kehidupan di polandia

Terbongkar! 6 Fakta Masyarakat Polandia Yang Jarang Diketahui

Polandia atau dikenal secara resmi dengan nama Republik Polandia adalah sebuah negara yang terletak di Eropa Tengah. Negara ini dibagi menjadi 16 provinsi administratif yang disebut sebagai Voivodeship dalam perwujudan kehidupan di Polandia. Wilayah Polandia membentang dari Laut Baltik di utara hingga Pegunungan Sudetes dan Carpathian di selatan. Negara ini berbatasan dengan negara Lithuania dan Rusia (Kaliningrad Oblast) di timur laut, Belarusia dan Ukraina di timur, Slovakia dan Republik Ceko di selatan, dan Jerman di barat. Lalu, gimana ya kehidupan keseharian dari masyarakat di Polandia beserta aktivitas mahasiswa yang saat ini sedang berkuliah di negara tersebut? Yuk simak lebih jauh artikel yang satu ini mengenai negara Polandia.

Kehidupan Masyarakat di Negara Polandia

Sedikit mengenai sejarah singkat negara Polandia. Sejarah peradaban manusia di tanah Polandia berlangsung selama ribuan tahun lamanya. Sepanjang periode di masa kuno akhir saat ini menjadi sangat beragam, dengan berbagai budaya dan suku yang  menetap di dataran Eropa Tengah yang luas, masyarakat hidup rukun dan damai. Namun, disisi lain, pembahasan politik di negara Polandia, Polandia Baratlah yang mendominasi wilayah yang yang saat ini menjadi dan bernama Polandia. Pembentukan kenegaraan Polandia dapat ditelusuri sejak tahun 966, ketika penguasa pagan dari suatu wilayah di ujung Eropa yang luas mendatangi wilayah Polandia dan menyebarkan keagamaan yang saat ini banyak dipeluk oleh warga negara Polandia yakni agama Kristen dan Katolik.

Kerajaan Polandia didirikan pada tahun 1025 dan pada tahun 1569 memperkuat hubungan politiknya yang lama dengan Lithuania dengan menandatangani Union of Lublin. Persatuan ini membentuk Persemakmuran Polandia-Lithuania, salah satu yang terbesar (lebih dari satu juta kilometer persegi atau 400.000 mil persegi luasnya) dan negara terpadat di Eropa Tengah pada abad ke-16 dan ke-17, dengan sistem politik liberal yang unik dan mengadopsi konstitusi modern pertama di Eropa.

1. Kehidupan masyarakat di Negara Polandia

Mayoritas dari semua orang yang tinggal di Polandia (sekitar 60%) telah menetap di daerah perkotaan, dibandingkan dengan 40% yang menetap di daerah wilayah pedesaan. Ada beberapa kota besar di Polandia, dengan kehidupan di Polandia yang berfokus pada lima kota di antaranya, yang memenuhi syarat sebagai kota besar. Warsawa adalah ibu kota negara dengan memiliki sekitar 1,7 juta penduduk. Sebagian besar penduduknya adalah keturunan Polandia. Faktanya, hanya ada minoritas kecil orang Jerman, Ukraina, Slovakia, Lithuania, dan Belarusia yang bertempat di daerah kota Warsawa, Polandia.

2. Masyarakat yang ramah

Banyak tradisi dan kebiasaan lokal negara muncul dari pengaruh kerajaan Bizantium dan juga sangat dibentuk oleh berbagai penjajah Eropa lainnya. Seperti layaknya orang Indonesia, kehidupan di Polandia yang paling nyentrik adalah keramah-tamahan mereka dalam memperlakukan orang di sekitar. Budaya mereka yang ramah akan membantu sobat Meddy untuk menemukan jalan di pertigaan jika kamu tersesat loh. Sekalipun kamu belum bisa berbahasa Polandia. Mereka akan menuntun kamu dengan baik, mengajari dan memberitahukan segenap apa apa saja yang belum kamu ketahui di Polandia.

Budaya ini sudah mengakar kuat sejak lama di negara Polandia, mungkin pandangan kalian tentang negara Eropa adalah negara yang super jutek dan cuek. Padahal, di negara Eropa salah satunya adalah Polandia, mereka bisa kok ramah ke warga negara asing. Misal kita berkunjung ke sana, faktanya mereka mempunyai keramahan yang membuat tamu-tamunya betah dan tidak ingin pulang ke kampung halamannya.

Sejak kecil, anak anak yang ada di Polandia diajarkan untuk selalu bersikap sopan dan santun, tidak lupa juga untuk selalu memiliki etika. Anak-anak yang berperilaku buruk disebut dengan anak yang “tidak sopan”. Anak laki-laki, khususnya, dibesarkan untuk menjadi pemberani, mandiri, dan tangguh. Selain itu, patriotisme juga terus diajarkan sedari kecil. Ini dilatarbelakangi oleh background pekerja sang ayah yang sudah mendidikan anak-anak mereka memiliki keramah-tamahan. 

