Jurusan Bisnis dan Manajemen: Tentang Jurusan dan Prospek Kerja

5 Universitas Dengan Jurusan Bisnis dan Manajemen Terbaik di Dunia!

Salah satu jurusan di bidang bisnis adalah Jurusan Manajemen Bisnis atau Business Management adalah jurusan yang mempersiapkan kamu untuk mahir dalam mengelola sebuah bisnis. Melalui jurusan ini, kamu akan memiliki bekal untuk mengelola bisnis, baik bisnis baru maupun bisnis yang sudah berjalan. Artikel ini akan membahas mengenai 5 universitas dengan jurusan Bisnis dan Manajemen terbaik di dunia.

Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen memiliki konstenrasi yang beragam, salah satunya adalah mahanejemen bisnis. Manajemen bisnis adalah jurusan yang mempelajari bagaimana cara mengimplementasikan ilmu manajemen sebuah bisnis. Yang mana, kegiatan ini meliputi merancang, mengelola, dan mengoperasikan sebuah usaha atau bisnis yang mencangkup semua pengaturan baik dari dalam proses pengerjaan, pengelolaan sampai cara mencapai suatu tujuan bisnis yang diinginkan.

Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki keinginan untuk berwirausaha atau mengembangkan bisnis sendiri di kemudian hari. Meski demikian, kamu yang tertarik dengan bisnis di level perusahaan yang lebih besar juga dapat mengambil jurusan ini.

Baca Juga : Pakai Beasiswa LPDP S2! Ini Universitas di Denmark Jurusan Bisnis dan Manajemen

5 Universitas dengan Fakultas Ekonomi Bisnis Terbaik di Dunia

Berikut 5 universitas dengan jurusan Bisnis dan Manajemen terbaik di dunia:

1. Harvard Business School

Pertama, yakni Harvard Business School. Sekolah ini berhasil menempati peringkat pertama dalam jajaran kampus bisnis terbaik di dunia. Sebenarnya, tidak hanya fakultas bisnisnya saja yang terbaik dan terfavorit. Namun juga fakultas lainnya pun selalu jadi unggulan loh!

Universitas ini merupakan salah satu perguruan tertinggi terbaik di dunia yang menjadi kampus impian banyak pelajar dari berbagai penjuru dunia. Ujian seleksi masuknya juga sulit ditembus, loh.

2. INSEAD (Institut Européen d’Administration des Affaires)

Posisi kedua kampus bisnis dan manajemen terbaik di dunia diisi oleh INSEAD atau Institut Administrasi Bisnis Eropa. INSEAD adalah satu dari sekian banyak kampus ekonomi dan bisnis terbaik di Eropa.

Lokasi kampus pusatnya ada di Boulevard de Constance, Fontainebleau, Prancis. Selain Prancis juga memiliki cabang di negara lain yaitu di Abu Dhabi dan Singapura.

3. London Business School

Reputasi London Business School sebagai kampus ekonomi dan bisnis nggak perlu diragukan lagi. Kampus ini terkenal sebagai sekolah bisnis terbaik di Inggris dengan akreditasi triple crown. Rata-rata yang mengambil studi di kampus ini adalah orang-orang yang ingin lanjut ke jenjang S2 dan S3.

4. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Selain unggul dalam bidang sains dan teknologi, ternyata kampus ini juga terbaik dalam bidang bisnis dan manajemennya. Massachusetts Institute of Technology tercatat sebagai universitas dengan skor reputasi akademik terbaik ke-3 dunia dan reputasi lulusan terbaik ke-4 dunia.

5. University of Pennsylvania

Di peringkat kelima ada University of Pennsylvania yang berlokasi di Philadelphia, Amerika Serikat. Kampus ini juga masuk daftar rekomendasi teratas untuk calon mahasiswa yang berniat mengambil program master di bidang bisnis dan manajemen.

