Waseda University - Ada 6 Klub Menarik untuk Mahasiswa!

Jangan Kaget! Cek 6 Klub Mahasiswa di Waseda University

Kamu memiliki keinginan untuk melanjutkan studi ke Jepang? Ada salah satu universitas yang memiliki klub mahasiswa yang unik loh. Waseda University terkenal sebagai universitas Jepang yang kaya akan keberagaman mahasiswa. Karena faktanya banyak mahasiswa internasional yang kuliah di sana sehingga banyak klub mahasiswa yang unik dan menarik, bahkan aneh di universitas tersebut.

Universitas Waseda, Kampus Jepang dengan Pemandangan Indah

Waseda University, Pemandangan kampus yang indah
Pict Originally from Wasedauniversity.com

Kalian tahu Jerome Polin, Kan? YouTuber asal Indonesia itu merupakan lulusan dari waseda university lho! Universitas Waseda adalah salah satu universitas jepang yang berlokasikan di Tokyo, Jepang. Waseda merupakan satu dari dua universitas swasta yang prestisius di Jepang. Untuk posisi pertamanya di pegang oleh Universitas Keio yang tidak kalah bagusnya. Lebih tepatnya waseda university ini bertepatan di daerah Shinjuku, Tokyo, Jepang.

Tahu kah kamu, alasan kenapa universitas ini disebut sebagai universitas ter-prestisius di jepang? Karena universitas jepang ini melahirkan lulusan yang berkarier di dunia politisi Jepang. Waseda terkenal dengan kalimat yang sering dijunjung tinggi yaitu “Independence of learning” atau “Kebebasan belajar”. Universitas ini juga menjadi salah satu saksi sekaligus korban atas perang dunia II, universitas ini hancur saat adanya serangan bom asal Amerika Serikat itu.

Namun siapa sangka, kalau ternayat universitas dengan latar belakang dan sejarah yang bisa dibilang ‘serius’ ini ternyata memiliki club yang tidak dimiliki oleh setiap universitas lainnya di dunia. The only one club itulah sebutan untuk beberapa Club ini. Kira-kira apa saja ya, sobat Meddy?

Club yang Tersedia di Universitas Waseda

Selain akreditasi akademi nya yang memiliki catatan sejarah yang bagus, universitas-universitas di Jepang juga terkenal dengan Club mahasiswa yang unik-unik lho! Salah satunya adalah club yang ada di Waseda University ini. Club mahasiswa adalah kelompok mahasiswa yang terdiri dari beberapa anggota yang memiliki hobi yang sama, entah dari segi akademik, hobi yang sama, atau kesenangan yang lain.

Biasanya untuk membuat sebuah club minimal anggota yang diajukan adalah 10 orang. Club biasanya dibentuk oleh mahasiswa nya sendiri tanpa didampingi guru atau dosen. Jadi bisa dibilang club ini dengan ekstrakurikuler itu berbeda ya Sobat Meddy! Club hanyalah perkumpulan mahasiswa yang saling berinteraksi untuk mencari relasi dari semua tingkatan di universitas. Baik mahasiswa lama ataupun baru. Berikut adalah Club unik yang berada hanya di Waseda University, Ingin daftar Club nya?

Baca Juga : Siap Kuliah di Jepang? Ini Dia Informasi Beasiswa di Kumamoto University Tahun 2022!

Disney Study Group

Siapa yang menyukai Disney? Sepertinya anak milenial sudah akrab dengan Disney. Ternyata di Waseda university, klub ini memiliki anggota 250 orang. Mereka mempelajari apa saja tentang Disney dan Disneyland, mulai dari merchandise, mainan di Disneyland dan pokoknya semua yang berbau Disney. 

Mereka sering mengunjungi Tokyo Disneyland dan Disneysea untuk studi bareng. Wah ini terlihat asik grupnya, setuju?

Ichigo Daifuku Group Jepang

Sahabat Meddy tau ichigo? Ichigo adalah makanan khas jepang dimana makanan ini berbentu seperti mochi yang dalamnya isi krim kacang merah dan strawberry. Membayangkan bentuk dari Ichigo saja sudah membuat kita ngiler, ya! Makanan khas Jepang ini memang banyak peminatnya. Tetapi kalau sampai dibikin perkumpulan mahasiswa sepertinya sangat asing, nih untuk kita. Tapi, ternyata klub yang didirikan sejak 2016 ini punya 316 anggota lho. 

Misi mereka adalah membuat orang bahagia dengan menyebarkan snack yang mereka sangat cintai ini ke seluruh dunia. Wah, tujuannya menarik sekali ya, sobat Meddy!

Waseda Banzai Union

Waseda University, BANZAII!!
Pict Originally from wasedauniversity.com

Apakah kamu tahu Banzai? Banzai adalah sikap yang dilakukan orang Jepang ketika mereka bersorak tentang sesuatu seperti foto di atas.

Ini adalah aktivitas mereka pada dasarnya. Mereka adalah kelompok Banzai profesional untuk menghibur tentang hal-hal yang dirayakan seperti upacara masuk atau upacara pernikahan, dll. Mereka diundang untuk melakukan Banzai untuk situasi seperti itu dan bahkan ditampilkan di TV di masa lalu. Saat ini, mereka memiliki 768 jenis Banzai asli yang dibuat sepanjang sejarah mereka. Filosofi mereka adalah “kebahagiaan orang adalah kebahagiaan saya, jadi saya melakukan Banzai untuk menyemangatinya”.

Sister Character Study Group 

Klub mahasiswa selanjutnya nih, ada salah satu budaya Jepang adalah “budaya Otaku” seperti Anime atau Manga, seperti yang kamu tahu. Ada beberapa mahasiswa Otaku tentunya di Universitas Waseda sekaligus tempat berkumpulnya berbagai macam orang. Karakter favorit mereka adalah beberapa karakter yang diposisikan sebagai “kakak”. 

Nah, kalau kamu nggak mau memahami sepenuhnya ini,. Tujuan mereka adalah untuk bersenang-senang di universitas tanpa punya pacar. Banyak sekali orang – orang asing yang hampir menangis karena sedih, tetapi ini juga salah satu budaya unik di Jepang, jadi saya percaya ini layak untuk diketahui.

Wasade Hide and Seek Association

Klub mahasiswa yang terakhir yaitu bermain petak umpet, mungkin terdengar biasa karena hal tersebut adalah permainan ketika masih kecil. Namun, siapa sangka ternyata klub satu ini melakukan kegiatan atau permainan ini dengan serius lho! walaupun nggak sesuai dengan usia mereka alias sudah dewasa.

Hal aneh nya lagi, untuk bisa join klub ini kamu harus lulus tes tertulis dan wawancara dengan anggota saat ini. Jelaskan, betapa seriusnya mereka untuk mengetahui dan berusaha memiliki nama kode untuk setiap anggota dan petak umpet. Saat ini kabarnya ada 170 anggota, dan 70 orang alumni yang masih tetap mengikuti klub ini.

Baca Juga : Rekomendasi 5 Universitas Terbaik buat Kamu yang ingin Kuliah di Kyushu, Jepang

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, informasi mengenai klub mahasiswa di salah satu universitas di Jepang, Waseda University. Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke Jepang dengan beasiswa, dan bingung mengenai persiapan dokumen beasiswanya, tenang! Kamu bisa konsultasi dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Kami pun memiliki layanan lainnya, seperti kelas bahasa asing. Lebih lanjut, hubungi kami di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top