untuk Film dan Televisi, Seni Konsep Animasi, Desain Digital, dan lain sebagainya.

  1. GOBELINS – The School of Visual Communication. Paris & Noisy – le-Grand, Prancis

Kedua, selama 50 tahun terakhir, GOBELINS telah menjadi sekolah yang terkenal dan diakui secara luas dalam industri animasi. Para calon seniman harus mempertimbangkan Program Master dua tahun mereka dalam bidang Karakter Animasi dan Pembuatan Film Animasi. Dengan biaya kuliah sebesar  € 8.100 untuk peminat asal Uni Eropa dan € 12,800 per tahun untuk peminat Non-Uni Eropa. Dan tahukah kamu bahwa Gobelins ini merupakan salah satu dari mitranya Netflix, lho!

  1. MOPA – Motion Picture in Arles. Prancis

Ketiga, Motion Picture in Arles (MOPA) merupakan sekolah kesenian yang terletak di Arles, Perancis. Sekolah ini didirikan pada tahun 2000 sebagai Supinfocom Arles. Beberapa mahasiswa tingkat pertama melewati tahun persiapan dasar seni dengan bantuan biaya sebesar € 5.550 untuk membantu kelulusan mereka.

Prospek Kerja Jurusan Animasi

Buat kamu yang masih bingung akan prospek kerja bila kuliah di jurusan ini, sekarang kamu tidak perlu kebingungan lagi. Berikut adalah beberapa daftar profesi prospek kerja jurusan Animasi:

  1. Animator dan Seniman Multimedia
  2. Desain Visual Efek
  3. Desainer Video Game
  4. Talent Director
  5. Penerbit Digital

Mediamaz Scholar

Jurusan Animasi atau sejenisnya memang memiliki prospek yang sangat bagus terutama di zaman digital seperti saat ini. Selain merupakan kemampuan yang jarang dimiliki banyak orang, kemampuan dalam membuat animasi juga selalu dibutuhkan terutama pada dunia hiburan atau internet. Buat kalian yang suka main game, ternyata banyak dari perusahaan game (Interactive Animation) yang membutuhkan profesi ini lho! Seperti yang kamu tahu, industri game semakin memperhatikan grafik yang sempurna,kan!

Setelah membaca dan cari tahu soal jurusan ini, kalian semakin penasaran kan dengan jurusan Animasi ini? Bagi kamu yang tertarik dan berminat untuk mendapatkan beasiswa pada kampus impian yang menyediakan jurusan tersebut, pastinya kalian harus menyiapkan dokumen persyaratannya. Bagi kamu yang masih bingung perihal persiapan dokumen pendaftaran untuk beasiswa luar negeri. Kamu bisa melakukan sesi konsultasi dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top