permen-karet

Mau Stay di Australia? Ini 4 Info Kuliah & Biaya Hidupnya!

Ingin kuliah di Australia? Ini biaya masuk universitas di Australia. Berbicara mengenai kuliah di luar negeri, Australia merupakan salah satu negara yang sering menjadi pertimbangan oleh pelajar internasional. Mengapa? tentu karena kualitas pendidikan yang bisa bersaing dengan negara – negara besar seperti Inggris dan Amerika. Bahkan, Australia masuk dalam lima besar negara favorit bagi pelajar internasional. Pada artikel kali ini, Meddy ingin mengajak kalian mengetahui berapa biaya kuliah dan biaya hidup jika sobat Meddy memilih universitas di Australia.

Biaya Hidup dan Biaya Kuliah 

Berikut ini penjelasan mengenai berapa biaya hidup dan biaya kuliah yang dibutuhkan jika sobat Meddy memilih universitas di Australia. Yuk, disimak!

Biaya Kuliah di Australia

Berbicara mengenai biaya kuliah universitas di luar negeri terutama di Australia, semua orang mungkin setuju jika biaya pendidikan di luar negeri sangat berbeda. Meski begitu, hal ini tidak membuat niat banyak orang untuk menempuh pendidikan di luar negeri. salah satu negara dengan kualitas pendidikan yang unggul dan seringkali dituju oleh banyak pelajar adalah Australia, khususnya Melbourne. 

Secara garis besar, biaya kuliah di Australia selama per tahun berdasarkan jenjang studi adalah AUD 29,900 atau sekitar Rp.313.134.932 pertahun untuk program S1. Sedangkan program S2, biaya yang harus dikeluarkan sebesar AUD 28,800 – AUD 42,200 atau sekitar Rp.265jt – 297jt. Biaya ini pun di luar kebutuhan pribadi seperti akomodasi, transportasi dan lain-lainnya. 

Biaya Hidup di Australia

Selain mempertimbangkan biaya masuk kuliah di Australia, kamu juga harus mempertimbangkan biaya hidup selama di sana. Biaya hidup di Australia sama dengan negara lainnya yang terdiri dari tiga pengeluaran utama, yaitu biaya akomodasi, transportasi, dan makanan. Sebagai salah satu destinasi studi favorit pelajar Indonesia, ternyata masih banyak yang belum mendapat gambaran mengenai biaya hidup di negeri kanguru tersebut. Artikel ini akan mengulas sedikit mengenai gambaran biaya masuk kuliah di Australia dan biaya hidup pelajar internasional. 

Rata – rata pelajar internasional yang kuliah di Australia mengeluarkan biaya hidup sebesar 1500 – 2500 AUD/bulan atau setara dengan Rp.14.957.250 – Rp.24.928.750,- / bulan. biaya ini tentu bervariasi, tergantung daerah tempat kamu tinggal, gaya hidup. Berikut adalah perkiraan biaya hidup di beberapa kota yang populer bagi pelajar:

  • Sydney: Mulai dari 1900 AUD/ Rp.20jt perbulan
  • Melbourne: Mulai dari 1500 AUD/ Rp.16jt perbulan
  • Adelaide: Mulai dari 1300 AUD/ Rp.14jt perbulan
  • Canberra: Mulai dari 1400 AUD/ Rp.15jt perbulan
  • Brisbane: Mulai dari 1400 AUD / Rp15jt perbulan

Tips Berhemat 

Jika kita sudah melihat dan mengetahui kisaran biaya hidup dan biaya kuliah di Australia, membuat sebagian kita menjadi cemas. Namun, sebenarnya biaya tersebut tergantung dengan bagaimana cara hidup kamu dan cara kamu mengurangi pengeluaran dengan hal – hal berikut. 

1. Pemilihan tempat tinggal

Tips ini merupakan sesuatu yang paling penting untuk kamu pikirkan. Harus tinggal di mana selama kuliah di Australia? Untuk kamu yang mungkin masih berumur 18 tahun, sangat disarankan ketika kamu kuliah di Australia mengambil homestay. Biaya homestay sendiri seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bisa kamu gunakan dan biaya tersebut sudah mencangkup semua, seperti makan pagi dan malam, listrik dan air.

2. Berbelanja dengan pintar

Selama kamu kuliah di Australia, dengan adanya keinginan untuk makan di restoran atau bar bisa sangat menguras banyak biaya. Kamu bisa menghemat itu semua dengan berbelanja di outlet atau farmers markets. Dan cobalah untuk memasak sendiri di rumah. 

Sama halnya dengan membelanjakan untuk barang – barang lainnya seperti baju, tas, sepatu dan lain sebagainya. Mungkin kamu bisa di sela – sela waktu luangmu mencari promo – promo di internet, sehingga kamu bisa memenuhi keinginan kamu dengan harga yang mungkin lebih murah dibanding harga aslinya.

3. Bekerja part time

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghemat selama kamu kuliah di Australia adalah dengan mencari kerja part time, yang mana tips ini selain untuk menambah uang sakumu bisa membuat kamu juga belajar lebih menghemat pengeluaran.

Selain itu, bisa menambah pengalaman untuk resume kamu ketika nanti kamu lulus kuliah di Australia dan ingin melamar pekerjaan, Tak lupa melatihmu bertanggung jawab untuk tidak melupakan tujuan utama sebagai pelajar di Australia.

Baca juga: Beasiswa ASEAN di Australia, Peluang untuk Seluruh Universitasnya Loh!

Layanan Mediamaz Scholar

Gimana, kamu tertarik untuk melanjutkan studi ke Australia? Kalau kamu masih bingung dengan persiapan dokumen pendaftarannya, kamu bisa konsultasi dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Kami juga memiliki layanan lainnya, seperti kelas bahasa asing, IELTS/TOELF Preparation Test. Informasi selengkapnya, hubungi kami di sini.

Selain informasi di atas, Meddy juga menyediakan berbagai artikel menarik lainnya seputar informasi kampus dan negara. Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini, follow juga instagram Mediamaz Scholar ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top