Selain itu, kampus ini juga sudah banyak menyumbang kontribusi dalam bidang ekonomi, salah satunya penemuan analisis conjoint oleh Simon Kuznets, Lawrence Klein, Prof. Robert Eilers.

Baca Juga : Mau Kuliah di Luar Negeri dengan Harga Terjangkau? Yuk, Intip 3 Universitas Terbaik di Argentina!

Rata-Rata Biaya Kuliah Jurusan Manajemen

Untuk kamu yang mungkin ingin melanjutkan studi dengan jurusan bisnis dan manajemen di salah satu universitas yang tengah dibahas, kamu harus tau juga mengenai rata – rata atau estimasi untuk biaya kuliahnya, gaiis..

Untuk di Harvard Business School sendiri dengan kuliah full time dikenakan biaya sebesar US$73.440 per tahun atau sekitar Rp. 1,055 miliar. Di samping itu, durasi kuliah 24 bulan dan jika di total keseluruhan biaya yang dikeluarkan adalah US$ 146,880 atau sekitar Rp.2,11 miliar. Disusul dengan University of Pennsylvania yang dikenakan US$ 153,160 atau sekitar Rp. 2,2 miliar.

Kemudian, untuk London Business School dikenakan biaya sebesar £ 78.500 atau sekitar 1,468 miliar rupiah  Dan yang terakhir, dari INSEAD (Institut Européen d’Administration des Affaires) sekitar € 82.000 atau 1,3 miliar rupiah untuk pendidikan program MBA di INSEAD.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen 

Ketika kamu memilih untuk melanjutkan studi dengan jurusan bisnis dan manajemen, kamu mungkin akan diarahkan dengan beberapa pilihan karier, seperti:

1. Business Development

Salah satu prospek kerja bisnis manajemen ini yang paling banyak diburu, baik oleh pencari kerja maupun perusahaan.

2. Entrepreneur

Mungkin siapa pun bisa menjadi seorang Entrepreneur. Namun, jika kamu merupakan lulusan bisnis manajemen, prospek kerja yang satu ini sangat cocok untuk kamu.

Kamu tentu sudah memiliki bekal ilmu tentang manajemen, bisnis, marketing dan hal – hal lain yang berhubungan dengan entrepreneurship.

3. Marketing Executive

Biasanya, marketing menjadi salah satu konsentrasi atau penjurusan di dalam fakultas bisnis dan manajemen. Salah satu prospek kerja manajemen bisnis yang fokus di bidang pemasaran adalah Marketing Executive. Profesi ini bisa disebut sebagai induk dari semua kegiatan marketing perusahaan.

4. Risk Manager

Setiap keputusan perusahaan tentu memiliki resiko, baik resiko keuangan, keselamatan, maupun keamanan. Untuk menghindari risiko – risiko tersebut, perusahaan membutuhkan seseorang yang ahli di bidang Risk Management atau manajemen resiko.

Seorang Risk Manager, merupakan seseorang yang menyiapkan rencana dan tindakan untuk mengurangi faktor resiko. Tentu, tanggung jawab dari seorang Risk Manager cukup besar. Kamu harus memiliki kemampuan analisis dan problem solving yang tinggi.

5. Project Manager

Seorang Project Manager bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, pengendalian, dan penyelesaian proyek. Dalam beberapa tahun belakangan, prospek kerja bisnis manajemen yang satu ini dianggap sangat menjanjikan.

Hal ini bisa terjadi karena perubahan ekonomi dan teknologi yang membuat perusahaan lebih fokus pada pengembangan proyek daripada kegiatan operasi sehari – hari.

Layanan Mediamaz Scholar

Jadi bagaimana ingin lanjut kuliah dengan Jurusan Manajemen dan Bisnis di luar negeri tapi masih bingung dengan persiapan dokumennya? Tenang! Kamu bisa konsultasikan dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Selain konsultasi, kami juga menyediakan layanan kelas bahasa asing lohh.. Yuk langsung hubungi kami di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top