Solusi Lengkap Beasiswa Luar Negeri – Mediamaz Scholar

logo - mediamaz scholar

Mediamaz Scholar

Member Of Mediamaz Group

Kamu berencana untuk melanjutkan study? Apakah kamu senang explore alam? Meddy bakal kasih rekomendasi jurusan pecinta alam. Akhir-akhir ini kita sering banget menemukan berbagai berita bencana alam. Mulai dari banjir, kabut asap dari kebakaran hutan, longsor, dan lainnya. Memang ada beberapa bencana yang di luar kendali manusia, tapi kita sebagai manusia bisa loh menjadikan bumi ini lebih baik dengan mempelajari plus melakukan berbagai tindakan preventif dan tindakan-tindakan yang tepat dalam mengatasi bencana. Artikel ini akan membahas mengenai 5 mata kuliah yang dapat membantu selamatkan bumi!

Artikel terkait : Jurusan Yang Memiliki Hubungan Erat Dengan Bahasa Inggris

jurusan pecinta lingkungan

Berikut ini rekomendasi 5 mata kuliah yang bisa membantu selamatkan dunia. Yuk, disimak!

1. Mata Kuliah Perencanaan Wilayah dan Kota atau Planologi

Jurusan kuliah yang pertama, Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) dikenal juga dengan mana jurusan teknik planologi. Bidang ini mempelajari kota dan wilayah dengan mempertimbangkan berbagai aspek termasuk aspek sosial, ekonomi, dan politik. Program studi ini juga akan mempelajari dasar – dasar perencanaan, morfologi kota, perpetaan, struktur tanah, transportasi, serta desain. Mulai dari bidang konstruksi dan bangunan, pemetaan, arsitektur, hingga perencanaan kota dan juga wilayah.

Contoh Pekerjaan Menarik untuk Lulusan Jurusan Planologi
  1. Arsitek.
  2. Konsultan arsitek.
  3. Ahli peta geografi.
  4. Ahli perencanaan wilayah dan kota.
  5. Konsultan bangunan dan proyek.
  6. Manajer atau surveyor pembangunan.
2. Jurusan Teknik Lingkungan

Jurusan kuliah yang kedua adalah teknik lingkungan, merupakan bidang ilmu yang mempelajari berbagai permasalahan lingkungan dan solusinya seperti konservasi sumber daya air, pengelolaan lingkungan, pengendalian pencemaran akibat limbah dan lainnya. Dulu teknik lingkungan bernama teknik penyehatan, ilmu yang dipelajari pun berkaitan erat dengan kesehatan. Dengan semakin populernya praktik Go Green, peluang kerja para lulusan teknik lingkungan pun semakin baik.

Deretan peluang kerja untuk Jurusan Teknik Lingkungan
  1. Ilmuwan lingkungan hidup (environmental scientist).
  2. Manajer/ Pengelola lingkungan (environmental manager).
  3. Environmental engineer.
  4. Zoologist.
  5. Hydrologist.
3. Mata Kuliah Manajemen Bencana

Jurusan manajemen bencana merupakan sebuah jurusan kuliah yang mempelajari rumusan dan penerapan kebijakan tata kelola kebencanaan dan kaitannya dengan perkembangan lingkungan strategis, serta mampu berperan sebagai analisis, akademis, dan praktisi pertahanan untuk kepentingan kesejahteraan rakyat.

Artikel terkait : Jurusan Sepi Peminat Namun Peluang Kerja Luas

Program studi yang satu ini merupakan salah satu jurusan kuliah yang sepi peminat tapi memiliki peluang kerja yang menjanjikan. Lulusan dari jurusan manajemen bencana ini biasanya memiliki pemahaman menyeluruh tentang keselamatan, yang bisa menjadi ketrampilan menyelamatkan nyawa dalam banyak situasi. Selanjutnya, para mahasiswa ini belajar bagaimana mengatur kelompok besar orang, bahkan dalam situasi yang paling sulit sekalipun.

Prospek Kerja Lulusan Manajemen Benca Alam
  • Pengamanan negara (TNI, POLRI, TARUNA).
  • Analisis tata kelola kebencanaan.
  • Konsultan kebencanaan.
  • Peneliti tentang kebencanaan.
  • Lembaga swadaya masyarakat bidang kebencanaan.
  • Ahli kebencanaan pada instansi kebencanaan (Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan lain-lain).
  • Ahli kebencanaan di instansi terkait (instansi kesehatan, sosial, pendidikan, dan lain-lain).
4. Jurusan Oseanografi

Jurusan kuliah selanjutnya, oseanografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena fisis dan dinamis air laut yang dapat diaplikasikan ke bidang – bidang lainnya seperti rekayasa, lingkungan, perikanan, bencana laut dan mitigasi (pengelolaan dan pencegahan). Walau demikian, prospek kerja untuk lulusan jurusan ini sangat luas. Betapa tidak, fakta menunjukkan bahwa lebih dari 62% kepulauan Indonesia terdiri dari lautan, dan hampir 70% bagian dari dunia juga lautan.

