jurusan-teknik-sipil

Jangan Bingung! Ini 5 Prospek Kerja Untuk Jurusan Teknik Material

Jurusan teknik mencakup semua hal yang berhubungan dengan perkembangan, penyediaan, pemeliharaan infrastruktur, produk, dan layanan yang dibutuhkan masyarakat. Mungkin jurusan ini, jarang sekali terdengar di telinga masyarakat luas. Oleh karena itu, kali ini Meddy ingin membahas lebih dalam mengenai jurusan teknik material di artikel berikut. Yuk, disimak!

Serba Serbi Jurusan Teknik Material ( Material Science)

Berikut ini berbagai informasi mengenai jurusan teknik material mulai dari alasan kuliah di jurusan teknik material hingga prospek kerja.

A. Jurusan Teknik Material (Material Science)

Jurusan Teknik Material adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang serba – serbi sebuah materi mulai dari struktur, sifat, karakteristik, hingga interaksinya. Pada dasarnya, Jurusan ini dapat didefinisikan menjadi 2 fokusan bidang, yakni Teknik Metalurgi dan Teknik Material. Para mahasiswa Teknik Material nantinya akan belajar mengkaji mengenai sifat-sifat fisik dan kimia dari sebuah material serta aplikasinya dalam berbagai sektor kehidupan.

Adapun, perkembangan studi bidang material dan metalurgi ini secara langsung akan mempengaruhi perkembangan disiplin ilmu yang lain serta teknologinya. Mahasiswa Teknik Material mengkaji mengenai sifat – sifat fisik dan kimia dari sebuah material serta aplikasinya dalam berbagai sektor kehidupan.

Kemudian, lulusan dari jurusan teknik material nantinya diharapkan untuk menjadi seorang ahli Material Sciences yang mampu membuat dan merekayasa material sehingga dihasilkan material yang unggul dan berdaya guna tinggi.

Beberapa mata kuliah di jurusan teknik material antara lain gambar teknik, statika struktur, analisis teknik dasar, kimia fisik, kimia polimer, mekanika material, material logam, material keramik, material polimer, transformasi fasa, dan masih banyak lagi.

B. Alasan Kuliah di Material Science

Jurusan Teknik Material memiliki cakupan yang sangat luas dan bersinggungan dengan banyak bidang lainnya. Material Sciences juga dapat terkait dengan ilmu Komputer di mana sebuah program komputer digunakan untuk melakukan komputasi material untuk melihat struktur molekul material menggunakan komputer. Prospek kerja untuk jurusan ini, juga terbilang luas. Tidak hanya dapat berkarir di industri logam dan baja, lulusan dari jurusan ini dapat bekerja di berbagai bidang industri seperti migas, manufaktur, dan lain sebagainya.

C. Universitas dengan Jurusan Teknik Material Terbaik di Dunia

Berikut 5 universitas dengan jurusan Material Science terbaik di dunia rekomendasi buat sobat Meddy, yuk cek!

  1. Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat
  2. Stanford University, Amerika Serikat
  3. Nanyang Technological University (NTU), Singapura
  4. University of Cambridge, Inggris
  5. University of California, Amerika Serikat

D. Prospek Kerja

Jika sobat memilih untuk melanjutkan studi dengan jurusan Material Sciences, berikut informasi tentang prospek kerja dari lulusan jurusan teknik material:

1. Welding Engineer

Para lulusan jurusan teknik mesin memiliki prospek kerja menjadi welding engineer. Menjadi profesional dalam bidang Welding Engineer adalah kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan minyak dan tambang, seperti schlumberger, skk migas, chevron, pertamina, timur mega steel, dan semacamnya.

2. Computational Modelling

Prospek kerja bagi jurusan teknik material selanjutnya yaitu computational modelling. Berwirausaha dengan memanfaatkan teknologi digital untuk memberikan solusi bagi permasalahan yang sedang dihadapi oleh Indonesia bahkan dunia.

3. Manufacturing Engineering

Pekerjaan ini adalah seorang yang ahli mengubah bahan baku menjadi produk yang diperbaharui atau produk baru dengan cara yang paling efektif, efisien dan ekonomis untuk diperjual belikan di pasar global.

4. Analis NDT

Seorang ahli dan analis NDT (Non Destructive Testing, metode pengujian dan pengamatan tanpa merusak) adalah seorang profesional teknologi yang mampu menganalisa berapa besar kekuatan suatu bahan jika diberi beban besar dan dia mampu memprediksi lifetime bahan tersebut. 

5. Material Engineer

Prospek kerja bagi lulusan teknik material selanjutnya yaitu material engineer. Di dalam material science dan metalurgi diajarkan cara bagaimana mengetahui dan membuat material yang baik. Hal tersebut baik digunakan untuk barang jadi maupun yang akan diolah.

Baca juga: Jurusan Komputer: Informasi Universitas Terbaik dan Peluang Kerja

 

Mediamaz Scholar

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, informasi mengenai jurusan Teknik Material yang bisa menjadi pilihan kamu untuk melanjutkan studi! Kamu tertarik untuk kuliah di luar negeri, terutama di salah satu universitas di atas? Banyak loh beasiswa yang tersedia untuk mahasiswa Indonesia. Yuk persiapkan segala dokumen pendaftarannya. Kalau kamu masih bingung, kamu bisa konsultasi dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Kami juga memiliki layanan lain yang tentu bermanfaat buat kamu, seperti kelas bahasa asing, TOEFL/IELTS Preparation Test. Lebih lanjut, hubungi kami disini. Semoga setelah membaca informasi diatas sobat Meddy menjadi semakin termotivasi untuk kuliah di luar negeri menggunakan beasiswa ya.

Selain informasi di atas, Meddy juga menyediakan berbagai artikel menarik lainnya seputar informasi kampus dan negara. Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini, follow juga instagram Mediamaz Scholar ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top