Keuntungan Mengikuti Test IELTS untuk Persiapan Kuliah di Luar Negeri

Mau Tes IELTS untuk Persiapan Kuliah di Luar Negeri? Cek Tips dan Triknya Berikut Ini

Apakah sobat Meddy salah satu pemburu beasiswa luar negeri? Kalau iya, mungkin sobat Meddy akan mengenal IELTS dan TOEFL sebagai tes kemampuan bahasa Inggris berstandar internasional. IELTS atau Internasional English Language Testing System adalah uji coba kemampuan bahasa Inggris yang diselenggarakan bersama oleh Universitas Cambridge, British Council, dan IDP Education Australia. Pada tes IELTS, bahasa Inggris yang digunakan adalah bahasa Inggris Britania atau British.  Dalam tes IELTS semua jawaban akan ditulis tangan. Biaya yang dibutuhkan untuk tes IELTS biayanya sekitar Rp3.000.000 dan sertifikat IELTS berlaku selama 2 tahun. Pada artikel kali ini, Meddy ingin memberikan tips dan trik dalam menghadapi tes IELTS. Sebelum itu, yuk simak lebih dulu apa sih perbedaan TOEFL dan IELTS.

Perbedaan Tes IELTS dan TOEFL

  • TOEFL digunakan sebagai persyaratan bahasa Inggris jika ingin melanjutkan studi ke universitas-universitas di Amerika dan Kanada. Skor atau nilai TOEFL (iBT) yang harus kamu peroleh umumnya berkisar antara 90-100. Sementara, IELTS dibutuhkan jika ingin mendaftar ke universitas-universitas di Inggris, Australia dan Selandia Baru. Standar nilainya adalah 6.5 hingga TOEFL dan IELTS 7.0 untuk universitas di ketiga negara tersebut, dan tentunya bisa mencapai 7.5 jika universitas yang kamu inginkan adalah universitas terkemuka.
  • TOEFL menggunakan bahasa Inggris dengan gaya Amerika atau American English. Sementara IELTS mengikuti standar berbahasa Inggris bangsa Britania atau British English.
  • Kemampuan yang diuji pada TOEFL ITP dibagi menjadi tiga sesi ujian yaitu Listening, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension. Sementara pada TOEFL iBT, keempat sesi berdasarkan kemampuan yang diujikan adalah Reading, Listening, Speaking, dan Writing. IELTS juga menggunakan kemampuan yang mirip dengan TOEFL iBT yaitu Speaking, Writing, Reading dan Listening namun para peserta menjawab tes IELTS menggunakan tulis tangan.
  • Ada dua jenis TOEFL yang mungkin akan kamu temui yaitu TOEFL ITP (Institutional Testing Program) dan TOEFL iBT (Internet Based Test). Sementara untuk IELTS ada dua jenis modul yang ditawarkan yaitu Modul Akademik dan Modul Pelatihan Umum.
  • Skor TOEFL ITP berkisar dalam angka ratusan dengan maksimal 677, sedangkan skor TOEFL iBT berkisar antara 0-120. Sementara itu, penilaian IELTS akan memberikan skor dalam bentuk satuan dalam rentang 0 hingga 9.

Tips dan Trik untuk Tes IELTS

Setiap individu tentunya memiliki tipe-tipe yang berbeda dalam hal belajar. Dalam belajar terdapat 2 tipe, yakni belajar dilakukan secara otodidak (belajar sendiri) dan pengajar atau pembimbing. Bagi sobat Meddy yang memilih belajar IELTS menggunakan cara otodidak, berikut tips dan trik yang bisa sobat Meddy coba untuk mendapatkan nilai tinggi dalam tes IELTS. Yuk, disimak!

1. Dapat Mengatur Waktu

Bagi sobat Meddy yang memiliki kesibukan atau aktivitas di luar kursus IELTS, sebaiknya kamu dapat membagi waktu. Hal tersebut akan memberikan kebiasaan dalam mengelola waktu kamu dengan lebih baik. Sebagai saran, sebaiknya sobat Meddy membuat jadwal pembelajaran secara lengkap dan terstuktur mulai dari waktu belajar, waktu target tercapai, serta materi-materi apa saja yang perlu kamu kuasai setiap harinya. Sobat Meddy juga dapat mengubah jadwal sesuai kebutuhanmu baik mengurangi maupun menambahkan porsi belajar pada bagian tertentu. Jangan lupa konsisten untuk melakukan semua yang sudah terjadwal ya sobat Meddy.

2. Mengetahui Metode Belajar yang Akan Digunakan

Menentukan metode belajar tentunya akan sangat bermanfaat. Untuk mempercepat target penguasaan materi, sobat Meddy bisa menerapkan dengan membaca satu bab perharinya. Sebisa mungkin sobat Meddy jangan sampai mempelajari materi secara acak. Jika materi dapat kamu kuasai secara berurutan, kamu akan terdorong untuk mengulik materi sampai ke akarnya.

3. Media Belajar Tes IELTS

Sobat Meddy tidak dapat mengandalkan satu media belajar yang digunakan. Untuk menggali berbagai referensi soal, carilah buku yang bisa kamu jadikan sebagai sumber belajar. Kamu dapat menggunakan buku berupa softcopy maupun hardcopy tergantung kenyamananmu. Biasanya, terdapat beberapa jenis buku untuk belajar IELTS seperti Reading, Speaking, Grammar, Listening, dan Vocabulary yang dirancang secara khusus untuk belajar IELTS. Namun, sobat Meddy tidak perlu memaksakan jika kamu tidak memiliki budget untuk membeli buku, karena sobat Meddy juga bisa memanfaatkan referensi gratis yang didapatkan dari internet.

4. Rutin Melakukan Pre-test

Sobat Meddy dapat belajar secara rutin di kursus IELTS bersama tutor dan akan diajak untuk berlatih dengan soal-soal untuk membuat kamu terbiasa dalam menghadapi ujian. Tentunya dengan rutin melakukan latihan soal tersebut, sobat Meddy akan selalu merasa siap ketika ujian sudah di depan mata.

5. Memahami Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri

Tanpa disadari setiap individu mengalami kesulitan untuk mengenal jati diri mereka. Sehingga, mereka tidak mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Penting bagi individu untuk mengetahui hal tersebut, dari kelebihan yang dimiliki individu dapat memaksimalkan kemampuannya dan meningkatkan kekurangan yang dimiliki. Setelah mulai melakukan latihan soal secara rutin, sobat Meddy akan mulai mengetahui kekuranganmu secara spesifik, ini akan jadi hal yang bagus sebab kamu dapat berkesempatan untuk menggali materi lebih dalam lagi ataupun kamu dapat memaksimalkan segala kekuatan pada bagian lainnya. 

Layanan Mediamaz Scholar

Sekarang sobat Meddy pasti sudah tahu apa keuntungan perbedaan TOEFL dan IELTS serta tips dan trik menghadapi tes IELTS. Selain bisa bermanfaat untuk pengetahuan pribadi, pemahaman akan IELTS juga bisa mendukung sobat Meddy agar dapat mengatasi kendala apabila sedang dihadapkan dengan situasi tertentu. Konsultasikan kebutuhan sobat Meddy tentang persiapan-persiapan baik dalam mengikuti tes IELTS ataupun kelengkapan dokumen penting lainnya dengan kami. Selain informasi di atas, Meddy juga menyediakan berbagai artikel menarik lainnya seputar informasi kampus dan negara. Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini, follow juga instagram Mediamaz Scholar ya!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top