3. Budaya Kewanitaan

Secara tradisional, tempat perempuan adalah di rumah atau mengurusi kegiatan-kegiatan domestik. Akan tetapi, sejumlah besar perempuan bekerja dengan menjalankan pertanian mereka sendiri, terutama setelah anak-anak mereka pindah dari desa ke kota. Ataupun ketika para suami mereka sudah meninggal. Ibu bertanggung jawab atas pendidikan anak-anak dan pengembangan patriotisme mereka. Idealnya, ibu adalah seorang yang baik dan mengasuh anak-anaknya dengan cinta. Serta, menjadi penengah antara ayah dan anak-anak. Di banyak keluarga perkotaan, kedua orang tua bekerja di luar rumah dan kakek-nenek memainkan peran penting dalam membesarkan anak-anak.

4. Kedudukan laki-laki dan wanita

Karena sudah sedari dulu diajarkan oleh para orang tua yang ada di Polandia untuk selalu bersikap baik, sopan dan ramah. Pria diharapkan untuk mencium tangan wanita dan berperilaku sopan. Hadiah yang sering kali diterima oleh wanita adalah bunga, terlepas dari apakah seorang wanita tersebut akan menerima cinta dari sang pria atau tidak. Bagi laki-laki, minuman beralkohol adalah hadiah terbaik yang bisa mereka terima. Biasanya, mereka menuangkan minuman beralkohol tadi ke gelas kecil, bukan langsung minum dari botolnya seperti apa yang orang Rusia lakukan.

5. Keagamaan orang-orang Negara Polandia

Sekitar 95 persen penduduk Polandia adalah Katolik Roma dan sekitar 75 persennya selalu menghadiri kebaktian gereja secara teratur. 5 persen lainnya adalah Ortodoks Timur, Protestan dan agama Kristen lainnya. Yudaisme dan Muslim adalah agama yang ada di masyarakat Polandia selain agama Kristen. Baik Kristen Ortodoks maupun Kristen Protestan

Secara praktisi keagamaan. Ada hierarki imam, biarawan, dan biarawati yang sesuai di Gereja Katolik Roma bersama dengan pendeta dari denominasi Kristen lainnya. Pada kesempatan langka, seseorang mungkin masih bertemu dengan penyihir dan peramal (ajaran orang Polandia).

Gereja Katolik memiliki layanan dan praktik keagamaan secara formal. Gereja-gereja yang ada di Polandia mendorong pelestarian budaya kerakyatan, seperti kuil pinggir jalan umum yang dibangun dan dipelihara oleh orang-orang  gereja. Biasanya ada momen dimana mereka akan melakukan ziarah tahunan besar ke kuil seperti Czȩstochova, Kalwaria, Lanckorona, dan Piekarnie śląskie. Secara tradisional pada Pesta Pemurnian, 2 Februari, para imam memberkati grobnica, lilin yang digunakan untuk menangkal petir, penyakit, dan kemalangan umum.

6. Kebudayaan pemakaman di Polandia

Secara tradisional, rumah yang ada seseorang meninggal di dalamnya akan dianggap najis oleh masyarakat sekitar. Rumah mereka akan ditandai dengan kain yang dipaku di pintu. Berwarna hitam jika yang meninggal adalah pria (bisa juga wanita yang sudah menikah). hijau jika pria muda, dan putih jika gadis muda. Kain putih dan bunga dianggap sebagai simbol berkabung. Orang yang sekarat dan sudah di vonis mati akan dipaku dengan kain berwarna merah di rumahnya. 

Peti mati terbuat dari papan tanpa simpul dari pohon cemara. Seseorang yang meninggal akan ditempatkan di papan atau di peti mati di antara dua kursi di ruang utama rumah. Pada pemakaman, orang-orang mengucapkan selamat tinggal. Pihak wanita akan meletakkan tangan mereka di peti mati dan pria akan meletakkan topi mereka di atasnya. Peti mati ditutup dengan pasak kayu. Peti mati dibawa keluar dari rumah. Begitu peti mati berada di kuburan, mereka yang hadir (kecuali anggota keluarga) melemparkan tanah ke dalam kuburan. 

Baca juga: Universitas Jagiellonian, Kampus Top 1 di Polandia dengan Sistem Pengajaran Terbaik!

Mediamaz Scholar

Apa Yang Bisa Meddy Bantu?

Meddy akan selalu senantiasa membantu sobat semuanya untuk mempersiapkan kelengkapan dokumen dengan bantuan penerjemah tersumpah dan memberikan layanan konsultasi beasiswa untuk Sobat yang masih bingung. Tentunya layanan ini hadir di Mediamaz Scholar. Kemudian Sobat Meddy juga bisa menggunakan layanan lainnya seperti mengikuti kursus bahasa, sebagai penunjang untuk mengikuti kegiatan beasiswa di luar negeri. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini, follow juga instagram Mediamaz Scholar ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top