Jurusan- Info Kampus di Negara Qatar

Yuk, Kenali 5 Jurusan Kuliah Favorit serta Universitas di Qatar

Berbagai universitas di negara Qatar menjadi salah satu tempat tujuan para pelajar Indonesia. Berdasarkan Kementerian Pendidikan dan Pengajaran Tinggi Qatar, terdapat kurang lebih 2000 pelajar dan mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di Qatar. Jika Sobat Meddy tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Qatar, yuk simak beberapa informasi mengenai jurusan favorit serta universitas di Qatar.

Kenapa memilih Universitas di Qatar?

Memiliki pengalaman belajar di luar negeri merupakan impian bagian banyak orang. Dengan banyaknya jenis beasiswa yang ada saat ini, memudahkan bagi masyarakat Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Hal ini juga disertai dengan minat masyarakat Indonesia untuk belajar ke luar negeri yang semakin tinggi. Sebelum langsung terjun ke memilih jurusan kuliah di Qatar, ada baiknya Sobat Meddy memiliki alasan yang kuat untuk memilih universitas di Qatar sebagai tempat belajar. Seperti yang kita semua tahu perekonomian utama Qatar berasal dari ekspor minyak dan gas alam. Hal ini menyebabkan Qatar menjadi salah satu negara terkaya di dunia.

Qatar juga terkenal sebagai negara modern yang menawarkan berbagai keuntungan. Seperti fasilitas yang sangat baik, infrastruktur yang modern, serta adanya campuran budaya. Negara ini juga menawarkan tempat yang bagus serta aman untuk melanjutkan pendidikan, bekerja, bahkan tempat tinggal. Berdasarkan data dari Times Higher Education World University Rankings, Qatar memiliki Qatar University yang masuk ke dalam universitas-universitas terbaik di dunia.

Baca juga: Deretan Negara di Timur Tengah (Middle East), Kehidupannya Terjamin Aman?

1. Jurusan Hukum Qatar University

Dalam usaha mengejar pembangunan Qatar, pemerintah Qatar di tahun 1993 mengeluarkan Keputusan no.4. Dengan tujuan mendirikan departemen pendidikan hukum. Tadinya program hukum merupakan bagian dari College of Sharia and Islamic Studies, namun di tahun 2006 pemerintah Qatar mendirikan College of Law secara otonom. Saat ini terdapat kurang lebih 800 siswa, 50 tenaga pendidik, serta tim staf administrasi yang bersedia membantu. Berbagai program telah diperkenalkan kepada para siswa, antara lain Energy dan Sustainability Law, program penulisan hukum untuk memajukan penelitian para siswa, serta program magang agar para siswa memiliki pekerjaan bahkan sebelum lulus.

Akreditasi Jurusan

Program hukum di QU telah menerima akreditasi akademik internasional dari British Accreditation Council for Independent Further and Higher Education atau yang disingkat BAC. Jurusan hukum di Qatar University telah mendapatkan akreditasi internasional dari Dewan Tinggi untuk Evaluasi Penelitian dan Pendidikan Tinggi yang berlokasi di Prancis. Jurusan ini terbuka bagi laki-laki dan perempuan. Program hukum di QU memiliki visi untuk menjadi perguruan tinggi hokum yang utama dalam hal kualitas program akademik, alumninya, prestasi fakultas, serta layanan kepada masyarakat lokal dan internasional.

Para siswa yang memilih program ini akan belajar mengenai dasar-dasar serta perkembangan hukum Qatar dan internasional. Setelah lulus, nantinya para siswa yang lulus dari jurusan hukum diharapkan dapat berkomunikasi secara efektif dalam bentuk tulisan melalui penyusunan berbagai dokumen hokum, seperti penyusunan kontrak, memorandum pengadilan, maupun undang-undang.

2. Jurusan International Tourism Management ARIU

Pariwisata akan selalu menjadi salah satu penggerak penting dalam perekonomian suatu negara. Meskipun pemasukan utama Qatar berasal dari ekspor minyak dan gas bumi, pemerintah Qatar tetap mendorong pariwisata negaranya untuk menjadi semakin dikenal dengan cara mendirikan organisasi yang bernama Qatar Tourism Authority (QTA). Tugas dari QTA yaitu menggalakkan pembangunan di sector wisata, seperti hotel, transportasi, bahkan melakukan promosi pariwisata melalui konferensi internasional di Doha.