Prospek kerja lulusan Oceanografi
  • Marine environmental scientist.
  • Teknik kelautan.
  • Marine seismic navigator atau offshore navigator.
  • Peneliti atmosfer dan luar angkasa.
  • Oceanographer.
  • Spesialis konservasi alam.
  • Hydrographic surveyor.
5. Jurusan Kehutanan

Mata kuliah yang terakhir adalah kehutanan, merupakan ilmu yang secara komprehensif mempelajari fungsi dan penggunaan dari ekosistem hutan seperti keanekaragaman hayati, konservasi lingkungan, teknologi kehutanan, hukum penebangan hutan, dan lain sebagainya. Ilmu kehutanan juga termasuk tentang pelestarian hutan melalui rehabilitasi dan perlindungan hutan yang erat kaitannya dengan berbagai permasalahan lingkungan.

Prospek kerja lulusan jurusan kuliah kehutanan yaitu:
  • Pegawa Negeri Sipil (PNS).
  • Pengrajin mebel.
  • Dosen.
  • Peneliti bioteknologi.
  • Teknisi konservasi lingkungan.
  • Ekonom.
  • Wirausaha.
  • Chocolatier

Demikian, informasi mengenai 5 jurusan kuliah yang dapat membantu selamatkan dunia! Sebagai partner dalam mewujudkan cita – cita, Meddy siap banget membantu kamu dalam mencari solusi pengurusan dokumen – dokumen untuk kuliahmu lho! Apalagi kalau kamu memilih untuk kuliah di luar negeri, jangan khawatir! Kamu bisa konsultasi dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Kami juga memiliki layanan lainnya, seperti kelas bahasa asing, TOEFL/IELTS Preparation Test, dan lain sebagainya. Lebih lanjut, hubungi kami disini. Setelah membaca artikel diatas semoga sobat Meddy menjadi semakin termotivasi untuk melanjutkan pendidikan menggunakan beasiswa ya.

Artikel terkait : Jurusan Kuliah Yang Bisa Buat Kamu Bekerja di Perusahaan Migas 

Buat kamu yang ingin mendaftar beasiswa luar negeri, tenang saja kalau kamu masih bingung untuk urus persiapan semua dokumennya, kamu bisa hubungi konsultan Meddy untuk bantu kamu urus dokumen untuk keperluan kuliah di Malaysia. Nggak hanya itu, ada juga pelayanan terbaik lainnya dengan jaminan harga termurah se-Indonesia seperti Jasa Penerjemah TersumpahJasa TranslatorJasa Proofreading. Yuk, langsung hubungi kami by WhatsApp atau DM Ke Instagram @Mediamazscholar. Thanks ya Sob!

Mediamaz Translation Service telah berdiri sejak tahun 1998 di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara dan sudah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah.

Kualitas merupakan prioritas utama Kami dalam memberikan pelayanan jasa yang perusahaan Kami tawarkan. Sesuai dengan Sertifikasi ISO 9000 : 2015 yang merupakan dasar kontrol kualitas yang digunakan oleh perusahaan kami, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas layanan yang Kami berikan.

Tim penerjemah kami tergabung dari beberapa organisasi besar, yakni Penerjemah Tersumpah, Penerjemah HPI, dan Penerjemah Freelance.

Profesional & Berpengalaman

Tim interpreter kami terdiri dari tim ahli bahasa yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam proyek terkait bahasa.

Akurat

Hasil terjemahan oleh tim interpreter kami dijamin 100% akurat dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Konsultasi Kapanpun

Sebelum melakukan pemesanan jadwal, Kamu bisa berkonsultasi dengan tim interpreter kami perihal kebutuhan acara. Karena tim kami akan selalu siap melayani Kamu kapanpun dan dimanapun.

Tanpa Biaya Tambahan

Kamu tidak perlu pusing lagi soal biaya, karena Kamu hanya perlu membayar jasa kami dan tidak perlu membayar biaya tambahan.

Menjadi Translator:

Hire Translator: 

  • Outsourcing Translator & Interpreter
  • Headhunter Translator & Interpreter
  • Freelance Translator & Interpreter

Temukan 500+ Pekerjaan & Proyek Terjemahan:

  • Job Search Translator & Interpreter
  • Recruitment Translator & Interpreter
  • Consultant Translator & Interpreter
  • Join Our Translator & Interpreter Team
Scroll to Top