komunitas-PPI- pelajar-indonesia-di-amerika

Komunitas Pelajar Indonesia Di Amerika Serikat? Simak Keadaan Sebenarnya!

Halo Sobat Meddy, bagaimana aktivitas kamu hari ini? artikel kali ini Meddy ingin sedikit menyajikan informasi tentang komunitas Di Amerika Serikat. Tentu setiap orang mempunyai keinginan untuk berserikat, berkumpul maupun berorganisasi di suatu wilayah guna dapat berhimpun bersama orang-orang yang dianggap memiliki latar belakang dan tujuan yang sama, begitu juga dengan pelajar Indonesia yang menempuh pendidikan di Amerika Serikat. bagaimana keadaannya? Untuk informasi lebih lanjut simak informasi berikut.

Mengenal Amerika Sebagai Negara Maju Dan Kualitas Pendidikan Terbaik

pelajar-amerika-di-indonesia
Pict Originally by Pixabay.com

Sobat Meddy, Amerika adalah negara yang masuk dalam kategori negara maju, misalnya dalam sektor perekonomian, Amerika Serikat dilimpahi ketersediaan sumber daya alam yang melimpah, infrastruktur yang optimal, dan produktivitas yang tinggi, serta  Amerika Serikat menjadi produsen terbesar di dunia. Lebih lanjut, Amerika Serikat selalu menjadi negara yang menawarkan kualitas pendidikan terbaik di dunia negara ini menjadi tempat bagi banyak universitas ternama di dunia, seperti Harvard, Stanford, dan masih banyak lagi, sistem pendidikan yang digunakan adalah meratakan dan mensejahterakan di bidang pendidikan, misalnya menggunakan fasilitas teknologi yang modern dan canggih serta pendidikan di sana dibiayai oleh pemerintah federal dan merupakan biaya hasil pajak properti negara bagian.

Bagaimana Dengan Adaptasi Komunitas Pelajar Indonesia Di Amerika Serikat?

Nah, setelah kita membahas tentang sedikit profil amerika yang di branding sebagai negara maju dan mempunyai kualitas pendidikan terbaik di dunia, maka bagi Pelajar Internasional perlu menyesuaikan kondisi yang ada di Amerika. misalnya kamu terbiasa untuk menggunakan transportasi umum apabila ingin bepergian, bersikap ramah, bahkan untuk pergi ke masjid kamu harus menempuh jarak terjauh adalah 1 mil!

Maka dari itu untuk Sobat Meddy yang ingin menempuh pendidikan di Amerika, bisa beradaptasi dengan bergabung bersama Komunitas Pelajar Indonesia. Komunitas yang gunanya untuk membantu Kamu dalam menghadapi kesulitan disana. Kira-kira apa saja komunitas tersebut?

Baca Juga: Mau Kerja di Dunia Musik? Ini Dia 5 Universitas dengan Jurusan Musik Terbaik di Amerika Serikat

1. Komunitas Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) – PERMIAS

Sobat Meddy, pada umumnya sistem komunitas pelajar Indonesia terdapat di berbagai negara dan diberbagai kota. Begitupun dengan Komunitas Pelajar Indonesia yang berada di Amerika tersebar di kota maupun cabang-cabang dan dikumpulkan di negara Paman Sam ini. Di Amerika, komunitas pelajar Indonesia disebut dengan nama PERMIAS. Sedangkan negara lainnya mempunyai cabang-cabang PPI. PERMIAS Atau Perhimpunan Pelajar Indonesia Amerika Serikat adalah wadah yang mengkoordinasikan mahasiswa maupun pelajar yang berasal dari Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Amerika Serikat. Perhimpunan Ini pertama kali berdiri di Washington DC yang juga Ibu Kota dari Negara Amerika pada 24 desember 1961. Untuk detail dan informasi lebih lanjut kamu dapat klik website resmi maupun instagram PERMIAS ini ya.

2. Komunitas Mahasiswa Muslim Di Bowling Green State University (BGSU)

pelajar-amerika-di-indonesia
Pict originally by Pixabay.com

Tidak hanya PPI, ada pula komunitas lainnya. Komunitas Mahasiswa Muslim di BGSU adalah komunitas yang aktif dan produktif dalam situasi apapun, termasuk saat memasuki bulan ramadhan, seperti mendapat dukungan yang penuh dan hangat.  Disana, terdapat ucapan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan kepada mahasiswa muslim melalui media sosial kampus.

Selain itu, komunitas muslim di BGSU juga melaksanakan ibadah bersama seperti shalat tarawih berjamaah dan kajian setelah shalat subuh. Dilanjutkan juga kegiatan buka bersama dengan membawa bekal masing-masing. Bagi kamu yang ingin tahu lebih tentang komunitas mahasiswa muslim di BGSU ini kamu bisa kepoin lebih lanjut di instagram maupun website BGSU ya.

Baca Juga: Jadi Pertimbangan! Melihat Kelebihan Sistem Pendidikan Di Amerika

3. Komunitas Muslim Society in North America (IMSA)

IMSA ini dibentuk untuk membantu komunitas Muslim Indonesia di Amerika Utara. Memiliki upaya dalam upayanya untuk memajukan kapasitas sosial, amal, intelektual dan spiritual masyarakat luas baik di Amerika Utara dan Indonesia. Sebagai informasi bahwa Logo IMSA menggabungkan bentuk dua bulan sabit menghadap ke atas. Berlapis di sisinya dengan dua lingkaran ditambahkan ke kedua sisi untuk memvisualisasikan dua kepala.

Melambangkan dua orang dalam persaudaraan, bergandengan tangan saling mendukung untuk tujuan yang lebih tinggi (akhirat) dan melambangkan dua negara yang erat hubungannya, Amerika dan Indonesia. Maka, dari organisasi ini kita belajar bahwa sejauh manapun mengejar dunia, akhiratlah ujungnya. Sebagai informasi, organisasi ini dirintis pada awal tahun 1900an kini sudah bertransformasi menjadi sebuah organisasi muslim Indonesia Amerika terbesar yang mencakupi seluruh daratan Amerika dan Kanada. Untuk detail dan informasi lebih lanjut kamu dapat klik website resmi maupun instagram IMSA ini ya.

Nah, itu tadi informasi yang dapat Meddy berikan dalam artikel ini. Semoga setelah menyimak dan membaca informasi tentang Komunitas Pelajar Indonesia di Amerika tersebut, Sobat Meddy dapat termotivasi dan bersemangat untuk melanjutkan mimpi Sobat Meddy berkuliah di Amerika seperti yang kamu inginkan. Untuk info lebih lanjut, Sobat Meddy bisa klik tautan Kampus yang jadi tujuan kamu ya.

Mediamaz Scholar

Apa Yang Bisa Meddy Bantu?

Bagi Sobat Meddy yang tertarik untuk bisa lebih mengembangkan kemampuan diri, penguasaan bahasa atau konsultasi khusus tentang pendidikan lanjutan yang bisa menunjang keberhasilan Sobat Meddy, tentu Meddy senantiasa bisa membantu kamu di layanan Mediamaz Scholar. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website resmi kami. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top