Jurusan Ilmu Politik: Universitas Terbaik dan Prospek Kerja

Calon Politisi Muda Wajib Tahu! 5 Prospek Kerja Setelah Lulus!

Karier politik merupakan salah satu pencapaian karier yang terbilang sensitif, terutama dengan adanya tren global yang sedang berlangsung. Itulah sebabnya kenapa kamu harus membuat pilihan karier kamu dalam dunia politik secara utuh dengan mencoba mengemban ilmu di program ilmu politik. Mungkin sebagian dari kamu suka berkecimpung di dunia politik, tentunya penasaran dengan ilmu perpolitikan, dan apa saja yang akan dipelajari. Maka, di artikel ini Meddy akan membahas mengenai Fakta dari jurusan politik, dan 5 universitas dengan jurusan Ilmu Politik terbaik di dunia. Siap?

Tentang Ilmu Politik

Jurusan ilmu politik
Pict Originally by Pixabay.com

Ilmu politik adalah bidang ilmu yang banyak mengkaji gejala maupun fenomena sosial politik sehingga nantinya mampu menerapkan teori-teori ilmu politik untuk menawarkan solusi dari permasalahan sosial politik. Jurusan ini tidak hanya mempelajari bagaimana politik di Indonesia, namun juga politik di berbagai negara.

Jika kamu tertarik mengenai sistem yang membentuk aspek sosial masyarakat, maka jurusan politik adalah pilihan yang cocok. Ilmu Politik bisa mendorong kamu untuk bersikap kritis. Yang mana lulusan ilmu politik harus bisa bersikap cerdas, tertata, dan yang paling penting menggunakan ilmunya untuk kepentingan rakyat.

Nah, untuk kamu yang memang berminat untuk mempelajari dunia politik, tentunya kamu harus up to date terhadap isu-isu hangat. Kamu dituntut untuk bisa menganalisa berita-berita terkini seputar politik, jadi tidak heran mahasiswa-mahasiswa yang mengambil jurusan ini sangat paham mengenai apa yang sedang terjadi baik di Indonesia atau pun di dunia. Para dosen biasanya akan memberikan tugas atau buka studi kasus yang benar-benar sedang terjadi. Kamu dituntut untuk bisa memberikan tanggapan dan solusi mengenai problem solving isu tersebut. Wah, ternyata kamu sudah diajak berpikir kritis seperti seorang ‘politikus’ dari sejak kamu masuk kuliah. Yuk, kita lihat kira-kira universitas dengan jurusan politik terbaik di dunia itu apa saja ya!

Baca Juga :Apa Saja Jurusan Yang Paling Diminati Di Dunia? Simak Informasinya!

5 Universitas Terbaik di Dunia

Berikut rekomendasi 5 universitas dengan jurusan Ilmu Politik terbaik di dunia:

1. Universitas Harvard

Harvard, yang berbasis di Cambridge, Massachusetts memiliki total pendaftaran 6,669 siswa. Harvard didirikan pada tahun 1963 dan merupakan universitas tertua di Amerika Serikat dan menjadi sekolah lvy League paling bergengsi dan universitas dengan Jurusan Politik terbaik di dunia. Universitas Harvard berhasil melahirkan para politikus-politikus terkemuka

2. Universitas Princeton

Universitas ini didirikan di Princeton, New Jersey pada tahun 1746. Princeton terkenal dengan salah satu kampus  Ilmu Politik terbaik di dunia.

Departemen politik Princeton menawarkan kursus kepada para mahasiswa dalam politik Amerika, politik komparatif, hubungan internasional, teori formal, metode kuantitatif, teori politik dan hukum publik.

3. Universitas Columbia

Universitas ini terletak di distrik Harlem, New York City dan didirikan pada 1754. Columbia termasuk universitas tertua di NYC dan tertua kelima di Amerika Serikat dan menjadi universitas dengan ilmu politik terbaik di dunia.

Lulusan dari universitas Columbia pun tidak main – main seperti pendiri Amerika yaitu John J dan Alexander Hamilton. Para mahasiswa dapat memilih beberapa fokus seperti politik Amerika, politik komparatif, hubungan internasional atau teori politik.

4. Universitas Yale

Ilmu Politik merupakan jurusan terbesar kedua di Yale. Yale secara resmi dibentuk pada tahun 1718 dan kemudian lahir lima lulusan gelar presiden AS. Itulah mengapa Yale termasuk sebagai salah satu perguruan tinggi ilmu politik terbaik di dunia.

5. Sekolah Ekonomi dan Politik, London, Inggris

London School of Economics and Political Science atau yang sering disingkat LSE adalah universitas terakhir yang merupakan kampus riset publik di London, Inggris dan lembaga anggota dari Universitas Federal London. Dan termasuk universitas dengan jurusan Politik terbaik di dunia. LSE unik dalam fokusnya pada pendidikan dan penelitian dalam semua ilmu sosial, politik, serta ekonomi. 

Baca Juga: Ini Daftar Universitas Paling Bergengsi Di Dunia, Ada Kampus Favorit Kamu?

