UTBK Influencer-indonesia

Kamu Peserta UTBK 2022? Cek Informasi Prokesnya Disini!

Halo Sobat Meddy, apakah kamu peserta UTBK 2022 yang sedang ingin megikuti tes tersebut demi masuk ke perguruan tinggi negeri impian kamu? Apakah kamu sudah mengetahui bagaimana aturan umum dan protokol kesehatan yang harus kamu patuhi ketika sedang ujian berlangsung. Mungkin kamu bisa persipakan dan perhatikan hal-hal berikut ini untuk lebih mantap menghadapi UTBK SNMPTN ini. Yuk, simak informasi lengkap dan aturan dibawah ini!

Baca Juga: Catat! Berikut 7 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Pengalaman Kerja

Mengulas Sedikit UTBK SNMPTN, Wacana Untuk Mewujudkan Impian

Sobat Meddy, mungkin sebagian dari kita sudah paham apa itu UTBK? Namun, tidak ada salahnya kalau kita sedikit mengulas dan memahami wacana UTBK 2022 agar Sobat Meddy yang baru membaca artikel di Mediamaz scholar maupun Sobat Meddy yang akan mengikuti UTBK tahun depan bisa lebih mempersiapkan diri.

jasa bantuan apply visa pelajar untuk sekolah luar negeri - mediamaz scholar

Nah, UTBK SNMPTN adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer merupakan satu jenis tes masuk ke perguruan tinggi yang diselenggarakan atau dimonitori langsung oleh LTMPT. Dimana LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terukur (terstandar) di Indonesia. Alasan mengapa ujian ini dilaksanakan oleh LTMPT adalah hasil tesnya memiliki keungguluan yang kredibel, terukur, dan nilai diberikan secara individu kepada peserta. Jadi, kalau kamu mau ikut SBMPTN 2022 otomatis kamu harus ikut UTBK 2022 juga. Yang mana UTBK 2022 dapat diikuti oleh beberapa angakatan lulusan, seperti tahun 2020, 2021, dan 2022 dengan catatan umur kamu maksimal 25 tahun per 1 Juli 2022. Tidak hanya itu bahkan kamu yang lulusan Paket C ditahun 2020, 2021, dan 2022 juga bisa ikut ujian. Yang jelas, kamu harus ikut serta ujian yang merupakan syarat utama untuk mengikuti atau daftar SBMPTN, lho. Perihal SBMPTN mungkin sudah tidak asing didengar ya, jadi persipakan diri kamu sekarang.

Wajib Tahu, Ini Isi Surat Edaran Tentang Persiapan UTBK SNMPTN Dan Aturan Protokol Kesehatannya

UTBK-SBMPTN sebenarnya sudah mulai dilaksanakan per-Mei 17 Mei 2022, yang jadi menarik adalah terbitnya Surat Edaran Tentang Persiapan UTBK 2022 yang membahas Prokes atau Protokol Kesehatan yang sebenarnya ini jadi poin penting kamu melaksanakan ujian. Selain kamu juga harus mempersiapkan beberapa dokumen penting. Lebih lanjut, kita akan bahas aturan prokes secara umum yang dilaksanakan di beberapa universitas terkemuka di Indonesia.

1. Kamu Harus Dalam Keadaan Yang Benar-benar Fit

Sobat Meddy, mungkin poin pertama sedikit berlebihan bagi para pembaca. Tapi, hal ini memang benar-benar harus kamu perhatikan adalah kondisi badan kamu yang harus sehat. Contohnya, kamu tidak boleh dalam kondisi terindikasi influenza, fatigue, atau batuk-batuk sekalipun. Mengingat yang mengikuti ujian dalam satu ruangan atau satu universitas mencapai ratusan orang. Ya, meskipun pandemi sudah berubah menjadi endemik, tidak ada salahnya kita harus tetap aware.

Cara Menjaga Kesehatan Menjelang UTBK SNMPTN

Berikut tips sederhana bagi sobat Meddy yang hendak melaksanakan UTBK, perhatikan ya!

