Kerja Parttime di Australia: Keuntungan hingga Kesulitannya!

Kerja Part Time di Australia: Keuntungan hingga Kesulitannya!

Kerja paruh waktu atau yang lebih dikenal dengan sebutan parttime, merupakan salah satu tipikal pekerjaan di Australia yang sering dilakukan oleh pelajar internasional, pemilik visa working holiday ataupun mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Keuntungan Mencari Kerja Parttime di Australia

Australia merupakan salah satu tempat untuk bekerja sebagai mahasiswa internasional. Bekerja saat kuliah bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan uang tambahan dan tentunya dapat merasakan budaya lokal.  Australia salah satu negara yang memahami kebutuhan para mahasiswa untuk dapat mandiri, mengatur waktu dengan baik, bertanggung jawab dan mendapatkan keahlian ekstra di luar bangku kuliah. Oleh karena itu, Pemerintah Australia memberikan izin bekerja parttime kepada pelajar internasional yang belajar di Australia.

Jika kamu kuliah di Australia, kamu dapat bekerja hingga 40 jam setiap dua minggu saat masa kuliah, dan jam tanpa batas selama liburan. Dalam hal perlindungan, jangan khawatir karena mahasiswa internasional memiliki perlindungan yang sama di tempat kerja dengan orang lain yang bekerja di Australia. 

Hal ini ternyata tidak didapatkan oleh pelajar yang memilih negara lainnya untuk melanjutkan kuliah, seperti Singapura. Negara ini merupakan salah satu negara yang tidak mengizinkan pelajar internasional untuk bekerja meskipun parttime.

Kesulitan Mencari Kerja Parttime 

Dalam hal mencari pekerjaan di Australia juga tidak semudah kamu mengambil buah di pohon, lho! Walaupun mungkin di Australia termasuk Pemerintah Australia memperbolehkan para mahasiswa untuk bekerja part time, namun mencari pekerjaan itu bagaikan mencari jodoh. Sudah ketemu sekalipun, kalau belum berjodoh, ya nggak akan dapat.

Banyaknya mahasiswa terutama mahasiswa internasional yang pasti menginginkan untuk kuliah sambil kerja  part time, selain untuk mendapatkan pengalaman dan lebih mengenal cara kerja budaya lokal namun tentu untuk membantu mengisi tambahan uang saku selama kuliah. 

Salah satu kesulitan yang akan kamu hadapi ketika mencari kerja part time di Australia adalah kamu akan dihadapi dengan beberapa pilihan. Tidak jarang para hire akan menyediakan pekerjaan yang membutuhkan waktu banyak namun gaji yang tidak sesuai. Atau jam kerja yang berbenturan dengan aktivitas lainnya, karena banyak pengalaman dari mahasiswa internasional yang ternyata masih memiliki beberapa pekerjaan dan project dari Indonesia yang mungkin tidak memiliki waktu yang fleksibel. 

Pilihan Kerja Part Time di Australia

Merangkum dari laman Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, berikut 5 pilihan kerja part time terbaik dan yang bisa kamu pilih saat kuliah di Australia.

1. Housekeeping

Pekerjaan pertama yang bisa kamu coba adalah housekeeping. Kamu mungkin sudah mengetahui tugas dari pekerjaan ini adalah membersihkan kamar apartemen ataupun rumah pribadi. Menjadi housekeeping tidak perlu menguras pikiran. kerja part time ini cocok untuk kamu yang menyukai segala sesuatunya harus bersih. Namun kamu akan menemukan tantangannya juga yaitu kamu hanya diberi waktu singkat. Untuk membersihkan kamar yang akan ditempati, misalnya satu kamar kecil diberi waktu 15 menit.

2. Kerja Parttime Pengajar Bahasa Indonesia

Sebagai warga negara Indonesia yang berkuliah di Australia, kamu sudah tentu memiliki kelebihan dari yang lain yaitu keahlian berbahasa Indonesia. Salah satu pekerjaan part time yang satu ini biasanya merupakan bagian dari program volunteer atau sukarela yang telah diadakan oleh Kedubes Indonesia di luar negeri. Walaupun, terbilang volunteer namun kamu juga akan tetap mendapat upah dari sekolah atau tempat kamu mengajar.

3. Barista

Kalau kamu menyukai atmosfer di bar, kamu bisa memilih kerja part time sebagai barista. Menjadi barista merupakan salah satu pilihan kerja part time yang mengasyikkan sambil kuliah di luar negeri. Walaupun terlihat mudah, untuk menjadi seorang bartender kamu harus menjalani pelatihan terlebih dahulu untuk mendapatkan sertifikat yakni Responsible Service of Alcohol (RSA) dan jika kamu mengambil kerja di coffee shop kamu tentu saja harus memahami cara penyajian kopi yang baik. 

4. Mystery Shopper

Apa itu Mystery Shopper? pekerjaan yang satu ini cukup mudah dan juga menarik untuk dilakukan lho! Seperti dengan nama pekerjaannya, kita akan menjadi pengamat atau surveyor yang menilai kualitas suatu toko.

5. Waitress Restoran

Kalau kamu memiliki minat di bidang kuliner, kamu bisa nih coba kerja part time di restoran dengan menjadi koki, pelayan maupun tukang bersih – bersih atau cleaning service

Aturan Kerja Part Time saat Kuliah di Australia

Walaupun kita diperbolehkan untuk kerja part time sambil kuliah, namun ada juga persyaratan yang harus kamu penuhi lho! Apa saja persyaratannya, keep scrolling!

  1. Mahasiswa internasional di Australia dengan visa pelajar yang valid dapat bekerja hingga 20 jam per minggu. Saat kuliah sedang berlangsung dan tidak ada batasan jumlah jam mahasiswa dapat bekerja selama liburan sekolah. 
  2. Siswa diminta untuk mengejar program studi yang konsisten yang telah disetujui oleh Pemerintah Australia. 
  3. Kamu bekerja untuk organisasi nirlaba dan kamu tidak dibayar tunai untuk pekerjaan yang dilakukan.
  4. Mahasiswa diharuskan untuk memiliki Overseas Student Health Cover (OSHC)

Baca juga: Kuliah di Australia, Kamu Harus Coba Hidangan Hingga Festival Ini!

Layanan Mediamaz Scholar

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai kerja parttime saat kuliah di Australia. Hal tersebut, bisa kamu persiapkan atau jadi referensimu ketika nanti kamu berada di Australia. Gimana nih sobat Meddy, masih bingung perihal persiapan dokumen pendaftaran beasiswa? Yuk konsultasikan langsung dengan tim study abroad dari Mediamaz Scholar. Lebih lanjut, hubungi kami disini. Sobat Meddy juga bisa membaca artikel lainnya di Mediamaz Scholar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top