Bagi Sobat Meddy yang tertarik untuk belajar maupun bekerja di bidang pariwisata, jurusan yang satu ini cocok untuk kamu. Program International Tourism Management memungkinkan para siswanya untuk menjadi seorang manajer pariwisata. Selama belajar jurusan ini, sahabat Meddy akan diajarkan keterampilan manajemen yang diperlukan untuk keberhasilan di sektor pariwisata. Umumnya, mereka juga dibekali dengan pengetahuan mengenai manajemen bisnis serta wirausaha sehingga lulusan dari tempat ini dapat menjadi seorang yang berpikir modern, kreatif, mudah beradaptasi, serta mampu memimpin perubahan.

Universitas Penyedia Jurusan Pariwisata

Jurusan ini dapat Sobat Meddy temukan di Al Rayyan International University College. Atau yang biasa disingkat ARIU. ARIU merupakan salah satu universitas swasta di Qatar. AIRU terletak di Doha, ibu kota Qatar. Selama lebih dari dua puluh tahun, ARIU memiliki spesialisasi di bidang pariwisata, perhotelan, serta bisnis internasional. Di tahun 2020, Al Rayyan International University College menjalin kemitraan dengan University of Derby di Inggris. Melalui hubungan kemitraan ini, ARIU menawarkan gelar sarjana dan pasca sarjana terakreditasi di Inggris untuk program manajemen hotel internasional, manajemen bisnis internasional, serta manajemen pariwisata international. Meskipun masih terbilang muda, AIRU telah berhasil meluluskan lebih dari 230 siswa. Dimana para siswanya ini telah memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan ekonomi Qatar.

Baca juga: Perjalanan Studi Busainatul Munawaroh dalam Meraih Pendidikan S1 di Universitas Al Azhar Kairo, Mesir

3. Jurusan Pendidikan Jasmani Qatar University (QU)

Sebagai universitas favorit di Qatar, QU memiliki banyak jurusan. Salah satunya pendidikan jasmani. Pendidikan jasmani di QU dirancang untuk mempersiapkan guru serta praktisi pendidikan jasmani yang kompeten, terampil, serta berkomitmen dalam mengembangkan pendidikan jasmani di sekolah. Dalam kasus ini program pendidikan jasmani di QU dapat dipelajari oleh laki-laki dan perempuan. Hal yang satu ini secara aktif membantu kebutuhan masyarakat Qatar dengan cara memberikan pendidikan jasmani yang efektif kepada anak-anak serta remaja di Qatar. Program pendidikan jasmani di Qatar University adalah pendidikan selama 4 tahun yang terdiri dari 120 jam dan 8 semester.

Selain dibuat untuk mempersiapkan guru sebagai pekerja yang kompeten, program pendidikan jasmani di Universitas Qatar juga program untuk mempersiapkan para praktisi. Yang nantinya akan berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat baik mereka yang sehat maupun yang berkebutuhan khusus. Program pendidikan jasmani berkontribusi dalam penelitian pendidikan yang sedang berlangsung di Qatar. Tidak hanya itu saja, program ini juga berkontribusi dalam visi Qatar 2030. Visi dari program pendidikan jasmani di QU yaitu untuk menjadi yang utama dalam pendidikan jasmani di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Pendidikan Jasmani

Program pendidikan jasmani ini dapat sahabat Meddy temukan di Qatar University atau QU. Qatar University didirikan pada tahun 1977, saat ini QU bahkan menjadi salah satu universitas favorit di Qatar. Tidak hanya di Qatar, QU juga berhasil menjadi universitas yang diakui secara internasional dan memiliki berbagai ikatan dengan berbagai Lembaga tinggi pendidikan lainnya. Qatar University terletak 26 km dari Doha. Kampus yang satu ini menyediakan ruang terpisah bagi laki-laki dan perempuan untuk mengejar prestasi akademi sambil memberikan suasana damai saat belajar. Buat sahabat Meddy yang tertarik belajar di kampus ini tenang saja karena Qatar University juga memberikan berbagai macam beasiswa kepada sekitar 400 penerima.