  • Usahakan untuk tidur yang cukup. Pastikan kamu tidur minimal 8 jam agar kinerja otak kamu fresh untuk menerima materi.
  • Makan makanan yang sehat. Perhatikan makro nutrisi yang terkandung pada makanan mu. Makro nutri terdiri dari karbohidrat, protein, lemak.
  • Minum lah air setidaknya 8 gelas sehari agar tubuhmu tidak dehidrasi
  • Konsumsilah suplemen yang membantumu untuk menjaga imun. Apalagi dalam kondisi seperti ini ya, sobat Meddy!
  • Jaga lah kebersihan lingkungan dan tubuhmu. Agar terhindari dari virus atau bakteri sumber penyakit.

Baca Juga: 4 Universitas Luar Negeri dengan Ujian Masuk Tersulit

2. Wajib Datang 1 Jam Sebelum Pelaksanaan UTBK SNMPTN

pajak-kanada

Nah, aturan prokes yang kedua berkaitan dengan kedisiplinan dan kesiapan peserta ujian tes 2022 ini. Pasalnya, disejumlah universitas yang memfasilitasi pelaksanaan ujian ini menerapkan aturan yang berbeda. Semisalnya di universitas tertentu ada yang juga mewajibkan pesertanya datang 45 menit, 40 menit, bahkan 30 menit sebelum ujian pelaksanaan dimulai.

3. PHBS Yang Sederhana

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, sedari kecil kita sudah mendengar PHBS atau sudah menerapkannya, namun semenjak pandemi covid-19 ‘Pola Hidup Bersih Dan Sehat’ terus digalakkan sampai sekarang. Yaitu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta memakai masker sesuai prosedur, termasuk berpakaian rapih, dan sopan lho. Jadi, jangan sampai lupa poin ini!

4. Sebelum UTBK Pastikan Sudah Tervaksin Covid-19

Selanjutnya adalah soal “Vaksin Covid-19”. Meddy percaya, nih kalau Sobat Meddy sudah tervaksin Covid-19 dosis 1, 2 maupun 3 atau Booster. Untuk kamu yang belum melakukan vaksinasi, usahakan untuk mengikuti prosedur ini ya! kalian bisa pergi ke fasilitas kesehatan yang telah disediakan.

5. Jangan Lupa Scan QR Aplikasi Peduli Lindungi

Sudah jadi kebiasaan semua orang nih, kalau berpergian kemanapun apalagi ke tempat yang cukup ramai padat pengunjung, kita diwajibkan untuk scan QR aplikasi ini untuk mendeteksi dan mengukur kepadatannya . Tujuannya juga bisa sebagai bukti digital kalau kamu sudah tervaksin covid-19.

6. Jangan Lupa Pastikan Kamu Sudah Makan Dan Minum Sebelum UTBK

Wah, mengapa ini jadi penting ya? Nah, meskipun ini menyangkut hal dasar setiap kebutuhan manusia, namun kali ini kamu pastikan kalau kamu sudah sarapan atau makan juga minum yang cukup. Karena, kamu akan menghadapi soal-soal ujian yang akan cukup menguras-menguji kemampuan dan proses kamu berpikir selama ini lho.

pastikan perut mu sudah dalam keadaan nyaman, agar UTBK SBMPTN 2022 kamu aman!

Nah, itu informasi yang dapat Meddy berikan tentang sedikit Ulasan Mengenai Protokol Kesehatan dalam pelaksanaanSBMPTN 2022, Meddy mendoakan supaya Sobat Meddy yang melaksanakan SBMPTN 2022 di gelombang 1 kemarin di bulan Mei dan Gelombang 2 hari ini mendapatkan hasil yang baik, yang sesuai kemauan Sobat Meddy ya. Semoga Sobat Meddy dapat termotivasi untuk terus melanjutkan pendidikan tinggi. Untuk info lebih lanjut, Sobat Meddy bisa kunjungi laman resmi LTMPT ini, ya. Semangat!

Mediamaz Scholar

Jadi, Apa Yang Bisa Meddy Bantu?

Bagi Sobat Meddy yang tertarik untuk bisa lebih mengembangkan kemampuan diri, penguasaan bahasa atau konsultasi khusus tentang pendidikan lanjutan yang bisa menunjang keberhasilan Sobat Meddy, tentu Meddy senantiasa bisa membantu kamu di layanan Mediamaz Scholar. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website Mediamaz Scholar ya. Terima kasih!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top