Estimasi Biaya Kuliah untuk Jurusan Ilmu Politik

Jika dibandingkan dengan jurusan lainnya seperti kedokteran ataupun bisnis dan manajemen, jurusan politik memiliki estimasi biaya yang cukup rendah di setiap universitas. Namun, bukan berarti jurusan ini nggak bisa menghasilkan lulusan yang bagus loh gaiss..

Dari universitas pertama yaitu Universitas Harvard, dengan biaya pendidikan sekitar US$ 73,800 – US$ 78,200 atau sekitar Rp.100 – 120jt. Kemudian, untuk Universitas Princeton memiliki biaya pendidikan sebesar US$ 51,870 atau Rp.70jt. Lanjut dengan, Universitas Columbia sebesar US$ 57,208 sekitar Rp.800jt.

Dan universitas kedua terakhir, Universitas Yale dengan biaya pendidikan US$ 73,450 atau sama dengan Rp.100jt dan yang terakhir London School of Economics and Political Science (LSE) dengan biaya pendidikan sebesar £ 9,250 atau sekitar Rp. 100jt.

Materi Kuliah dan Prospek Kerja di Jurusan Ilmu Politik

Buat kamu yang masih bertanya-tanya pelajaran atau mata kuliah apa sih yang dipelajari di jurusan ilmu politik ini? Yuk kita bahas sekarang. Nah, apa yang dipelajari di jurusan ilmu politik ini lebih kepada teori-teori politik, topik mengenai sistem kepemerintahan seperti demokrasi, liberal dan komunisme, komunikasi dalam berpolitik, poini politik, adab-adab politik, partisipasi politik, dan masih banyak lagi.

Seperti yang dibahas sebelumnya, jurusan ini menuntut kalian untuk memiliki minat literasi dan ras ingin tahu lebih tinggi. Kamu juga tidak boleh main asal menelan mentah-mentah informasi yang hanya kamu dapat dari sebuah berita onlinei saja. Kamu wajib membedah kasus tersbut dan melihat dari sudut pandang ilmu politik dan hukumnya seperti apa. Kadang, kedua ilmu ini selalu disamakan padahal ilmu politik dan ilmu hukum itu berbeda lho walau isu atau topik yang dibicarakan tidak jauh berbeda. Nah, sekarang kita bahas prospek kerja jurusan ilmu politik agar kamu lebih semangat lagi untuk memilih jujuran politik sebagai salah satu opsi jurusan kuliah mu!

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik

Jika kamu memilih melanjutkan studi dengan jurusan politik, kamu akan memiliki banyak peluang kerja yang pastinya selalu dibutuhkan. Prospek kerja ini juga akan tetap berkembang seiring berjalannya waktu. Pekerjaan yang cocok untuk lulusan juruan politik adalah seperti halnya:

1. Anggota Legislatif

Mungkin syarat menjadi seorang Caleg atau calon legislatif memang tidak dibatasi jurusan pendidikan. Namun, kalau kamu memiliki latar belakang pendidikan politik dan ilmu pemerintahan yang baik justru menjadi bekal untuk kamu kelak.

2. Peneliti atau Pengamat Politik

Eksistensi peneliti atau pengamat politik semakin terlihat di era saat ini. Hal ini disebabkan karena profesi satu ini sangat dibutuhkan terutama bagi para pemangku kepentingan di dunia politik.

3. Jurnalis

Menjadi jurnalis terutama di bidang politik juga seru lho! Kita bisa lihat contohnya Najwa Shihab, yang mana merupakan seorang jurnalis politik terkenal dan memiliki pola pikir yang sangat kritis dan aktif dalam mengikuti perkembangan dunia politik.

4. Hubungan Masyarakat (Humas)

Hubungan masyarakat atau humas merupakan salah satu profesi yang memiliki peran besar. Jika kamu lulus dari jurusan Politik, maka jenis profesi satu ini bisa menjadi pilihan yang akurat. Sebagai humas, kamu akan memegang peran penting dalam proses penyebaran informasi ke masyarakat. 

5. Anggota Partai Politik

Dan prospek kerja yang terakhir adalah anggota partai politik, yang mana para lulusan jurusan politik memang identik yang berkaitan dengan pemerintahan. Profesi ini merupakan pilihan yang tepat jika kamu punya ketertarikan untuk berkontribusi dalam partai.

Mediamaz Scholar

Layanan Mediamaz Scholar

Bagaimana, setelah kamu membaca artikel di atas, apakah kamu berminat untuk melanjutkan kuliah dengan jurusan Politik di 5 universitas luar negeri tersebut? Banyak sekali peluang yang bisa kamu gunakan loh, kamu bisa menggunakan beasiswa yang sedang buka di tahun ini.

Nah, buat kamu yang masih bingung perihal persiapan dokumen untuk pendaftaran beasiswa, tenang! Kami adalah solusi terbaik. Kamu bisa konsultasi secara gratis dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Kami juga menyediakan layanan lainnya seperti kelas bahasa, TOEFL/IELTS Preperation Test, dan lain sebagainya. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top