Jurusan Olahraga: Informasi Kuliah & Universitas Terbaik di Dunia

Cek Fakta Universitas Malaya, Unggul di Jurusan Olahraga?

Olahraga bukan hanya senam, sepak bola dan renang, olahraga ternyata dapat dipelajari lewat kuliah ilmu dan manajemen olahraga di luar negeri, khususnya di Universitas Malaya. Tergolong dalam bidang kesehatan, kuliah di jurusan ilmu dan manajemen olahraga dapat memberikan pengalaman seru seputar dunia olahraga dan terapinya. Yuk, kita bahas lebih dalam mengenai jurusan Olahraga.

Tentang Kuliah Ilmu Olahraga di Universitas Malaya 

Ilmu olahraga merupakan suatu studi tentang bagaimana tubuh manusia yang sehat, bisa bekerja selama latihan atau pergerakan dilakukan.  Selain itu, juga mempelajari bagaimana olahraga serta aktivitas fisik dilakukan untuk meningkatkan kesehatan, secara fisik, sosial dan mental pada diri seseorang.

Studi tentang ilmu olahraga menggabungkan banyak studi dan bidang akademik lainya, seperti fisiologi, psikologi, anatomi, teknik dan kimia. Hal ini disebabkan karena tujuan utama olahraga adalah untuk kesehatan. Kuliah di jurusan ilmu olahraga juga dapat memberikan Anda berbagai pengetahuan mengenai ilmu kedokteran dasar, seperti anatomi, fisiologi, biokimia, fisioterapi, obat dan doping hingga biofisika.

Selain mempelajari ilmu kesehatan seperti di atas, jurusan ilmu olahraga juga akan mengajarkan kamu bagaimana mengatasi kesehatan mental, manajemen penanggulangan cedera ketika olahraga, hingga jenis olahraga yang tepat sesuai usia dan kondisi fisik seseorang. Kuliah jurusan ilmu olahraga di Universitas Malaya, dapat memberikan pengalaman kuliah yang berkualitas, baik dari sisi akademis maupun praktik. Peluang karir terbaik di bidang olahraga juga akan terbuka lebar, saat menjadi lulusan dari jurusan ini.

Jurusan-Olahraga
By Pixabay

Mengapa Kuliah Jurusan Olahraga di Universitas Malaya?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Pendidikan Olahraga, seperti:

1. Membangun fisik yang lebih kuat

Dengan olahraga, maka banyak orang sedang membangun fisiknya agar lebih kuat. Dalam ilmu dan manajemen olahraga, Anda akan banyak belajar mengenai cara menumbuhkan otot yang lebih kuat serta membangun tulang yang sehat karena olahraga. 

2. Peluang kerja yang tinggi peminat

Siapa bilang jurusan ilmu olahraga akan sepi peminat di dunia kerja? Wajib kamu tahu, bahwa pekerjaan di bidang olahraga dan kesehatan, ternyata tinggi peminatnya. Salah satu fokus kerja untuk lulusan jurusan olahraga adalah membantu para atlet agar tetap dapat melakukan aktivitas olahraganya dengan baik.

3. Beragam pilihan dalam karier

Menjadi sarjana dari jurusan ilmu olahraga atau pasca sarjana dari lulusan Ini, kamu akan mendapat kesempatan untuk pilihan karier yang lebih beragam dan jalur di mana seseorang dapat berspesialisasi. Setelah nanti lulus dari Ilmu Olahraga, kamu bisa bekerja menjadi pelatih, psikolog, agen, pelatih pribadi, atau bekerja di pemerintahan bidang olahraga.

4. Cocok untuk kamu pecinta olahraga

Jika memang kamu sangat gemar dengan olahraga, maka bisa bekerja di bidang yang sama, tentunya akan membuat kamu lebih semangat. Umumnya, ilmu olahraga ini akan menempatkan kamu di pusat-pusat kesehatan khusus dengan membiarkan keahlian kamu terus berkembang, dalam jangka waktu tertentu.

Baca juga: Cara Jitu Membuat Motivation Letter

Universitas Terbaik Jurusan Ilmu Olahraga

Beberapa universitas yang direkomendasikan untuk kuliah ilmu dan manajemen olahraga, merupakan top university. Berikut ini beberapa universitas terbaik yang bisa menjadi pilihan kamu untuk kuliah ilmu dan manajemen olahraga  di luar negeri:

  • Universitas Carolina, Amerika Serikat

Program kuliah ilmu dan manajemen olahraga di Universitas Carolina ini sudah banyak diakui secara global. Bisa dibilang program-program kuliah di universitas ini menjadi terbaik di Amerika serikat, khususnya untuk departemen ilmu dan manajemen olahraga.

Durasi masa studi untuk S1 selama 3- 4 tahun, sedangkan untuk S2 selama 1 -2 tahun. Dengan perkiraan biaya kuliah $ 33.627 atau Rp. 475 juta Per Tahun

  • Universitas Loughborough, Inggris

Kuliah ilmu dan manajemen olahraga di universitas Loughborough memiliki reputasi internasional yang sangat baik, khususnya dalam hal pengajaran dan penelitian. Kampus ini akan memberikan banyak manfaat untuk para mahasiswa dan mahasiswinya, agar mendapatkan akses pekerjaan di bidang terkait di seluruh dunia.

Untuk durasi kuliah S1 selama 3 – 4 tahun, dan S2 selama 1 – 2 tahun. Untuk perkiraan biaya kuliahnya sendiri sebesar 17.500 Pounds atau Rp. 311 juta Per Tahun.

  • Universitas Deakin, Australia

Mengambil program kuliah gelar sarjana (S1) dan Magister (S2) di Deakin University, khususnya jurusan ilmu dan manajemen olahraga, dapat memberikan Anda pengetahuan dan keterampilan seputar ilmu olahraga dan olahraga itu sendiri. 

Jurusan ini memiliki peringkat no.1 di Australia dengan dilengkapi lab dan teknologi terkini. Untuk perkiraan biaya sebesar 34.000 AUD atau Rp. 337 Juta Per Tahun

  • University of Malaya, Malaysia

Universitas Malaya yang berada di kawasan Asia, tepatnya di Malaysia ini menawarkan program kuliah ilmu dan manajemen olahraga dalam dua bidang utama. 

Bidang pertama yaitu untuk mencetak profesional di bidang manajemen olahraga dan untuk mengajar di perguruan tinggi terkait jurusan yang sama. Untuk durasi kuliah selama 4 tahun, dan perkiraan biaya kuliah sebesar MYR 14.029 atau Rp. 48 juta Per Tahun.

Baca juga: Beasiswa Musim Panas 2021, Untuk Indonesia

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Olahraga

Pada umumnya, karier atau pekerjaan yang ditujukan untuk ilmu dan manajemen olahraga memiliki cakupan hanya di bidang terkait, dengan tawaran gaji yang tinggi. 

  1. Sport therapist

  2. Sport coach

  3. Personal trainer

  4. Exercise physiologist

  5. Fitness center manager

Mediamaz Scholar

Layanan Mediamaz Scholar

Itulah informasi mengenai jurusan Ilmu Olahraga, adakah kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi di jurusan tersebut? Dan kuliah di luar negeri? Untuk masalah pengurusan dokumen, kamu bisa serahkan semuanya kepada kami! Kami juga menyediakan layanan konsultasi untuk persiapan studi di luar negeri secara gratis loh. Untuk informasi selengkapnya, hubungi kami di sini dan follow Instagram Mediamaz Scholar ya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top