SNMPN-2022

Lolos SNMPN 2022? Ikuti 3 Langkah Sukses Menuju Tahap Final!

Untuk sobat Meddy yang lolos Seleksi Nasional Politeknik Negeri, jangan lewatkan langkah penting Ini. Sebelumnya, Meddy ucapkan selamat buat kamu yang sudah lolos SNMPN politeknik 2022! Wah, pasti rasannya menyenangkan ya? akhirnya Sobat Meddy dapat meneruskan pendidikannya di Politeknik Negeri yang kamu harapkan dan dicita-citakan selama ini. Terlebih Sobat Meddy diterima atas dasar prestasi akademiknya. Sekali lagi, selamat!

Sobat Meddy, pada tanggal 29 Maret 2022 yang lalu tentu ramai pemberitaan tentang hasil SNMPTN yang menuai ragam reaksi dan ekskpresi bagi para pendaftarnya. Sekarang, pada 6 April 2022 giliran Sobat Meddy sebagai pendaftar SNMPN Tahun 2022 yang bereaksi atas hasil SNPMN ini.

Serba Serbi SNMPN Politeknik

Berikut ini berbagai informasi mengenai snmpn politeknik untuk sobat Meddy. Yuk, disimak!

A. Apa itu sebenarnya SNMPN politeknik?

Sebagai informasi, SNMPN atau Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri merupakan salah satu jalur nasional untuk melanjutkan pendidikan setelah masa studi di SLTA/Sederajat selesai. SNMPN politeknik ini adalah seleksi yang melalui “jalur undangan” atau bisa dikategorikan sebagai seleksi secara khusus yang ditujukan bagi peserta atau siswa kelas 12 yang akan meneruskan pendidikan berikutnya di Perguruan Tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Sitem seleksi SNMPN ini tentu dilakukan secara serentak atau bersamaan, sebagai prioritas, sistem ini adalah sistem yang melewati seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di SLTA/Sederajat. Kalau Sobat Meddy tahu, pola seleksi SNPMN ini mirip dengan PMDK atau Penelusuran Minat dan kemampuan.

B. Sempat mengalami perubahan istilah, apa sebutan sebelumnya?

Sementara itu sebelum tahun 2020, istilah yang digunakan di ranah Politeknik Negeri lebih di kenal dengan Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK- PN). Berdasarkan UU No. 12 Tahun 2012, PP No. 66 dan PP No. 34 Tahun 2010, seleksi ini dilakukan secara serentak dan disediakan oleh seluruh Politeknik Negeri se-Indonesia (sebanyak 38 Politeknik Negeri) secara online. Walaupun terdapat perubahan istilah pengunaan nama untujk jalur ini, tetapi skema maupun mekanisme dan sistem seleksi SNMPN ini tetap sama dari dulu.

Dilansir dari laman resmi SNPMN 2022, dikatakan bahwa jumlah politeknik dan peserta jalur smpn ini terus meningkat. Bahwa di tahun 2022 terdapat 44 politeknik se-Indonesia. yang mengikuti seleksi jalur SNPMN ini. Sobat meddy, pada jalur ini hanya diselenghgarakan proses seleksi untuk jenjang pendidikan Diploma 3 (D3), sedangkan proses seleksi jenjang pendidikan Sarjana Terapan atau setara dengan s-1 melalui SNMPTN yang diselenggarakan oleh LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi.

C. SNPMN politeknik ini Gratis!

Sobat Meddy, pendaftaran melalui jalur SNPMN ini tidak dikenakan biaya apapun, tentu semua biaya sudah dibebankan atau ditanggung oleh anggaran pemerintah. Jalur SNMPN ini juga diskemakan secara adil merata, artinya calon peserta/siswa yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi cukup rendah tetapi mempunyai prestasi akademik yang baik yang terdaftar sebagai peserta bidikmisi.

Sebelum Sobat meddy ke langkah penting selanjutnya, sobat meddy harus memastikan, bahwa kamu benar-benar lolos di tahap ini. Caranya:

  1. Pengumuman SNMPN Tahun 2022 ini dapat kamu akses melalui laman utama SNMPN, atau klik link ini: snmpn.politeknik.or.id
  2. Setelah itu, Masukkan 14 digit nomor pendaftaran atau 10 digit NISN kamu yang telah teraftar atau tervalidasi.
  3. Jangan lupa untuk mencentang kolom kode captcha, sebagai tanda kalau Sobat Meddy bukan Robot.
  4. Selanjutnya, klik “Cek Status” dan akan muncul informasi terkait kelolosan kamu sebagai pendaftar SNPMN Tahun 2022.

D. Simak, Ini langkah penting berikutnya!

Sobat meddy, bagi kamu yang sudah dinyatakan lolos SNMPN 2022 maka ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk dapat mempermudah urusan kamu saat menjalankan pendidikan di Politeknik Tujuan. Simak langkah berikut.

1. Melakukan Daftar Ulang SNMPN Politeknik

Daftar ulang merupakan hal penting yang harus kamu lakukan. Hal ini menandakan bahwa dengan melakukan pendaftaran ulang kamu siap dikatakan sebagai calon mahasiswa baru di politeknik tersebut. Lakukan daftar ulang ini sesuai dengan jadwal masing-masing politeknik.

2. Memahami Semua Aturan-Aturan di Politeknik Tujuan

Memahami semua aturan –aturan di politeknik yang akan kamu jalani adalah hal dasar yang kamu harus lakukan. Tujuannya adalah untuk kebaikan sobat meddy sendiri dalam menjalani pendidikan disana, memahami aturan ini juga akan membuat kamu lebih siap dan  lebih berhati-hati lagi. secara tidak langsung apabila sopbat meddy sudah paham akan tujuannya, maka ini akan membuat sobat meminimalisir kesalahan atau menghindari sanksi hukuman.

3. Mencari Tahu Lebih dalam Lagi Tentang Politeknik Tujuan

Nah, hal ini tidak kalah penting! Mencari tahu lebih dalam lagi tentang politeknik tujuan terkait lingkungan, budaya/kebiasaan, sistem pembelajaran dan lain sebagaimana supaya kamu lebih mantap dan bersemangat untuk menjalani pendidikan disana. Tidak ada salahnya mencari tahu dan mempelajari dari sekarang, meskipun nanti kamu akan benar-benar menjalaninya.

Demikian informasi yang dapat Meddy sajikan dalam artikel kali ini. Semoga setelah menyimak dan membaca informasi SNPMN Tahun 2022 tersebut, Sobat Meddy dapat termotivasi dan bersemangat untuk melanjutkan mimpi Sobat Meddy. Untuk info lebih lanjut, Sobat Meddy bisa klik tautan ini atau kunjungi laman resmi Politeknik Negeri tujuan kamu.

Baca juga: 5 Influencer Indonesia dengan Konten Inspiratif Saat Kuliah di Luar Negeri

Mediamaz Scholar

Apa yang bisa Meddy Bantu?

Bagi Sobat Meddy yang tertarik untuk bisa lebih mengembangkan kemampuan diri, penguasaan bahasa atau konsultasi khusus tentang pendidikan lanjutan tentu Meddy senantiasa bisa membantu kamu di layanan Mediamaz Scholar. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website resmi kami Mediamaz Scholar. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top