beasiswa-2022-putra-putri-papua

KHUSUS! Tersedia Beasiswa LPDP Untuk Putra-Putri Papua Tahun 2022

Tidak Hanya Diskemakan Secara Reguler, LPDP 2022 Juga Tersedia Khusus Untuk Putra-Putri Papua Loh! Tahukah Sobat Meddy, beasiswa LPDP 2022 ini tidak hanya diskemakan untuk beasiswa secara regular atau Targeted Scholarship untuk PNS, TNI, dan POLRI. Namun juga tersedia beasiswa khusus untuk Sobat Meddy yang berasal dari Papua dengan program magister dan doktoral, sehingga beasiswa ini disebut sebagai Beasiswa 2022 untuk Putra-putri Papua.

Serba Serbi Beasiswa 2022 Putra Putri Papua

Dilansir dari laman resmi beasiswa 2022 putra putri Papua, Putra-Putri Papua adalah Orang Asli Papua yang berasal dari rumpun ras Melanesia yang terdiri dari suku-suku asli di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.Maka, ketentuan utama beasiswa ini yaitu:

  1. Bermarga asli Papua
  2. Ibu kandung adalah Orang Papua Asli, atau
  3. Bapak kandung adalah Orang Papua Asli

3 ketentuan  harus dimiliki secara langsung, sesuai dengan judul beasiswa ini (Beasiswa LPDP Khusus Putra-Putri Papua Tahun 2022). Hal ini dikarenakan Sobat Meddy yang ‘Asli Papua’ bisa mendapatkan pendidikan yang layak bahkan sampai ke luar negeri dan menerapkan hasil studinya untuk kemajuan kehidupan di Papua yang lebih baik lagi, serta mempersipakan pemimpin dan profesional asli Papua untuk masa depan melalui talenta terbaik yang dimiliki Papua.

A. Catat Persyaratan Khusus Untuk Mendaftar Beasiswa 2022 Ini!

Sobat Meddy, Beasiswa Khusus Putra-Putri Papua merupakan salah satu skema dari beasiswa LPDP 2022 ini. Maka, Persyaratan Umum Beasiswa Khusus Putra-Putri Papua mengikuti persyaratan beasiswa LPDP pada umumnya. Sedangkan Persyaratan Khusus beasiswa ini, kamu bisa menyimak informasi di bawah ini ya!

  1. Sobat Meddy bertempat tinggal di Provinsi Papua atau Papua Barat dibuktikan dengan Surat Keterangan bertempat tinggal/domisili dari Lurah atau Kepala Desa.
  2. Bagi Sobat Meddy yan bertempat tinggal di luar provinsi Papua/Papua barat, menyerahkan bukti Ijazah pendidikan dasar dan/atau menengah yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Papua atau Papua Barat.
  3.  Batas usia kamu per 31 Desember adalah untuk program magister paling tinggi 47 tahun, sedangkan jenjang doktor paling tinggi 50 tahun.
  4. Melampirkan Surat Rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi.
  5. Bersedia menandatangani/menyetujui surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran saat akan melakukan submit (poin-poin terlampir).
  6. Kamu juga wajib Mengupload dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) jenjang Sarjana/Magister. Khusus untuk kamu sebagai pendaftar jenjang Doktor dari program magister penelitian tanpa IPK, wajib melampirkan surat keterangan dari perguruan tinggi asal.
  7. Mengupload dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS (www.ets.org), PTE Academic (www.pearsonpte.com), IELTS (www.ielts.org), Duolingo English Test (englishtest.duolingo.com), atau Test of English Proficiency/TOEP (plti.co.id) (jika ada dan sifatnya opsional yaa Sobat Meddy).
  8. Melampirkan surat usulan mengikuti Beasiswa LPDP sekurang-kurangnya dari Pejabat Eselon II yang membidangi pembinaan/pengembangan SDM pada Kementerian/Lembaga atau Pemerintah Daerah bagi pendaftar yang berstatus CPNS/PNS, atau sekurang-kurangnya dari Pejabat yang membidangi SDM pada Mabes TNI/TNI AD/TNI AL/TNI AU bagi pendaftar yang berstatus anggota TNI, atau sekurang-kurangnya dari Pejabat yang membidangi SDM pada Mabes POLRI bagi pendaftar yang berstatus anggota POLRI.

