mahasiswa

Sebagai Mahasiswa, Ini Kegiatan Internasional yang Dapat Dilakukan Selain Kuliah Formal!

Salah satu momen dalam hidup yang cukup berkesan, bagi kebanyakan orang adalah ketika menjadi seorang mahasiswa. Menjadi mahasiswa berarti hidup sebagai manusia yang bebas dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri tanpa perlu terkekang oleh kepentingan orang lain. Artikel ini akan membahas mengenai kegiatan internasional yang dapat kamu lakukan selain kuliah formal.

Alasan Kenapa Harus Menjadi Mahasiswa Aktif Saat Kuliah

Menjadi mahasiswa adalah salah satu momen yang paling berkesan bagi kebanyakan orang. Jika kamu seorang mahasiswa, ketahuilah kalau kamu memiliki peluang untuk memperkaya pengalaman dan juga wawasan. Hal ini dapat dimulai dengan cara sederhana yaitu dengan menjadi mahasiswa yang aktif. 

Jangan berpikir ketika kamu mengikuti kegiatan di kampus hanya untuk mengisi waktu luang, atau hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu saja. Kamu juga dapat mengembangkan diri, lebih mengenal diri sendiri termasuk kekuatan dan kelemahan. Kemudian, mengembangkan karier profesional yang mana konsep ini tidak lagi terbatas pada pengalaman di tempat kerja atau pelatihan.

Melalui pengalaman berinteraksi dengan orang lain pun dapat membantu kamu dalam mengembangkan karier profesional, loh. Dan, ketika kamu aktif saat kuliah dapat membantu juga memunculkan keunikan dan passion dalam diri, sehingga bisa menjadikan bekal untuk masa depan. Selain 3 alasan di atas, tentu dapat digunakan untuk mempercantik Curriculum Vitae kamu dengan segala pengalaman dan wawasan yang sudah kamu lakukan.

kegiatan-itenasional
By Pixabay

5 Kegiatan Internasional yang Buat Kamu Menjadi Mahasiswa Internasional 

Sobat Meddy, Mahasiswa adalah manusia terpelajar yang mendapat kesempatam untuk mengenyam bangku pendidikan atas lanjutan, pemikirannya kritis, tanggap akan hal sosial juga kegiatannya bervariatif yang sifatnya produktif. Berikut 5 kegiatan internasional yang bisa kamu lakukan saat kuliah:

1. Research Internship

Research Internship merupakan program magang dengan membuat riset penelitian di universitas tujuan. Program magang ini membantu kamu dalam mengasah kemampuan berpikir kritis, analisis, menulis dan kemampuan berkomunikasi. Jadi, kalaun standar yang dikerjakan adalah standar Internasional, pasti kamu juga merasa menjadi Mahasiswa Internasional. 

2. Student Exchange,  The Real Kegiatan Internasional 

Student exchange atau pertukaran pelajar, biasanya diadakan sebagai kerja sama antar universitas di 2 negara yang berbeda. Program ini merupakan program nondegree atau tidak memberikan gelar setelah menyelesaikan masa studi. Jenis dari student exchange ini ada yang self-funded, partially-funded, dan fully-funded.

3. Internship Program

Siapa disini yang ingin merasakan internship anti mainstream? Kamu bisa cobain internship abroad, siapa tahu ini langkah pertama untuk berkarir di luar negeri, bukan? Dengan kamu mengikuti program internship abroad, kamu dapat juga belajar budaya dalam dunia kerja, memperluas koneksi kamu dari berbagai negara.

4. International Conference

International Conference atau Konferensi tingkat Internasional merupakan salah satu kegiatan terbaik yang bisa kamu lakukan dengan bertemu berbagai spesialis dan ahli dari berbagai belahan dunia.

Kamu dapat mempelajari pengetahuan baru dari presentasi dan pemaparan mereka. Pada umumnya International Conference ini memiliki topik – topik spesifik yang akan dibahas dan kamu perlu menyiapkan paper sesuai ketentuan dari penyelenggara..

5. International Competition

Ketika mengikuti kompetisi dalam negeri saja sudah bergengsi, bagaimana kalau kamu ikut International Competition

International Competition memiliki banyak jenis, ada yang kompetisi esai, seni, debat, case study, video making, dan masih banyak lagi. Bahkan, untuk kamu penggemar games atau gamer pun ada kompetisi internasionalnya juga loh! Jadi, nggak usah takut, coba aja kalian join lomba yang dapat menyalurkan hobi kamu.

Baca juga: Tips Mencegah Culture Shock Saat Kuliah di Luar Negeri 

Manfaat Ketika Kamu Mengikuti Kegiatan Internasional saat Kuliah

Ketika kamu mengikuti kegiatan internasional pada saat kuliah, banyak sekali manfaat yang akan kamu peroleh loh guys. Selain, untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif, hal ini juga bisa dijadikan ajang untuk memperluas relasi. Kenapa begitu? karena ketika kamu mengikuti serangkaian kegiatan internasional, kamu tentu akan bertemu dan berkenalan dengan orang – orang dari berbagai negara.

Kemudian, kamu juga dapat melatih kemampuan bahasa Inggris atau bahasa asing mu, loh! Karena pada saat mengikuti kegiatan internasional tersebut, kamu akan lebih sering menggunakan bahasa Inggris sebagai alat untuk berkomunikasi. Karena bahasa Inggris juga, merupakan bahasa internasional yang sudah pasti digunakan di setiap negara.

Baca juga: 5 Negara yang Punya Atura Unik, Wajib Kamu Patuhi!

Dokumen yang Dipersiapkan Sebelum Mengikuti Kegiatan Internasional

Mungkin tidak semua kegiatan internasional membutuhkan dokumen – dokumen sebagai persyaratan pendaftaran. Namun, ketika kamu memilih kegiatan seperti internship abroad atau student exchange, kamu pasti membutuhkan dokumen – dokumen sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri.

Dokumen yang harus kamu persiapkan sebelum mengikuti kegiatan tersebut seperti yang disebutkan di bawah ini. Dan Dokumen – dokumen ini pun, tentu harus kamu terjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau bahasa negara yang dituju. Catat Dokumen penting ini ya!

1). Paspor dan Visa

2). Curriculum Vitae

3). SertifikatBahasa Asing (TOEFL/IELTS)

4), Surat Rekomendasi 

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian informasi tentang kegiatan internasional yang bisa dilakukan saat kuliah di luar negeri. Untuk kamu yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Kalau kamu masih bingung dengan persiapan dokumennya, kamu bisa konsultasikan dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Lebih lanjut, hubungi kami di sini dan follow Instagram Mediamaz Scholar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top