Jurusan Teknik Komputer, Teknik Informatika dan SI: Ini Perbedaannya!

Jarang Diketahui! Inilah Perbedaan Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika

Ruang lingkup teknologi informasi dan komunikasi menjadi banyak peminat. Maka nggak heran kalau banyak calon mahasiswa baru yang tertarik untuk mengambil jurusan ini. Nggak jarang yang mengira bahwa ketiga jurusan ini sama meskipun namanya berbeda, tapi sebenarnya ada perbedaannya loh guys. Yuk kita bahas lebih dalam mengenai perbedaan jurusan Komputer, Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

Mengenal Jurusan Kuliah Di Dunia Informatika, Sistem Informasi

Sobat Meddy, rasanya kalau kita membahas tentang informatika kita akan langsung merujuk kepada dunia IT atau Teknologi Informasi. IT adalah istilah umum atau istilah yang sering digunakan untuk persoalan teknologi, menyebut segala apapun yang membantu manisa dalam membuat, mengubah, menyimpan dan menyebarkan informasi.

Secara pandangan umumnya, IT terbagi dalam dua kategori, yaitu Hardware dan Software. Mungkin untuk pemahaman umum Hardware dan Software sudah banyak yang tahu.  Jadi, Bidang IT sendiri menawarkan peluang yang cukup besar dalam urusan pekerjaan mengingat penggunaan produk berbau IT sudah menjadi kebutuhan mendasar di masyarakat jaman sekarang.

Baca juga: Tips Menghadapi Masalah Umum Kuliah di Luar Negeri 

1. Jurusan Teknik Informatika (Programming)

Di Jurusan Teknik Informatika, kamu akan mempelajari ilmu dan teknik yang membahas mengenai pengolahan data. Selain itu, mengenai masalah transformasi dengan memanfaatkan teknologi komputer melalui proses logika. Jadi, selama kamu kuliah kamu akan dihidangkan mata kuliah yang lebih banyak berkutat pada pemrograman (Programming), teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak (software). Perlu kamu tahu, di beberapa universitas, jurusan Teknik Informatika disebut dengan Ilmu Komputer.

Jadi, sebelum kamu memilih dan masuk jurusan ini, kamu harus memantapkan diri dulu guys. Apakah tujuan kamu benar – benar ingin menjadi spesialis atau praktisi IT sekaligus Software Engineer, Network Engineer, Network Engineer, Database Engineer, dan Games Engineer?

Karena tentu kamu akan menghadapi yang namanya Matematika (Aljabar, Kalkulus, Statistik, Diskrit dsb), Algoritma dan tentu saja Koding. Faktanya, banyak sekali mahasiswa yang akhirnya terjebak dan kesulitan untuk lulus. Tapi, jika kamu menekunkan jurusan ini kamu pasti akan menjalaninya dengan senang kok!

sistem-informasi
By Pixabay

2. Computer Engineering

Jurusan ini merupakan disiplin ilmu yang mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi mulai dari mendesain, membangun, mengimplementasikan, dan memelihara perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Bareng Meddy, yuk pelajari apa saja fakta menarik Computer Engineering atau Teknik Komputer

  • Merancang ‘Otak’ Komputer

Di sini yang akan di pelajari adalah bagaimana merancang dan membangun “otak” dari komputer atau alat elektronik lainnya yang akan mengontrol jalannya sistem. Bentuk dari “otak” komputer tersebut adalah processor atau chip yang terdapat dalam motherboard.

  • Belajar Desain Hardware

Tidak hanya itu, para mahasiswa dan mahasiswi yang memilih kuliah teknik komputer, akan mempelajari juga tentang desain perangkat keras serta perangkat lunak pada system digital. Memilih kuliah teknik komputer, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan untuk masa depan kamu loh. 

  • Peluang Prospek Kerja

Lulusan dari jurusan teknik komputer luar negeri banyak yang bekerja di berbagai negara dengan tawaran gaji yang tinggi. Waktu kerja seorang profesional di bidang teknik komputer itu sendiri bahkan fleksibel, karena mereka bisa membawa pekerjaan ke rumah. Dan yang paling penting, Anda yang suka dengan komputer sangat cocok untuk kuliah teknik komputer di luar negeri dan bekerja di bidang yang sama nantinya.

Baca juga: Istilah Pendidikan di Luar Negeri yang Wajib Kamu Tahu

3. Sistem Informasi (Komputer & Manajemen)

Jurusan Sistem Informasi merupakan bidang yang menggabungkan Ilmu Komputer dengan Bisnis dan Manajemen. Dari sini kita tahu bahwa setiap rumpun ilmu yang dipelajari saling berkaitan dan memenuhi keterikatan satu sama lain. Termasuk, soal Ilmu Komputer, Bisnis dan Manajemen, dewasa ini kita melihat begitu pesatnya perkembangan di dunia IT.

  • Mendesain Sistem yang Tepat

Pada program studi Sistem Informasi (SI) akan dipelajari tentang bagaimana mendesain sistem yang tepat. Berdasarkan tujuan organisasi atau perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan proses bisnis.

  • Sistem Informasi : Manajemen Informasi

Program studi Sistem Informasi juga dikenal dengan nama Manajemen Informatika (MI). Keduanya sama-sama mempelajari ilmu IT sebagai jembatan dalam dunia bisnis.

  • Mempelajari Kebutuhan User

Sederhananya, mahasiswa SI dan MI dididik untuk memahami dan memenuhi keinginan dan kebutuhan klien atau user akan sistem IT untuk kepentingan bisnis atau organisasi.

  • Dibekali Ilmu Bisnis

Mahasiswa di jurusan ini diarahkan agar dapat mengembangkan, memanfaatkan, dan mengelola software dan hardware yang ada dalam dunia bisnis maupun perseorangan. Pada prodi ini mahasiswa nggak cuma dibekali dengan ilmu pemrograman tapi juga manajemen dan bisnis.

Mediamaz Scholar

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, informasi mengenai jurusan Informatika, Teknik Komputer dan SI. Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di jurusan ini dan memilih untuk kuliah di luar negeri, kami adalah solusi terbaik. Kami memiliki berbagai layanan yang bisa kamu manfaatkan, seperti konsultasi persiapan kuliah di luar negeri, terjemahan dokumen, kelas bahasa dan lain sebagainya. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami di sini, atau follow langsung Instagram Mediamaz Scholar ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top