4. Jurusan Politik Internasional Georgetown University Qatar

Politik internasional merupakan sebuah jurusan yang mempelajari bagaimana hubungan antar actor dalam system internasional. Jika sahabat Meddy tertarik dengan jurusan politik internasional, nantinya sahabat Meddy juga akan mempelajari teori politik, hubungan internasional, serta politik komparatif. Jurusan politik internasional di kampus ini juga mengajarkan kepada para siswanya untuk memahami tentang agama, diplomasi, keamanan, media, serta gender. Sahabat Meddy juga dapat mengikuti kelas khusus dimana nantinya akan dijelaskan bagaimana berbagai negara membahas mengenai kerjasama serta persaingan.

Para siswa yang memilih politik internasional akan mendapat banyak tugas terutama dalam hal penulisan. Para siswa juga diharapkan dapat melakukan research serta menganalisis tentang berbagai masalah dalam bentuk tulisan. Saat lulus, para siswa diharapkan dapat melakukan research dan analisis, mampu menulis penelitian sesuai dengan struktur yang benar, serta mampu memberikan argument yang relevan dalam suatu masalah.

Universitas

Georgetown University Qatar atau yang disingkat GU-Q berlokasi di education city, Doha. Universitas ini menawarkan program sarjana selama empat tahun. GU-Q didirikan pada tahun 1789, dan telah mendapatkan akreditasi dari Middle States Commission on Higher Education. Yaitu sebuah lembaga akreditasi yang diakui oleh sekretariat pendidikan AS dan dewan akreditasi pendidikan tinggi. Visi dan misi dari Georgetown University Qatar yaitu mempromosikan pemahaman berkelanjutan mengenai intelektual dan etika diantara masyarakat yang berasal dari berbagai budaya serta agama, memajukan pengetahuan bagi para siswa dan masyarakat, mencapai visi nasional Qatar 2030 dan membantu mengembangkan perekonomian Qatar, dan diakui sebagai Lembaga akademi terkemuka di Timur Tengah dengan menunjukan keunggulan di bidang pengejaran, penelitian, serta pelayanan kepada masyarakat.

5. Jurusan Jurnalisme Northwestern University

Program jurnalisme di universitas ini berlangsung selama empat tahun dan terdiri dari 32 kelas. Setelah lulus, diharapkan para siswa dapat menulis, melaporkan, mengedit tulisan, berpikir kritis. Serta mampu menggunakan berbagai platform untuk membuat tulisan yang menarik dan berdampak bagi audiens. Jika sahabat Meddy tertarik dengan jurnalisme, kampus yang satu ini dapat menjadi pilihan kamu loh. Northwestern University di Qatar atau yang disingkat NU-Q, merupakan sebuah universitas yang didirikan pada tahun 2008 dan berfokus pada jurnalisme dan komunikasi. Program yang terdapat di NU-Q dapat digolongkan sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Di universitas ini para siswa akan dipersiapkan untuk menjadi pemimpin dalam industri global antara lain bekerja sebagai eksekutif, jurnalis, direktur, editor, maupun produser. Northwestern University juga mendirikan The Media Majlis di Qatar. The Media Majlis merupakan museum pertama di Arab yang dibuat untuk mengeksplor media, jurnalis, serta komunikasi. Museum ini juga menjadi museum universitas yang pertama di Qatar.

Apakah Sobat Meddy Butuh Bantuan?

Setelah membaca artikel diatas mengenai berbagai jurusan kuliah favorit di berbagai universitas di Qatar, kira-kira apakah sahabat Meddy tertarik untuk melanjutkan pendidikan dengan beasiswa ke Qatar? Jurusan-jurusan di atas hanya beberapa saja. Menurut data dari Bachelorstudies.com, terdapat 45 program pendidikan favorit di Qatar dari berbagai universitas. Tidak heran jika negara yang satu ini menjadi salah satu negara tujuan bagi para mahasiswa maupun wisatawan dari negara lain.

Nah, jika sahabat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Tapi masih bingung mau mulai dari mana serta bagaimana cara mengurusnya. Semua layanan ini bisa sahabat Meddy dapatkan di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top