B. Negara Mana Saja Yang Tersedia Dalam Beasiswa 2022 Ini?

Sobat Meddy,  Berikut informasi daftar negara tujuan yang menyediakan beasiswa LPDP khusus putra-putri Papua pada tahun 2022.

  1. Inggris
  2. Amerika Serikat
  3. Swiss
  4. Tiongkok
  5. Kanada
  6. Singapura
  7. Jepang
  8. Australia
  9. Perancis
  10. Hongkong
  11. Jerman
  12. Tiongkok
  13. Korea Selatan
  14. Belgia
  15. Belanda
  16. Denmark
  17. Finlandia
  18. Norwegia
  19. Rusia
  20. Taiwan
  21. Brazil
  22. Saudi Arabia
  23. Afrika Selatan
  24. Malaysia
  25. Austria
  26. Belarusia
  27. Brunei
  28. Yunani
  29. Turki
  30. Uni Emirat Arab

C. Bagaimana Dengan Tunjungan Dan Ketentuan Pengabdian Dalam Beasiswa Khusus Ini?

Bagi kamu yang lolos dalam seleksi dan pendanaan beasiswa LPDP khusus Putra Putri Papua Tahun 2022 ini tentu mengikuti seluruh ketentuan-ketentuan Beasiswa LPDP pada umumnya. Adapun tunjangan atau komponen yang akan kamu dapat adalah sebagai berikut:

a. Biaya Pendidikan

  1. Biaya Pendaftaran
  2. Biaya SPP/Tuition Fee
  3. Tunjangan Buku
  4. Biaya Penelitian Tesis/Disertasi
  5. Biaya Seminar Internasional
  6. Biaya Publikasi Jurnal Internasional

b. Biaya Pendukung

  1. Transportasi
  2. Aplikasi Visa/Residence Permit
  3. Asuransi Kesehatan
  4. Biaya Hidup Bulanan
  5. Biaya Kedatangan
  6. Biaya keadaaan darurat (jika diperlukan)
  7. Tunjangan keluarga (Khusus Doktor)

c. Biaya Pengayaan

(Biaya ini digunakan untuk mengikuti program belajar agar tetap menjamin kualitas dan kemampuan berbahasa Inggris bagi awardee).

Dengan begitu, ketentuan pengabdian dalam beasiswa ini juga mengikuti ketentuan pada umumnya. diantaranya:

  1. Sobat Meddy wajib kembali dan mengabdi di Indonesia setelah selesai masa studi sesuai dengan ketentuan LPDP.
  2. Kamu akan berkontribusi di Indonesia selama 2 kali masa studi ditambah 1 tahun (2n+1) setelah selesai studi secara berturut-turut.

Nah, Demikian informasi yang dapat Meddy berikan dalam artikel ini. Semoga setelah menyimak dan membaca informasi  Beasiswa LPDP Khusus Putra-Putri Papua Tahun 2022 tersebut, Sobat Meddy dapat termotivasi dan bersemangat untuk melanjutkan mimpi Sobat Meddy berkuliah di Luar Negeri seperti yang kamu impikan. Untuk info lebih lanjut, Sobat Meddy bisa klik tautan berikut: https://lpdp.kemenkeu.go.id/en/beasiswa/afirmasi/.

Baca juga: Pakai Beasiswa LPDP S2! Ini Universitas di Denmark Jurusan Bisnis dan Manajemen

3

Apa yang bisa Meddy Bantu?

Bagi Sobat Meddy yang tertarik untuk bisa lebih mengembangkan kemampuan diri, penguasaan bahasa atau konsultasi khusus tentang pendidikan lanjutan yang bisa menunjang keberhasilan Sobat Meddy, tentu Meddy senantiasa bisa membantu kamu di layanan Mediamaz Scholar. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website resmi kami: https://mediamazscholar.com/. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top